Nomor Referensi BRI Syariah

  • Whatsapp

Jika kamu diminta untuk metransfer ke teman dengan rekening BRI syariah, sedangakan kamu menggunakan BCA maka kamu perlu mengetahui nomor referensiya dan juga kode Bank BRI syariah tersebut. Namun sebelum kita mengetahuinya alangkah baiknya jika kita mengetahui apa itu Bank BRI syariah. Yuk simak dibawah ini.

Apa Itu Bank BRI Syariah?

Bank BRI syariah adalah salah satu bank syariah terbaik di Indonesia, bank BRI syariah merupakan anak dari BRI. BRI syariah telah menjalankan usahanya berdasarkan syariah islam yang melarang beroperasi dengan prinsip riba, maysir, zalim dan haram. Lalu apa bedanya dengan BRI Konvensional?

Read More

Perbedaan BRI Konvensional Dan BRI Syariah

Mungkin banyak orang yang beranggapan bahwa BRI dan BRI syariah itu sama. Namun nyatanya kedua bank tersebut sangat berbeda meskipun sama-sama memberikan jasa lalu linas keuangan namun kedua bank tersebut beda. Yuk mari ikuti penjelasan singkat dibawah ini.

  • Dilihat Dari Segi Sistem Akad

Dalam bank BRI syariah ini, semua transaksi harus berdasarkan prinsip syariah islam. Dengan begitu, semua transaksi harus mengikuti kaidah-kaidah akan dalam syariah islam. Sedangkan dalam BRI konvensional, transaksi pembukaan rekening, baik giro maupun pemberlakukan bunga deposito berdasarkan perjanjian titipan yang tidak sesuai dengan syariat islam.

  • Dilihat Dari Segi Imbalan

Nah, dari segi imbalan bank BRI konvensional juga menggunakan konsep biaya untuk menghitung keuntungannya. Maksudnya, bunga yang dijanjikan di muka kepada nasabah merupakan biaya yang harus dibayar oleh bank. Dengan begitu pihak bank menjual kepada nasabah lain dengan bunga yang lebih tinggi untuk mendapat keuntungan. Sedangkan jika BRI syariah menggunakan pendekatan profit yang mana dan yang sudah diterima bank akan disalurkan ke pembiayaan dan nantinya keuntungan yang di dapat dari pembiayaan tersebut akan di bagi dua sesuai kesepakatan bersama.

  • Dilihat Dari Segi Sasaran Kredit atau Pembiayaan
Terkait:  Cara Mengecek Saldo di ATM BRI

Nasabah yang menabung di bank konvensional tidak sadar bahwa uang yang ditabung digunakan untuk dipinjamkan dengan fungsi diberbagai jenis tanpa memandang  halal atau haram transaksi tersebut. Sedangkan jika BRI syariah penyaluran dan simpanan dari masyarakat dibatasi oleh prinsip dasar yaitu prinsip syariah yang artinya pembiayaan ditujukan untuk bisnis halal saja.

  • Dilihat Dari Segi Bunga

Jika dilihat dari segi bunga, bank syariah tidak diberlakukan karena sudah jelas mengandung riba. Dalam syariah islam riba itu dilarang, dengan begitu bank syariah diganti menjadi nisbah. Nah bunga ini hanya diperlakukan untuk bank BRI konvensional saja. Bunga sendiri dapat diartikan berupa ketetapan nilai mata uang oleh bank yang memiliki tenggang waktu. Dengan kata lain bunga bank merupakan sebuah sistem yang berlaku di bank-bank konvensional termasuk BRI sebagai salah satu lembaga keuangan yang mana fungsinya untuk menghimpun dana dan akan disalurkan kepada nasabah yang memerukan pendanaan.

  • Dilihat Dari Segi Pengawasan

Jika bank BRI konvensional, menjalankan usahanya dengan diawasi oleh pemerintah, yaitu Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sedangkan bank BRI syariah menjalankan usahanya secara syariah islam dan diawasi oleh Dewan Pengawas Sariah (DPS) sesuai fatwa dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Nah itulah beberapa perbedaan bank BRI dengan bank BRI syariah, jika sebelumnya telah membahas Nomor Referensi BRI untuk itu sekarang kita membahas nomor refrensi BRI syariah.

Nomor Referensi BRI Syariah

Nomor Referensi BRI Syariah
Nomor Referensi BRI Syariah

Sebenarnya nomor rerensi untuk melakukan transaksi transfer khusunya itu hanya optional, untuk sebagai tanda pengenal dan memudahkan jika terjadi kesalahn. Terlebih jika kamu melakukan transfer membeli sesuatu barang namun beda bank, nah hal seperti ni sangat disarankan untuk memasukan nomor referensi.

Terkait:  Biaya Kartu Kredit BRI

Karena sangking banyaknya jenis bank yang beroperasi di Indonesia, transaksi lintas bank akan jadi suatu keniscayaan. Pastinya ada satu waktu ketika kamu harus transfer ke bank lain. Misalnya kamu sedang membeli barang secara online, patungan untuk kondangan ke kawan, donasi, dll.

Kamu bisa saja mengirim uang melalui teller bank terkait, namun hal iu dizaman sekarang sangatlah tidak efektif karena kamu harus siap antri ke bank. Maka dari itu, supaya kamu tidak bingung artikel ini akan memberikan cara untuk mentransfer uang ke beda bank dengan tujuan rekening BRI syariah.

Mengakses ATM

  • Langkah pertama, kamu bisa ke ATM terdekat, jika saat ini kamu menggunakan bank BCA maka kamu bisa datang ke ATM BCA terdekar atau kamu bisa menggunakan ATM bersama, jadi kamu bisa menggunakan mesin ATM dari bank lain
  • Jangan lupa membawa kartu ATM milik kamu dan nomor rekening tujuan. Pastikan nomor rekening tujuan sudah benar. Jika ada satu angka saj ayang salah, maka transaksi tidak akan berhasil
  • Sesampainya di mesin ATM, kamu bisa langsung masukan kartu ATM kamu. Pastikan ketika kamu memasukan kartunya tidak terbalik, kamu bisa lihat sticker panduan di dekat lubang kartu ATM
  • Biasanya kamu akan diminta memilih bahasa, antara Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris
  • Setelah itu, masukan pin ATM kamu, pastikan pin tersebut benar ya. Karena jika lebih dari 3 kali maka bisa terblokir
  • Dihalaman pertama, biasanya kan muncul beberapa pilihan, kamu bisa memilih opsi “Transaksi Lainnya”
  • Setelah itu akan muncul menu-menu baru, kamu bisa pilih opsi Transfer
  • Selanjutnya menu baru akan muncul lagi, kamu bisa memilih menu Antar Bank Online
  • Dihalaman selanjutnya, kamu akan diminta memasukan nomor rekening. Tapi sebelum itu kamu masukan dulu kode bank tujuan. Dalam hal ini kode bank BRI syariah adalah 422
  • Contohnya: 4225463445521. Langsung tuliskan saja secara menyambung
  • Setelah itu kamu bisa klik benar
  • Selanjutnya, kamu bisa memasukan nomor referensi. Nah untuk ini opsional ya sebenarnya. Klik Benar setelah kamu mengisinya
  • Setelah itu, kamu harus menuliskan jumlah nominal yang akan kamu transfrer. Klik benar setelah memasukan nominalnya
  • Mesin ATM akan menunjukan informasi untuk mengkonfirmasi transaksi. Di situ akan tampil nomor rekening tujuan, nama bank, nama pemilik rekening, dan nominal yang kamu transfer. Jika informasinya sudah tepat kamu bisa klik Ya
  • Tunggu saja hingga proses transaksi selesai. Setelah selesai, maka struk bukti transaksi akan keluar. Simpan struk itu atau bahkan foto struk tersebut dan kirimkan ke orang yang kamu transfer sebagai tanda bukti.
  • Jika sudah selesai, jangan lupa untuk cancel di keyboard hingga kartu ATM kamu keluar. Jangan sampai lupa untuk mengambil kartu ATM mu hehe.
  • Kamu yang ingin transfer dengan tujuan bank BRI syariah bisa menggunakan kode bank 422. Ingat, kode bank tersebut akan akmu butuhkan jika tujuannya BRI syariah. Untuk nomor referensi BRI syariah kamu boleh memasukannya atau tidak itu tergantung kamu.
Terkait:  Pinjaman Online BRI Syariah

Demikianlah artikel mengenai nomor referesni BRI syariah beserta perbedaan Bank BRI Konvensional dengan Bank BRI Syariah. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih sudah membacanya hingga selesai.

Related posts