2+ Cara Download Aplikasi di TV Android (Yang Benar) Sukses🙈

Cara Download Aplikasi di TV Android
Cara Download Aplikasi di TV Android

PindahLubang.com | Kamu pasti tidak tahu cara download aplikasi di TV Android, kan? Pada dasarnya, kamu bisa melakukannya dengan mudah. Android TV adalah perangkat elektronik yang bisa dipasang beragam aplikasi, hingga game online tanpa ribet.

Kamu hanya bisa mengunduh semua aplikasinya di Google Play Store, yakni toko aplikasi resmi khusus perangkat Android. Kendati demikian, kamu tidak bisa memasang aplikasi apa pun di sana. Platform tersebut harus sudah mendukung pemasangan, serta penggunaan di TV Android.

Read More

Tak bisa dimungkiri banyak orang masih menganggap TV Android dan smart TV adalah dua perangkat yang sama. Padahal, keduanya memiliki perbedaan masing-masing, sedangkan pemakaiannya tergantung kebutuhan pribadimu. Beberapa aplikasi yang dapat dipasang di smart TV pun dapat digunakan di Android TV, begitu pula sebaliknya.

Pengertian TV Android

Android TV merupakan salah satu model smart TV yang mempunyai fitur serupa, mulai dari aplikasi bawaan (bloatware) sampai konektivitas internet. Perangkat ini bekerja pada sistem operasi Android yang dirilis oleh Google.

TV Android pun sudah disambungkan ke Google Play Store, supaya kamu bisa mengunduh sekaligus memperbarui aplikasi yang diinginkan. Beberapa TV Android menawarkan akseske Asisten Google dan Chromecast lho, sehingga kamu dapat menikmati pengalaman menonton televisi lebih seru dan menyenangkan.

Perbedaan Android TV dan Smart TV

Secara umum Android TV mempunyai karakteristik, serta perbedaan dengan smart TV. Beberapa poin penting tersebut bisa diketahui di bawah ini:

  • Performa
    Android TV mempunyai kinerja yang cukup lambat setelah digunakan cukup lama. Kondisi ini berbanding terbalik dengan smart TV, di mana perangkat tersebut justru bekerja lebih cepat dengan antarmuka (interface) sederhana, serta dioptimalkan oleh hardware dan software.
  • Navigasi
    Smart TV bisa dibilang lebih unggul dari segi pengalaman. Sebab, interface sederhana membuat penggunanya dapat beralih aplikasi di beranda dengan mudah. TV Android justru agak sulit dinavigasi, khususnya kamu yang tidak terbiasa terhadap OS Android.
  • Mirroring
    Smart dan Android TV menawarkan mirroring dari ponsel ke televisi. Namun, transmisi pada Android TV lebih baik lantaran mengandalkan Chromecast. Kamu pun dapat memperoleh layanan streaming, serta pengalaman menonton TV yang bagus dan jernih.
  • Update
    TV Android bukan sekadar menawarkan koleksi aplikasi yang besar, melainkan didukung pengembangan teknologi aktif dan sering update secara berkala. Jika terhubung ke internet, kamu pun dapat memperbaruinya secara otomatis lho.
  • Asisten Suara
    Fitur ini lebih menonjol pada Android TV dibandingkan smart TV. Pasalnya, kamu tidak perlu menggunakan perangkat input, lantaran bisa beralih antar saluran untuk mencari acara favorit secara online berkat kontrol suara.
  • Dukungan Aplikasi
    Android TV sudah didukung lebih dari 6,000 aplikasi mulai dari Netflix, Disney+ Hotstar, Prime Video, YouTube dan lainnya. Kamu bisa mendapatkannya melalui Google Play Store, sedangkan smart TV hanya menawarkan layanan ke beberapa aplikasi bawaan saja.
  • Sistem Operasi
    Perbedaan terakhir yang paling menonjol adalah sistem operasi keduanya. Android TV dibekali OS Android, di mana mampu memberi pengalaman seru dan lebih baik karena bisa mengontrol televisi ke HP Android dan Smartwatch.
Terkait:  Cara Mengatasi HP Ngeblank

Cara Download Aplikasi di TV Android

Cara Download Aplikasi di TV Android
Cara Download Aplikasi di TV Android

Kamu pasti ingin tahu cara mengunduh aplikasi di TV Android, kan? Siapa saja ternyata bisa melakukan hal tersebut dengan mudah lho. Di samping itu, pengguna Android TV cukup mengandalkan Play Store untuk mendapatkan aplikasi yang diinginkan.

Fenomena ini berbanding terbalik dengan smart TV, di mana apk nya diperoleh tergantung merk televisinya masing-masing. Kami sudah menyiapkan tutorial pengunduhannya. Artikel ini akan menjawab rasa penasaranmu, sehingga platfromnya terpasang di Android TV kamu.

Cara Download Aplikasi di TV Android

Bagi kamu yang masih bingung mengenai panduan pengunduhan aplikasi di Android TV, maka bisa mengikuti petunjuk dari kami dengan benar di bawah ini:

Langkah 1: Hidupkan TV Android

Kamu bisa menghidupkan Android TV terlebih dulu. Caranya dengan menekan tombol Power pada remote control, atau di bagian belakang perangkatnya secara langsung.

Langkah 2: Buka Menu Apps

Kalau Android TV sudah dihidupkan, kamu dapat membuka menu Apps. Fungsinya untuk menampilkan semua aplikasi yang tersedia pada perangkat tersebut.

Langkah 3: Klik Play Store

Untuk menemukan aplikasi yang diinginkan, tekan tombol Play Store. Pengguna Android TV hanya bisa mendapatkan, sekaligus mengunduh aplikasi resmi dari platform tersebut.

Langkah 4: Cari Aplikasi

Jika Play Store sudah dibuka, carilah salah satu aplikasi atau game online yang akan diunduh. Kamu pun dapat menekan tombol Install untuk memulai proses pemasangannya.

Langkah 5: Aplikasi Sudah Diunduh

Kamu bisa melihat pemberitahuan pada layar televisi, bahwa aplikasi tersebut sudah berhasil diunduh. Jika ingin membuka dan mengaksesnya, tekan tombol Open.

Cara Download Aplikasi di TV Android dengan HP Android

Kamu pun dapat mengunduh, sekaligus instal aplikasi di TV Android dengan penggunaan HP Android lho. Bagi yang belum pernah melakukannya, tutorialnya hanya dapat diikuti dan disimak di bawah ini:

Terkait:  Cara Download WhatsApp di PC yang Aman dan Mudah🤫

Langkah 1: Buka Aplikasi Google Play Store

Untuk memulai proses download aplikasinya, maka kamu bisa membuka aplikasi Google Play Store di HP Android kamu. Sebagai informasi, semua merk perangkat smartphone Android dapat digunakan untuk menjalankan programnya.

Langkah 2: Pilih Menu Other Device

Kamu bisa mencari aplikasi atau program apa saja yang ingin diunduh. Untuk memudahkan proses pencariannya, ketuk opsi Other Device. Kemudian, lanjutkan dengan menekan tombol TV supaya bisa tahu aplikasi apa saja yang mendukung, serta dapat dipasang di TV Android.

Langkah 3: Klik Download

Jika sudah ketemu, tekan tombol Download yang ditandai dengan simbol panah ke bawah. Opsi ini biasanya terdapat disamping kanan menu Install. Kamu harus menekan tombolnya untuk mengunduh aplikasi tersebut.

Langkah 4: Ketuk Nama Android TV

Kamu dapat mengetuk opsi merek atau nama Android TV yang akan menjadi lokasi pemasangan aplikasi tersebut. Jika sudah, tekan tombol Install dan tunggu beberapa saat sampai proses instalasinya selesai.

Langkah 5: Buka Aplikasi

Sistemnya akan memberitahu bahwa aplikasi tersebut sudah berhasil terpasang di Android TV. Kamu bisa membuka, sekaligus mengoperasikannya untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Cara Memasang Aplikasi di TV Android

Jika aplikasi sudah berhasil didapatkan di TV Android, jangan lupa untuk memasangnya dengan benar. Berikut langkah-langkahnya yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Pastikan TV Android sudah terhubung ke internet.
  • Buka menu Pengaturan atau Setting.
  • Klik Aplikasi atau Apps yang berada di samping kiri atas.
  • Kemudian, opsi aplikasi akan terlihat di bagian kanan.
  • Pilih menu Get More Apps.
  • Cari aplikasi yang sudah berhasil diunduh.
  • Terakhir, tekan tombol Open untuk membuka dan melakukan instalasi di TV Android kamu.
Terkait:  Cara Mengaktifkan Android System Webview untuk Pemula

Demikian panduan lengkap seputar cara download aplikasi di TV Android, baik secara langsung atau menggunakan HP Android. Nikmati beragam aplikasi keren, supaya kamu bisa melihat gambar dan visual lebih jelas dan tajam dari layar televisi. Selamat mencoba!

Related posts