Cara Cek Kartu Telkomsel

Cara Cek Kartu Telkomsel: Sudah 4G atau Masih 3G?

Apakah Kamu sudah lama menggunakan kartu Telkomsel? Tahu tidak, apa jenis SIM card yang Kamu gunakan saat ini? Cobalah cara cek kartu Telkomsel yang akan dijelaskan berikut ini. Dengan begitu bisa menentukan jenis jaringan apa yang dapat terkoneksi. 

Untuk kartu-kartu lama kebanyakan masih menggunakan jaringan 3G. Terlebih lagi yang dikeluarkan tahun 2010 ke atas. Lain hal dengan kartu Telkomsel yang saat ini sudah USIM, yakni mendukung penggunaan di jaringan 3G maupun 4G.

Kamu bisa lihat sendiri apakah sudah support 4G ataukah belum. Ada beberapa cara yang dapat dicoba. Selain itu, akan dijelaskan apa yang harus dilakukan jika masih menggunakan kartu 3G.

Cara Cek Kartu Telkomsel

Cara Cek Kartu Telkomsel
Cara Cek Kartu Telkomsel

Jika ingin melihat kartumu saat ini, bisa menggunakan berbagai cara. Kamu akan tahu apakah jenis SIM card tersebut sudah 4G ataukah masih 3G. Berikut ini penjelasan semua caranya:

1. Cek Kartu Telkomsel di Pengaturan

Cara yang pertama yaitu mengeceknya di Pengaturan. Dengan cara ini, bisa Kamu lakukan sekaligus untuk mengetahui apakah HP yang digunakan sudah support jaringan 4G. Karena ada yang kartunya sudah 4G, tapi ponsel tidak mendukung. 

Syarat mengaktifkan sinyal 4G itu harus punya HP yang support, lokasi sudah ter-cover, dan tentu kartunya USIM. Semua itu dapat diketahui dari menu Pengaturan. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka menu Pengaturan di HP. 
  • Kemudian arahkan ke menu Kartu SIM dan Jaringan Seluler. 
  • Setelah itu, tap kartu Telkomsel yang Kamu gunakan. 
  • Selanjutnya masuk ke bagian Mode Jaringan SIM. 
  • Kalau di sana ada pilihan 4G atau LTE, berarti sudah mendukung jaringan tersebut. 
Terkait:  Cara Deposit Quotex

2. Cek Kartu Telkomsel dengan Kode *#*#4636#*#*

Apakah Kamu tahu dengan kode satu ini? Pengguna smartphone android sepertinya tidak asing lagi dengan kode *#*#4636#*#*, terkhusus HP Xiaomi. Karena kode tersebut sering digunakan untuk mengetahui informasi telepon maupun mengunci jaringan. 

Lewat kode tersebut, Kamu dapat cek nomor IMEI untuk masing-masing SIM card. Begitu pula nama jaringan dan status terputus atau terhubung. Kalau cara cek kartu Telkomsel, bisa ikuti panduan berikut ini:

  • Buka aplikasi Telepon
  • Kemudian masukkan kode *#*#4636#*#* dari keypad
  • Kamu akan diberikan beberapa opsi. Pilihlah menu Informasi Telepon 1 atau 2 yang terpasang kartu Telkomsel. 
  • Kemudian lihat kartu pada menu Jenis Jaringan Data. 
  • Jika di sana tertulis LTE, maka dipastikan sudah 4G.
  • Kamu juga dapat kunci jaringan dengan memilih LTE Only agar hanya sinyal 4G yang ditangkap. 

3. Cek Kartu Telkomsel dari Bentuk Fisiknya

Memangnya bisa melihat kartu Telkomsel hanya dari bentuk fisiknya saja? Meskipun tidak terlalu banyak perbedaan antara SIM card biasa dengan USIM, tidak ada salahnya untuk mencoba. Sebab operator memberikan tanda khusus kalau sudah mendukung 4G.

Pertama, Kamu bisa cek logo yang ada di badan kartu. Seperti halnya operator Telkomsel yang menandai USIM dengan logo 4G. Biasanya ini terdapat di kartu perdana yang baru. Sedangkan SIM card lama, terutama tahun 2010 ke atas umumnya masih 4G.

Selain dari logo tersebut, Kamu bisa cek dari tampilan fisiknya. Dulu kartu ukurannya besar seperti kartu ATM dan dimasukkan seluruhnya ke HP. Bentuk fisik kartu seperti itu hanya mendukung jaringan 2G saja. 

Sedangkan untuk saat ini, kartu perdana diberi garis potong seukuran mini SIM card. Ada pula garis potong nano yang umumnya sudah mendukung jaringan 4G. Tapi untuk mendapatkan informasi yang pasti, tetap harus mengeceknya. 

Terkait:  5 Cara Daftar Nelpon Kartu Telkomsel dan Rekomendasi Paket Murah

4. Cek Kartu Telkomsel dengan Kode *888*47#

Cara cek kartu Telkomsel berikutnya ini juga menggunakan kode USSD. Seperti metode yang lain, Kamu akan mendapatkan informasi atau status SIM card saat ini. Biasanya ini digunakan untuk melihat apakah kartu sudah mendukung jaringan 4G ataukah belum. 

Kelebihan dari cara ini tentunya jauh lebih mudah. Kamu tidak perlu mengakses aplikasi maupun situs tertentu. Cek kartu juga tidak memerlukan pulsa. Seperti inilah caranya:

  • Buka aplikasi Telepon dan masukkan kode *888*47# pada papan ketik. 
  • Kemudian tekan OK atau ikon untuk memanggil. 
  • Pada beberapa opsi yang ditampilkan, tulis angka 1 untuk Cek Kartu. 
  • Berikutnya akan diberikan informasi apakah kartumu sudah mendukung jaringan 4G atau belum. Jika tidak mendapatkan informasi tersebut, berarti masih 3G.

5. Cek Kartu Telkomsel Lewat 4G Coverage

Kamu penasaran apakah sudah bisa akses jaringan 4G atau belum? Cek saja di halaman 4G Coverage. Halaman tersebut disediakan secara khusus oleh operator Telkomsel untuk pelanggan agar tahu sejauh mana jangkauan sinyal ini. 

Cara mengecek di 4G Coverage sangat mudah. Kamu cukup memasukkan alamat tempat tinggal setelah membuka halaman tersebut. Kemudian sistem akan menunjukkan apakah alamat yang Kamu masukkan tertera dalam daftar wilayah ter-cover ataukah tidak. 

6. Cek Kartu Telkomsel Lewat Ikon di Layar

Cara cek kartu Telkomsel yang mudah berikutnya hanya dengan mengecek ikonnya di layar. Kalau menggunakan smartphone model baru seperti saat ini, tentunya tidak perlu khawatir lagi. Karena sudah pasti bisa mengakses jaringan 4G. Lain hal dengan ponsel lama yang hanya bisa menggunakan jaringan 2G dan 3G.

Untuk cek ikon di layar, aktifkan dulu sambungan data seluler. Kemudian lihat ikon yang muncul di samping signal bar. Cek apakah jaringan dari SIM card yang Kamu gunakan sudah 4G atau LTE, 3G, H, ataukah E. 

Terkait:  Cara Daftar Paket Game Telkomsel Untuk Main FF dan ML💛

7. Cek Kartu Telkomsel di aplikasi MyTelkomsel

Berikutnya yaitu cara cek kartu Telkomsel dengan aplikasi resmi yang dikeluarkan oleh provider tersebut. Aplikasi yang kompatibel dengan semua smartphone ini bisa digunakan di android maupun iPhone. Jadi, Kamu dapat cek dari perangkat apa saja. 

Terlebih dahulu download MyTelkomsel dari app store masing-masing perangkat. Jangan lupa login ke aplikasi dengan nomor Telkomsel yang ingin dicek. Setelah itu, ikuti panduan berikut ini:

  • Buka aplikasi MyTelkomsel dan masukkan nomor Telkomsel. 
  • Kemudian cek SMS masuk untuk mendapatkan kode OTP. 
  • Tulis kode tersebut di kolom. 
  • Setelah itu, Kamu akan mendapatkan tampilan Beranda aplikasi. 
  • Lihat simbol 4G Ready pada halaman utama. 
  • Kamu bisa memastikan kesiapan dalam memakai jaringan 4G LTE dari sisi kartu SIM dan HP. 
  • Kalau belum ada menu tersebut, berarti yang Kamu pakai SIM card biasa dan bukan USIM.

Cara Upgrade Kartu Telkomsel 3G ke 4G

Kalau ternyata kartu Telkomsel yang Kamu gunakan masih 3G, solusi utamanya yaitu segera upgrade ke 4G. Dengan menggunakan USIM, Kamu bisa akses internet dengan sinyal yang cepat dan stabil. Tapi periksa dulu apakah ada di lokasi yang ter-cover sinyal 4G dan ponsel yang sudah support

Setelah itu, Kamu dapat upgrade kartu dengan berbagai cara. Kamu bisa beli SIM card yang baru atau meminta pengganti di GraPARI terdekat. Telkomsel juga sudah menyediakan layanan migrasi online di halaman https://tsel.me/gantikartu.

Itulah cara cek kartu Telkomsel yang bisa Kamu lakukan. Cara-cara di atas membuatmu tahu apakah SIM card yang digunakan sudah mendukung jaringan 4G ataukah masih 3G. Jika belum support, bisa segera upgrade kartu. 

Similar Posts