3+ Cara Download Aplikasi di Smart TV (LG, Samsung, Sharp) 🍬

Cara Download Aplikasi di Smart TV
Cara Download Aplikasi di Smart TV

PindahLubang.com | Secara umum cara download aplikasi di smart TV sangat mudah dan praktis. Tak sedikit orang masih menganggapnya sulit, bahkan menguras waktu banyak. Padahal, kamu tidak perlu repot melakukannya, demi mendapatkan aplikasi yang ingin diakses melalui TV.

Penggunaan smart TV memang sudah mendominasi di setiap rumah saat ini. Kondisi ini terjadi sejak Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), menegaskan bahwa seluruh masyarakat harus beralih menggunakan saluran televisi digital dari analog.

Tak dapat dimungkiri bahwa pemakaian smart TV masih belum dipahami banyak orang, khususnya mengunduh aplikasi di dalamnya. Bahkan, beberapa penggunanya sering gagal download karena faktor tertentu lho. Jika kamu mengalaminya, jangan khawatir karena bisa diatasi dengan cepat dan tidak ribet.

Penyebab Tidak Bisa Download Aplikasi di Smart TV

Seseorang gagal mengunduh aplikasi di smart TV ternyata ada alasan tertentu lho. Beberapa penyebab utamanya adalah sebagai berikut:

  • Update Software TV
    Kamu mungkin sering gagal mengunduh aplikasi di smart TV, lantaran perangkat lunaknya belum diperbarui. Oleh karena itu, periksa kembali software pada televisi sebelum proses download dimulai. Perbarui terlebih dulu, agar instalasi aplikasinya dapat berjalan cepat dan lancar.
  • Restart TV
    Jika kamu masih kesulitan untuk mengunduh aplikasi di smart TV, segera restart atau memuat ulang perangkatnya. Caranya dengan mematikan perangkat televisi, baik melalui remote maupun bagian belakang bodinya. Kemudian, hidupkan kembali dan cobalah unduh salah satu aplikasi favoritmu.
  • Reinstall Aplikasi
    Untuk memudahkan proses download aplikasi yang diinginkan, kamu harus melakukan reinstall beberapa aplikasi. Bahkan, hapus apk yang sudah tidak digunakan lagi. Cara melakukan reinstall adalah menghapus, kemudian memasang kembali aplikasinya dengan baik dan benar.
  • Update Aplikasi
    Tak menutup kemungkinan bila salah satu, bahkan beberapa aplikasi harus diperbarui secara berkala. Jika versinya sudah terlalu lawas, kamu wajib update melalui toko aplikasi resmi di dalam smart TV. Pengguna TV memang hars memperbaruinya, demi mendapat fitur dan layanan lebih lengkap.
  • File Sampah Menumpuk
    Faktor terakhir yang menyebabkan kamu tidak bisa mengunduh aplikasi di smart TV, yakni cache alias file sampah sudah menumpuk. Oleh sebab itu, segera bersihkan data-data tidak penting tersebut. Tak berbeda dengan smartphone, cache yang jarang dibersihkan akan membuat perangkat lemot lho.
Terkait:  Cara Download Film Di Iflix

Cara Membersihkan Cache di Smart TV

Bagi kamu yang menggunakan smart TV, khususnya merek Samsung maka bisa membersihkan file sampah di perangkat televisi dengan tutorial berikut:

  • Pertama, hidupkan smart TV dengan remote control atau tekan tombol Power di bodi belakangnya.
  • Buka aplikasi Pengaturan atau Setting.
  • Pilih menu Aplikasi dan Pemberitahuan atau App and Notification.
  • Cek semua aplikasi dan arahkan ke halaman Info Aplikasi Play Store.
  • Kemudian, tekan tombol Paksa Berhenti atau Force Stop dan periksa apakah masalahnya sudah teratasi atau belum.
  • Klik Hapus Cache atau Clear Cache jika belum diatasi.
  • Pilih menu Hapus Data atau Clear Data.
  • Cache sudah berhasil terhapus dari smart TV, proses download dapat berjalan normal kembali.

Cara Download Aplikasi di Smart TV

Cara Download Aplikasi di Smart TV
Cara Download Aplikasi di Smart TV

Kamu pasti bingung bagaimana cara mengunduh aplikasi di smart TV, kan? Pada dasarnya, siapa saja bisa melakukannya dengan mudah. Kamu bahkan tidak perlu menggunakan perantara apa pun, demi sekadar memasang platform yang sering diakses.

Kami akan membahas panduannya lewat artikel ini, di mana kamu dapat memilih aplikasi mana saja yang bakal diunduh. Selain itu, semua merek smart TV pun sudah mendukung proses pengunduhan tersebut, supaya penggunanya bisa akses aplikasi yang diinginkan.

Cara Download Aplikasi di Smart TV LG

Bagi kamu yang menggunakan smart TV LG, maka bisa mengunduh aplikasi apa saja dengan mudah melalui panduan berikut:

Langkah 1: Buat Akun LG

Untuk memulai proses pengunduhan aplikasinya, kamu dapat membuat akun LG dengan mengikuti tutorial di bawah ini:

  • Buka menu Home terlebih dulu.
  • Pilih menu Pengaturan atau Setting di bagian kanan atas.
  • Klik Umum atau General.
  • Pilih menu Pengelolaan Akun atau Management Account.
  • Klik Buat Akun atau Create an Account.
  • Isi alamat email dan kata sandi aktif untuk akun LG.
  • Terakhir, cek kode verifikasi untuk menyelesaikan proses pembuatan akunnya.
Terkait:  Cara Download WhatsApp Web di Laptop (Windows 7, 8, 10, 11)🍄

Langkah 2: Tekan Tombol Home

Kamu dapat menekan tombol Home, guna membuka halaman utama melalui remote control terlebih dulu.

Langkah 3: Pilih Menu LG Content Store

Jika tombolnya sudah ditekan, ketuk opsi LG Content Store dan cari kategori aplikasi untuk menemukan platform yang ingin diunduh.

Langkah 4: Cari Aplikasi

Gunakan fitur pencarian untuk menemukan aplikasi yang diinginkan, atau ketik nama aplikasi ke kolom pencarian yang tersedia.

Langkah 5: Pasang Aplikasi

Untuk memulai proses pemasangan, tekan tombol Install dan tunggu beberapa saat hingga proses pemasangan aplikasinya selesai.

Langkah 6: Aplikasi Sudah Terpasang

Kamu hanya perlu menunggu sekitar 3-5 menit, hingga muncul notifikasi yang memberitahu bahwa aplikasi tersebut sudah terpasang dan siap digunakan.

Cara Download Aplikasi di Smart TV Samsung

Siapa saja yang menggunakan smart TV Samsung, ternyata bisa mengunduh aplikasi apa pun dengan mudah dan tidak ribet. Berikut langkah-langkahnya yang perlu dicoba, yaitu:

Langkah 1: Buka Menu Home

Kamu dapat membuka menu Home, yakni dengan menekan tombolnya pada remote control yang sudah disediakan.

Langkah 2: Pilih Menu Apps

Jika sudah ditekan, ketuk opsi Apps dengan menemukan daftar aplikasi yang tersedia di bagian bawah, kemudian tekan tombol Enter.

Langkah 3: Cari Aplikasi

Temukan salah satu aplikasi yang ingin diunduh. Untuk mempercepat proses pencarian, ketik nama aplikasinya ke kolom tersedia.

Langkah 4: Klik Install

Jika sudah ketemu, tekan tombol Install dan tunggu beberapa saat sampai proses pemasangan aplikasinya selesai. Biasanya waktu pengunduhan tidak lebih dari 5 menit.

Langkah 5: Aplikasi Siap Digunakan

Sistem akan memberitahukan bahwa aplikasi sudah berhasil terpasang. Kamu pun dapat mengaksesnya, bahkan berlangganan untuk menikmati semua konten yang ada di dalamnya.

Terkait:  Cara Download Call Of Duty Mobile

Cara Download Aplikasi di Smart TV Sharp

Jika kamu memiliki smart TV Sharp di rumah, proses pengunduhan aplikasi bisa dilakukan tanpa ribet. Bagaimana caranya? Daripada penasaran, ikuti tutorialnya dari kami di bawah ini:

  • Pertama, tekan tombol Aplikasi atau App melalui remote control.
  • Geser ke kanan atau kiri untuk mengatur opsi penyortirannya.
  • Cari salah satu aplikasi yang akan diunduh.
  • Jika sudah ketemu, tekan tombol Install atau OK.
  • Sistem akan meninjau perizinan proses pengunduhan, kemudian tekan tombol OK untuk melanjutkannya.
  • Terakhir, tekan tombol Open untuk segera membuka dan mengakses aplikasi tersebut.

Demikian informasi lengkap tentang cara download aplikasi di smart TV LG, Samsung dan Sharp dengan mudah. Jika kamu memiliki salah satu merek televisinya di rumah, cobalah panduan kami di atas untuk mendapatkan aplikasi terbaik, supaya bisa diakses setiap hari. Semoga membantu!

Related posts