Home » Mengatasi » Penyebab Setir Mobil Bergetar

Penyebab Setir Mobil Bergetar

Penyebab setir mobil bergetar akan selalu berhubungan dengan sistem kemudi yang memerlukam perawatan secara rutin demi menjaga maju mobil tetap normal. Jika kamu mengabaikannya, maka keseimbangan mobil bisa terhambat dan risiko yang paling sering terjadi adalah setir mobil selalu bergetar.

Tak bisa dipungkiri bahwa getaran yang dirasakan akan selalu terjadi ketika kalian berkendara pada kecepatan cukup tinggi dan tentu saja sangat mengganggu.

Kalian perlu menyimak beberapa poin berikut mengenai apa saja penyebab setir mobil bergetar kencang yang tidak bisa dipandang sebelah mata lantaran berisiko buruk bagi kamu dan orang lain saat berkendara.

Apabila kamu sudah mengetahui beberapa alasannya, maka bisa membawa mobil kesayangan kamu ke bengkel resmi untuk ditangani tenaga ahli dan setir mobil bisa dikendalikan seperti biasa bahkan saat kamu mengendarainya dengan kecepatan cukup tinggi sekalipun.

Penyebab Setir Mobil Bergetar

Penyebab Setir Mobil Bergetar

Setir Mobil Bergetar

Apa saja yang membuat setir mobil bergetar dengan kencang?

Berikut ini merupakan beberapa hal yang menyebabkan setir mobil kamu selalu bergetar saat dikendalikan dalam kecepatan tinggi dan perlu ditangani demi mencegah kerusakan, yakni :

  1. Tapak Ban yang Rusak

Penyebab setir mobil bergetar yang harus diperhatikan adalah kondisi tapak ban yang tipis bahkan rusak. Umumnya bahwa situasi ini membuat setirnya selalu bergoyang, terutama dalam kecepatan tinggi dan bagian tersebut harus selalu diperiksa secara berkala.

Kalian tidak perlu mengunjungi bengkel untuk memeriksanya lantaran tapak ban merupakan salah satu komponen eksternal dimana posisinya berada di luar dan bisa dilihat dengan jelas sebelum berkendara.

  1. Tekanan Angin Ban

Kamu perlu memastikan tekanan angin ban telah sesuai rekomendasi dari pihak dealer maupun bengkel resmi. Akan tetapi, banyak orang kurang memperhatikan hal tersebut sehingga dapat dipastikan ban mobilnya kekurangan angin.

Jika kalian selalu pergi keluar rumah dengan mobil, maka bisa dipastikan tekanan angin di dalam ban mempunyai peranan penting dan harus diperiksa secara berkala agar dapat bekerja secara normal saat kamu berkendara.

  1. Engine Mounting Kurang Bekerja Optimal

Getaran mesin mobil anda akan terasa lebih kencang bila engine mounting tidak bekerja dengan baik bahkan menurun. Getarannya biasanya terasa sejak mesin pertama kali dihidupkan, sedangkan setirnya juga bergetar dan laju mobil semakin terganggu saat dikemudikan.

Kamu pasti mengetahui bahwa mesin adalah sumber tenaga utama bagi semua jenis mobil dan tentu saja tingkat getarannya paling tinggi dibandingkan komponen lain.

Engine Mounting merupakan sebuah komponen yang berperan dalam memberi tekanan pada mesin sekaligus meredam getaran supaya tidak bisa dirasakan sampai bagian kabin.

  1. Balancing dan Spooring

Spooring adalah proses meluruskan sudut empat roda mobil seperti semula, yakni sesuai standar pabriknya. Umumnya dua roda bagian depan bakal diluruskan dan dikendalikan agar dapat kembali seperti biasa.

Proses ini dilakukan saat setir mobil berposisi tidak sesuai dengan posisi roda, serta bermaksud untuk melindungi ban demi mencegah berbelok ke kiri maupun ke kanan ketika kamu berkendara.

Sementara itu, Balancing merupakan proses yang bertujuan dalam melindungi keseimbangan titik roda pada setiap sisinya, yaitu menambahkan timah pada bagian kiri, kanan, atas maupun bawah roda mobil yang dinilai kurang atau belum sesuai rekomendasi.

  1. Kaki-kaki Mobil Bermasalah

Tidak menutup kemungkinan bila kaki-kaki mobil menjadi salah satu faktor yang membuat setir mobil anda bergetar kencang. Getaran tersebut biasanya dihasilkan oleh masalah pada bagian itu, serta beberapa komponennya mungkin saja aus seperti racksteer, tie rod serta joint.

Kamu harus mengetahui bahwa semua bagian tersebut mempunyai hubungan dengan kendali setir mobil sehingga kamu tidak dapat mengabaikan fungsinya satu sama lain.

Tips Menangani Setir Mobil Bergetar Kencang dengan Benar

Bagaimana Mengatasi Setir Mobil Bergetar Secara Efektif?

Penyebab setir mobil bergetar bisa ditangani dengan baik dan benar bila kamu sudah mengetahui kelima faktor utama di atas. Pertama, kamu perlu melakukan perawatan secara berkala pada kaki-kaki mobil supaya kinerjanya bisa berjalan dengan optimal dan dipakai sesuai kebutuhanmu.

Kedua, bila tapak ban mobil kamu sudah menipis dan rentan rusak maka bisa kmenggantinya dengan yang baru ke bengkel resmi.

Kamu juga harus memperhatikan TWI atau Tradewear Indicator nya terlebih dahulu untuk permukaan ban nya dan terletak pada sela-sela groove untuk memastikan apakah tingkat kerusakan tapak ban cukup parah atau tidak.

Hal terakhir yang bisa dilakukan adalah selalu memperhatikan tekanan angin pada ban mobil kesayangan kalian. Jangan pernah memulai perjalanan sebelum bagian satu ini sudah dipastikan kelayakannya.

Kamu bisa memastikannya terlebih dahulu dengan memegang permukaan ban, bila terasa keras dan kencang saat ditekan maka bisa dipastikan tekanan anginnya cukup kuat bahkan masih penuh dan kamu bisa berkendara dengan aman dan nyaman.