Cara Menonaktifkan Talkback Oppo

Cara Menonaktifkan Talkback Oppo Semua Tipe, Valid!

PindahLubang.com | Jika kamu menggunakan HP Oppo, sebaiknya ketahui cara menonaktifkan talkback Oppo semua seri dengan benar dan mudah. Fitur ini memang tidak terlalu penting, sehingga banyak orang memutuskan untuk mematikannya. Bagi kamu yang belum tahu tentang fitur talkback, mungkin dapat mencobanya terlebih dulu.

Jika sudah mencoba dan ternyata kurang nyaman, maka bisa menonaktifkannya kembali. Fitur ini pun dapat dimatikan dengan menggunakan tombol fisik maupun setelan perangkat smartphone masing-masing lho.

Tak dapat dimungkiri bahwa kamu sendiri pasti tidak tahu fitur talkback, kan? Kamu akan tahu sekilas tentang fitur tersebut dan cara matikan talkback Oppo semua seri dengan benar lewat artikel ini. Kami sudah menyiapkan informasinya secara lengkap agar kamu dapat mematikan fiturnya dengan mudah.

Pengertian Talkback

Talkback atau Voice Assistant merupakan salah satu fitur aksesibilitas yang dapat mengubah semua hal dalam perangkat smartphone ke feedback berupa instruksi suara. Fitur ini hampir sering diandalkan oleh beberapa pengguna Android, khususnya yang mengalami gangguan penglihatan (tunanetra) dan pengidap rabun.

Oleh karena itu, kamu dan siapa saja yang mempunyai kesehatan fisik normal pasti tidak akan menggunakannya, bahkan hanya sesekali saja dan dapat dinonaktifkan.

Cara Mengaktifkan Talkback Oppo

Kamu mungkin masih asing dengan fitur talkback karena belum pernah menggunakannya sama sekali. Meski begitu, pengguna HP Oppo dapat mengaktifkannya tanpa ribet lho. Simak panduannya sebagai berikut:

  • Pertama, buka aplikasi Pengaturan atau Setting dari HP Oppo kamu.
  • Pada halaman Pengaturan, ketuk opsi Setelan Tambahan atau Additional Setting.
  • Pilih menu Aksesibilitas atau Accessibility.
  • Klik Talkback.
  • Geser toogle ke kanan atau ketuk dua kali untuk mengaktifkannya.
  • Jika sudah berubah ke mode ON, fiturnya berarti sudah aktif.
  • Terakhir, gunakan fitur talkback untuk mengoperasikan semua layanan pada HP Oppo dengan menggunakan suara kamu.
Terkait:  Cara Screenshot Oppo A53 dengan Tiga Jari, Tombol dan Panjang

Mengapa Talkback Oppo Perlu Dinonaktifkan?

Kamu pasti penasaran mengapa fitur talkback pada HP Oppo perlu dinonaktifkan, sedangkan kondisi ini tidak serta merta dilakukan begitu saja lho. Seperti kami sebutkan sebelumnya bahwa fitur ini hanya ditujukan untuk mereka yang terbiasa mengoperasikan gadget dengan perintah suara.

Bagi kamu yang kebiasaan menggunakan HP dengan kedua tangan, pasti bisa memakainya lebih cepat dan mudah. Maka dari itu, kamu bisa menonaktifkannya untuk menghemat daya dan memaksimalkan performa smartphone masing-masing.

Cara Menonaktifkan Talkback Oppo

Cara Menonaktifkan Talkback Oppo
Cara Menonaktifkan Talkback Oppo

Kamu pasti masih bingung tentang cara matikan talkback Oppo semua seri, kan? Daripada penasaran, sebaiknya ikuti dan simak pembahasan artikel kami sampai akhir. Kamu dan siapa saja yang menggunakan HP Oppo sekarang tidak perlu khawatir lagi untuk mematikan fitur tersebut.

Kamu bisa memanfaatkan kombinasi tombol fisik, bahkan setelan perangkat smartphone Oppo yang sedang digunakan. Tak perlu mengunduh aplikasi bantuan ketiga untuk menonaktifkan talkback karena prosesnya cepat dan mudah.

Langkah 1: Buka Pengaturan

Cara menonaktifkan talkback Oppo yang pertama adalah membuka aplikasi Pengaturan atau Setting terlebih dulu. Kamu dapat menemukannya berupa logo roda gerigi pada halaman utama atau home screen ponsel masing-masing.

Langkah 2: Pilih Menu Pengaturan Tambahan

Pada halaman Pengaturan, cara menonaktifkan talkback Oppo berikutnya adalah menggeser layar ke bawah sampai menemukan menu Pengaturan Tambahan atau Additional Setting. Jika sudah ketemu, ketuk opsi tersebut.

Langkah 3: Klik Aksesibilitas

Jika kamu menggunakan HP Oppo versi lama, maka bisa mengetuk opsi Aksesibilitas atau Accessibility untuk membuka laman selanjutnya. Akan tetapi, kalau kamu menggunakan smartphone nya yang versi baru, tekan tombol Bebas Halangan.

Langkah 4: Pilih Menu Talkback

Cara menonaktifkan talkback Oppo selanjutnya adalah membuka menu Talkback. Caranya dengan mengetuk opsi tersebut dua kali agar menunya dapat terbuka. Menu ini pun akan terlihat pada bagian Aksesibilitas.

Terkait:  Cara Menonaktifkan IndiHome

Langkah 5: Matikan Talkback

Cara menonaktifkan talkback Oppo yang terakhir adalah geser toogle atau slider ke kiri untuk mematikan fitur tersebut. Kemudian, tekan tombol Yes dan fitur talkback sudah berhasil dimatikan pada HP Oppo kamu.

Cara Menonaktifkan Talkback Oppo Lewat Tombol Fisik

Kamu bahkan dapat mematikan fitur talkback Oppo dengan menggunakan tombol fisik lho. Langkah ini bisa dilakukan untuk pengguna HP Oppo yang tidak ingin ribet mengatur setelan perangkatnya. Cara menonaktifkan talkback Oppo dengan tombol fisik adalah sebagai berikut:

  • Buka HP Oppo kamu terlebih dulu.
  • Jika sudah dibuka, tekan sekaligus tahan tombol Power dan Volume Bawah selama 5-10 detik.
  • Fitur talkback akan langsung nonaktif dan kamu dapat menggunakan HP Oppo dengan satu jari seperti biasa.

Cara Menonaktifkan Talkback Oppo A3S, A1K, A5S dan A7

Bagi kamu yang menggunakan HP Oppo A3S, A1K, A5S, A7 atau versi ColorOS 6 dan Android 9.0 (Pie), fitur talkback dapat dimatikan dengan mudah dan praktis. Jika kamu masih bingung, simak cara menonaktifkan talkback Oppo versi Android 9.0 di bawah ini:

  • Pertama, buka aplikasi Pengaturan atau Setting dari HP Oppo kamu.
  • Geser ke bawah sampai menemukan menu Pengaturan Tambahan atau Additional Setting.
  • Jika sudah ketemu, ketuk opsi tersebut.
  • Pilih menu Bebas Halangan.
  • Pada bagian tersebut, klik Talkback.
  • Kemudian, ketuk toogle opsi tersebut sebanyak dua kali untuk menonaktifkannya.
  • Klik Mati atau Turn Off untuk konfirmasi.
  • Terakhir, fitur talkback HP Oppo kamu sudah dinonaktifkan secara otomatis.

Cara Menonaktifkan Talkback Oppo Reno4, Reno5 dan Reno6

Jika kamu memiliki HP Oppo Reno4, Reno5, Reno6 dengan versi Android 10 atau ColorOS 7 ke atas, cara menonaktifkan talkback Oppo pun tidak kalah mudah dan praktis lho. Penasaran, kan? Simak langkah-langkahnya yang benar dan mudah di bawah ini:

  • Buka aplikasi Pengaturan atau Setting melalui HP Oppo kamu.
  • Pilih menu Pengaturan Tambahan atau Additional Setting di bagian bawah.
  • Pada halaman Pengaturan Tambahan, klik Aksesibilitas atau Accessibility.
  • Pilih menu Talkback.
  • Matikan Talkback dengan mengetuk toogle nya dua kali yang berada di sebelahnya.
  • Pilih menu Berhenti atau Stop untuk menyetujuinya.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat hingga fitur talkback sudah berhasil dinonaktifkan.
Terkait:  Cara Reset Hp Oppo

Solusi Menonaktifkan Talkback Oppo yang Gagal

Kalau kamu mengalami masalah saat menonaktifkan talkback HP Oppo sesuai dengan petunjuk di atas, jangan khawatir karena kamu dapat mengatasinya dengan reset pabrik ponsel masing-masing. Namun, pastikan semua data sudah dicadangkan agar file penting dapat digunakan lagi. Kamu bisa mencadangkannya ke HP lain atau laptop.

Jika HP Oppo sudah kamu reset pabrik dan fitur talkback tetap menyala, langkah terakhir yang wajib dilakukan adalah membawa ponselmu ke counter terdekat. Masalah tersebut biasanya akan diidentifikasi, sehingga sumber masalahnya dapat diketahui dan talkback nya segera dinonaktifkan.

Demikian tutorial lengkap tentang cara menonaktifkan talkback Oppo semua tipe dengan pengaturan atau tombol fisik yang mudah dan praktis. Kamu mungkin tidak akan menggunakan fitur ini, jika ternyata dalam keadaan menyala maka dapat dimatikan dengan menggunakan semua metode kami di atas. Semoga membantu!

Similar Posts