Cara Screenshot Oppo A3S Panjang, 3 Jari dan Tombol, Mudah!

Cara Screenshot Oppo A3S
Cara Screenshot Oppo A3S

PindahLubang.com | Pengguna HP Oppo A3S mungkin tahu kalau smartphone kesayangannya memiliki berbagai macam fitur dan spesifikasi mumpuni. Tak ayal banyak orang ingin sekali memilikinya, namun justru mereka belum tahu cara screenshot Oppo A3S tanpa tombol dengan benar.

Seperti kamu tahu bahwa screenshot sudah menjadi salah satu bagian penting pada smartphone saat ini. Pasalnya, kamu akan melihat berbagai macam informasi di internet, maupun media sosial yang sangat penting dan sayang untuk diabaikan.

Read More

Cara tangkap layar Oppo A3S tanpa tombol berguna jika kamu tidak ingin mengambil gambar layar dengan kombinasi tombol fisik. Kamu bisa menggantinya dengan usap layar, smart sidebar (bilah samping cerdas) maupun aplikasi ketiga. Semuanya akan kami bahas secara jelas dan lengkap melalui artikel ini.

Harga dan Spesifikasi Oppo A3S

Oppo A3S merupakan salah satu seri HP Oppo yang dibanderol dengan harga Rp.2,6 juta dan mempunyai berbagai macam spesifikasi mumpuni di kelasnya. Kamu bisa mendapatkan gawai dengan ruang penyimpanan besar dan resolusi kameranya cukup tinggi. Harga dan spesifikasi Oppo A3S dapat kamu ketahui lewat tabel di bawah ini:

Terkait:  Cara Screenshot Oppo A5S
Dimensi 156.2 x 75.6 x 8.2 mm
Bobot 168 gram
Layar 6.2 inci (720 x 1.520 pixel) Corning Gorilla Glass 3
Chipse dan Sistem Operasi Android 8.1
Snapdragron 450
Custom UI ColorOS 5.1
Memori 3 GB (RAM) dan 32 GB (ROM)
Kamera Belakang 13 MP, f/2.2
Kamera Depan 8 MP, f/2.2
Baterai 4.230 mAh
Warna Merah, Ungu Tua
Harga Rp.2,699,000

Cara Screenshot Oppo A3S

Cara Screenshot Oppo A3S
Cara Screenshot Oppo A3S

Kamu tidak perlu membuang waktu untuk mencoba cara tangkap layar Oppo A3S tanpa tombol, karena prosesnya sangat cepat dan mudah. Pengguna smartphone tersebut dapat menggunakan bilah samping cerdas, usap layar maupun aplikasi ketiga.

Kami akan membantumu dan pengguna HP Oppo A3S mana pun untuk mengambil gambar layar tanpa tombol. Selain itu, hasilnya akan langsung tersimpan ke galeri secara otomatis, sedangkan kamu dapat edit dengan menambahkan efek atau filter yang diinginkan.

Langkah 1: Buka Pengaturan

Cara screenshot Oppo A3S tanpa tombol yang pertama adalah membuka aplikasi Pengaturan atau Setting terlebih dulu. Kamu dapat menemukannya dengan logo roda gerigi yang berada pada halaman depan atau home screen.

Langkah 2: Pilih Menu Gerakan dan Gestur

Pada halaman Pengaturan, cara screenshot Oppo A3S tanpa tombol berikutnya yang dapat kamu lakukan adalah memilih menu Gerakan dan Gestur atau Motion and Gesture. Opsi ini biasanya terletak di bagian bawah.

Langkah 3: Aktifkan Menu Quick Gesture

Jika kamu sudah masuk ke bagian Gerakan dan Gestur, maka bisa mengaktifkan menu Quick Gesture. Caranya dengan menggeser toogle di samping menu tersebut ke samping kanan, pastikan tombolnya berubah warna menjadi biru yang berarti sudah aktif.

Langkah 4: Buka Halaman yang Ingin di Screenshot

Kalau menu Quick Gesture sudah diaktifkan, kamu harus membuka atau mencari halaman yang akan di screenshot. Contohnya, media sosial atau laman tertentu di internet yang benar-benar menyimpan informasi penting untuk disimpan ke ponselmu.

Terkait:  Cara Melacak HP Oppo yang Hilang dalam Keadaan Mati (Tested!)

Langkah 5: Usap Tiga Jari

Cara tangkap layar Oppo A3S tanpa tombol selanjutnya adalah usap tiga jari kamu dari atas ke bawah dengan posisi jarinya yang merapat. Jika terdengar suara shutter kamera atau layar berkedip, proses screenshot berarti berjalan lancar.

Langkah 6: Gambar Screenshot Tersimpan ke Galeri

Cara tangkap layar Oppo A3S tanpa tombol yang terakhir adalah tunggu beberapa saat sampai hasil gambarnya tersimpan ke galeri secara otomatis. Kamu dapat menemukannya dengan membuka folder Screenshot, sedangkan fotonya terletak di bagian paling atas.

Cara Screenshot Oppo A3S dengan Tombol Fisik

Kamu dapat memanfaatkan tombol fisik untuk mengambil gambar layar di HP Oppo A3S. Metode ini merupakan cara screenshot Oppo A3S paling umum dan sering dilakukan pengguna gawainya. Kamu bisa mencobanya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Cari halaman yang ingin di screenshot terlebih dulu.
  • Jika sudah ketemu, tekan sekaligus tahan tombol Power dan Volume Bawah/Atas dalam waktu yang sama.
  • Layar akan berkedip dan mengeluarkan bunyi shutter kamera yang berarti proses screenshot berhasil.
  • Terakhir, hasilnya akan tersimpan pada folder Screenshot di HP Oppo A3S kamu.

Cara Screenshot Oppo A3S dengan Bilah Samping Cerdas

Seperti kami sebutkan sebelumnya bahwa pengguna HP Oppo A3S dapat mengambil gambar layar dengan fitur bilah samping cerdas (smart sidebar). Fitur ini sudah tersedia pada semua seri HP Oppo, sedangkan cara screenshot Oppo A3S dengan smart sidebar adalah sebagai berikut:

  • Pertama, buka halaman yang akan di screenshot.
  • Jika sudah ketemu, geser layar dari kanan ke kiri sampai fitur bilah samping cerdas terbuka otomatis.
  • Pilih menu Tangkapan Layar atau Screenshot.
  • Layar akan berkedip sekaligus mengeluarkan suara shutter kamera yang berarti proses screenshot berhasil.
  • Gambarnya akan tersimpan pada folder Screenshot di HP Oppo A3S kamu.
Terkait:  Cara Screenshot Hp Oppo

Cara Screenshot Oppo A3S dengan Aplikasi Longshot

Aplikasi Longshot adalah tools yang berguna untuk mengambil gambar layar dengan mudah dan praktis. Kamu dapat mengunduhnya melalui Google Play Store secara gratis, bahkan memori penyimpanan yang dibutuhkan sangat rendah. Cara screenshot Oppo A3S dengan aplikasi Longshot di antaranya:

  • Download aplikasi Longshot melalui Google Play Store terlebih dulu.
  • Klik Install.
  • Jalankan dan buka aplikasinya.
  • Pada halaman utama, ketuk logo kamera yang berada di bagian tengah.
  • Klik Start Now untuk memulai proses screenshot.
  • Cari halaman yang ingin di screenshot.
  • Klik Start.
  • Jika ingin mengambil gambar layar panjang, tekan tombol Auto Scroll.
  • Klik Done.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat hingga gambar screenshot tersimpan ke galeri secara otomatis.

Cara Screenshot Oppo A3S dengan Aplikasi Screenshot Capture

Kalau tombol fisik tidak berfungsi untuk mengambil gambar layar, maka kamu bisa mengunduh dan menggunakan aplikasi Screenshot Capture. Penggunaannya sudah menjadi solusi jitu agar dapat melakukan screenshot dengan mudah. Kamu bisa mengunduhnya gratis di Play Store, sedangkan proses pengambilan gambar layarnya sangat cepat.

Cara Screenshot Oppo A3S Panjang

Metode terakhir adalah cara screenshot Oppo A3S panjang, biasanya orang-orang sering melakukannya untuk mengambil gambar layar saat buka browser atau media sosial seperti Telegram, WhatsApp dan lainnya. Kamu bisa mencobanya lewat langkah-langkah di bawah ini:

  • Cari halaman yang akan kamu screenshot terlebih dulu.
  • Screenshot lamannya dengan menggunakan tombol fisik, usap layar atau bilah samping cerdas.
  • Jika sudah selesai, biasanya akan muncul bar notifikasi di bagian bawah.
  • Pilih menu Gambar Layar Panjang atau Long Screenshot dengan logo panah ke bawah.
  • Kemudian, tekan tombol tersebut berulang kali sampai bagian yang diinginkan.
  • Klik Done atau Selesai untuk mengakhiri prosesnya.
  • Terakhir, gambar screenshot panjang akan tersimpan ke galeri secara otomatis.

Demikian tutorial seputar cara screenshot Oppo A3S tanpa tombol, serta menggunakan fitur usap tiga jari hingga aplikasi. Kamu bisa mengikuti salah satu metode kami di atas untuk mengambil gambar layar dengan cepat pada ponsel tersebut. Semoga membantu!

Related posts