Home » Ganti » Cara Mengganti Nomor Whatsapp

Cara Mengganti Nomor Whatsapp

Cara mengganti nomor Whatsapp dapat dilakukan dengan mudah. Mengganti nomor juga tidak akan mengakibatkan percakapan terhapus dan hilangnya kontak. Pengguna juga tidak akan keluar dari grup yang diikuti.

Penting untuk diketahui, mengubah nomor Whatsapp tidak akan menimbulkan hal yang serius kecuali orang lain tidak akan bisa menghubungi nomor lama pengguna baik melalui chat, panggilan suara maupun merekam video call whatsapp. Berikut penjelasan lengkapnya.

Cara Mengganti Nomor Whatsapp

Cara Mengganti Nomor Whatsapp

Mengganti nomor Whatsapp dengan sejuta kerinduan

Cara untuk dapat mengganti nomor Whatsapp bisa dilakukan menggunakan beberapa langkah dan tahapan yang teramat mudah. Simak beberapa metode berikut ini untuk mengetahuinya. Tapi sebelumnya, kamu harus tau beberapa hal sebelum memulai pergantian nomor WA.

Sebelum Mengganti Nomor WhatsApp

Ada beberapa hal diantaranya:

  • Pastikan nomor telepon baru kamu bisa terima SMS atau panggilan, serta punya koneksi data internet yang aktif.
  • Pastikan nomor telepon lama (saat ini) sudah terverifikasi di WhatsApp pada telepon Anda. Cara mengeceknya, buka WhatsApp » Icon Titik Tiga » Setelan lalu tekan Foto Profil.

Catatan Tambahan:

Saat kamu ganti nomor WA, semua daftar kontak tidak akan diberi tahu secara individual perihal pergantian nomor Whatsapp yang akan kamu lakukan.

Yang dapat mengetahui bahwa kamu telah ganti nomor WA adalah orang yang tergabung di gruo yang sama denganmu saja.

Saran kami, setelah ganti nomor kamu bisa langsung memberikan kabar ke semua kontakmu atau beberapa yang dianggap penting saja bahwa kamu telah ganti nomor. Kemudian mintalah mereka untuk menyimpan nomor baru kamu.

Perlu diketahui bahwa, sebenarnya kamu juga bisa menggunakan 2 Whatsapp sekaligus tanpa harus ganti nomor. Hal ini juga bisa dikaitkan dengan GB Whatsapp. Tapi, apabila tetap ingin melakukan pergantian nomor Whatsapp langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

Cara Mengganti Nomor Whatsapp di Android

Sebelum mengganti nomor whatsapp, sebaiknya cadangkan akun Whatsapp terlebih dahlu agar percakapan dan beragam file didalamnya masih bisa diakses. Cara mengganti nomor Whatsapp tanpa menghapus akun bisa dilakukan dengan langkah:

  • Buka dan Jalankan Whatsapp

Tentu saja sebelum memulai prosesnya, kita harus membuka terlebih dahulu aplikasi Whatsapp yang kita miliki di smartphone android. Buka aplikasi Whatsapp melalui perintah menu utama kemudian pilih Whatsapp. Atau, bisa pilih Whatsapp melalui shortcut di homescreen ponsel androidmu langsung.

  • Pilih Menu Setelan atau Setting

Pertama, buka aplikasi Whatsapp di smartphone pengguna, kemudian tap logo titik tiga yang berada di kanan atas layar. Lalu pilih menu setting atau setelan.

  • Pilih Menu Akun kemudian Ganti Nomor

Selanjutnya, pilih Akun dan tap opsi Ganti Nomor. Masukkan nomor lama di kolom bagian atas dan nomor baru di kolom bagian bawah. Jika sudah klik Lanjut.

  • Beri Tahu Kontak (Optional)

Kemudian, terdapat pilihan apakah pengguna ingin memberitahu kontak bahwa telah mengganti nomor Whatsapp baru atau tidak. Jika ingin semua orang tahu nomor baru atau hanya orang-orang tertentu saja, geser pada bagian “beri tahu kontak“.

Silahkan pilih yang mana, terdapat tiga pilihan yakni  semua kontak, kontak yang berada di daftar chat saya, serta khusus. Jika ingin memberitahu semua kontak klik pada pilihan semua kontak.

  • Verifikasi Nomor Baru

Langkah berikutnya yakni verifikasi ke nomor baru tersebut. Kode verifikasi akan dikirimkan melalui SMS. Masukkan kode tersebut ke kolom verifikasi.

  • Berhasil

Jika pergantian nomor Whatsapp berhasil, akan muncul notifikasi dan pengguna sudah bisa memakai Whatsapp untuk chat kembali dengan menggunakan nomor baru.

Cara Mengganti Nomor Whatsapp di iPhone

Metode selanjutnya terkhusus bagi pengguna iOS, iPhone, atau iPad. Cara mengganti nomor Whatsapp di ponsel iPhone bisa dilakukan dengan langkah-langkah dibawah ini.

  • Jalankan aplikasi Whatsapp

Sama seperti android, tahapan awal untuk memulai proses adalah dengan membuka aplikasi Whatsapp yang sudah ada di ponsel iPhone kita. Buka saja aplikasi Whatsapp melalui perintah menu di iPhone atau iPad kamu.

  • Masuk ke Setting

Selanjutnya, masuklah ke menu Setting atau Pengaturan. Bagaimana caranya? Di halaman awal Whatsapp, Tekan menu Settings di pojok kanan bawah.

  • Pilih menu ‘Account’

Lalu, pilih dan tap menu Account. Dilanjutkan dengan memilih opsi Change Number.

  • Pilih tombol ‘Next’

Lanjut, akan tampil keterangan sebelum ganti nomor. Baca dan pahami baik-baik, setelahnya kamu bisa tekan tombol Next di pojok kanan atas.

  • Masukkan Nomor WA Lama dan Baru

Sampailah kita pada pergantian nomor, disini kamu harus mengisi semua nomor Whatsapp kamu mulai dari nomor WA lama (nomor WA saat ini) dan nomor WA baru. Setelah semua terisi, lanjutkan dengan menekan tombol Next.

  • Selesai

Tahap akhir, sama halnya dengan android kamu diberikan fitur Notify Contacts. Yang mana berguna untuk memberitahukan ke semua atau beberapa kontak WA kamu bahwa nomor kamu baru saja ganti.

Aktifkan fitur Notify Contacts jika ingin memberitahu kontakmu, atau jika tidak kamu bisa langsung tekan tombol Done. Seperti biasa, akan ada proses verifikasi nomor Whatsapp yang baru. Ikuti saja panduannya seperti biasa hingga selesai.

Apa yang Terjadi Ketika Mengganti Nomor Whatsapp?

1. Jika bergabung dengan grup maka akan terlihat pengguna telah mengganti nomor. Tetapi tidak menyebabkan keluar dari grup.

2. Saat orang lain mengirim pesan ke nomor lama, tidak akan berhasil terkirim karena nomor tersebut sudah tidak digunakan. Pihak Whatsapp juga tidak akan meneruskan nomor tersebut ke nomor yang baru. Karena itu, beritahu kontak yang dirasa penting agar mereka tetap bisa menghubungi.

3. Jika pengguna sebagai admin grup, maka akan muncul pemberitahuan bahwa sudah mengganti nomor, tetapi pengguna akan tetap sebagai admin.

4. Percakapan termasuk file yang sudah dikirim dan diterima akan tetap tersimpan.

5. Nomor kontak yang tersimpan juga tidak akan hilang karena aplikasi Whatsapp mengamil data dari kontak telepon sehingga semua akan sama. lain halnya jika pengguna mengganti ponsel.

6. Orang lain tidak akan tahu pengguna mengganti nomor. Kecuali teman dalam satu grup, karena akan muncul pemberitahuan dalam grup bahwa pengguna telah mengubah nomor. Sementara jika orang tersebut tidak bergabung dengan grup, mereka tidak akan tahu.

Kecuali pengguna memberitahukan sudah mengganti nomor kepada kontak secara otomatis melalui opsi “beri tahukan kontak saya” yang sudah dibahas diatas.

Apakah mengganti nomor WhatsApp akan mengakibatkan keluar grup?

Tidak, kamu tidak akan keluar dari grup WA. Tetapi kamu bisa keluar grup whatsapp tanpa diketahui, jika dirasa grup whatsappmu terlalu ramai notifikasi.

Apakah mengganti nomor WhatsApp akan menghapus kontak?

Tidak akan, Kontak yang ada di smartphone kamu akan tetap sama dan tidak ada perubahan akibat dari ganti nomor. Kecuali untuk kontak yang diblokir. Kamu tetap tidak bisa melihat kontaknya.

Apakah suatu saat nanti dapat kembali menggunakan nomor lama?

Bisa, jika nomor yang lama masih bisa dipakai.

Jika ada yang chat ke nomor lama apakah masuk ke nomor baru?

Tidak, chat yang masuk ke nomor lama akan centang satu. Namun kamu tetap bisa melihat cadangan pesan whatsapp di google drive yang sudah di backup.

Jika ada yang menelpon ke nomor lama apa yang terjadi?

Tidak akan terhubung karena nomor sudah tidak digunakan.

Jika saya admin grup apakah yang akan terjadi?

Tidak akan terjadi apapun, kamu tetap bisa berinteraksi di grup seperti biasa.

Nah, itulah cara mengganti nomor Whatsapp melalui menu setelan. Pengguna tidak perlu khawatir, karena mengubah nomor sangat aman karena tidak akan menghapus data apapun kecuali pengguna mengganti handphone atau melakukan clear data.

Namun jika pengguna ragu, ada baiknya lakukan backup semua percakapan terlebih dahulu ke Google Drive untuk meminimalisir kegagalan saat verifikasi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *