Cara Agar Tidak Terlihat Centang Biru di WhatsApp

Cara Agar Tidak Terlihat Centang Biru di WhatsApp Untuk Jaga Privasi

Centang biru adalah tanda pesan yang sudah terbaca di aplikasi WhatsApp. Ternyata Kamu dapat menonaktifkannya, sehingga orang lain tidak tahu kalau Kamu sudah membaca chat-nya. Cari tahu bagaimana cara agar tidak terlihat centang biru di WhatsApp untuk menjaga privasi. 

Menggunakan fitur ini sering dikaitkan dengan hal-hal negatif. Contohnya seperti sengaja menghindari seseorang atau ingin bersikap misterius. Padahal, ada banyak alasan kenapa tidak perlu menunjukkan centang biru kepada pengguna lain. 

Karena itulah, pada penjelasan berikut akan diuraikan cara untuk menonaktifkan centang biru. Selain itu juga dijelaskan apa saja kelebihan dan kekurangan jika tidak memperlihatkan laporan dibaca. Lihat uraian lengkapnya di bawah. 

Kelebihan Tidak Terlihat Centang Biru di WhatsApp

Walaupun sering dianggap negatif, ternyata tidak memperlihatkan centang biru memberikan manfaat bagi pengguna. Khususnya buat Kamu yang pernah memiliki record kurang menyenangkan saat memakai WhatsApp. Pada kondisi tertentu, memang perlu untuk menonaktifkan laporan dibaca. 

Mungkin Kamu jadi salah satu pengguna WA yang memilih untuk tidak memperlihatkan laporan receipt pesan. Jadi, sebelum membahas cara agar tidak terlihat centang biru di WhatsApp, lihat beberapa kelebihannya berikut ini:

1. Memberikan Privasi yang Lebih Baik

Kelebihan pertama adalah membantumu menjaga privasi. Semua tentu sudah paham bahwa privasi masing-masing orang itu berbeda. Karena itulah, Kamu tidak dapat mengatakan pengguna yang tidak menampilkan centang biru itu punya sisi negatif. 

Saat dimatikan, pesan yang masuk maupun keluar hanya akan ditandai dengan centang dua abu-abu tanpa berubah biru. Pengirim pesan pun tidak tahu kalau Kamu sudah membaca pesan tersebut. Karena memang tidak ada laporan sudah dibaca. 

Terkait:  Cara Bubarkan Grup WhatsApp Sebagai Admin dan Anggota, Simpel!

Karena hal tersebut, tentunya memberikan privasi yang lebih. Seseorang yang mengirim chat tersebut akan mengira Kamu sedang offline karena pesan belum terbaca. Selanjutnya tidak akan lagi mengirim spam chat. Kamu juga dapat membatasi diri untuk tidak ikut campur urusan pribadi orang lain. 

2. Sebagai Cara Menghargai Orang Lain

Salah satu etika atau adab saat berkomunikasi dengan orang lain lewat platform digital seperti WhatsApp adalah membalas pesan yang masuk. Minimal membaca dan membuka chat tersebut. Lalu, jika menonaktifkan centang biru, apakah dianggap tidak memiliki etika ini? 

Tentu saja tidak selalu begitu. Karena Kamu dapat menghargai orang lain dengan cara agar tidak terlihat centang biru di WhatsApp. Contohnya saat Kamu sedang di kondisi yang tidak memungkinkan untuk membalas pesan tersebut. Maka menonaktifkan laporan dibaca jadi pilihan bijak. 

Kamu tidak akan membuatnya sakit hati karena tidak membalas pesan padahal sudah membukanya. Selain itu memiliki jangka waktu yang lebih lama untuk memikirkan bagaimana balasan yang tepat. Mungkin ini bermanfaat saat berada dalam masa penjajakan asmara. 

3. Membuat Fokus Bekerja

Kelebihan tidak memperlihatkan centang biru yang lainnya yaitu bisa membuatmu lebih fokus bekerja. Kasus ini seperti sebelumnya. Khususnya ketika sedang sibuk bekerja dan benar-benar tidak sempat membalasnya, meskipun sudah dibaca. 

Karena pengguna lain mengira Kamu belum membuka chat-nya, maka tidak dituntut untuk segera membalas. Kamu pun dapat fokus pada pekerjaan yang menjadi prioritas terlebih dahulu. Merupakan pilihan yang paling bijak tanpa membuat orang lain merasa tidak penting. 

4. Menghindari Percakapan Tidak Penting

Kamu juga dapat menghindari percakapan toxic dengan cara tidak menampilkan centang biru. Pasti ada kontak tertentu yang menurutmu mengganggu dan hanya spam chat tidak penting. Tanpa mengecewakannya, bisa membuatnya beranggapan kalau Kamu belum membaca pesan tersebut. 

Terkait:  Cara Bikin Link WhatsApp dengan 6 Metode Berikut Ini

Kekurangan Tidak Terlihat Centang Biru di WhatsApp

Tidak mengaktifkan centang biru memang banyak kelebihannya. Tapi di samping itu, ada kekurangan yang bisa Kamu pertimbangkan apakah perlu melakukannya. Beberapa di antara kekurangannya yaitu:

  • Dalam dunia kerja, Kamu dianggap sebagai pribadi yang tidak profesional. Sebab menggantungkan chat dari klien maupun rekan kerja. 
  • Bisa saja merepotkan orang lain. Contohnya saat keadaan genting yang butuh balasan secepatnya. Sedangkan Kamu membatasi orang tersebut untuk melihat apakah WA sudah dibaca atau belum. 
  • Tidak dapat melihat centang biru pengguna lain. 
  • Tidak tahu siapa pengguna yang melihat story. Namamu juga tidak ditampilkan sebagai pelihat story orang lain. 
  • Jika dalam dunia pendidikan, guru atau dosen bisa kesal padamu karena tidak mendapatkan kepastian respon. 

Cara Agar Tidak Terlihat Centang Biru di WhatsApp

Cara Agar Tidak Terlihat Centang Biru di WhatsApp
Cara Agar Tidak Terlihat Centang Biru di WhatsApp

Ada dua cara untuk menyembunyikan centang biru. Kamu dapat menonaktifkannya dari aplikasi WhatsApp yang bisa digunakan atau lewat WA Mod. Masing-masing caranya dapat dilihat pada penjelasan di bawah ini:

1. Menyembunyikan Centang Biru di WhatsApp Asli

Inilah cara agar tidak terlihat centang biru di WhatsApp yang direkomendasikan. Kamu bisa mengaturnya langsung di aplikasi WA yang digunakan sehari-hari. Aplikasi inilah yang asli dari pengembang resminya dan terdapat di Play Store maupun App Store. 

Jika memang diperlukan, menonaktifkan laporan dibaca harus dilakukan. Contohnya saat Kamu mulai terganggu dengan banyak notifikasi dan tidak sempat membalas pesan secara cepat karena masih ada kesibukan lain. Langkah-langkah untuk menyembunyikan centang biru di WA asli yaitu:

  • Buka halaman awal aplikasi WhatsApp
  • Setelah itu, pada tab Chat, tekan titik tiga yang terdapat di pojok kanan atas. 
  • Berikutnya masuk ke bagian Setelan
  • Carilah dan ketuk menu Privasi
  • Cari menu Laporan Dibaca. 
  • Lalu geser panelnya ke arah kiri agar dalam kondisi off dan berwarna abu-abu. 
Terkait:  Cara Backup Chat Whatsapp

Setelah Kamu mematikan centang biru, maka tidak dapat mengirim dan menerima laporan dibaca. Bukan hanya pada chat saja, tapi juga story. Tapi fitur ini tidak berlaku pada obrolan dalam grup. 

Sebenarnya Kamu dapat melakukan pengaturan lain untuk memaksimalkan fitur keamanan dan privasi. Tentunya jadi hal percuma, kalau laporan dibaca dimatikan, tapi orang lain masih bisa melihat kapan Kamu online dan terakhir dilihat. Karena itulah, setting pula dua fitur tersebut dengan cara berikut:

  • Masuk ke halaman Setelan dari aplikasi WhatsApp. 
  • Selanjutnya akses fitur Privasi
  • Cari dan ketuk menu Terakhir dilihat & Online. 
  • Pada bagian Terakhir dilihat, ganti menjadi Tidak Ada atau Kontak Saya Kecuali. 
  • Selanjutnya di bagian Online, pilih Sama seperti status terakhir dilihat. 

2. Menyembunyikan Centang Biru di WhatsApp Mod

Cara agar tidak terlihat centang biru di WhatsApp yang kedua ini dari aplikasi WhatsApp Mod

Menariknya, ada berbagai fitur tambahan yang tidak terdapat di WA asli. Salah satu aplikasi mod yang biasa digunakan adalah GBWhatsApp. Berikut ini langkah-langkah mematikan laporan dibaca:

  • Ketuk titik tiga di halaman awal GBWhatsApp
  • Lalu masuk ke halaman GB Pengaturan. 
  • Pilih menu Privasi & Keamanan. 
  • Ada tiga sub menu yang ditampilkan, yaitu Contact, Grup, dan Broadcast. Ketuk masing-masing sub menu tersebut untuk mengubah pengaturan. 
  • Lalu pada pop-up yang muncul, pilih Sembunyikan Centang Biru. Bisa juga menyembunyikan centang dua, mengetik, mikrofon biru, dan merekam audio. 
  • Tekan OK untuk konfirmasi. 

Itulah cara agar tidak terlihat centang biru di WhatsApp. Fitur ini bisa digunakan untuk menjaga privasi. Kamu dapat menonaktifkannya dari WA asli dan Mod. Tapi aplikasi Mod tidak disarankan karena ilegal dan berbahaya bagi perangkat dan akunmu. 

Similar Posts