Cara Agar Jaringan Telkomsel Lancar

Cara Agar Jaringan Telkomsel Lancar, Coba 12 Metode Ini!

Sedang asik streaming video atau buka media sosial, tiba-tiba saja buffering atau konten yang ditonton muter-muter terus, cukup bikin kesal bukan? Kejadian seperti ini kerap dialami oleh pengguna di semua provider termasuk Telkomsel. Itu adalah hal yang wajar dan bisa diatasi. Kamu bisa mencoba beberapa cara agar jaringan Telkomsel lancar yang akan diulas selengkapnya lewat artikel berikut.

Cara Agar Jaringan Telkomsel Lancar

Cara Agar Jaringan Telkomsel Lancar
Cara Agar Jaringan Telkomsel Lancar

Gangguan jaringan ini dikarenakan banyak faktor yang mempengaruhinya, tidak hanya karena provider. Secara umum, terdapat tiga faktor utama yang dapat mempengaruhi koneksi pada smartphone, yaitu dari pihak operator, third-party, hingga dari sisi pengguna.

Untuk meningkatkan kualitas jaringan Telkomsel dan menjaga agar koneksi internet tetap lancar, kamu dapat mencoba langkah-langkah berikut:

1. Pastikan berada di lokasi dengan sinyal yang kuat

Telkomsel adalah salah satu operator seluler yang terkenal dengan sinyal yang kuat meski berada di kawasan pelosok desa. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan muncul suatu kondisi yang membuat koneksi terganggu, seperti pemadaman listrik hingga cuaca yang buruk.

Selain itu, ada hal yang harus dipastikan terlebih dahulu untuk mendapatkan jaringan yang lancar, yaitu lokasi dimana kamu berada. Apabila mengalami kendala sinyal lemah, cobalah untuk bergerak ke tempat yang memiliki jangkauan lebih baik atau dekat dengan jendela jika berada di dalam gedung.

Terkait:  4 Cara Cek Masa Berlaku Kartu Telkomsel Terbaru, Mudah dan Cepat!

Pastikan juga lokasi kamu aman dalam menangkap jaringan sinyal seperti sedang di basement atau tidak dihalangi oleh bangunan bertembok tebal. Apabila di sekitar kamu berada terdapat bangunan tinggi yang dapat menghalangi sinyal, cobalah untuk pindah ke tempat lain.

Terhalang gunung dan pepohonan tinggi juga menjadi salah satu penyebab jaringan sinyal susah ditangkap oleh ponsel. Jika demikian, kamu perlu pergi ke lokasi yang minim penghalang, seperti tanah lapang atau naik ke lantai lebih tinggi pada bagunan bertingkat. Sehingga ponsel dapat menangkap jaringan sinyal yang lebih kuat dan koneksi internet pun kembali lancar.

2. Periksa pengaturan jaringan

Cara agar jaringan Telkomsel lancar lainnya adalah memastikan pengaturan jaringan di ponsel kamu telah sesuai. Aktifkan opsi Mode Jaringan Otomatis atau 4G/3G/2G Otomatis agar ponsel  dapat secara otomatis terhubung ke jaringan yang paling optimal. Kamu juga dapat mencoba memilih jaringan 4G jika tersedia.

3. Restart ponsel

Coba restart ponsel kamu untuk membersihkan sementara memori dan memperbarui koneksi jaringan. Ini bisa jadi salah satu cara untuk mengembalikan jaringan sinyal atau internet yang tiba-tiba hilang.

4. Nonaktifkan data seluler dan aktifkan kembali

Jika kamu mengalami masalah dengan koneksi internet, coba matikan data seluler (mobile data) di ponsel selama beberapa detik, kemudian aktifkan kembali. Selain restart ponsel, ini juga bisa menjadi solusi untuk mengembalikan koneksi internet yang tidak lancar.

5. Hapus cache aplikasi

Cache yang berlebihan dalam aplikasi dapat mempengaruhi kinerja jaringan. Coba hapus cache aplikasi Telkomsel atau aplikasi lain yang kamu gunakan secara teratur.

6. Tutup aplikasi yang sudah tidak digunakan

Kamu juga perlu memastikan bahwa tidak ada aplikasi yang belum ditutup dan masih berjalan di latar belakang. Pastikan semua aplikasi yang tidak atau selesai digunakan telah ditutup dengan sempurna untuk memberikan prioritas pada koneksi Telkomsel.

Terkait:  Bagaimana Cara Transfer Pulsa Telkomsel: Panduan Lengkap (5 Trik)

Pasalnya, beberapa aplikasi di latar belakang yang berjalan secara bersamaan dapat mempengaruhi kinerja jaringan.

7. Perbarui perangkat lunak

Pastikan perangkat kamu menjalankan versi perangkat lunak terbaru. Perbarui sistem operasi ponsel dan pastikan aplikasi Telkomsel juga diperbarui ke versi terbaru.

8. Hindari puncak penggunaan

Hindari menggunakan internet atau mengakses aplikasi yang membutuhkan bandwidth tinggi pada saat-saat puncak penggunaan, seperti saat banyak orang menggunakan jaringan. Ini dapat membantu memastikan bahwa jaringan Telkomsel tidak terlalu terbebani.

9. Periksa kondisi SIM card

Cara agar jaringan Telkomsel lancar lainnya adalah dengan memeriksa kondisi simcard. Jika simcard kamu sudah lama dan ada banyak goresan pada bagian chip, sebaiknya lakukan penggantian. Simcard baru bisa menangkap kualitas jaringan yang lebih baik dan optimal.

Untuk penggantian simcard Telkomsel bisa dilakukan di GRApari terdekat.

10. Memastikan kuota data masih tersedia

Hal yang tidak kalah penting untuk diperiksa saat jaringan internet tidak lancar adalah apakah kuotanya masih tersedia. Kamu bisa mengecek sisa kuota internet Telkomsel lewat aplikasi MyTelkomsel, website MyTelkomsel, dengan menekan kode UMB di *888#, atau via Asisten Virtual Telkomsel. Segera lakukan perpanjangan kuota dengan membelinya di konter atau secara online.

11. Pastikan kualitas ponsel memadai

Cek usia ponsel yang sedang kamu gunakan. Pada dasarnya, usia ponsel yang masih layak pakai adalah 5 tahun dari tahun diproduksi. Jika melebihi itu, kinerjanya tidak begitu optimal. Sebaiknya memang perlu untuk mengganti ponsel terbaru agar sistem operasi ponsel pun lebih update.

12. Cek aplikasi dan website yang digunakan

Apabila kendala jaringan internet terjadi hanya pada saat membuka suatu aplikasi atau website, kamu bisa membuka aplikasi atau website lainnya sebagai perbandingan.

Terkait:  Cara Kirim Pulsa Telkomsel ke Indosat

Kenapa jaringan Telkomsel lemot 

Ada beberapa penyebab umum mengapa jaringan Telkomsel lemot dan tidak lancar, diantaranya adalah:

Jarak dari menara sinyal

Jika lokasi kamu berada terlalu jauh dari menara sinyal Telkomsel, sinyal dapat melemah. Jarak yang lebih jauh dari menara sinyal dapat menyebabkan redaman sinyal dan kualitas yang buruk.

Gangguan fisik

Beberapa hambatan fisik seperti bangunan, gedung bertingkat, pegunungan, atau pohon yang tinggi dapat memblokir atau menghalangi sinyal telekomunikasi. Hal ini dapat mengakibatkan penurunan kualitas sinyal pada jaringan Telkomsel.

Kepadatan pengguna

Jika terlalu banyak pengguna Telkomsel dalam satu lokasi yang sama, seperti dalam acara besar, festival, atau tempat umum yang ramai, kepadatan pengguna dapat membebani jaringan dan menyebabkan kinerja yang lambat atau lemah.

Gangguan jaringan

Terkadang ada gangguan atau pemeliharaan pada jaringan Telkomsel yang dapat mempengaruhi kualitas sinyal. Hal ini dapat disebabkan oleh pemeliharaan rutin, kerusakan peralatan, atau masalah teknis yang sedang diperbaiki oleh Telkomsel.

Perangkat telepon tidak kompatibel

Beberapa perangkat telepon mungkin tidak kompatibel dengan semua frekuensi dan teknologi jaringan yang digunakan oleh Telkomsel. Jika perangkat yang digunakan tidak mendukung frekuensi yang digunakan oleh Telkomsel di daerah kamu, sinyal dapat menjadi lemah atau tidak stabil.

Gangguan elektromagnetik

Sinyal Telkomsel juga dapat terpengaruh oleh gangguan elektromagnetik yang disebabkan oleh peralatan elektronik lainnya seperti microwave, radio, televisi, atau peralatan listrik lainnya. Ini dapat menyebabkan interferensi pada sinyal dan mengakibatkan lemahnya jaringan.

Cuaca buruk

Cuaca buruk seperti hujan, badai petir, atau kondisi atmosfer yang tidak menguntungkan dapat mempengaruhi transmisi sinyal dan menyebabkan penurunan kualitas jaringan.

Jika masalah jaringan terus berlanjut, disarankan untuk menghubungi layanan pelanggan Telkomsel untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut dan memeriksa apakah ada masalah atau pemeliharaan jaringan di daerah kamu.

Itulah informasi mengenai 10 cara agar jaringan Telkomsel lancar dan apa penyebabnya. Semoga membantu!

Similar Posts