Cara Setting VPN iPhone IKEv2Cara Setting VPN iPhone IKEv2

Cara Setting VPN iPhone IKEv2

Bicara tentang cara setting vpn iphone ikev2, mungkin hal ini masih terdengar asing terutama untuk pengguna iPhone itu sendiri. Namun bicara tentang VPN atau Virtual Private Network, tentu hal ini sudah bukan lagi hal yang asing untuk para pengguna. VPN sendiri memang banyak digunakan sebagian besar pengguna smartphone seperti Android ataupun iPhone, untuk membuka situs yang terblokir, atau mendapatkan jaringan yang lebih aman dan lebih baik tentunya.

Namun kadang kala, hal ini justru menjadi pedang bermata 2 yang mana ada beberapa VPN gratisan yang justru memiliki tingkat keamanan yang kurang baik sehingga menyebabkan jaringan menjadi lemot, atau kurang maksimal. Untuk itulah, penting sekali bagi kita cermat dalam memilih VPN untuk digunakan, salah satunya adalah VPN IKEv2.

Buat yang belum tau, VPN IKEv2 merupakan protokol jaringan Virtual Private Network yang jauh lebih secure, aman, dan memiliki kontrol atas jaringan keluar ataupun masuk. Biasanya, VPN jenis ini kerap ditemukan pada sistem operasi Windows maupun Linux, kendati demikian, hal ini tak di batasi untuk para pengguna iPhone sekalipun dalam menggunakan VPN di perangkat mereka.

Cara Setting VPN iPhone IKEv2

Cara Setting VPN iPhone IKEv2Cara Setting VPN iPhone IKEv2
Cara Setting VPN iPhone IKEv2

Lantas, bagaimana cara setting vpn iphone ikev2? Apa saja yang dibutuhkan untuk bisa terhubung dengan jaringan VPN IKEv2 di iPhone?

Jelas, dalam hal ini penggunaan VPN IKEv2, pengguna harus terlebih dahulu memiliki vendor atau penyedia jaringan VPN yang private dan memang dikhususkan untuk perangkat yang terbatas ataupun dibatasi untuk beberapa perangkat saja. Sebab, hal ini memiliki tujuan untuk meminimalisir bagaimana pengguna mengalami gangguan ataupun jaringan yang kurang baik pada saat menggunakan VPN IKEv2 di perangkat mereka.

Terkait:  Cara Broadcast WhatsApp di iPhone dengan Beberapa Klik Saja

Dan berikut ini, kita akan mengulas sedikit tentang cara yang bisa kamu gunakan untuk terhubung dengan VPN IKEv2 di perangkat iPhone terutama.

Langkah 1 – Buat Layanan VPN IKEv2

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah jelas membuat layana VPN IKEv2. Untuk masalah ini, mimin sudah menjelaskan di awal jika kamu harus memiliki layanan VPN pribadi terlebih dahulu, dan mengetahui konfigurasinya.

Sedangkan untuk mengaktifkan layanan VPN di iPhone, kamu bisa mengikuti langkah berikut ini.

  1. Masuk ke bagian pengaturan atau settings dari iPhone kalian
  2. Setelah itu masuk ke menu Umum dan pilih menu VPN
  3. Jika sudah, kamu bisa langsung mengklik pada tambah konfigurasi VPN
  4. Pada pilihan Konfigurasi, kamu bisa memilih jenisnya dengan IKEv2

Nah, sampai sini sebenarnya belum selesai. Karena kamu baru sampai di tahap awal untuk membuat tempat di mana kamu bisa menambahkan konfig dari IKEv2 VPN. Lanjut ke langkah selanjutnya, yakni

Langkah 2 – Isi Data VPN IKEv2

Setelah langkah pertama dilakukan, kamu akan diarahkan ke laman untuk mengisi data konfigurasi atau data detail dari VPN IKEv2 yang kamu pilih tadi. Nah, di sini kamu bisa memasukkan konfigurasi dari VPN IKEv2 yang sudah kamu miliki sebelumnya, sekiranya ada beberapa data yang harus kamu masukkan, seperti

  • Deskripsi – Kamu bisa mengisinya sesuai dengan keinginanmu, misalnya: VPN IKEv2 mimin, VPN IKEv2 punya saya, atau lain sebagainya
  • Server – Isi dengan server dari VPN IKEv2 yang biasanya berisikan hostname seperti (my.vpn.com) yang mana kamu bisa mendapatkannya dari layanan VPN yang kamu gunakan
  • Remote ID – Kamu bisa mengisinya sama dengan pengisian server (hostname)
  • User Authentication – Bisa di isi atau di biarkan saja secara default
  • Username – Isi dengan username yang kamu daftarkan di layanan penyedia VPN IKEv2 sebelumnya
  • Password – Isi dengan password yang terdaftar dengan username dari penyedia VPN tadi.
  • Proxy – Biarkan saja OFF
Terkait:  Cara Daftar IMEI iPhone Gratis yang Wajib Kamu Ketahui

Setelah semua terisi, kamu bisa mengecek kembali apakah semua data yang dimasukkan sudah benar, atau belum. Dan jika sudah sesuai, kamu bisa menyimpan konfigurasi tersebut.

Langkah 3 – Hubungkan VPN IKEv2

Setelah semua langkah tadi berhasil dilakukan, maka langkah terkahir yang perlu kamu jalankan ialah menghubungkan VPN IKEv2 yang sudah kamu konfigurasikan sebelumnya. Untuk menghubungkannya sendiri, kamu bisa masuk ke bagian Pengaturan > Umum > VPN > Pilih VPN > Connect

Tunggu beberapa saat sampai VPNmu terhubung, dan kamu bisa langsung berselancar di dunia maya dengan menggunakan jaringan dari VPN IKEv2 yang sudah kamu buat sebelumnya tadi.

Masalah VPN IKEv2 Tidak Terhubung

Walaupun kamu sudah berhasil membuat VPN IKEv2 di iPhone, namun kadang ada saja masalah yang sering kali di alami pengguna ketika hendak menghubungkan VPN yang mereka miliki. Dan biasanya, masalah ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti

1. Jaringan Internet yang Kurang Baik

Biasanya masalah ini muncul ketika para pengguna tidak mendapatkan jaringan internet atau sinyal yang baik pada iphone mereka. Dan tentu saja, hal ini mempengaruhi dari bagaimana VPN bisa berjalan dengan baik, atau bahkan menyebabkan masalah seperti VPN tidak mau terhubung dan lain sebagainya.

Untuk itu, kamu bisa mengecek terlebih dahulu apakah jaringan internetmu sudah berjalan dengan baik, atau tidak.

2. Konfigurasi VPN yang Tidak Sesuai

Kemudian masalah yang kedua biasanya disebabkan karena konfigurasi VPN yang tidak tepat atau tidak sesuai. Jika hal ini terjadi, kamu bisa mengecek ulang apakah konfigurasinya sudah benar atau tidak.

Terlebih jika kamu menggunakan jasa dari penyedia VPN IKEv2 gratisan, tentu saja akan ada batasan atau limit waktu dari penggunaan VPN yang terbatas, sehingga ketika sudah melewati batas limitnya, pengguna akan terputus secara otomatis.

Terkait:  Cara Kredit iPhone di iBox

3. Server VPN yang sedang Down

Kemudian untuk yang ketiga, masalah yang kerap muncul ini disebabkan karena server dari VPN IKEv2 sedang mengalami gangguan. Biasanya, hal ini tak hanya berlaku untuk pengguna yang menggunakan layanan VPN Gratisan saja, namun untuk pengguna VPN premium sendiri sering kali mengalami masalah dari Server VPN itu sendiri.

Jika hal ini terjadi, mungkin langkah terbaik yang bisa kamu lakukan adalah mencari penyedia VPN baru, dan melakukan konfigurasi ulang untuk bisa terhubung dengan VPN di iPhone kalian masing-masing.

Terlepas dari kekurangan ataupun kelebihan dari VPN IKEv2 yang ada di iPhone, tentunya jaringan VPN ini sangat membantu para pengguna yang mengalami masalah dalam mengakses situs situs yang sebenarnya aman, namun terblokir oleh pemerintah.

Selain itu, cara ini juga bisa menjadi alternatif ketika kamu ingin mengunjungi sebuah situs yang sekiranya berbahaya agar tidak mempengaruhi IP Address dari perangkat iPhone kalian. Namun tetap perlu diingat ya, baik menggunakan VPN atau tidak, berhati-hati dalam berinternet itu masih sangat penting untuk di perhatikan.

Dan mungkin segitu saja untuk ulasan dan pembahasan mengenai cara setting vpn iphone ikev2 yang bisa mimin bagikan. Silakan pelajari dengan betul cara yang sudah mimin bagikan tadi, dan gunakan VPN untuk hal yang positif. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

Similar Posts