Cara Cek Masa Tenggang Kartu Telkomsel

4 Cara Cek Masa Tenggang Kartu Telkomsel Masih Aktif Tidak

Cara cek masa tenggang kartu Telkomsel bisa dilakukan dengan berbagai metode. Informasi ini penting diketahui untuk mencegah kartu kamu hangus dan tidak lagi dapat digunakan. Jika nomor yang kamu gunakan ini sangat penting dan sayang jika harus ganti yang baru, maka harus mengecek masa aktif dan tenggang secara berkala. Nah, kamu bisa mengikuti tutorial cara cek kartu Telkomsel masih aktif atau berada di masa tenggang lewat artikel berikut.

Cara Cek Masa Tenggang Kartu Telkomsel

Cara Cek Masa Tenggang Kartu Telkomsel
Cara Cek Masa Tenggang Kartu Telkomsel

Telkomsel merupakan salah satu provider telekomunikasi yang banyak digunakan di hampir seluruh kota di Indonesia. Setiap kartu Telkomsel memiliki masa tenggang yang merupakan periode tambahan setelah masa berlaku kartu habis. Masa tenggang ini memberikan kesempatan kepada pengguna untuk segera melakukan perpanjangan masa aktif kartu sebelum dinonaktifkan atau dihentikan sepenuhnya oleh Telkomsel. Untuk memastikan kamu dapat terus menggunakan layanan Telkomsel tanpa gangguan, penting untuk mengetahui cara memeriksa masa tenggang kartu Telkomsel. Berikut adalah beberapa metode yang dapat kamu gunakan:

Cara Cek Masa Tenggang Kartu Telkomsel Lewat UMB

Mengecek masa tenggang kartu bisa dilakukan dengan mengakses kode UMB. Cara ini paling mudah dibandingkan dengan yang lainnya. Kamu hanya perlu mengetik kode UMB dan informasi yang dicari akan muncul pada layar. Untuk lebih jelasnya, silakan ikuti panduan berikut ini:

  • Buka menu Panggilan atau Phone, lalu tekan kode *888#.
  • Tekan tombol Dial/Call/Panggil dan tunggu beberapa saat.
  • Pada layar akan ditampilkan informasi sisa saldo pulsa serta masa aktif kartu Telkomsel kamu.
Terkait:  Cara 4G kan Kartu Telkomsel, Pakai 5 Metode Ini Bisa Tanpa ke GraPARI

Apabila informasi yang muncul menampilkan bahwa nomor tersebut dalam masa aktif, artinya masa aktifnya belum habis atau belum berada di periode masa tenggang.

Cara Cek Masa Tenggang Kartu Telkomsel Lewat MyTelkomsel

Cara cek masa tenggang kartu Telkomsel lainnya adalah lewat aplikasi MyTelkomsel. Aplikasi ini bisa diunduh dan dipasang secara gratis di Google Play Store apabila belum menginstalnya.

MyTelkomsel akan memudahkan pelanggan untuk melakukan berbagai transaksi dan mengakses layanan dengan praktis, seperti mengetahui informasi masa tenggang kartu. Selain itu, kamu juga dapat membeli dan mengaktifkan paket data, paket telepon, atau paket SMS langsung melalui MyTelkomsel.

Berikut ini cara cek masa tenggang lewat MyTelkomsel, antara lain:

  • Jika belum memiliki aplikasinya, silaan instal terlebih dahulu di Play Store.
  • Setelah  berhasil menginstal aplikasi MyTelkomsel di handphone, buka aplikasinya.
  • Pilih tombol Sign Up, lalu masukkan nomor Telkomsel milikmu.
  • Telkomsel akan mengirimkan kode verifikasi lewat SMS, masukkan kode tersebut pada kolom tersedia dan tekan tombol Verify.
  • Aplikasi sudah bisa digunakan.
  • Langsung saja ke beranda, lalu klik menu Informasi
  • Pada layar akan muncul semua informasi tentang jumlah pulsa, masa aktif sampai nomor Telkomsel.

Cara Cek Masa Aktif Kartu Telkomsel Lewat Asisten Virtual Telkomsel

Selain kedua cara di atas, pelanggan Telkomsel juga dapat mengecek masa aktif dan masa tenggang kartu dengan mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  • Akses website resmi Telkomsel di laman telkomsel.com, lalu scroll layar ke bawah hingga melihat menu Asisten Virtual Telkomsel.
  •  Pada kolom chat Asisten Virtual Telkomsel, ketik Hai.
  • Lalu, ketik Cek Pulsa pada kolom chat tersebut. 
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul informasi terkait sisa saldo pulsa, masa aktif, hingga masa tenggang kartu Telkomsel kamu.
Terkait:  Cara Cek Masa Aktif Kartu AS

Selain di website resmi, Virtual Assistant (VA) Telkomsel juga tersedia di berbagai platform media sosial. Pelanggan Telkomsel juga bisa menggunakannya untuk mengetahui masa aktif dan tenggang kartu. Berikut ini beberapa Virtual Asisten resmi Telkomsel yang ada di berbagai media sosial, yaitu:

  • Facebook Messenger: tsel.me/fbV2,
  • WhatsApp: tsel.me/wa2,
  • Telegram: tsel.me/telegramVA2,
  • LINE: tsel.me/lineVA2.

Cara Mengecek Kartu Telkomsel Lewat Website

Selain mengakses Asisten Virtual Telkomsel, pelanggan juga dapat mengecek masa aktif atau tenggang kartu di laman telkomsel.com. Berikut langkah-langkah yang diperlukan.

  • Buka browser dan kunjungi laman telkomsel.com di ponsel
  • Login akun dengan memasukkan nomor Telkomsel pada halaman utama website.
  • Kemudian, tekan tombol Masuk.
  • Pada layar akan muncul seluruh informasi mengenai nomor kamu.

Cara Memperpanjang Masa Aktif Kartu Telkomsel

Setelah melakukan pengecekan dan ternyata nomor kamu berada dalam masa tenggang, sebaiknya segera lakukan perpanjangan kartu. Memperpanjang masa aktif kartu Telkomsel bisa dilakukan dengan membeli pulsa atau tidak.

Membeli pulsa Telkomsel akan secara otomatis menambahkan masa aktif. Misalkan saja kamu ingin membeli Rp25.000, maka akan mendapatkan tambahan masa aktif selama 30 hari. Sedangkan membeli pulsa Rp10.000, akan mendapatkan tambahan masa aktif 15 hari.

Untuk memperpanjang masa aktif tanpa pulsa bisa dilakukan dengan membeli paket data internet. Selain itu, jika pulsa kamu masih banyak tetapi masa aktifnya sudah hampir habis, kamu bisa memperpanjangnya dengan membeli paket perpanjangan masa aktif

Membeli paket perpanjangan masa aktif adalah salah satu solusi terbaik dan lebih terjangkau dibandingkan isi ulang seperti biasa. Untuk daftar paket perpanjangan masa aktif Telkomsel adalah sebagai berikut:

  1. Harga masa aktif 5 hari sebesar Rp2.500.
  2. Harga masa aktif 10 hari sebesar Rp4.000.
  3. Harga masa aktif 15 hari sebesar Rp6.000.
  4. Harga masa aktif 30 hari sebesar Rp14.000.
  5. Harga masa aktif 90 hari sebesar Rp33.000.
  6. Harga masa aktif 180 hari sebesar Rp62.000.
  7. Masa aktif 360 hari sebesar Rp115.000.
Terkait:  Cara Cek Penggunaan Pulsa Telkomsel, Cepat dan Mudah!

Pembelian paket masa aktif bisa dilakukan lewat aplikasi MyTelkomsel atau kode UMB *888#, lalu pilih paket sesuai kebutuhan.

FAQ

Berapa lama waktu masa tenggang kartu Telkomsel?

Telkomsel memberikan masa tenggang kartu selama 30 hari setelah masa berlaku kartu habis. Setelah masa aktif kartu selesai, pelanggan masih memiliki waktu 30 hari tambahan untuk memperpanjang masa aktif kartu sebelum layanan dinonaktifkan sepenuhnya. Selama periode 30 hari ini, pelanggan dapat mengisi ulang pulsa atau membeli paket data untuk memperpanjang masa aktif kartu mereka.

Penting untuk diingat bahwa masa tenggang tersebut hanya berlaku selama 30 hari dan pelanggan harus memperpanjang masa aktif kartu sebelum periode masa tenggang berakhir. Jika tidak memperpanjang masa aktif dalam waktu tersebut, maka layanan telekomunikasi akan dinonaktifkan dan kartu tidak dapat digunakan untuk melakukan panggilan, mengirim pesan teks, atau menggunakan layanan data.

Apakah kartu Telkomsel memiliki masa tenggang?

Tentu saja iya, yaitu selama 30 hari seperti operator lain pada umumnya.

Apakah kartu Telkomsel yang sudah lewat masa tenggang bisa diaktifkan lagi?

Menurut pengalaman beberapa pengguna Telkomsel, jika kartu kamu masih dalam masa tenggang dengan periode kurang dari 15 hari, kemungkinan untuk dapat mengaktifkanya kembali sangat besar.

Akan tetapi, jika sudah melebihi 15 hari dari masa tenggang yang tersisa, kemungkinan untuk mengaktifkan kembali kartu kamu cukup  kecil apalagi yang sudah melebihi batas masa tenggang.

Setelah mengetahui cara cek masa tenggang kartu Telkomsel di atas, apakah masa aktif kartumu masih aman?

Similar Posts