Cara Cek Lokasi Kuota Lokal Telkomsel

5+ Cara Cek Lokasi Kuota Lokal Telkomsel yang Benar

Pindahlubang.com | Kuota lokal adalah kuota internet yang dapat digunakan di wilayah terbatas. Karena itulah, penting untuk tahu cara cek lokasi kuota lokal Telkomsel. Dengan begitu, paket data yang Kamu aktifkan tidak akan sia-sia dan dapat digunakan pada lokasi yang tepat. 

Telkomsel sendiri memang kerap menyertakan kuota lokal dalam beberapa paket data internet. Kuota tersebut memiliki jangkauan yang tidak sama. Jadi, Kamu tidak bisa memakai kuota tersebut di luar wilayah yang sudah ditentukan. 

Lantas, bagaimana cara mengetahui wilayah mana saja yang termasuk dalam jangkauan paket data milikmu? Kamu bisa mengeceknya dengan berbagai cara. Selain itu, akan diterangkan pula mengenai kuota lokal itu sendiri dan kelebihannya. 

Apa Itu Kuota Lokal Telkomsel? 

Sebelum menerangkan cara cek lokasi kuota lokal Telkomsel, Kamu penting untuk tahu definisinya terlebih dahulu. Kuota lokal merupakan kuota internet di wilayah terbatas yang sesuai ketentuan. Biasanya di tempat pelanggan mengaktifkan kuota atau wilayah sekitar jangkauan tapi tidak sampai nasional. 

Seperti yang sudah disinggung bahwa kuota lokal memiliki jangkauan yang berbeda-beda. Perbedaan ini dibedakan oleh dua faktor. Mungkin saja disebabkan oleh kota melakukan aktivasi paket internet atau jenis paket yang Kamu aktifkan. 

Umumnya kuota tersebut dapat digunakan di kota aktivasi paket. Tapi Kamu perlu melihat detailnya pada ketentuan. Jangan sampai kuota terbuang sia-sia karena Kamu berada di lokasi yang tidak tepat. 

Lalu, bagaimana jika Kamu berada di perbatasan kota? Kuota tidak dapat dipastikan secara akurat, melainkan tergantung pada jaringan. Selain itu tergantung pula pada beberapa faktor yang tidak bisa dikendalikan, seperti cuaca, demografi struktur tanah, seperti kepadatan populasi. 

Terkait:  8 Cara Cek No IndiHome Huawei yang Benar❤️

Kuota ini hanya dapat dinikmati jika tergabung dengan salah satu benefit dari paket data lain. Jadi, tidak berdiri sendiri atau Kamu aktifkan secara mandiri. Kuota bisa dirasakan langsung manfaatnya tanpa perlu pengaturan setelah berhasil mengaktifkan paket yang ada benefit tersebut. 

Cara Cek Lokasi Kuota Lokal Telkomsel

Cara Cek Lokasi Kuota Lokal Telkomsel
Cara Cek Lokasi Kuota Lokal Telkomsel

Melihat mana saja jangkauan kuota lokal Telkomsel itu penting dilakukan. Karena jika Kamu berada di luar wilayah jangkauan, akan dialihkan pada kuota yang lain. Baik itu menggunakan kuota internet reguler atau memotong pulsa secara langsung. Kamu bisa melihatnya dengan cara-cara berikut ini:

1. Mengecek di Website Telkomsel 🔥

Cara untuk melihat wilayah jangkauan kuota lokal Telkomsel yang pertama itu lewat website resminya. Ini dapat Kamu lakukan jika ingin membeli paket data internet. Lihat detail paket yang memberikan benefit kuota lokal di dalamnya. 

Pengecekan ini bisa di mana saja, karena Kamu dapat mengakses website Telkomsel dari perangkat laptop maupun ponsel. Untuk lebih jelasnya, lihat langkah-langkah di bawah ini:

Step by Step: Mengecek Lokasi Kuota Lokal Telkomsel via Web Resmi
  1. Buka browser apa saja yang Kamu gunakan di perangkat. 
  2. Kemudian masukkan alamat https://www.telkomsel.com/prabayar pada kolom pencarian. 
  3. Tekan tombol Search atau Enter
  4. Setelah halaman web terbuka, Kamu bisa pilih paket internet yang menyertakan kuota lokal di dalamnya. Contohnya InternetMAX atau UnlimitedMAX. 
  5. Pilih paket dan lokasi untuk melakukan aktivasi. 
  6. Setelah itu, ketuk Info Selengkapnya untuk melihat detail paket tersebut. 
  7. Kamu bisa cek wilayah jangkauan kuota lokal pada bagian Syarat dan Ketentuan. 

2. Menggunakan Kode UMB 🔥

Cara cek lokasi kuota lokal Telkomsel yang kedua menggunakan kode UMB. Cara ini lebih mudah karena bisa Kamu cek tanpa pulsa dan sambungan 

internet. Biasanya informasi paket terlihat pada saat Kamu membeli paket data yang memiliki benefit kuota lokal. Seperti inilah caranya:

Terkait:  Cara Cek Password WiFi IndiHome di HP dan PC, Mudah!
Step by Step: Mengecek Lokasi Kuota Lokal Telkomsel via *363#
  1. Buka menu Telepon di HP. 
  2. Kemudian masukkan kode UMB untuk membeli paket data internet, biasanya *363#.
  3. Setelah itu pilih menu yang digunakan untuk Cek Lokasi Kuota Lokal. Kamu bisa scroll menu yang ditampilkan untuk melihat jangkauan wilayah tersebut. 
  4. Masukkan balasan untuk memilih menu cek lokasi.
  5. Selanjutnya akan muncul informasi lokasi saat ini dan cakupan area untuk menggunakan kuota lokal Telkomsel.
  6. Kamu bisa beli dan cek status kuota. 
  7. Tunggu notifikasi dari Telkomsel yang memberikan link tsel.me/lokal yang digunakan untuk mengecek detail kuota lokal. 

3. Mengecek Lewat Aplikasi MyTelkomsel 🔥

Berikutnya ini cara cek lokasi kuota lokal Telkomsel yang tak kalah mudah. Kamu dapat melihatnya secara langsung di aplikasi MyTelkomsel. Aplikasi itulah yang digunakan oleh pelanggan untuk mengakses berbagai layanan milik Telkomsel. 

Sebagai pelanggan setia Telkomsel, Kamu harus memiliki aplikasi tersebut. Dibandingkan harus menggunakan kode UMB, tentunya cara ini jauh lebih praktis dengan satu kali login saja. Berikut ini langkah-langkah untuk mengeceknya:

Step by Step: Mengecek Lokasi Kuota Lokal Telkomsel via MyTelkomsel App
  1. Download dulu aplikasi MyTelkomsel dari Google Play Store atau App Store. 
  2. Setelah itu, instal dan buka aplikasinya. 
  3. Pada halaman awal, Kamu diminta untuk menuliskan nomor Telkomsel sebagai langkah login
  4. Tunggu kode OTP dikirimkan oleh Telkomsel lewat SMS. 
  5. Cek pesan masuk, catat kodenya, dan tuliskan pada kolom. 
  6. Kamu bisa cek pada halaman detail paket. Lihat informasi lengkapnya di bagian Syarat dan Ketentuan. 
  7. Kamu juga dapat mengeceknya di menu Dashboard. Pilih paket internet yang memiliki kuota lokal. Lalu klik dan lihat daftar kota untuk menggunakan kuota tersebut. 

4. Menggunakan Format SMS 🔥

Jika Kamu masih bingung bagaimana cara cek lokasi kuota lokal Telkomsel, cobalah pakai metode ini. Lihat bagaimana detail kuota tersebut dan di mana jangkauan wilayahnya dengan mengirimkan SMS. Gunakan format SMS seperti ini untuk mengeceknya:

Terkait:  7+ Cara Gratis Nelpon Telkomsel: Bisa Tanpa Pulsa😜
Step by Step: Mengecek Lokasi Kuota Lokal Telkomsel via SMS
  1. Buka aplikasi Pesan Singkat. 
  2. Kemudian ketuk ikon untuk membuat pesan baru. 
  3. Masukkan format SMS berupa CEKLOK (NAMA PAKET). 
  4. Kirimkan SMS tersebut ke nomor 188.
  5. Tunggu SMS balasan yang memberikan informasi detail paket. 

5. Menghubungi Call Center 🔥

Bagaimana jika semua cara sudah dicoba dan Kamu masih tidak tahu jangkauan wilayah kuota lokal? Tenang saja, karena masih ada cara terakhir untuk dilakukan. Kamu dapat menghubungi call center Telkomsel sesuai panduan berikut:

Step by Step: Mengecek Lokasi Kuota Lokal Telkomsel via Call Center
  1. Pastikan nomormu masih memiliki pulsa. 
  2. Lakukan panggilan pada nomor 188 atau 08071811811.
  3. Tunggu terhubung dengan customer service. 
  4. Setelah itu, sampaikan keinginanmu untuk cek lokasi kuota lokal. 
  5. Jangan lupa menyebutkan paket data yang aktif. 
  6. Tunggu CS memproses permintaanmu. 

Kelebihan Kuota Lokal Telkomsel

Kuota lokal memang tidak dapat berdiri sendiri. Itulah kenapa selalu tergabung dengan kuota internet yang lain. Meski begitu, ada beberapa kelebihan dari kuota lokal. Di antaranya sebagai berikut:

  • Tidak ada batasan waktu. Biasanya kuota internet Telkomsel itu memiliki batasan waktu. Contohnya kuota malam dan pagi yang dapat digunakan pada jam tertentu. Tapi ini tidak berlaku untuk kuota lokal yang bisa dipakai 24 jam. 
  • Bebas akses internet. Kuota lokal juga dapat dipakai untuk semua aktivitas akses internet tanpa terbatas pada aplikasi tertentu. Kamu bisa streaming, main game, dan browsing dengan kuota lokal. 
  • Jumlah kuota besar. Kuota lokal juga lebih besar porsinya dibandingkan kuota lain. Contohnya saat Kamu beli paket data 10 GB. Biasanya yang Kamu dapatkan kuota internet reguler 3 GB dan kuota lokal 7 GB. 

Demikian penjelasan cara cek lokasi kuota lokal Telkomsel. Kamu harus tahu di mana saja jangkauan wilayahnya agar tidak mengonsumsi paket reguler. Sebaiknya cek detail paket sebelum membelinya. 

Similar Posts