Cara Cek Masa Aktif Kartu Telkomsel

Cara Cek Masa Aktif Kartu Telkomsel: 4 Metode Cepat

Telkomsel adalah operator Indonesia yang paling banyak digunakan. Jika Kamu termasuk salah satu penggunanya, harus tahu cara cek masa aktif kartu Telkomsel. Jangan sampai masa aktif habis, karena membuatmu tidak bisa menggunakan berbagai layanan Telkomsel. 

Nomor yang berada di masa tenggang harus segera diisi pulsa. Pasalnya, nomor tersebut tidak dapat dipakai untuk telepon, SMS, maupun internet, meskipun tetap bisa dihubungi oleh orang lain. Kecuali setelah masa tenggang habis, nomor akan dinonaktifkan secara permanen. 

Ada banyak cara untuk melihat masa aktif Telkomsel. Pastikan nomormu tetap aktif supaya bisa digunakan. Selain pembahasan cara tersebut, akan dijelaskan pula apa yang harus Kamu lakukan kalau lupa tidak isi pulsa sampai masa tenggang berakhir. Lihat uraiannya berikut ini. 

Cara Cek Masa Aktif Kartu Telkomsel

Cara Cek Masa Aktif Kartu Telkomsel
Cara Cek Masa Aktif Kartu Telkomsel

Bagi pengguna lama mungkin tidak perlu bingung bagaimana cara untuk melihat masa aktif kartu Telkomsel. Karena memang sangat mudah untuk melihatnya, yakni menggunakan kode dial, MyTelkomsel, dan menghubungi asisten virtual. Berikut penjelasan masing-masing. 

1. Menggunakan Kode Dial Up

Pertama ini merupakan cara melihat masa aktif Telkomsel yang paling mudah dan sering digunakan. Bahkan sudah dipakai sejak dulu sebelum smartphone canggih bermunculan seperti saat ini. Caranya cukup dengan memasukkan kode UMB dan melakukan dial up untuk membuka menunya. 

Kelebihan dari cara cek masa aktif kartu Telkomsel ini bisa dilakukan di jenis smartphone apa saja, baik mendukung internet atau tidak. Kamu juga dapat cek walaupun tidak memiliki paket data. Seperti inilah langkah-langkahnya:

  • Buka menu Telepon
  • Masukkan kode UMB *888#.
  • Setelah itu, tekan tombol OK
  • Tulis balasan berupa kode angka untuk menu Cek Pulsa.
  • Kemudian Kamu akan mendapatkan notifikasi jumlah pulsa yang tersisa dan sampai kapan masa aktifnya.
Terkait:  Cara Cek Masa Aktif Smartfren dengan Mudah dan Benar

2. Mengecek Lewat Aplikasi MyTelkomsel

Cara cek masa aktif kartu Telkomsel yang kedua dilakukan lewat aplikasi MyTelkomsel. Sebagai pelanggan setia Telkomsel, Kamu wajib memiliki aplikasi ini. Mengapa demikian? Karena semua layanan dari Telkomsel dapat diakses dengan mudah dari aplikasi tersebut. 

Kamu tidak perlu men-dial kode UMB seperti cara sebelumnya. Hanya saja perlu terhubung ke jaringan internet dan mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Tenang saja, langkah-langkahnya jauh lebih mudah seperti panduan berikut ini:

  • Download aplikasi MyTelkomsel
  • Setelah diinstal, buka aplikasinya. 
  • Pada halaman awal, Kamu diminta login dengan nomor Telkomsel yang akan dicek masa aktifnya. 
  • Selanjutnya dapatkan kode OTP lewat SMS. 
  • Cek pesan masuk dan tulis kode tersebut sesuai arahan. 

Kamu tidak perlu membuka menu apa pun lagi. Masa aktif akan langsung terlihat di halaman Beranda bagian atas. Biasanya masa aktif ditulis di bawah jumlah sisa pulsa. Kalau ingin mendapatkan informasi lebih detail, ketuk menu pulsa tersebut.

3. Mengecek Lewat Website

Apakah ruang penyimpanan di ponselmu sudah penuh dan tidak bisa instal aplikasi lagi? Tenang saja, coba cara cek masa aktif kartu Telkomsel yang ketiga. Metode ini sama-sama menggunakan layanan MyTelkomsel, hanya saja diakses lewat website. 

Fitur dan layanan yang diberikan sama saja dengan versi aplikasinya. Kamu juga harus login dengan nomor Telkomsel untuk masuk ke websitenya. Karena itulah, diperlukan juga sambungan ke jaringan internet. 

Tapi kelebihan dari cara ini bisa diakses lewat perangkat apa saja dan kapan pun. Jika menggunakan aplikasi harus Kamu instal dulu di smartphone. Sedangkan membuka website dapat dilakukan lewat HP maupun laptop. Untuk lebih jelasnya, lihat langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka browser apa saja yang Kamu gunakan di perangkat. 
  • Selanjutnya masukkan alamat https://my.telkomsel.com/login pada address bar. 
  • Buka website tersebut. 
  • Jika sudah berada di halaman awal, masukkan nomor Telkomsel untuk login
  • Kemudikan tunggu kode OTP dikirimkan lewat SMS. 
  • Cek pesan masuk dan tulis kodenya pada kolom. 
  • Tekan tombol Verifikasi OTP. 
Terkait:  Bagaimana Cara Mengecek Kuota Telkomsel: 8 Metode Terbaru

Setelah itu, Kamu akan langsung dibawa ke halaman Beranda web MyTelkomsel. Tampilannya mungkin sedikit berbeda dengan versi aplikasinya. Tapi Kamu bisa cek masa aktif kartu dan sisa pulsa di bagian atas.

Selain itu, Kamu juga dapat melihat berapa sisa kuota yang dimiliki. Semuanya terlihat jelas di halaman awal. Jika ingin mendapatkan informasi yang lebih lengkap, tinggal klik menu yang ingin Kamu cek. 

4. Menghubungi Asisten Virtual Telkomsel

Berikut ini cara cek masa aktif kartu Telkomsel yang tak kalah mudah. Bukan lewat kode dial atau MyTelkomsel, melainkan dengan menghubungi asisten virtual bernama Veronika. Layanan resmi Telkomsel ini dihadirkan untuk membantu pelanggan dengan memberikan berbagai informasi. 

Menariknya, Kamu bisa menghubungi asisten virtual dari mana saja. Di aplikasi dan website MyTelkomsel pun ada layanan Veronika yang dapat digunakan. Selain itu, ada layanan Veronika di Facebook, Telegram, dan chat langsung. Berikut ini link yang dapat Kamu klik:

Lalu, bagaimana cara mengeceknya? Kamu cukup memasukkan perintah melalui kolom pesan, kemudian tinggal menunggu balasan dari Veronika. Sebenarnya cara menghubungi Veronika tidak jauh berbeda. Tapi berikut ini dijelaskan langkah-langkahnya jika menggunakan Telegram:

  • Ketuk salah satu link di atas. Karena di sini menggunakan Telegram, maka klik tsel.me/telegramVA.
  • Kamu akan langsung dibawa ke chat room dengan akun bot bernama Telkomsel Care. 
  • Ketuk tombol MULAI yang ada di bawah. 
  • Selanjutnya masukkan perintah Cek masa aktif. 
  • Ikuti petunjuk dari Veronika yang memintamu untuk memasukkan nomor Telkomsel. 
  • Tunggu balasan lagi yang menginformasikan jika kode OTP sudah dikirim lewat SMS.
  • Cek pesan masuk dan tulis kodenya di kolom balasan. 
  • Tanpa waktu lama, Veronika akan membalas dan menginformasikan sampai kapan masa aktif kartu Telkomsel. 
Terkait:  Cara Cek Kartu Telkomsel Aktif Sejak Kapan Untuk Tahu Umurnya

Kapan Masa Aktif Kartu Telkomsel Berakhir? 

Sebelumnya sudah diterangkan cara untuk melihat masa aktif nomor Telkomsel. Sekarang Kamu harus tahu juga sebenarnya sampai kapan masa aktif tersebut? Apakah kartu bisa mati jika tidak dibelikan pulsa? 

Masa aktif nomor Telkomsel tidak sama, tergantung pada pulsa yang Kamu beli. Jika membeli Rp5.000, biasanya mendapatkan tambahan masa aktif selama tujuh hari. Menariknya, Telkomsel akan memperpanjang masa aktif hingga 30 hari jika Kamu menggunakan pulsa sesuai batas tertentu. 

Tapi berhati-hatilah kalau masa aktif sudah habis. Karena selanjutnya nomor berada di masa tenggang selama 30 hari. Kalau selama waktu tersebut tidak isi pulsa nomor akan hangus dalam waktu 85 hari. Setelah itu, kartu masuk masa Ready for Recycle. 

Bagaimana Jika Masa Aktif Kartu Telkomsel Berakhir? 

Agar kartu tidak hangus, Kamu harus rutin isi pulsa dan menggunakannya untuk telepon, SMS, ataupun internet. Tapi bagaimana jika lupa tidak isi pulsa dan kartu hangus setelah lewat masa tenggang? Kamu bisa melakukan reaktivasi kartu dengan cara berikut:

  • Buka menu Telepon dan masukkan kode *888*89#.
  • Pilih Reaktivasi Kartu. 
  • Lihat Syarat dan Ketentuan, balas Setuju
  • Masukkan nomor KTP dan KK. 
  • Berikutnya cek SMS dan selesaikan sesuai instruksi. 

Itulah cara cek masa aktif kartu Telkomsel yang mudah dan cepat. Kamu harus isi pulsa agar kartu tetap aktif dan bisa digunakan untuk telepon maupun akses internet. Karena jika sampai melewati masa tenggang, perlu melakukan reaktivasi nomor. 

Similar Posts