Cara Sedekah Subuh di Rumah Sendiri

Bersedekah adalah kegiatan sesuatu untuk siapa saja yang sangat membutuhkan, terutama bagi fakir dan miskin atau mereka yang berhak di mana salah satunya melalui sedekah subuh. Sayangnya, banyak orang masih belum tahu cara sedekah subuh di rumah sendiri dengan benar.

Agama Islam telah mengajarkan setiap orang untuk saling berbagi satu sama lain, sehingga kebutuhan dapat terpenuhi. Sedekah bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja yang mana sifatnya berbeda dengan zakat karena wajib dikeluarkan jelang Idul Fitri.

Read More

Secara umum cara sedekah subuh di rumah sendiri tidak sulit, lho. Kamu hanya perlu mengetahui niat sampai tata caranya dengan baik dan benar. Pasalnya, sedekah subuh tidak bisa dilakukan sembarangan dan seorang Muslim atau Muslimah harus berniat dulu sebelum melakukannya.

Sedekah ini bahkan memberikan manfaat luar biasa untuk siapa saja yang menjalankannya, sedangkan kamu bakal mendapat kebaikan berupa ganjaran pahala apabila sungguh-sungguh melakukannya demi mencari ridha Allah SWT.

Cara Sedekah Subuh di Rumah Sendiri
Cara Sedekah Subuh di Rumah Sendiri

Apa itu Sedekah Subuh?

Sedekah Subuh sebetulnya masih sama dengan sedekah pada umumnya, namun ditambahkan waktu subuh atau sesudah sholat subuh sebagai penerang waktunya. Walaupun sedekah tidak terpaku pada hari maupun waktu tertentu, asalkan tulus dan bukan sekadar pamer harta tentu saja mengandung nilai kebaikan yang sama.

Maka dari itu, sedekah subuh biasanya dilakukan oleh para Muslim dan Muslimah sebelum matahari terbit. Aktivitas ini dilakukan guna mempertebal keimanan dan semakin mendekatkan diri dengan Allah SWT.

Hadist tentang Sedekah Subuh

Secara umum sedekah subuh bisa diartikan sebagai suatu aktivitas berbagi atau mengeluarkan sedikit harta dengan tujuan kebaikan untuk mereka yang berhak mendapatkannya. Kegiatan ini juga bisa disebut sebagai aktivitas berbagi di jalan Allah SWT sesudah melaksanakan sholat subuh, serta sebelum matahari terbit.

Terkait:  Cara Unlock Modem Bolt

Tak bisa dimungkiri sedekah subuh sangat istimewa karena waktu tersebut adalah momen di mana para malaikat turun ke bumi, serta mendoakan langsung orang-orang yang melakukannya.

Berdasarkan Hadist Imam Al-Bukhari dan Imam Muslim dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu pernah meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda :

“Setiap awal pagi saat matahari terbit, Allah SWT menurunkan dua malaikat ke bumi dan salah satunya kemudian berkata: ‘Ya Allah, berilah karunia pada orang yang menginfakkan hartanya. Gantilah pada mereka yang membelanjakan hartanya karena Allah SWT. Malaikat yang lain pun turut berkata: ‘Ya Allah, binasakan mereka orang-orang bakhil’.”.

Kapan Waktu Terbaik Melaksanakan Sedekah Subuh?

Almarhum Syekh Ali Jaber yang merupakan salah satu ulama terbaik di Indonesia membenarkan hadist tersebut, sedangkan ia pun menyatakan bahwa salah satu rahasia amalan luar biasa yang bisa diikuti adalah sedekah subuh.

Ia menegaskan bahwa kegiatan tersebut punya keutamaan di mana waktu tersebut malaikat turun ke bumi untuk mendoakan siapa saja yang mengeluarkan sedekah setelah melaksanakan sholat subuh. Waktu tersebut juga istimewa di mana tidak semua orang bisa melakukannya.

Jika ingin menghitung perkiraan waktu subuh adalah dekat sekali dengan awal matahari terbit atau kurang lebih satu jam sebelum matahari terbit.

Kondisi tersebut menandakan bila seseorang melakukan sedekah setelah melakukan sholat subuh, maka perhitungan satu jam kemudian bisa dipastikan malaikat masih mendoakan agar sedekah yang dikeluarkan dapat segera diganti berlipat ganda oleh Allah SWT.

Jika ingin tahu bagaimana Allah SWT mengganti rezeki yang telah kamu keluarkan sebagai sedekah sangat beragam dan tidak perlu dicari tahu.

Allah SWT tidak pernah ingkar janji dan akan selalu menggantikan rezeki yang sudah dikeluarkan sampai berkali-kali lipat lebih besar dibandingkan sesuatu yang telah kamu keluarkan. Tak menutup kemungkinan balasan kebaikan tersebut akan dibalas beberapa jam atau hari kemudian.

Terkait:  Cara Export Chat Whatsapp

Apabila kamu benar-benar melakukan sedekah subuh untuk mencari pahala dan keridhoan Allah SWT, niscaya akan mendapatkan kebaikan dan semua bentuk materi yang sudah diberikan kepada fakir dan miskin pun dibalas dengan sesuatu lebih banyak lagi.

Keutamaan Sedekah Subuh

Sedekah Subuh ternyata memiliki berbagai macam keutamaan yang luar biasa. Apabila kamu melakukannya karena Allah SWT, niscaya kamu bakal merasakan hal-hal positif dalam jangka panjang sebagai berikut:

  • Menghapus Dosa
    Keutamaan pertama bila seseorang melakukan sedekah subuh adalah menghapus dosa dan membawa ketenangan hati setiap hari. Keistimewaan tersebut sudah terbukti dan disebutkan dalam hadist sebagai berikut:

    “Sedekah mampu menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi).

  • Malaikat Mendoakan Setiap Waktu
    Jika kamu berniat menyisihkan sedikit harta, malaikat akan diturunkan ke bumi untuk mendoakan kamu supaya rezekinya berkah dan lancar. Jika sebaliknya, malaikat justru akan mendoakanmu agar rezekimu dapat ditahan oleh Allah SWT. Keutamaan ini disebutkan dalam hadist sebagai berikut:

    “Setiap awal pagi matahari terbit, Allah menurunkan dua malaikat ke bumi. Lalu, salah satu berkata: ‘Ya Allah, berilah karunia orang yang menginfakkan hartanya. Ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya karena Allah’. Malaikat lain berkata: ‘Ya Allah, binasakanlah orang-orang yang bakhil’.” (HR.Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah RA).

  • Mendekatkan Diri dengan Pintu Surga
    Keistimewaan sedekah subuh selanjutnya adalah semakin mendekatkan dirimu dengan pintu surga dan menjauhkanmu dari pintu neraka. Hal ini dibuktikan dengan salah satu hadist berikut ini:

    “Orang yang memberikan atau menyumbang dua harta di jalan Allah, maka dia bakal dipanggil  oleh salah satu dari pintu surga. ‘Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan’.” (HR.Bukhari dan Muslim).

  • Mendapatkan Balasan yang Berlipat Ganda
    Janji Allah SWT pada setiap umat-Nya yang melakukan sedekah subuh merupakan mendapat pahala berlipat ganda. Hal ini terbukti melalui Surat Al-Hadid ayat 18 sebagai berikut:

    “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan serta meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya bakal dilipat gandakan (ganjarannya) bagi mereka, serta bagi mereka pahala yang banyak.” (QS.Al-Hadid : 18).

Niat Sedekah Subuh

Jika kamu sudah tahu pengertian dan keutamaan sedekah subuh, maka bisa menghafalkan bacaan niat untuk sedekah subuh supaya bisa mencapai sesuatu yang diinginkan. Selain itu, segala hajat atau keinginanmu dapat dikabulkan oleh Allah SWT. Simak bacaan niatnya sebagai berikut:

“Ya Allah, hamba mohon dengan berkah sedekah subuh ini angkatlah penyakit hamba (bila pemberi sedekah sedang sakit, atau orang tuanya sedang sakit, maka bisa mendoakan kesembuhan orang tua juga).” Jika ingin segera dipertemukan dengan jodoh, dilancarkan karir dan usaha, segera mendapat pekerjaan atau bayar utang juga bisa dipanjatkan dalam doa”.

Cara Sedekah Subuh di Rumah Sendiri

Barangkali kamu belum tahu cara sedekah subuh di rumah sendiri dengan benar dan khidmat, maka bisa menemukan jawabannya melalui artikel ini. Kami akan membantumu untuk melaksanakan kegiatan amal tersebut sehingga semua hajat atau keinginanmu dapat segera dikabulkan oleh Allah SWT.

Cara Sedekah Subuh di Rumah Sendiri

  • Mengirimkan uang melalui rekening tepat sasaran sesudah melaksanakan shalat subuh. Sasaran transfer adalah orang tua, sahabat yang sedang membutuhkan, lembaga sosial dan pihak-pihak yang berhak.
  • Mengantarkan sumbangan kepada mereka yang berhak atau membutuhkan dalam bentuk barang atau makanan dan uang setelah melaksanakan ibadah shalat subuh.
  • Memberi atau mengirim makanan kepada pondok pesantren, tetangga, rumah yatim piatu, panti asuhan dan tempat-tempat lain yang jaraknya masih dekat dengan rumahmu. Namun, pastikan semuanya diberikan sebelum matahari terbit.

Demikian pembahasan tentang cara sedekah subuh di rumah sendiri. Semoga Allah SWT memudahkan niat kamu untuk melaksanakan kegiatan positif ini demi mewujudkan hajat atau keinginan yang ingin segera dicapai.

Rate this post

Related posts