Cara Agar Tidak Kelihatan Online di WhatsApp

Cara Agar Tidak Kelihatan Online di WhatsApp dengan 4 Langkah

Pernahkah Kamu merasa terganggu karena dipantau orang lain lewat aplikasi WhatsApp? Jika mengalaminya, cobalah atasi dengan cara agar tidak kelihatan online di WhatsApp. Apabila pengguna tersebut mengira Kamu offline, maka akan berhenti untuk mengirim chat

Selain alasan tersebut, ternyata tidak menampilkan status aktif di WA juga bisa menjaga privasi dari orang lain. Kamu dapat leluasa bermain WhatsApp tanpa takut ada yang tahu. Masih banyak juga alasan lain yang memang menuntut untuk menyembunyikan status online

Apabila Kamu berada di kondisi seperti ini, dapat melihat penjelasan di bawah. Selain itu ketahui alasan umum kenapa banyak yang memilih menyembunyikan online di WhatsApp. Berikut ini uraian lengkapnya. 

Alasan Agar Tidak Kelihatan Online di WhatsApp

Sebelum menerangkan caranya, inilah alasan yang mendasari keputusan untuk tidak menampilkan status online. Kebanyakan mengira jika tidak menampilkannya karena sakit hati dan memiliki masalah asmara. Padahal, ada faktor yang lebih penting lainnya. Beberapa di antaranya yaitu:

1. Menjaga Privasi

Alasan pertama yaitu ingin menjaga privasi dari orang lain. Privasi setiap orang itu tidak sama. Kamu tentu memiliki hal yang tidak perlu dibagikan dalam WhatsApp dan tidak menampilkan status online menjadi pilihan yang tepat. 

Dengan cara ini, Kamu bisa membatasi diri dari hal-hal yang tidak menjadi kepentinganmu. Contohnya memantau kapan orang lain online di WhatsApp. Bukankah Kamu juga merasa risih apabila terus dipantau dan diganggu dengan spam chat

Terkait:  Cara Video Call WA Lewat Laptop

2. Menghargai Orang Lain

Membuat status online tidak kelihatan di WhatsApp ternyata juga bisa menjadi cara untuk menghargai orang lain. Mengapa demikian? Karena Kamu mencoba untuk membatasi diri dari urusan orang lain dan memahami privasinya. 

Selain itu, bisa jadi etika dalam berkomunikasi lewat platform digital. Sebab rata-rata pengguna merasa kecewa saat pesannya tidak dibalas atau bahkan tidak dibaca, padahal posisi sedang terlihat online. Jika memang belum sempat membalas pesan, sebaiknya matikan status aktif untuk menghargainya. 

3. Memiliki Aktivitas yang Padat

Kamu tidak ingin merasa terbebani untuk segera membalas chat dalam posisi jadwal yang cukup padat, bukan? Jika memang begitu, tidak memperlihatkan status online bisa jadi pilihan. Karena Kamu tidak perlu khawatir si pengirim merasa dianggap tidak penting. 

Cara ini juga dijadikan alasan agar dapat fokus dalam bekerja maupun menyelesaikan tugas. Merupakan pilihan bijak untuk mengutamakan prioritas terlebih dahulu. Kamu pun memiliki jangka waktu lebih lama untuk memikirkan balasan atau memang didiamkan saja. 

4. Sakit Hati

Alasan yang terakhir adalah sakit hati dengan seseorang. Bisa jadi menyembunyikan status online merupakan solusi melampiaskan kekecewaan. Seperti chat yang terlalu lama dibalas atau bahkan tidak pernah dibalas sama sekali. 

Jadi, Kamu pun tidak dapat berpikiran negatif kalau ada orang lain yang menyembunyikan status online-nya. Karena dalam beberapa kondisi ini menjadi pilihan yang bijak. Terlebih lagi privasi dan kepentingan orang untuk menggunakan WhatsApp itu tidak sama. 

Cara Agar Tidak Kelihatan Online di WhatsApp

Cara Agar Tidak Kelihatan Online di WhatsApp
Cara Agar Tidak Kelihatan Online di WhatsApp

Sebenarnya ada banyak cara supaya Kamu dianggap offline di WhatsApp. Meskipun pada kenyataannya tetap online dan aktif membukanya. Kamu dapat menyembunyikannya, mengatur privasi, dan lainnya. Lihat penjelasannya di bawah ini. 

1. Mengganti Status Terakhir Dilihat

Cara agar tidak kelihatan online di WhatsApp yang pertama yaitu mengganti status terakhir dilihat. Apakah ini berpengaruh? Tentu saja. Karena orang lain tidak dapat melihat kapan Kamu terakhir aktif di WhatsApp. 

Terkait:  Cara Bom WhatsApp Hingga Ratusan dengan Satu Kali Klik

Jika terpantau baru saja membuka WA, maka orang yang ada di kontakmu akan tahu bahwa Kamu online. Apabila ada pesan yang belum terbalas, pastinya mengira Kamu tidak memedulikannya. Jadi, sebaiknya ubah last seen dengan langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Kemudian klik ikon titik tiga yang ada di bagian tab Chat
  • Selanjutnya masuk ke menu Setelan
  • Cari dan klik opsi Privasi
  • Atur di menu Terakhir dilihat & online
  • Untuk bagian Terakhir dilihat, kalau awalnya Semua Orang atau Kontak Saya, ubah menjadi Tidak Ada. 

2. Mematikan Status Online

Ini merupakan cara agar tidak kelihatan online di WhatsApp yang harus Kamu lakukan. Jika Kamu mematikannya, otomatis akan dianggap sedang offline. Sebab orang lain tidak mendapatkan notifikasi Kamu online, yang biasanya muncul di bawah nama dalam chat room. 

Namun ada hal penting yang perlu Kamu ketahui dari dua pengaturan ini. Jika status last seen dan online sama-sama tidak diperlihatkan, maka tidak bisa juga melihat punya orang lain. Kamu tidak akan mengetahui bahwa pengguna lain sedang online

Meski begitu, ini cara yang paling efektif dan mudah. Sebab Kamu bisa mengaturnya langsung di aplikasi. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka tab Chat dari aplikasi WhatsApp. 
  • Lalu klik titik tiga di kanan atas. 
  • Cari menu Setelan untuk mengubah settingan
  • Atur di bagian Privasi
  • Buka menu Terakhir dilihat & online.
  • Selanjutnya, ubah bagian Online menjadi Sama seperti terakhir dilihat agar sama-sama tidak ditampilkan. 

3. Mematikan Centang Biru

Cara agar tidak kelihatan online di WhatsApp ketiga yaitu dengan mematikan centang biru. Ini merupakan pengaturan lanjutan dari dua tips sebelumnya. Jadi, jika sudah mematikan last seen dan online, sebaiknya nonaktifkan pula centang biru. 

Terkait:  Cara Agar Mengetahui Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus: 7 Trik Jitu

Fitur tersebut adalah tanda bahwa Kamu sudah membaca chat dari orang lain dan begitu juga sebaliknya. Jika centang biru menyala, maka orang lain akan tahu kalau Kamu baru saja aktif di WhatsApp. Sebab itulah, matikan centang biru agar tetap dikira sedang offline

Mematikan centang biru juga membuatmu tidak dapat melihat laporan terbaca dari pengguna lain, kecuali obrolan dalam grup. Ini berlaku pula pada story, Kamu tidak bisa tahu siapa yang sudah melihatnya dan orang lain juga tidak tahu kalau Kamu melihat story-nya. Sebaiknya matikan dengan cara berikut:

  • Buka Setelan dari aplikasi WhatsApp dengan mengetuk titik tiga di pojok kanan atas. 
  • Lalu masuk ke bagian Privasi
  • Geser panel yang ada di opsi Laporan dibaca agar centang biru dimatikan dan dianggap selalu offline

4. Membalas Chat dari Panel Notifikasi

Berikutnya trik dari cara agar tidak kelihatan online di WhatsApp untuk Kamu coba. Jangan membuka aplikasi jika tidak ingin terlihat baru saja aktif. Apabila ada pesan penting, sebaiknya balas saja dari panel notifikasi. 

Tapi cara ini dapat diterapkan kalau Kamu sudah mengaktifkan pop-up notifikasi aplikasi WhatsApp dari pengaturan. Lalu, balas chat dengan cara berikut:

  • Jika ada pesan penting yang ingin Kamu balas, buka panel notifikasi dengan swipe down layar. 
  • Ketuk ikon dropdown yang ada di sebelah chat tersebut. 
  • Tekan tombol Balas.
  • Tulis pesan pada kolom dan klik Kirim

Demikian adalah penjelasan dari cara agar tidak kelihatan online di WhatsApp. Kamu bisa menjaga privasi dengan tips ini. Selain itu dapat fokus beraktivitas tanpa memiliki tuntutan untuk balas chat segera walaupun sedang dalam posisi aktif. 

Sebaiknya mulai dengan mengatur privasi, seperti mematikan status online dan terakhir dilihat. Menonaktifkan centang biru juga menjadi pilihan yang tepat. Kamu juga dapat membalas pesan dari panel notifikasi saja. 

Similar Posts