Cara Cek Status Kartu Telkomsel

Cara Cek Status Kartu Telkomsel Online dan Offline, Mudah!

PindahLubang.com – Kamu pasti tidak tahu cara cek status kartu Telkomsel, bukan? Beberapa orang ternyata masih awam, bahkan kurang memahami hal tersebut. Bagi sebagian orang, mereka mungkin sekadar menggunakan nomornya, tanpa mendaftarkan dengan NIK dan KK.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menegaskan bahwa masyarakat memang diwajibkan, serta dituntut untuk mendaftarkan nomor baru dengan nomor KTP dan KK. Tujuannya supaya kamu bisa terhindar dari penyalahgunaan data, di mana berujung pemalsuan dan penipuan.

Jika kamu merasa sudah mendaftarkan nomor Telkomsel, alangkah baiknya memeriksa status pemakaian dan registrasinya. Pasalnya, seseorang yang belum mendaftarkan kartunya akan selalu mendapatkan pemberitahuan, bahkan peringatan untuk segera registrasi lho. Pendaftarannya tidak dipungut biaya apapun alias gratis.

Cara Daftar Kartu Telkomsel via SMS

Bagi kamu yang merasa belum mendaftarkan nomor Telkomsel, alangkah baiknya segera registrasi melalui SMS. Jangan lupa siapkan KTP dan KK dalam menunjang proses pendaftarannya, sedangkan panduan aktivasinya adalah sebagai berikut:

  • Pertama, buka aplikasi Pesan atau Message dari HP kamu.
  • Buat SMS baru dengan format REG(spasi)NIK#Nomor KK# (pengguna baru) atau ULANG(spasi)NIK#Nomor KK# (pengguna lama).
  • Kirim SMS ke nomor 4444.
  • Pihak Telkomsel akan langsung mengirimkan SMS balasan yang memberitahu bahwa kartumu sudah dapat digunakan.

Cara Daftar Kartu Telkomsel via Kode USSD

Kartu Telkomsel yang baru saja dibeli bukan hanya didaftarkan melalui SMS. Pasalnya, kamu dapat mengaktifkannya melalui kode USSD tanpa ribet lho. Daripada penasaran, ikuti panduannya dengan baik dan benar di bawah ini:

  • Buka aplikasi Telepon atau Phone di HP kamu terlebih dulu.
  • Ketik *444#.
  • Tekan tombol Panggil atau Call.
  • Layar akan menampilkan daftar menu pop-up yang dapat dipilih.
  • Pilih menu Registrasi untuk mendaftarkan kartu Telkomsel kamu.
  • Klik Kirim.
  • Masukkan nomor KTP dan KK dengan benar dan teliti.
  • Klik Kirim untuk konfirmasi.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat sampai muncul notifikasi kalau kartu Telkomsel sudah terdaftar secara otomatis.
Terkait:  Cara Hutang Pulsa Axis

Cara Daftar Kartu Telkomsel via Telepon

Pelanggan Telkomsel bisa mengaktifkan kartu barunya melalui panggilan telepon. Kamu harus menghubungi customer service, khususnya pada hari dan jam kerja. Simak tutorialnya yang dapat dicoba di bawah ini:

  • Buka aplikasi Telepon atau Phone melalui smartphone
  • Ketik 188.
  • Tekan tombol Panggil atau Call.
  • Panggilanmu akan langsung dihubungkan ke CS Telkomsel.
  • Beritahu tujuanmu untuk mendaftarkan kartu Telkomsel yang baru.
  • Jangan lupa ikuti instruksi yang diberikan sampai proses pendaftaran kartunya berhasil.

Kenapa Tidak Bisa Daftar Kartu Telkomsel?

Pertanyaan ini masih sering menjadi perdebatan para pengguna kartu Telkomsel. Masalah ini biasanya disebabkan oleh data diri yang digunakan. Pasalnya, NIK dan KK hanya bisa digunakan paling banyak tiga kali registrasi kartu SIM. Jika kamu gagal mendaftarkan nomor Telkomsel, kemungkinan besar KTP dan KK kamu sudah terlalu sering dipakai daftar nomor baru.

Cara Cek Status Kartu Telkomsel

Cara Cek Status Kartu Telkomsel
Cara Cek Status Kartu Telkomsel

Barangkali kamu masih bingung tentang status penggunaan dan registrasi nomor Telkomsel, sebaiknya ikuti pembahasan artikel kami sampai selesai. Siapa saja yang memakai kartu SimPATI atau Kartu AS, status pemakaian nomormu akan diketahui dengan mengikuti panduan ini.

Kami sudah menyiapkan informasinya secara jelas dan ringkas, sehingga kejelasan kartumu dapat diketahui. Jika belum terdaftar, registrasi kembali menggunakan tutorial di atas dan kamu bebas menggunakannya untuk komunikasi setiap hari.

Cara Cek Status Kartu Telkomsel via Website

Pengguna nomor Telkomsel yang ingin memastikan status pemakaiannya, dianjurkan untuk menanyakan hal tersebut ke CS melalui situs resminya. Berikut langkah-langkahnya yang wajib dicoba, yaitu:

Langkah 1: Kunjungi Situs Resmi Telkomsel

Kamu dapat mengunjungi situs resmi Telkomsel melalui www.telkomsel.com. Website ini bisa dikunjungi melalui peramban browser HP atau laptop, tergantung kebutuhanmu masing-masing.

Terkait:  Cara Cek iOS iPhone Lewat HP dan Komputer (Penting!)

Langkah 2: Pilih Menu Bantuan

Jika kamu sudah masuk ke halaman utama, maka bisa mengetuk opsi Bantuan atau Help. Kamu pun bakal diarahkan lagi ke laman selanjutnya, kemudian cek daftar menu lain yang tersedia.

Langkah 3: Klik Asisten Virtual Veronika

Kamu bisa mengetuk opsi Asisten Virtual Veronika untuk memulai proses cek statusnya. Sebagai informasi, Veronika adalah pusat bantuan online yang disediakan oleh Telkomsel. Semua pengguna bisa menanyakan hal apa pun kepadanya.

Langkah 4: Tekan Tombol Selengkapnya

Pada halaman berikutnya, kamu akan melihat lagi informasi tentang Veronika yang siap membantu dan menjawab semua kebutuhanmu. Untuk mengetahui hal-hal lebih lanjut, tekan tombol Selengkapnya.

Langkah 5: Pilih Menu Mulai

Kamu wajib mengetuk opsi Asisten Virtual Veronika kembali, di mana opsi tersebut ada di bagian kanan bawah layar pada laman tersebut. Jika tombolnya sudah ditekan, ketuk opsi Mulai atau Start untuk memulai pemeriksaan status nomornya.

Langkah 6: Tulis Keperluan dengan Benar

Untuk mendapatkan hasil yang valid, ketik atau tulis tujuanmu dengan benar ke kolom tersedia. Contohnya, cara mengetahui status nomor Telkomsel. Lalu, tekan tombol Kirim untuk mengetahui jawabannya.

Langkah 7: Lihat Status Kartu Telkomsel yang Digunakan

Kamu tidak perlu menunggu lama untuk mengetahui jawabannya. Veronika akan langsung menampilkan informasinya secara jelas dan lengkap pada layar, apakah nomormu sudah terdaftar atau belum.

Cara Cek Status Kartu Telkomsel via GraPARI

GraPARI adalah gerai resmi Telkomsel yang sudah tersebar luas di seluruh Indonesia. Pengguna Kartu AS, SimPATI, Loop atau Kartu Halo yang ingin tahu status nomornya, dapat mengetahui informasi lebih lanjut lewat tutorial berikut:

Langkah 1: Persiapkan Data Diri

Terkait:  Cara Unreg Kartu Telkomsel

Pelanggan Telkomsel harus menyiapkan beberapa data diri yang dibutuhkan, khususnya KTP dan KK. Pasalnya, keduanya adalah berkas wajib yang akan digunakan saat mendaftarkan kartu SIM baru.

Langkah 2: Datangi GraPARI Terdekat

Jika KTP dan KK sudah disiapkan, kamu dapat mendatangi GraPARI terdekat di wilayahmu. Sebagai informasi, gerai resmi Telkomsel ini hanya buka pada hari dan jam kerja saja. Maka dari itu, jangan datang diluar waktu tersebut.

Langkah 3: Konfirmasi Kedatangan

Setibanya di GraPARI, sampaikan kedatanganmu ke petugas keamanan untuk mengetahui status nomor Telkomsel yang digunakan. Dengan demikian, mereka akan mengarahkanmu ke pihak layanan (customer service) yang sedang bertugas.

Langkah 4: Beritahu Tujuan ke Customer Service

Kamu akan diarahkan langsung ke CS Telkomsel, kemudian sampai tujuan kedatanganmu untuk mengetahui status pemakaian dan registrasi nomor yang sedang aktif. Jika perlu, beritahu maksud lainnya yang diinginkan.

Langkah 5: Berikan KTP dan KK

CS akan mendengarkan semua informasi yang kamu sampaikan, lalu serahkan KTP dan KK untuk validasi data diri pada kartu Telkomsel yang terdaftar. Pastikan nomor yang akan diperiksa masih aktif dan sedang digunakan.

Langkah 6: Informasi Status Kartu Diketahui

CS tidak butuh waktu lama untuk memeriksa dan memvalidasi status nomor Telkomsel kamu. Kalau KTP dan KK sudah dicocokkan, mereka akan langsung menyampaikan informasi tentang status kartumu secara detail.

Demikian informasi lengkap tentang cara cek status kartu Telkomsel secara offline dan online. Jangan khawatir kalau status nomormu tidak jelas, lantaran dua metode yang kami sampaikan di atas adalah solusinya. Semoga membantu!

Similar Posts