Cara Edit Chat WhatsApp Untuk Semua Perangkat (Terbaru)🐞

Cara Edit Chat WhatsApp
Cara Edit Chat WhatsApp

Pindahlubang.com | Apa Kamu suka tipo saat chatting dengan teman di WA? Sekarang tidak perlu risau lagi kalau sering salah ketik hingga menimbulkan salah paham. Karena Kamu bisa memperbaikinya dengan cara edit chat WhatsApp yang sangat simpel. 

Sebenarnya fitur mengedit pesan WA itu masih tergolong baru. Tentu kemunculannya disambut gembira oleh pengguna WhatsApp yang suka salah tulis. Terlebih lagi saat mengirimkan pesan kepada dosen atau atasan yang sangat rawan jika sampai ada kesalahpahaman. 

Read More

Lalu, bagaimana cara untuk mengedit chat WA yang sudah dikirim itu? Apakah penerima pesan bisa melihat bagaimana isi chat sebelumnya? Sebaiknya, Kamu simak uraian di bawah ini agar mendapatkan penjelasan lebih lengkap. 

Apa Itu Fitur Edit Chat WhatsApp? 

Tapi sebelum menerangkan lebih lanjut tentang cara edit chat WhatsApp, ada baiknya Kamu simak dulu penjelasan berikut. Kenali lebih jauh lagi mengenai fitur baru WA yang berguna tersebut. Terkhusus buat Kamu yang sering salah ketik. 

Edit messages atau mengedit pesan WhatsApp yaitu fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyunting chat yang sudah dikirim. Misalkan Kamu mengirimkan pesan yang  ternyata di dalamnya ada kesalahan. Kamu bisa langsung memperbaikinya tanpa diketahui oleh penerima. 

Orang yang Kamu kirimi pesan tidak akan tahu bagaimana isi chat sebelumnya. Tapi tetap tahu bahwa chat tersebut sudah disunting. Karena ada keterangan “Diedit” atau “Edited” di dekat keterangan waktu yang ada di bawah chat. Hanya saja riwayat penyuntingan tidak alam ditampilkan. 

Terkait:  Cara Melihat Kode QR Whatsapp

Keberadaan fitur ini berguna bagi Kamu yang suka tipo. Tidak perlu khawatir lagi kalau salah chat dosen atau atasan di kantor. Karena bahasa chatting tidak sama dengan bahasa verbal. Jika ada kesalahan sedikit, pasti menimbulkan salah paham. 

Fitur edit chat merupakan hasil pembaruan pada WhatsApp Beta versi 2.23.11.6. Pada mulanya diuji coba tanggal 22 Mei 2023. Hingga saat ini semua pengguna WA sudah bisa menggunakan fitur tersebut untuk mengubah isi pesan yang keliru. 

Sama seperti chat sebelumnya, pengeditan pesan juga dilindungi dengan enkripsi end to end. Itu berarti, hanya Kamu dan orang yang terlibat dalam ruang obrolan saja yang tahu. Seperti yang diketahui bahwa WhatsApp menjadi aplikasi chatting yang aman dan menjaga jaminan privasi. 

Di samping itu, pihak WA juga tidak memberikan notifikasi ke orang atau grup jika ada pesan yang diedit. Hanya diberi keterangan seperti yang dijelaskan di atas. Hanya teks saja yang bisa disunting, bukan foto, video, ataupun isi dokumen. 

Ketentuan penting dari edit chat yaitu dilakukan maksimal 15 menit setelah pesan dikirim. Jika lebih dari itu, dapat menggunakan fitur Hapus Untuk Semua Orang. Kemudian mengirimkan pesan yang baru kembali. 

Cara Edit Chat WhatsApp

Cara Edit Chat WhatsApp
Cara Edit Chat WhatsApp

Setelah tahu tentang fitur edit pesan WA dan ketentuannya, sekarang akan dijelaskan caranya. Kamu dapat menggunakan fitur tersebut untuk aplikasi WA di semua perangkat, baik yang diakses lewat HP android maupun iPhone. Selain itu, bisa digunakan pula di WhatsApp Web. Berikut ini penjelasan cara edit chat WhatsApp secara lengkap. 

1. Edit Chat WhatsApp di HP Android

Cara edit chat WhatsApp yang akan diterangkan pertama kali ini untuk pengguna HP android. WA termasuk aplikasi chatting yang paling populer. Berdasarkan data unduhan di Play Store saja lebih dari 10 juta. Karena itulah, akan dijelaskan terlebih dahulu. 

Terkait:  Cara WhatsApp Dark Mode

Kamu bisa menyunting pesan tanpa harus menggunakan aplikasi lain. Tentunya dengan syarat tidak lebih dari 15 menit setelah chat tersebut Kamu kirim. Jika sudah lewat batas waktunya, sebaiknya pesan ditarik kalau memang ada tipo yang membuat salah paham. 

Mengedit pesan WA di aplikasi berbasis android juga sangat mudah. Kalau Kamu belum mengenal fitur satu ini, langsung cek saja langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka aplikasi WhatsApp yang Kamu gunakan. 
  • Setelah itu, buka pesan yang menurutmu ada yang kurang atau kesalahan dan harus segera diedit. 
  • Tekan dan tahan kolom pesan tersebut sampai muncul beberapa menu di atas. 
  • Selanjutnya, ketuk titik tiga yang ada di atas. 
  • Kemudian pilih menu Edit
  • Berikutnya Kamu perbaiki chat yang salah. 
  • Jika sudah, ketuk ikon centang yang ada di sebelah kanan. 
  • Kamu bisa lihat bahwa pesan sudah berubah sesuai dengan penyuntingan yang baru saja dilakukan. Di bawah pesan tersebut akan ada notifikasi Diedit di samping keterangan waktu. 

2. Edit Chat WhatsApp di HP iPhone

Lalu yang kedua ini cara edit chat WhatsApp bagi user HP iPhone. Meskipun beda perangkat, sebenarnya langkah-langkah untuk menggunakan fitur tersebut sama mudahnya. Asal pesan yang akan diedit tidak lewat 15 menit setelah dikirimkan. 

Salah satu kelebihan dari fitur edit chat WA yaitu bisa dilakukan berulang kali. Misalkan Kamu sudah mengedit pesan yang baru saja dikirim. Tapi ternyata masih ada kesalahan. Kamu dapat menggunakan fitur ini kembali tanpa ada batasan. 

Bagi pengguna iPhone mungkin hanya beda dari segi tata menu saja. Selebihnya untuk pembaruan fitur dan isinya sama. Agar lebih jelas, Kamu bisa lihat panduan di bawah ini:

  • Buka aplikasi WhatsApp di HP iPhone. 
  • Selanjutnya masuk ke room chat yang isi pesannya ingin diedit. Bisa chatting dengan orang yang ada di daftar kontak atau grup. 
  • Cari pesan yang akan diedit. 
  • Tahan pesan tersebut sampai muncul daftar menu baru. 
  • Sekarang pilih Edit dari menu yang ditampilkan. 
  • Ubah isi pesan dan perhatikan ulang jangan sampai ada yang tipo lagi. 
  • Kalau chat sudah diedit, ketik ikon centang di sampingnya. 
Terkait:  Cara Mengatasi WhatsApp yang Diblokir

3. Edit Chat WhatsApp di Laptop atau PC

Aplikasi WhatsApp bukan hanya bisa diakses lewat smartphone saja. Kamu juga dapat menautkan akun WA untuk dibuka melalui laptop atau PC. Dengan begitu, pesan antara kedua perangkat akan disinkronkan dan Kamu tidak perlu beralih perangkat lagi. 

Salah satu cara mengakses WA di laptop atau PC yaitu lewat WhatsApp Web. Aplikasi berbasis browser tersebut bisa dibuka melalui alamat https://web.whatsapp.com/. Nantinya Kamu diminta scan kode QR agar akun WA di HP ditautkan dengan WhatsApp Web yang dipakai di laptop. 

Kalau Kamu termasuk pengguna WhatsApp Web, bisa memakai fitur ini pula. Ketika ada pesan yang salah kirim, dapat disunting dengan segera. Seperti inilah cara edit chat WhatsApp di WhatsApp Web:

  • Buka pesan yang Kamu lakukan di WhatsApp Web. 
  • Kemudian klik kolom pesan dari chat tersebut. 
  • Langkah selanjutnya yaitu mengklik ikon centang yang ada di samping pesan. 
  • Sekarang pilih fitur Edit Pesan. 
  • Kamu tinggal memperbaiki pesan yang salah atau menambahkannya jika ada kekurangan. 
  • Kalau sudah, klik lagi ikon centang dan coba cek kembali chat yang baru saja diedit. 

Itulah cara edit chat WhatsApp di semua perangkat. Fitur ini hanya dapat dilakukan pada aplikasi WhatsApp versi baru. Jika tidak menemukannya, lebih baik di-update dahulu. Kamu bisa mengubah chat yang tipo dalam waktu 15 menit. 

Related posts