Bagaimana Caranya Agar Tidak Terlihat Online di WhatsApp

Bagaimana Caranya Agar Tidak Terlihat Online di WhatsApp, Mudah!

WhatsApp adalah salah satu aplikasi chatting paling banyak digunakan oleh berbagai kalangan. Saking banyaknya teman yang menggunakan WhatsApp, terkadang ingin menyembunyikan status online karena beberapa alasan. Bisakah status online di WhatsApp disembunyikan dan bagaimana caranya agar tidak terlihat online di WhatsApp? Ikuti tutorialnya di bawah ini.

Bagaimana Caranya Agar Tidak Terlihat Online di WhatsApp

Bagaimana Caranya Agar Tidak Terlihat Online di WhatsApp
Bagaimana Caranya Agar Tidak Terlihat Online di WhatsApp

Mengaktifkan atau menonaktifkan status online WA adalah hak masing-masing pengguna. Namun, beberapa orang merasa tidak nyaman saat membuka WA, kemudian menerima chat tidak begitu penting dari pengguna lain. Mereka mengirimkan chat karena melihat kamu sedang aktif atau online di WhatsApp. Terkadang hal tersebut tidak begitu masalah, namun ada saatnya kamu tidak ingin diganggu karena suatu hal. Untuk mengatasinya, memang lebih baik menonaktifkan status online WA.

Bagaimana caranya agar tidak terlihat online di WhatsApp sangat mudah dan bisa diaplikasikan pada semua perangkat, baik Android, iOS, maupun di PC. Simak langkah-langkah agar tidak terlihat online di WhatsApp berikut ini.

Cara Agar Tidak Terlihat Online di WA Android

Cara menonaktifkan status online di WhatsApp yang pertama adalah untuk pengguna Android. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi WhatsApp terlebih dahulu di HP Android.
  • Ketuk ikon tiga titik yang berada di pojok kanan atas, lalu pilih menu Setelan (Settings).
  • Tekan opsi Akun (Account) dan pilih Privasi (Privacy).
  • Setelah itu, pilih opsi Terakhir Dilihat dan Online (Last Seen and Online). Pada opsi ini, kamu dapat mengatur siapa saja dari daftar kontak yang dapat melihat kapan terakhir kali online atau saat sedang online (Last Seen and Online). Selain itu, kamu dapat memilih opsi Tidak Ada (Nobody) pada tab Terakhir Dilihat (Last Seen). Nantinya tidak akan ada yang tahu bahwa akun WA kamu saat ini sedang online.
  • Namun, jika kamu tetap ingin menunjukkan status sedang online ke semua atau beberapa dari daftar kontak di WhatsApp, pilih opsi Kontak Saya (My Contacts) atau Kontak Saya Kecuali (My Contacts Except) untuk memilih siapa saja kontak yang boleh lihat dan dikecualikan. Pengaturan  ini akan mempengaruhi status online di WA.
  • Terakhir, klik Sama Seperti Terakhir Dilihat (Same as Last Seen) pada kolom Online.
Terkait:  3+ Cara di WhatsApp Agar Tidak Terlihat Online yang Aman🏡

Dengan begitu, status online pada WhatsApp tidak akan terlihat oleh orang yang diberikan akses untuk melihatnya. Pengaturan tersebut juga dapat diterapkan pada kolom Terakhir Dilihat (Last Seen).

Cara Agar Tidak Terlihat Online di WA iPhone

Bagi pengguna iPhone yang tidak ingin terlihat online di WA bisa mengikuti panduan lengkapnya berikut. Diantaranya adalah:

  • Buka aplikasi WhatsApp di iPhone terlebih dahulu, lalu pilih menu Setelan (Settings) yang berada di pojok kanan atas layar.
  • Pilih menu Privasi (Privacy).
  • Pilih menu Terakhir Dilihat dan Online (Last Seen and Online). Pada opsi ini, kamu dapat mengatur siapa saja pengguna WA yang dapat melihat kapan terakhir kali kamu online atau saat sedang online (Last Seen and Online). Sedangkan pada kolom Terakhir Dilihat (Last Seen), kamu dapat memilih tombol Tidak Ada (Nobody) pada tab Terakhir Dilihat (Last Seen). Nantinya tidak akan ada yang tahu bahwa akun WA kamu saat ini sedang online.
  • Akan tetapi, jika kamu tetap ingin memperlihatkan status sedang online ke semua atau beberapa daftar kontak di WhatsApp, pilih opsi Kontak Saya (My Contacts) atau Kontak Saya Kecuali (My Contacts Except) untuk memilih beberapa kontak yang boleh lihat kamu online dan dikecualikan. Pengaturan ini akan mempengaruhi status online di WA.

Dengan begitu, status online pada WhatsApp tidak dapat dilihat oleh orang yang bukan dalam daftar kontak atau yang hanya diperbolehkan untuk melihatnya. Pengaturan tersebut juga akan diaplikasikan sama pada opsi Terakhir Dilihat (Last Seen).

Cara Agar Tidak Terlihat Online di PC

Kamu juga bisa menyembunyikan status online ketika sedang membuka WhatsApp di laptop. Namun, perlu diketahui bahwa sebenarnya WhatsApp belum melakukan update pengaturan status online di PC secara resmi. Meski begitu, kamu tidak perlu khawatir karena ada beberapa trik yang bisa dicoba agar tidak terlihat online di WhatsApp PC.

Terkait:  Cara Download File di WhatsApp yang Sudah Lama, Gampang!🍒

Hal yang diperlukan adalah ekstensi tambahan di Google Chrome agar menonaktifkan status online di WhatsApp Web. Berikut langkah-langkah yang diperlukan, diantaranya adalah:

  • Pertama, unduh dan install dulu aplikasi WA Web Plus for WhatsApp untuk ekstensi tambahan di Google Chrome. Aplikasi ini bisa diakses melalui Chrome Web Store. 
  • Buka Chrome Web Store dan temukan WA Web Plus for WhatsApp,  tekan tombol Add to Chrome untuk memasang ekstensi.
  • Setelah ekstensi terpasang, pilih ikon Extension yang berada di bagian kanan layar.
  • Pilih opsi WA Web Plus for WhatsApp.
  • Selanjutnya muncul pengaturan ekstensi.
  • Centang pada kolom Hide online status (Invisible Mode) untuk menonaktifkan fitur online pada WhatsApp Web. Selain itu, kamu juga dapat menonaktifkan fitur lainnya, seperti sedang mengetik pada menu ini.

Alasan Kenapa Tidak Ingin Terlihat Online di Whatsapp

Alasan pengguna WhatsApp memilih untuk menonaktifkan fitur online karena beberapa pertimbangan, antara lain:

Menjaga privasi

Beberapa orang menginginkan privasi yang lebih tinggi saat menggunakan WhatsApp. Mereka mungkin tidak ingin orang lain mengetahui kapan mereka online, membaca pesan, atau meresponsnya. Privasi adalah hak setiap individu, dan tidak ingin terlihat online dapat memberikan rasa aman dan kebebasan dalam berkomunikasi.

Ketersediaan waktu yang terbatas

Ketersediaan waktu untuk berkomunikasi dengan pengguna WhatsApp lainnya terbatas. Mereka mungkin memiliki jadwal sibuk, tugas penting, atau ingin fokus pada pekerjaan atau aktivitas lain tanpa gangguan. Dalam situasi seperti ini, mereka mungkin memilih untuk tidak terlihat online agar tidak terganggu oleh pesan yang masuk.

Mencegah adanya kesalahan persepsi

Terkadang, seseorang mungkin tidak ingin terlihat online agar tidak memunculkan harapan atau ekspektasi respons segera dari orang lain. Mereka mungkin ingin menghindari kesalahan persepsi atau tekanan untuk merespons pesan dengan cepat.

Terkait:  Cara Agar Foto dan Video WhatsApp Tersimpan di Galeri (6 Trik)

Pasalnya, sebagian besar orang akan merasa sakit hati jika pesan tidak segera dibalas padahal posisinya saat itu sedang online. Mereka tidak tahu bahwa kamu memiliki hal lain yang penting untuk dilakukan sehingga tidak dapat segera membalas pesan WA nya.

Menghindari percakapan yang tidak diinginkan

Beberapa orang mungkin tidak ingin terlibat dalam percakapan yang tidak diinginkan atau tidak relevan pada saat tertentu. Dengan tidak terlihat online, mereka dapat mengurangi kemungkinan mendapatkan pesan atau panggilan yang tidak diinginkan. Mereka tidak ingin mendapatkan banyak notifikasi dan mengganggu aktivitas penting yang sedang dilakukan.

Dengan menonaktifkan status online WA, kamu juga memiliki waktu lebih lama untuk memikirkan chat balasan atau memilih untuk didiamkan saja. Jadi, orang tersebut tidak berharap menerima balasan chat kamu dalam waktu cepat.

Setelah mengetahui tutorial mengenai bagaimana caranya agar tidak terlihat online di WhatsApp, apakah kamu sudah mencobanya?

Similar Posts