Cara Setting APN

Cara Setting APN: 100% Work di Semua Jenis Operator

Access Point Name adalah nama yang dibaca ponsel untuk mengatur koneksi ke gateway antar jaringan seluler dan internet publik. Kamu bisa coba cara setting APN untuk mendapatkan jaringan yang lebih bagus. Tujuannya untuk membuat internet lancar. 

Proses konfigurasi APN ini sangat penting agar bisa terkoneksi ke internet dengan baik. Tapi disarankan untuk membuat nama baru saja daripada mengubah settingan default. Bagaimana caranya? Lihat penjelasan berikut. 

Cara Setting APN

Cara Setting APN
Cara Setting APN

Cara setting APN yang akan dijelaskan ini work di semua operator. Entah itu Kamu pakai kartu Indosat atau XL Axiata untuk akses internet, bisa melakukan konfigurasi Access Point Name dengan cara ini. Hanya saja masukkan data sesuatu jenis provider tersebut. 

Setting APN bisa dilakukan sendiri di pengaturan ponsel. Kamu dapat mengikuti langkah-langkah di bawah:

  • Buka menu Pengaturan atau Setting di ponsel. 
  • Selanjutnya masuk ke menu More Networks. Untuk opsi ini sebenarnya namanya tergantung pada ponsel yang digunakan. Karena di masing-masing HP penamaan menunya berbeda. 
  • Langkah selanjutnya adalah memilih menu Mobile Networks. 
  • Cari menu Access Point Name. Sebenarnya untuk cara cepat buka menu APN adalah mengetikkan Access Point Name atau Nama Titik Akses pada kotak pencarian di pengaturan. 
  • Setelah klik menu tersebut, pilih provider yang digunakan dan lakukan konfigurasi. 
  • Kamu juga bisa membuat APN baru dengan klik ikon tambah (+) yang ada di bawah. 
  • Kemudian masukkan data APN sesuai provider. 
  • Terakhir tinggal Save
  • Untuk menggunakan APN yang baru diatur, pilih saja namanya. Biasanya tidak langsung terkoneksi. Jadi, coba aktifkan airplane mode dan matikan kembali. 
Terkait:  Cara Menonaktifkan NSP Telkomsel

Sebenarnya tidak disarankan untuk mengatur ulang APN default dari operator. Karena bisa saja modifikasi yang dilakukan malah membuat settingan bawaan terganggu. Jadi, lebih baik menambah APN baru di daftar. 

Selain itu tidak semua kolom pengaturan diisi. Hanya pengaturan yang disediakan oleh operator saja yang digunakan, sedang lainnya dikosongkan. Ketikkan juga sama persis seperti data yang diberikan agar cara setting APN ini tidak gagal. 

Setting APN Semua Operator

Tiap operator memiliki settingan sendiri. Kamu tidak dapat memasukkan data milik provider Telkomsel ke XL Axiata. Jadi, pastikan sesuai jenis kartu yang digunakan. Inilah settingan beberapa operator yang dapat dipakai:

Telkomsel

APN: telkomsel

Username: wap

Password: wap123

XL

APN: xlgprs.net

Username: xlgprs

Password: proxl

Axis

APN: axis

Username: axis

Password: 123456

Indosat

APN: indosatgprs

Username dan password: indosat

Three (3) 

APN, username, dan password: 3gprs

Smartfren

APN: #999

Dial number: #77

Username: M8

Password: M8

Kegunaan Setting APN

Memang Access Point Name itu sudah diatur secara default oleh operator yang digunakan pada ponsel. Tapi Kamu juga bisa membuat APN baru dan menggunakannya. Secara umum APN itu digunakan untuk menyambungkan beberapa perangkat dengan provider jaringan. 

Tapi selain fungsi tersebut, Access Point Name punya kegunaan lain. Beberapa di antaranya sebagai berikut:

  • Untuk mengakses internet sesuai dengan jenis provider yang digunakan. 
  • Mendaftarkan ponsel atau komputer ke jaringan internet. 
  • Mendapatkan alamat IP publik. 
  • Membuat kecepatan internet lebih stabil dan cepat. 
  • Dengan APN ini jaringan juga lebih lancar karena ping koneksi internet kecil. 

Jadi, itulah cara setting APN. Kamu dapat melakukannya sendiri dan memastikan kalau data yang dimasukkan sesuai jenis operator. Tidak semua kolom harus diisi, hanya pengaturan yang disediakan operator saja. Lebih baik jika Kamu buat konfigurasi baru daripada modifikasi pengaturan default. 

Terkait:  Cara Mengisi APN Telkomsel

Similar Posts