Cara Mengatasi HP Xiaomi Fastboot

Cara Mengatasi HP Xiaomi Fastboot

Cara mengatasi hp xiaomi fastboot memang menjadi topik yang kadang banyak dicari para pengguna smartphone khususnya xiaomi, yang mana biasanya mereka ini terjebak pada mode fastboot xiaomi, yang sebenarnya mode ini digunakan untuk para pengguna melakukan tweaking seperti menginstall TWRP, ataupun melakukan penginstallan lain, yang berkaitan dengan fastboot.

Namun kadang ada saja para pengguna xiaomi yang sering terjebak dalam mode fastboot sehingga mereka tidak dapat melakukan apa-apa, yang mana ketika mode stuck di fastboot ini terjadi, para pengguna akan sulit untuk bisa masuk ke dalam system atau home screen xiaomi. Karena memang, terjebak di dalam mode fastboot ini sendiri bisa saja terjadi akibat kesalahan yang disengaja, ataupun tidak.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Fastboot

Cara Mengatasi HP Xiaomi Fastboot
Cara Mengatasi HP Xiaomi Fastboot

Untuk itu, tak ayalnya banyak pengguna yang mengalami masalah stuck di fastboot ini mulai mencari cara mengatasi hp xiaomi fastboot yang tentu sangat mengganggu aktivitas mereka dalam menggunakan ponsel atau smartphone. Karena memang, ada beberapa metode yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah stuck atau terjebak di mode fastboot pada hp xiaomi, seperti.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Fastboot lewat Kombinasi Tombol

Cara pertama adalah kamu bisa menggunakan kombinasi tombol yang mana memang menjadi cara atau alternatif untuk keluar dari fastboot xiaomi itu sendiri. Caranya juga mudah banget kok.

  1. Siapkan ponsel atau hp xiaomi kamu yang terjebak atau stuck di mode fastboot xiaomi
  2. Setelah itu, tekan tombol volume atas + volume bawah secara bersamaan sekitar 8 – 10 detik sampai ponsel melakukan reboot dan jangan dilepas
  3. Tunggu hingga proses reboot dimulai dan muncul logo xiaomi baru lepaskan tombol kombinasi tadi
  4. Dan tunggu hingga prosesnya rebootnya selesai dan kamu akan masuk ke dalam home screen ponsel kalian.
Terkait:  Cara Mengatasi HP Xiaomi Ngehang Tanpa Aplikasi, Ampuh!

Cara ini bisa jadi alternatif untuk keluar dari mode fastboot xiaomi dengan mudah, karena kamu hanya memerlukan tombol kombinasi volume atas dan volume bawah saja. Dan tentu saja, cara ini harus dilakukan dengan hati-hati, karena jika kamu menekan tombol volume atas dan bawah terlalu keras, maka dikhawatirkan menimbulkan kerusakan pada tombol tersebut.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Fastboot lewat Minimal ADB

Kemudian untuk cara yang kedua, kamu bisa menggunakan bantuan dari minimal ADB, yang mana memang menjadi salah satu aplikasi yang digunakan para pengguna xiaomi, untuk melakukan tweaking ataupun masuk ke dalam mode fastboot secara sengaja untuk menginstall TWRP ataupun melakukan test poin pada perangkat xiaomi mereka, dan tentunya, kamu bisa keluar dari mode fastboot dengan mudah.

  1. Siapkan perangkat yang memang masih dalam mode fastboot
  2. Kemudian siapkan juga komputer atau laptop yang sudah terinstall minimal adb, beserta kabel data untuk menghubungkan perangkat ke komputer atau laptop
  3. Setelah itu, buka minimal adb dan hubungkan perangkat kamu dengan menggunakan kabel data tadi
  4. Setelah minimal ADB terbuka, silakan ketikkan perintah fastboot reboot dan kemudian tekan enter
  5. Tunggu beberapa saat, dan ponsel kamu akan melakukan reboot atau muat ulang dan kembali ke home screen seperti biasa.

Walaupun cara ini terbilang mudah, namun ada hal yang harus kamu ketahui ya sob. Cara ini sendiri hanya berlaku untuk para pengguna yang memang sudah menghubungkan devices atau perangkat mereka dengan minimal adb sebelumnya dan memang sudah masuk ke dalam mode fastboot dengan cara sengaja dari minimal ADB. Jika mungkin kamu tak sengaja masuk ke dalam mode fastboot dan stuck di sana, maka kemungkinan menggunakan cara ini akan gagal.

Terkait:  Cara Menghapus Akun Google di HP Oppo

Cara Mengatasi HP Xiaomi Fastboot lewat Lepas Baterai

Kemudian untuk cara yang ketiga, kamu bisa menggunakan metode lepas baterai yang mana memang menjadi salah satu alternatif untuk beberpa jenis ponsel xiaomi yang masih menggunakan baterai tidak tanam. Nah, untuk cara ini sendiri kamu bisa melepas backdoor atau bagian belakang dari ponsel kalian, lalu lepaskan baterai ponsel kalian seperti biasa.

Sedangkan untuk para pengguna ponsel xiaomi yang memang menggunakan baterai tanam, kamu mungkin akan membutuhkan lebih banyak effort untuk melepas baterai yang ada di ponsel. Karena di sini kamu harus melepas backdoor, dan mencopot socket baterai yang ada di bagian pcb ponsel xiaomi kalian.

Setelah baterai berhasil dilepas atau dicabut, kamu bisa menunggu beberapa saat sekitar 2 – 3 menit, dan kemudian pasang lagi baterai yang sudah kamu lepas tadi lalu kamu bisa menyalakan ponsel seperti biasa dengan menekan tombol power sekitar 3 – 5 detik, dan tunggu sampai prosess bootingnya selesai, dan kamu akan langsung diarahkan ke home screen xiaomi kalian.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Fastboot lewat Tombol Power

Kemudian untuk cara yang terakhir, di sini kamu bisa menggunakan tombol power ketika tak sengaja stuck atau masuk ke dalam mode fastboot xiaomi, walaupun kamu tidak melakukan tweaking dan lain sebagainya. Untuk caranya juga sangat mudah dilakukan

  1. Siapkan ponsel xiaomi kamu yang stuck di dalam mode fastboot xiaomi
  2. Setelah itu, kamu bisa menekan tombol power agak lama, dan tunggu sampai proses booting dimulai
  3. Setelah muncul logo xiaomi, lepaskan tombol power tadi dan tunggu hingga ponsel kamu ter-restart ke dalam home screen xiaomi
  4. Selesai.

Cara ini juga hampir mirip dengan yang ada di poin pertama tadi yakni menggunakan kombinasi tombol volume atas dan juga volume bawah secara bersamaan untuk keluar dari mode fastboot xiaomi. Namun, cara ini jauh lebih mudah untuk dilakukan, karena kamu hanya perlu menekan tombol power saja.

Terkait:  Cara Keluar dari Sadap WhatsApp Web Update Desember 2023

Penyebab Xiaomi Masuk ke Mode Fastboot Sendiri

Selain daripada cara mengatasinya, tentu kita harus mengetahui lebih dulu apa-apa saja yang memang menjadi penyebab ponsel xiaomi bisa masuk ke dalam mode fastboot sendiri, walaupun kita tidak mengguankan minimal ADB atau yang lainnya, seperti.

  1. Kerusakan pada OS atau System
  2. Penggunaan Custom ROM yang tidak sesuai atau tidak support dengan versi hp xiaomi
  3. Terjadi Error pada bagian Kernel yang menyebabkan ponsel masuk ke dalam menu fastboot
  4. Tak sengaja mengetikkan perintah adb devices reboot fastboot ketika melakukan tweaking
  5. Terjadi corrupt pada file system sehingga perangkat stuck di fastboot mode
  6. Terjadi gagal pada file IMG system sehingga mengalami gagal booting dan masuk ke fastboot
  7. Terjadi fatal error pada sistem xiaomi sehingga booting bermasalah.

Terlepas dari beberapa penyebab tersebut, tentunya kita bisa mengantisipasinya dengan beberapa cara di atas tadi yang bisa kamu gunakan untuk keluar dari mode fastboot xiaomi. Jadi, kamu gak perlu panik dan buru-buru bawa ponselmu ke tukang servis, ya.

Dan itulah tadi sekiranya beberapa cara mengatasi hp xiaomi fastboot yang bisa kamu coba. Silakan sesuaikan atau coba cara yang mana menurutmu paling mudah untuk dilakukan, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Similar Posts