Cara Agar Tidak Ketahuan Online di WhatsApp

Cara Agar Tidak Ketahuan Online di WhatsApp: 7 Tips Mudah

Kamu dapat atur privasi di aplikasi WhatsApp dengan tidak menampilkan status aktif yang biasa muncul di bawah nama kontak. Ada beberapa cara agar tidak ketahuan online di WhatsApp untuk dicoba. Dengan begitu tidak ada lagi pengganggu yang selalu kirim spam chat. 

Menyembunyikan online WhatsApp dipilih oleh banyak pengguna karena beberapa alasan. Mungkin Kamu juga termasuk salah satunya. Meskipun sering dianggap negatif, tapi di kondisi tertentu memang perlu dilakukan. 

Sebab itulah, cari tahu cara untuk tidak memperlihatkan status online lewat penjelasan berikut. Pahami pula apa saja kelebihan dan kekurangan dari cara menjaga privasi tersebut. Inilah uraian lengkapnya. 

Kelebihan dan Kekurangan Menyembunyikan Online di WhatsApp

Fitur untuk menyembunyikan status online memang tersedia di aplikasi WhatsApp. Siapa saja bebas menggunakannya dengan alasan tertentu. Jadi, bukanlah hal yang salah jika memang Kamu tidak ingin ketahuan aktif di WA. 

Tapi meski begitu, tidak ketahuan online di WA ternyata juga memiliki sisi kelebihan dan kekurangan. Terlebih jika Kamu berada di lingkungan kerja. Beberapa kelebihan dari menyembunyikan status aktif WhatsApp yaitu:

  • Dapat menjaga privasi. Dengan tidak menampilkan status online bisa memberimu privasi. Kamu pun dapat membatasi diri untuk tidak terlalu mencampuri urusan orang lain maupun kepentingan umum. 
  • Lebih fokus bekerja. Kelebihan lainnya yaitu bisa fokus bekerja karena tidak ada pengguna yang kirim spam chat saat Kamu online. Ini juga menjadi pilihan bijak karena tidak perlu membalas pesan secara cepat, sedangkan masih punya jadwal yang padat. Sebab si pengirim mengira Kamu masih offline
  • Lebih menghargai orang lain. Dalam kondisi tertentu, ternyata cara ini juga bisa membuatmu menghargai pengguna lain. Karena kebanyakan akan kecewa saat pesannya tidak dibaca dan dibalas. Tapi kalau Kamu memang tidak berkenan membalas, lebih baik dikelabui dengan cara selalu terlihat offline
  • Menghindari percakapan yang tidak diinginkan. Kelebihan selanjutnya yaitu bisa menghindarkan dari percakapan toxic lewat WhatsApp. Mungkin saja Kamu tidak senang saat chat dengan seseorang. Namun karena membuatnya beranggapan Kamu offline, tidak perlu chatting lagi. 
  • Hemat daya ponsel. Salah satu cara untuk tidak ketahuan online di WA yaitu dengan mematikan data seluler. Karena itulah, ini bisa sekaligus menghemat baterai HP. 
Terkait:  Cara Agar WhatsApp Ceklis 1 di HP Android yang Mudah

Tapi di samping semua kelebihan tersebut, ternyata juga ada kekurangannya. Faktor-faktor berikut mungkin dapat dipertimbangkan apakah perlu menyembunyikan status online atau tidak. Di antaranya yaitu:

  • Dalam dunia kerja dianggap kurang profesional dan bisa membuat klien maupun rekan kerja kesal. Apalagi di saat genting yang butuh jawaban segera. 
  • Bisa menimbulkan perasaan tidak menyenangkan pada orang lain. 
  • Tidak dapat melihat status online dari pengguna lain. 
  • Pekerjaan mungkin dapat terbengkalai hanya karena alasan personal. 

Cara Agar Tidak Ketahuan Online di WhatsApp

Cara Agar Tidak Ketahuan Online di WhatsApp
Cara Agar Tidak Ketahuan Online di WhatsApp

Setelah tahu kelebihan dan kekurangan di atas, sekarang Kamu dapat memutuskan untuk menyembunyikan status online atau tidak. Tapi jika memang harus melakukannya, berikut beberapa cara supaya orang lain tidak tahu Kamu online:

1. Membalas Chat dari Panel Notifikasi

Cara agar tidak ketahuan online di WhatsApp pertama yaitu membalas chat dari panel notifikasi. Kamu tidak perlu membuka WA yang membuatmu terdeteksi baru saja aktif. Apabila ada pesan penting, sebaiknya balas dengan cara ini. 

Terlebih dahulu aktifkan notifikasi bagi WhatsApp agar selalu menerima pemberitahuan saat ada chat masuk. Balas lewat panel notifikasi dengan langkah-langkah berikut:

  • Buka panel notifikasi dengan usap layar ke bawah. 
  • Di samping chat yang ingin Kamu balas, tekan ikon dropdown.
  • Selanjutnya ketuk Balas.
  • Tuliskan balasanmu dan kirim dengan klik ikon pesawat. 

2. Mengubah Last Seen

Cara selanjutnya adalah mengubah status terakhir dilihat. Last seen akan muncul di bawah nama kontak dalam chat room yang menunjukkan kapan waktu terakhir online. Fitur ini harus Kamu matikan agar tidak ada yang tahu jika baru saja aktif. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Ketuk titik tiga di kanan atas. 
  • Cari menu Setelan
  • Masuk ke bagian Privasi
  • Kemudian atur di menu Terakhir dilihat & online. 
  • Ubah pengaturan Terakhir dilihat menjadi Tidak Ada kalau sebelumnya Semua Orang atau Kontak Saya. 
Terkait:  Cara Buat Link WhatsApp dengan Teks: Gunakan Rumus Ini!

3. Mematikan Status Online

Inilah cara agar tidak ketahuan online di WhatsApp yang paling penting. Kamu harus mematikan fitur ini supaya tidak terdeteksi aktif ketika membuka WA. Meskipun sedang chatting atau melihat story, tidak akan diketahui. Cara menonaktifkannya seperti ini:

  • Buka tab Chat di aplikasi WhatsApp.
  • Lalu klik titik tiga. 
  • Cari Setelan, kemudian pilih menu Privasi
  • Ubah settingan di bagian Terakhir dilihat & online
  • Ganti opsi Online menjadi Sama seperti terakhir dilihat. 

Tapi yang harus Kamu ketahui, menyembunyikan status online dan terakhir dilihat juga membuatmu tidak bisa melihat pengguna lain. Jadi, sama-sama terbatasi untuk tahu informasi. Meski begitu, ini cara paling efektif untuk menjaga privasi. 

4. Mematikan Laporan Dibaca

Cara agar tidak ketahuan online di WhatsApp lainnya adalah mematikan laporan dibaca yang ditandai dengan centang biru. Tips ini harus Kamu lakukan agar orang lain benar-benar tidak tahu waktumu aktif WA. Apalagi jika sudah dinonaktifkan pula last seen dan online

Mematikan centang biru membuatmu tidak dapat melihat laporan dibaca dari pengguna lain, kecuali pada obrolan grup. Kamu juga tidak tahu siapa kontak yang melihat story, begitu pun sebaliknya. Jika ingin menonaktifkannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Masuk ke bagian Setelan WhatsApp dengan klik titik tiga. 
  • Lalu akses menu Privasi
  • Geser toggle menu Laporan dibaca ke arah kiri. 

5. Memutus Sambungan Internet

Selanjutnya adalah cara agar tidak ketahuan online di WhatsApp dengan memutus sambungan internet. Saat tidak ada koneksi ke data seluler, otomatis WA akan tetap offline. Tapi cara ini cukup merepotkan kalau ternyata ada pesan penting yang harus terlewat.

Terkait:  3 Cara Backup Kontak WhatsApp Paling Mudah dan Cepat!

Mematikan data seluler bisa Kamu lakukan jika memang ingin rehat sejenak dari aplikasi WhatsApp. Termasuk juga menghindari pengguna yang suka sekali mengirim spam chat. Mungkin bisa sesekali mematikan, lalu mengaktifkannya untuk cek jika ada chat penting. 

6. Membiarkan Kontak Tidak Tersimpan

Sejak 2022, WhatsApp sudah mengeluarkan ketentuan untuk menghilangkan keterangan online bagi pengguna yang tidak dikenal. Itu artinya, jika nomor tidak tersimpan di daftar kontak, tidak akan tahu Kamu online. Jadi, sebaiknya biarkan nomor tersebut.

Jika sudah terlanjur disimpan, Kamu bisa menghapusnya dari buku telepon. Lakukan ini kepada nomor yang benar-benar mengganggu dan terindikasi sebagai stalker. Secara otomatis tidak akan tahu Kamu sedang online di WA. 

7. Menggunakan WA Mod

Cara agar tidak ketahuan online di WhatsApp terakhir memakai WA Mod. Di aplikasi tersebut, bisa membuat last seen palsu dan menyembunyikan sedang mengetik, sehingga tampak seperti offline. Jadikan ini sebagai opsi terakhir, karena aplikasi Mod ilegal. 

Itulah cara agar tidak ketahuan online di WhatsApp. Kamu bisa atur privasi lewat beberapa tips yang sudah dijelaskan. Sebaiknya lakukan ini dalam kondisi tertentu, seperti menghindari stalker

Similar Posts