Home » Android » Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara

Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara

Jika Kalian merasa terganggu dengan aktivitas obrolan di WhatsApp, mungkin Kalian memerlukan cara menonaktifkan WhatsApp sementara waktu.

Terlebih lagi jika Kalian sedang menyelesaikan setumpuk pekerjaan dan ingin fokus sementara untuk mengerjakan tugas kuliah, atau alasan lainnya, menonaktifkan WA ataupun menghilangkan notifikasi whatsapp bisa menjadi solusi yang ideal.

Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara

Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara

Menonaktifkan WhatsApp Sementara

Ada beberapa metode yang bisa dicoba, yakni pada perangkat android maupun iPhone yang saat ini tengah banyak digunakan oleh semua kalangan.

Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara di Android

Bagi pengguna Android, ada beberapa cara untuk menonaktifkan WA, baik itu menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi. Berikut ulasannya!

1. Menghentikan WhatsApp Sementara Tanpa Aplikasi

Panduan pertama yang Kami bagikan ialah menonaktifkan WA tanpa memakai aplikasi. Cara ini tentu menjadi pilihan banyak orang, sebab Kalian tidak pelru lagi repot-repot untuk menginstal aplikasi tertentu. Ini dia tutorialnya!

  • Silahkan Kalian masuk ke dalam menu setting atau pengaturan di ponsel. Lalu pilih menu aplikasi atau Apps.
  • Kemudian pilih opsi WhatsApp, lalu Kalian akan melihat tampilan dari opsi Force Stop atau Uninstall. Jika ingin menonaktifkan WA sementara, sebaiknya pilih Force Stop lalu klik OK.
  • Selain pilihan Force Stop, yang memaksa apllikasi berhenti, Kalian juga dapat mematikan pemberitahuan lewat kolom notifikasi dengan memilih Block.

Menghentikan aplikasi WhatsApp sementara tanpa aplikasi bisa dibilang sangat mudah, sebab Kalian hanya cukup memanfaatkan menu pengaturan di ponsel saja tanpa mengintal aplikasi pihak ketiga. Selain agar tidak terganggu, cara ini juga bisa menghemat baterai handphone dan membuat hp tidak cepat panas, karena Whatsapp tidak berjalan dibelakang layar.

2. Menghentikan WhatsApp Sementara dengan Aplikasi

Cara kedua ini bisa Kalian pilih sebagai alternatif lain. Sebenarnya ada banyak aplikasi yang dapat Kalian gunakan, tapi Kami akan mengambil salah satunya yaitu Hibernator. Platform ini mempermudah Kalian untuk menonaktifkan notifikasi aplikasi pada perangkat android sekaligus bisa menghemat daya baterai.

Berikut cara menonaktifkan aplikasi WA memakai Hibernator, diantaranya :

  • Download dan Install Hibernator di smartphone Kalian. Jika sudah, buka aplikasi tersebut.
  • Scroll ke bawah sampai Kalian menemukan Launched App. Lalu cari WhatsApp di dalam menu tersebut. Kalian bisa gulir ke atas dan ke bawah untuk mencarinya.
  • Jika sudah, klik di ikon “zzz” tepat di samping kanan tulisan WhatsApp. Lalu tunggu sampai beberapa waktu, maka aplikasi ini pun akan menonaktifkan WhatsApp Kalian.

Perlu Kalian ketahui, bahwa aplikasi Hibernator selain dapat digunakan untuk menghentikan WhatsApp, tetapi juga dapat menonaktifkan aplikasi-aplikasi lainnya.

Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara di iPhone

Khusus bagi pengguna iPhone, cara mematikan WhatsApp sampai saat ini justru lebih efektif hanya dengan melakukan pengaturan di ponsel saja. Jadi, belum ditemukan aplikasi yang sesuai untuk menonaktifkan WhatsApp di iOS. Berikut tutorial caranya :

  1. Langsung saja masuk ke Pengaturan atau Settings di perangkat iPhone Kalian. Lalu temukan pilihan Notifications.
  2. Selanjutnya scroll ke bawah lalu temukan menu WhatsApp.
  3. Lalu pilih slide bar di sebelah kanan menu Allow Notifivations jika ingin menonaktifkan notifikasi WhatsApp.

Namun, cara ini hanya bisa mematikan notifikasi WhatsApp saja, dan tidak benar-benar dapat mematikan datanya.
Jika Kalian ingin menonaktifkan koneksi datanya, langsung masuk ke menu pengaturan saja lalu temukan pilihan Mobile Data dan matikan seluler.

Cara Menghentikan WhatsApp di Xiaomi Sementara

Cara berikutnya berlaku bagi Kalian pengguna Xiaomi. Untuk menonaktifkan WA di ponsel Xiaomi dapat dilakukan tanpa aplikasi pihak ketiga, sebab Kalian dapat melakukannya langsung lewat pengaturan.

Simak ulasan caranya di bawah ini :

  1. Pertama-tama masuk ke dalam menu Keamanan. Selanjutnya gulir di menu Penggunaan Data lalu klik Batasi Penggunaan Data.
  2. Dalam tampilan berikutnya, Kalian akan dibawa menuju halaman yang isinya berupa rincian aplikasi terpasang pada ponsel. Lalu pilih opsi WhatsApp.
  3. Di bagian Wifi dan seluler, silahkan Kalian matikan dengan menggeser tombolnya ke sebelah kanan.

Cara ini sering digunakan untuk menghemat baterai xiaomi, dengan cara mematikan penggunaan data pada whatsapp. Sehingga mobile data tidak akan boros, dan tidak lagi menampilkan notifikasi whatsapp yang mengganggu.

Itulah ulasan tutorial cara menonaktifkan WhatsApp sementara waktu di android, iPhone, dan Xiaomi. Dengan demikian, Kalian bisa memilih sesuai perangkat yang digunakan. Semoga berhasil ya bangs.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *