Cara Menonaktifkan IndiHome

Cara Menonaktifkan IndiHome

IndiHome memang menjadi salah satu penyedia layanan internet wifi terkenal di Indonesia. Namun seiring berjalannya waktu, penyedia layanan serupa pun banyak bermunculan. Mungkin itu menjadi salah satu alasan banyak yang mencari tahu bagaimana cara menonaktifkan indihome.

Cara Menonaktifkan IndiHome

Cara Menonaktifkan IndiHome
Cara Menonaktifkan IndiHome

Untuk kamu yang ingin tahu secara detail bagaimana berhenti dari layanan IndiHome, berikut beberapa cara yang bisa dicoba.

Cara menonaktifkan IndiHome Melalui Plasa Telkom Terdekat

Cara satu ini adalah yang paling banyak digunakan. Dengan mendatangi Plasa Telkom langsung, kamu nantinya akan diberitahu dengan jelas bagaimana persyaratan serta prosedur yang benar untuk berhenti berlangganan Indihome.

Saat melakukan proses penonaktifan, pastikan bahwa kamu membawa serta persyaratan yang diminta. Adapun persyaratan dan langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Membawa kartu identitas yang digunakan saat mendaftar layanan IndiHome, seperti KTP, SIM, atau kartu pelajar.
  2. Apabila kamu bukanlah pelanggan yang terdaftar dalam layanan IndiHome, maka bisa membawa surat kuasa yang ditandatangani  oleh pemilik dan yang datang mengurusi permohonan berhenti. Selain itu, surat kuasa tersebut harus bermaterai.
  3. Pelanggan tidak memiliki tagihan yang belum dibayar. Jika ada, maka harus dilunasi terlebih dahulu baru diperbolehkan melanjutkan proses penghentian layanan.
  4. Mengenai berapa jumlah pembayaran atau tagihan yang harus dibayarkan, kamu bisa bertanya pada pihak Customer Service.
  5. Perihal teknis pembayaran dan tunggakan, informasi selengkapnya dapat kamu tanyakan ke pihak CS.
  6. Bawa serta perangkat modem untuk dikembalikan ke pihak Telkom.
  7. Mengisi formulir untuk pengajuan berhenti langganan.
  8. Demikian beberapa syarat yang harus kamu persiapkan saat mengurus proses berhenti langganan. Untuk detail selengkapnya, kamu bisa mendapatkan informasi dengan datang dan bertanya langsung ke Plasa Telkom terdekat.
Terkait:  7 Cara Cek Nomor IndiHome ZTE yang Benar (Update) 💯

Cara Menonaktifkan IndiHome Via Call Center 147

Cara lain untuk berhenti berlangganan IndiHome adalah dengan menghubungi Call Center. Nomor Call Center Indihome adalah 147. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Hubungi nomor tersebut beserta kode area, contohnya untuk area Semarang  024+147 atau 024147.
  • Apabila telah terhubung dengan layanan Call Center Telkom, maka sampaikan bahwa tujuan kamu menelepon adalah untuk berhenti langganan IndiHome.
  • Nantinya, pihak CS akan memberitahukan apa yang harus kamu lakukan dan persyaratan apa yang harus dipenuhi.

Sayangnya, cara ini dikenakan pulsa. Setiap panggilan ke Call Center 147 IndiHome dibebankan biaya Rp1.000/ menit. Untuk itu, jika kamu ingin mencoba cara ini pastikan bahwa nomor kamu ada pulsa yang cukup.

Cara Berhenti Berlangganan IndiHome secara Online

Selain kedua cara di atas, kamu juga bisa mengajukan berhenti langganan IndiHome secara online. Layanan online ini bisa membantu para pelanggan yang tidak memiliki waktu untuk datang ke Plasa Telkom.

Kamu bisa melakukan permohonan pemberhentian IndiHome secara online kapanpun waktu yang diinginkan.

Langkah pertama adalah menghubungi customer service lewat media sosial, seperti Twitter atau Facebook. 

Berikut langkah-langkah cara menghubungi IndiHome secara online melalui Twitter, antara lain:

  • Hubungi admin IndiHome Telko lewat Twitter dengan cara membuat tweet dan mention ke akun @TelkomCare atau kamu langsung ke alamat ini https:www.twitter.com/telkomcare. Kamu bisa follow akun mereka terlebih dahulu kemudian membuat tweet yang berisi permintaan bantuan untuk menonaktifkan layanan IndiHome.
  • Adapun contoh tweet atau DM lewat media sosial kurang lebih seperti ini: “Selamat siang admin, saya ingin berhenti langganan IndiHome, apakah harus datang ke Plasa Telkom atau dapat dibantu secara online? Terimakasih @TelkomCare” (mention akun Twitter Telkom).
  • Tunggu hingga mendapatkan balasan dari admin biasanya tidak akan lama apabila masih dalam jam kerja. Selain itu, umumnya mereka membalas lewat DM (direct message).
  • Kurang lebih dibals seperti ini: “Siang kak, untuk berhenti berlangganan IndiHome bisa melalui kami. Tolong infokan nomor internet atau telepon dan alasan mengapa kakak ingin berhenti berlangganan via DM. Nanti akan mimin cek lebih lanjut ya, Terimakasih.
  • Apabila sudah mendapatkan balasan kurang lebih seperti itu, kamu bisa mengirimkan informasi yang diminta, yakni nomor internet atau telepon serta alasan mengapa ingin menonaktifkan langganan IndiHome via DM ke @TelkomCare.
  • Lalu, biasanya admin akan kembali menanyakan apakah sudah yakin ingin berhenti dan bisa dipikirkan kembali. Jika begitu, kamu sampaikan saja alasan ingin berhenti langganan yang detail dan logis kepada admin.
  • Nantinya, admin akan meminta beberapa syarat kelengkapan untuk membantu proses penonaktifan layanan IndiHome. Selama proses tersebut, jaringan internet tidak dapat digunakan lagi.
Terkait:  Cara Blokir Perangkat di WiFi IndiHome: Aman dari Pembobol

Umumnya, proses penonaktifan ini berlangsung kurang lebih selama 24 jam. Apabila kamu masih bisa mengakses internet berarti penonaktifannya belum selesai. Pun demikian, apabila koneksi internet sudah tidak bisa lagi digunakan, maka pengajuan berhenti langganan yang kamu minta telah berhasil diproses.

Tidak hanya internet yang tidak bisa lagi diakses, akun MyIndiHome kamu juga tidak dapat digunakan lagi. Kini, kamu tidak bisa lagi masuk ke semua akun yang terintegrasi dengan Telkom.

Apabila kamu masih memiliki memiliki tagihan kecuali dari periode sebelumnya, maka harus dilunasi terlebih dahulu. Tagihan tersebut dapat ditransfer melalui ATM, di minimarket, atau bayar langsung ke Plasa Telkom.

Setelah proses penonaktifan berhasil, admin @TelkomCare akan menginfokan kembali bahwa kamu dimohon untuk mengembalikan perangkat IndiHome ke Plasa Telkom terdekat.

Selain Twitter, Facebook juga bisa menjadi salah satu cara untuk berhenti langganan IndiHome. Untuk langkahnya sendiri kurang lebih sama, hanya saja menggunakan platform yang berbeda, yakni Facebook. Silakan kamu hubungi akun fb resmi IndiHome Telkom lewat Facebook Messenger.

Tips Menonaktifkan Langganan IndiHome

Pihak IndiHome akan melayani kamu dan pelanggan lainnya dengan ramah baik konsultasi secara offline maupun online. Namun, untuk kelancaran proses tersebut, tidak ada salahnya kamu memperhatikan beberapa tips apabila ingin berhenti dari layanan ini. 

Hal tersebut bertujuan agar tidak bolak-balik ke Plasa Telkom apabila kamu memilih mengurusnya ke gerainya langsung, atau menyiapkan semua data penting sebelum menghubungi CS secara online agar bisa selesai dengan cepat dan lancar. Nah, berikut tipsnya:

Melengkapi data

Sebelum mengajukan permintaan pemutusan, kamu harus menyiapkan semua data yang diperlukan seperti KTP, KK, dan bukti pembayaran terakhir atau periode sebelumnya.

Terkait:  Cara Blokir User WiFi IndiHome Huawei: Pakai 3 Tips Ini!

Pastikan sudah lunas

Seperti yang diketahui bahwa pembayaran tagihan IndiHome keluar pada tanggal 5 hingga 20. Nah, apabila kamu memutuskan layanan pada tanggal 30, kamu tetap dikenai tagihan untuk periode berikutnya.

Untuk jumlah tagihan sendiri adalah sejumlah yang telah digunakan bukan pembayaran untuk 1 bulan penuh, yaitu pemakaian dari tanggal 21 sampai 30 saja.

Menukarkan poin

Umumnya, Telkom memberikan berbagai poin pada setiap melakukan transaksi. Apabila kamu memiliki point selama penggunaan IndiHome dan belum digunakan, maka sebaik ditukarkan dahulu.

Penukaran poin ini umumnya adalah kupon berhadiah yang diundi setiap tahun atau bulan. Untuk hadiahnya sendiri pun beragam tergantung jumlah poin yang akan ditukar.

Bagaimana, apakah kamu sudah mencoba rekomendasi cara menonaktifkan IndiHome di atas?

Similar Posts