Membuat

Cara Membuat Kelas di Google Classroom untuk Guru, Bebas Ribet!

PindahLubang.com | Bagaimana cara membuat kelas di Google Classroom? Pertanyaan ini hampir sering diucapkan oleh mayoritas guru yang sedang, bahkan masih menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh. Tak dapat dimungkiri beberapa sekolah masih belum melakukan kegiatan belajar secara normal kembali.

Mereka akan selalu mengandalkan teknologi yang ada untuk melakukan aktivitas ini setiap hari. Google Classroom adalah salah satu dari segelintir platform yang sering dimanfaatkan untuk menunjang proses pembelajaran antara guru dan siswa di sekolah.

Kemajuan teknologi yang semakin berkembang membuat beberapa guru dituntut untuk ‘melek’ teknologi demi memenuhi kewajibannya, salah satunya adalah menggunakan Classroom. Maka dari itu, kamu harus tahu cara buat kelas di Google Classroom yang benar lewat pembahasan artikel kami ini.

Cara Membuat Kelas di Google Classroom

Cara Membuat Kelas di Google Classroom

Bagi kamu atau siapa saja yang sedang mencari cara buat kelas di Google Classroom, jawabannya hanya dapat ditemukan lewat artikel ini. Kami sudah merangkum beberapa langkah sederhana untuk membuat kelas pada platform tersebut.

Seperti kamu tahu kalau sebagian besar tenaga didik memang dituntut untuk memiliki akun, bahkan mengelola kelas online nya sendiri. Jika kamu baru mengenal Classroom, tak ada salahnya untuk mencoba ikut serta sekaligus bikin kelas bagi semua murid yang kamu bimbing di sekolah.

Cara Membuat Kelas di Google Classroom untuk Guru

Jika kamu berstatus sebagai tenaga didik alias guru, alangkah baiknya mengetahui cara buat kelas di Google Classroom untuk guru dengan benar. Berikut langkah-langkahnya yang wajib diketahui, yakni:

Langkah 1: Buka Website Google Classroom

Cara buat kelas di Google Classroom untuk guru yang pertama adalah mengakses website resminya via www.classroom.google.com. Kamu dapat membuka laman tersebut melalui peramban browser di HP atau PC.

Langkah 2: Tekan Tombol +

Pada halaman utamanya, cara buat kelas di Google Classroom untuk guru berikutnya adalah menekan tombol (+). Opsi tersebut bertujuan untuk menampilkan semua perintah yang berada dalam platform ini.

Langkah 3: Pilih Menu Create Class

Jika tombol tersebut sudah ditekan, biasanya akan muncul dua menu berbeda yang terdiri dari Create Class dan Join Class. Bagi kamu yang baru pertama kali bergabung sebagai pengajar di Classroom, tekan tombol Create Class.

Langkah 4: Isi Informasi Kelas

Cara buat kelas di Google Classroom untuk guru selanjutnya adalah mengisi informasi tentang kelas online kamu secara lengkap. Secara umum data-data tersebut terdiri dari class name (nama kelas), section (kelas), subject (mata pelajaran) dan room.

Langkah 5: Klik Create

Cara buat kelas di Google Classroom untuk guru yang terakhir adalah pastikan semua informasi kelasnya sudah diisi dengan benar dan lengkap. Kemudian, tekan tombol Create dan tunggu beberapa saat sampai muncul notifikasi kalau kelas online sudah dapat digunakan.

Cara Bergabung di Kelas di Google Classroom

Semua murid sudah dapat bergabung ke kelas kalau kamu sudah membuatnya. Cara bergabung di kelas di Google Classroom adalah sebagai berikut:

  • Akses website classroom.google.com terlebih dulu.
  • Login dengan menggunakan akun Google yang aktif.
  • Pada halaman utama, tekan tombol (+).
  • Pilih menu Join Class.
  • Kemudian, masukkan kode kelas yang sudah diberikan oleh guru untuk bergabung ke ruang belajar online tersebut.
  • Jika sudah dimasukkan, proses pembelajaran pun sudah dapat dimulai.

Demikian panduan mengenai cara membuat kelas di Google Classroom untuk guru yang wajib kamu tahu. Siapa pun sekarang tidak perlu khawatir kalau kesulitan menciptakan kelas online bagi semua muridnya. Kamu bisa mengikuti semua tutorial dari kami di atas untuk melakukannya. Selamat mencoba!

Syaid Ahmad Fahri

Indonesian - Malaysian - Singaporean - Dutch. Content Writer. Blogger.

Recent Posts

Cara Screenshot HP Oppo A3S (SS Panjang, 3 Jari, Tombol)

PINDAHLUBANG.com | Pengguna HP Oppo A3S mungkin sering menggunakan aplikasi tertentu yang memuat informasi penting,… Read More

2 weeks ago

Cara Kuota Darurat Telkomsel, Pinjam Paket Darurat dan Aktivasi

Sudahkah kalian tahu cara kuota darurat Telkomsel? Layanan ini memungkinkan setiap penggunanya bisa berkomunikasi meski… Read More

2 weeks ago

Cara Keluar dari WhatsApp Tanpa Diketahui (Leave/Left Grup WA)

Pindahlubang.com | Saat ini semakin banyak orang yang menggunakan WhatsApp sebagai alat komunikasi, oleh karena… Read More

2 weeks ago

Cara Menukar Bonstri

Bagaimana cara menukar Bonstri? Bagi kamu pengguna provider Tri, kamu tentu tidak asing lagi dengan… Read More

2 months ago

Cara Call di WhatsApp Web, Video Call Makin Seru!

PindahLubang.com – Kamu pasti tidak tahu cara call di WhatsApp Web, kan? Ya, pengguna WA… Read More

2 months ago

Cara Download Gambar Di Instagram

Gimana sih cara download gambar di Instagram dengan mudah? Ya, Instagram saat ini merupakan salah… Read More

3 months ago