Home » Biaya » Biaya Cek Mata di Optik

Biaya Cek Mata di Optik

Berapa biaya cek mata di optik? Banyak orang bahkan kamu sendiri masih penasaran berapa budget yang harus dikeluarkan untuk memeriksa mata di optik. Di sisi lain siapa saja mungkin memiliki masalah pada indera penglihatan akibat kondisi tertentu seperti mata lelah bahkan terlalu lama berada di depan gadget seperti PC atau smartphone.

Oleh sebab itu, kalian tidak boleh membiarkan masalahnya muncul dan kamu bisa datang langsung ke optik untuk bertanya soal jalan keluarnya. Kalian harus tahu budget yang dikeluarkan dalam memeriksa mata di optik bergantung pada bentuk tes dari tenaga ahli di sana.

Tak hanya itu, kamu harus tahu dokter spesialis mata yang memeriksanya karena indera penglihatan termasuk organ tubuh paling sensitif dan perlu diperhatikan perawatannya. Biasanya kalian bakal menemukan optik dengan mudah di seluruh wilayah tanah air, sedangkan satu sama lain nyaris memiliki sistem pengecekan mata yang sama.

Tak sedikit orang mengklaim pemeriksaan mata di optik membutuhkan uang banyak, namun asumsi tersebut salah. Pasalnya, kamu harus membuktikannya sendiri sesuai fakta sebenarnya.

Beberapa optik ternama juga menawarkan beragam produk perawatan mata seperti kacamata sesuai kondisi indera penglihatan kalian seperti minus, plus sampai silinder. Pastikan kamu mendapatkan harga sesuai dan tidak menghabiskan budget besar diluar penawaran pihak optik.

Biaya Cek Mata di Optik

Biaya Cek Mata di Optik

Biaya Cek Mata di Optik

Apakah biaya cek mata di optik mahal? Kami pastikan kamu tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk mengetahui kondisi kesehatan indera penglihatanmu saat ini. Di samping itu, semua orang bisa menemukan tempat pengecekan mata tersebut di seluruh Indonesia.

Siapa saja bakal mendapatkan penawaran harga menarik sesuai kebutuhan masing-masing, sedangkan optik mana pun melibatkan tenaga ahli yang berpengalaman dalam urusan tersebut.

Tak bisa dipungkiri sebagian besar optik bahkan memberikan harga miring sampai gratis untuk siapa saja yang ingin memeriksa mata minus. Biasanya optik tersebut sudah berpengalaman dengan jumlah konsumen cukup banyak.

Jika kalian penasaran soal budget pengecekan mata di optik, kami akan selalu hadir membantu kamu dalam menjawab rasa penasaran tersebut supaya indera penglihatan kalian tetap sehat dan tidak berisiko minus dan sejenisnya.

Biaya Cek Mata di Optik, Mata Sehat dengan Harga Ekonomis

Kalian pasti berpikir biaya cek mata di optik mahal, kan? Kami pastikan pengecekan mata di optik sebenarnya tidak terlalu mahal sesuai lokasi pemeriksaan dan tenaga ahli yang menerima permintaan kamu. Optik bisa kalian temukan di setiap sudut kota seluruh Indonesia yang menawarkan harga pemerikaan menarik.

Seandainya kamu belum pernah ke sana dan sedang berencana ke optik, maka bisa pahami dan simak pembahasan lengkap di bawah ini :

Biaya Cek Mata di Optik Terbaru

Seperti kalian tahu belakangan ini banyak orang lebih memilih mengecek mata di optik dibandingkan rumah sakit maupun klinik. Hal ini dikarenakan pemeriksaannya diklaim lebih murah tanpa menghabiskan budget tinggi.

Namun, siapapun tidak selalu dianjurkan ke sana terus menerus untuk memeriksa indera penglihatannya. Tak menutup kemungkinan kalian masih tidak percaya terhadap hasil yang diberikan karena kurang akurat seperti pemeriksaan di dokter.

Kami tegaskan pengecekan mata di optik biasanya tidak akan menghabiskan budget mencapai Rp.500,000. Angka ini terbilang sesuai dengan standar beberapa optik di seluruh Indonesia. Biasanya kamu akan melewati serangkaian pemeriksaan untuk memastikan matamu normal atau sebaliknya.

Pastikan kamu berkata sejujurnya kepada petugas ahli demi mendapatkan perawatan intensif sehingga mata kalian dapat bekerja dengan baik untuk melihat dunia sekitar.

Biaya Cek Mata di Rumah Sakit

Apabila kamu tidak ingin mendatangi optik atau agak sulit menemukannya, kami memberikan informasi lengkap mengenai tabel harga cek mata di rumah sakit. Kamu bisa memakainya sebagai bayangan harga sementara dengan menganalisa ulasannya di bawah ini :

Nama Rumah SakitBiaya Cek Mata
Rumah Sakit Siloam PurwakartaRp.90,000
RS PKU Muhammadiyah YogyakartaRp.85,000
RSU Bunda BMC PadangRp.155,000
MRCCC Siloam Hospital SemanggiRp.110,000
Mayapada Hospital Bogor BMCRp.205,000
RS Awal Bros MakassarRp.165,000
Omni Hospital Alam Sutera TangerangRp.310,000
Rumah Sakit Umum YARSI JakartaRp.265,000
Rumah Sakit Mata Bandung Eye CentreRp.450,000
Mayapada Hospital Jakarta SelatanRp.305,000

Biaya Cek Mata di Klinik

Jika kamu tidak bisa datang ke optik atau rumah sakit, kami pun sudah merangkum daftar harga pengecekan mata di beberapa klinik yang berada di seluruh Indonesia. Dipastikan harganya cukup akurat dan bisa dipakai sebagai bayangan sementara. Daftar harganya adalah :

Nama KlinikBiaya Cek Mata
Ciputra SMG Eye Clinic (CSEC) JakartaRp.210,000
Klinik TelkoMedika GroupRp.70,000
Klinik Ratulangi Medical Centre MakassarRp.210,000
Klinik Spesialis Mata SMEC DepokRp.245,000
Klinik Spesialis Mata SMEC BekasiRp.245,000
Klinik Mata Netra Bandung 2Rp.285,000
Klinik Mata NusantaraRp.255,000
Klinik Utama Bandung Eye CentreRp.465,000
Matanya Eye Clinic Tebet, JakartaRp.355,000
Klinik Utama Mata @ JEC, Cinere, DepokRp.605,000
SILC Lasik Centre Jakarta PusatRp.605,000

Biaya Cek Mata di Puskesmas

Kamu juga bisa mengecek mata di puskesmas terdekat, pastikan kamu sudah memberi biaya administrasi sekitar Rp.10,000 s/d Rp.20,000. Jumlah tersebut akan berbeda di setiap wilayah domisili kalian masing-masing. Berikut merupakan gambaran biaya cek mata di puskesmas, yakni :

Jenis PemeriksaanBiaya Cek Mata
Ekstraksi Corpal MataRp.37,000
Pemeriksaan Visus MataRp.15,000
Ekstraksi Corpus Alienum Mata (per Mata)Rp.24,500
Irigasi Mata dan TelingaRp.50,000

Asuransi Terbaik Cek Kesehatan Mata

Kami sarankan kalian mengecek mata minimal 1-2 kali per tahun lantaran kesehatan maya begitu penting untuk diperhatikan dan dijaga semua orang. Oleh karena itu, asuransi kesehatan merupakan hal penting yang perlu dipertimbangkan demi menjaga finansial tetap sehat di masa depan.

Kamu juga bisa memakainya untuk mengecek mata di beberapa klinik maupun rumah sakit yang sudah bekerja sama dengan beberapa asuransi di bawah ini :

  • Manulife.
  • FWD.
  • AXA.
  • Jiwa Sinarmas MSIG.
  • BNI Life.
  • Astra Life.
  • BRI Life.
  • AIA Financial.
  • Cigna.

Jenis Pemeriksaan Mata

Biasanya setiap orang harus tahu pemeriksaan umum demi memastikan matanya baik-baik saja. Dalam proses pemeriksaan di klinik, optik sampai rumah sekalipun pasti tidak luput dari pemeriksaan fisik mata, tes ketajaman penglihatan (uji refraksi), pemeriksaan gerakan otot mata (eye muscle test), pemeriksaan lapang pandang, tes buta warna sampai tonometri (tonometri aplanasi dan non kontak). Semuanya pasti bakal kamu lewati bila ingin mengecek mata di salah satu tempat yang disarankan di atas.

Demikian pembahasan mengenai biaya cek mata di optik yang tidak terlalu mahal untuk menjamin kesehatan mata kamu. Kami pastikan siapa saja tidak akan keberatan mengeluarkan uang sesuai nilai bayangan di atas lantaran kesehatan mata sangat penting kalian jaga sejak dini.

Jangan sampai kamu menyesal setelah kondisi mata tidak baik-baik saja, sedangkan keberadaan optik sampai rumah sakit khusus mata bisa ditemukan di seluruh Indonesia.