Cara Mengecek Touchscreen Samsung

Cara Mengecek Touchscreen Samsung 😏 (Yang Benar) +Mudah

Cara Mengecek Touchscreen Samsung

🛠️Tools:
  • Smartphone Android/iPhone 📱
  • Koneksi Internet 📶
  • Aplikasi MultiTouch Tester 📲 (Opsional)
  • Aplikasi Partial Screen 📲 (Opsional)
  • Kopi ☕
👣Langkah-langkah: Mengecek Touchscreen Smartphone Samsung
Tahap 1. Cek LCD

  1. Siapkan HP Samsung 💙
  2. Buka menu Telepon 💙
  3. Ketik *#0*# 💙
  4. Tekan tombol Panggil / Call 💙
  5. Tekan Red, kembali tekan layarnya 💙
  6. Tekan Green, kembali tekan layarnya 💙
  7. Tekan Blue, kembali tekan layarnya 💙
  8. Jika layar LCD normal, warna yang muncul akan sesuai 💙

Tahap 2. Cek TouchScreen 

  1. Buka menu Telepon 💙 
  2. Masukkan angka *#0*# 💙 
  3. Tekan tombol Panggil / Call 💙
  4. Pilih menu Touch 💙
  5. Perhatikan ada tampilan gambar kotak-kotak kecil 💙
  6. Pencet semua gambar kotaknya 💙
  7. Jika touchscreen Samsung normal, kotak-kotak itu akan berubah jadi warna hijau saat ditekan. 💙
Gimana sudah bisa belum? Ingin lebih jelas dan detail?
Biar lebih paham lagi, bisa lanjutkan membaca artikel dibawah ini yaa…

Pindahlubang.com | Bagaimana cara mengecek touchscreen Samsung yang mudah dan benar? Touchscreen samsung perlu dicek agar kamu bisa memastikan komponen tersebut masih bagus atau tidak. Touchscreen sendiri cukup berperan penting untuk menunjang aktivitas para penggunanya di hp masing-masing. Jadi jika touchscreen di hp yang digunakan oleh kamu, khususnya adalah hp Samsung, apabila tidak berfungsi dengan baik, maka hari ini cukup mengganggu aktivitas di hp.

Samsung sendiri merupakan salah satu merek ponsel yang penggunaannya cukup banyak, khususnya di Indonesia. Samsung juga terkenal sebagai salah satu merek ponsel yang suka mengeluarkan tipe hp dengan desain yang unik. Misalnya seperti beberapa tipe hp keluarannya, yaitu Samsung Z Fold, Samsung Z Flip, dan tipe lainnya. Nah, untuk tipe ponsel Samsung yang dikeluarkan, tentunya sudah dilengkapi dengan layar ponsel yang berkualitas. Namun, memang dalam penggunaannya mungkin saja akan mengalami masalah pada bagian layar hp Samsungnya dan tidak menyadari kendala apa saja yang membuat touchscreen tersebu tiba-tiba bermasalah.

Jika kamu mengalami masalah pada layar hp Samsung kamu, kamu bisa mengeceknya untuk mengetahui kendala apa yang membuat touchscreen hp kamu bermasalah. Maka dari itu, pada artikel ini akan dijelaskan mengenai cara mengecek touchscreen Samsung.

Cara Mengecek Touchscreen Samsung

Cara Mengecek Touchscreen Samsung
Cara Mengecek Touchscreen Samsung

Cara mengecek touchscreen Samsung sangatlah mudah. Kamu bisa melakukannya dengan beberapa cara. Dengan kamu mengecek touchscreen di hp Samsung kamu, tentunya kamu akan mengetahui apa yang bermasalah di hp Samsung kamu. Berikut cara-cara mengecek touchscreen di hp Samsung.

Terkait:  7+ Cara Cek Nomor Telkomsel Terdaftar Atas Nama Siapa 🌹

💌 Cara Mengecek Touchscreen Samsung Tanpa Aplikasi

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengecek touchscreen Samsung adalalah melalui kode USSD. Kamu bisa mengetahui touchscreen hp Samsung kamu bermasalah atau tidak pada warnanya (RGB) seperti terlalu merah dan lain sebagainya. Untuk mengecek menggunakan kode USSD sendiri sangatlah mudah. Caranya kurang lebih mirip dengan cara saat kamu mengecek pulsa.

Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk mengecek touchscreen Samsung dengan kode USSD.

  • Langkah pertama, silakan buka aplikasi Panggilan atau Telepon di hp Samsung kamu
  • Kemudian pada keyboard angka, silakan ketik *#0*# atau *#7353# (Pilih salah satu sesuai tipe HP masing-masing ya)
  • Tekan Panggil atau Call
  • Lalu, silakan tunggu beberapa saat hingga muncul menu pemeriksaan Samsung
  • Apabila sudah muncul, maka silakan tekan tombol Red dan layar hp Samsung kamu akan berubah warna menjadi merah
  • Silakan tekan layarnya sekali lagi, tekan tombol Green untuuk mengubah warna layar menjadi hijau
  • Selanjutnya, silakan tekan layarnya lagi
  • Setelah itu, klik Blue dan warna layar ponsel akan berubah menjadi biru
  • Langkah terakhir, jika layarnya normal bisa dipastikan warna yang muncul sama seperti tombol-tombol instruksi tadi yang kamu coba. Apabila sebaliknya, LCD mungkin bermasalah seperti mengalami burn-in atau shadow.

Apabila LCD kamu sudah dicek dan ternyata baik-baik saja, berarti touchscreen hp Samsung kamu tidak terdapat masalah apapun. Bagi kamu yang masih menggunakan HP Samsung versi lawas kamu bisa menggunakan cara di bawah ini untuk mengecek touchscreen HP Samsung kamu menggunakan kode USSD.

  • Langkah pertama, silakan buka aplikasi Telepon atau Panggilan di hp Samsung yang kamu gunakan
  • Kemudian pada keyboard angka silakan ketik *#0*# dan kemudian tekan Panggil atau Call
  • Lalu, silakan tunggu beberapa saat hingga muncul menu pemeriksaan dari Samsung
  • Selanjutnya silakan pilih menu touch
  • Silakan perhatikan tampilan seperti garis kotak-kotak
  • Silakan ikuti garis kotak-kotak yang muncul pada layar tanpa terputus
Terkait:  Cara Mengembalikan File yang Sudah Lama Terhapus di Android

Apabila layar ponsel Samsung kamu normal, seharusnya garis tersebut akan berubah menjadi warna hijau, tapi sebaliknya jika layar hp Samsung kamu error, biasanya warna hijau tidak akan terlihat.

Itulah cara cek touchscreen di hp Samsung menggunakan kode USSD. Selain kamu bisa menggunakan kode USSD, kamu juga bisa menggunakan cara lain untuk cek touchscreen hp Samsung kamu, seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

💌 Dengan Fitur Diagnostic Samsung Member

Kamu juga masih dapat menggunakan cara lain untuk cek touchscreen Samsung dengan mudah. Diantaranya yakni menggunakan Fitur Diagnostic Samsung Member. Langkah-langkahnya:

  • Pasang atau perbarui aplikasi Samsung Members
  • Buka aplikasi tersebut
  • Masuk ke tab Support
  • Klik tombol View tests di bagian Diagnostic
  • Cari dan pilih menu Touch screen
  • Lakukan pengecekan dengan mewarnai seluruh kotak di layar

💌 Dengan Aplikasi Multi Touch Test

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk mengecek touchscreen Samsung adalah melalui aplikasi tambahan atau aplikasi pihak ketiga. Aplikasi ini bisa kamu unduh di Google Play Store secara gratis dengan nama multi touch test. Aplikasi ini bisa kamu gunakan dengan mudah dan juga aplikasi ini sering diandalkan oleh para pengguna Samsung untuk mengecek layar ponsel mereka apakah layar ponsel mereka bermasalah atau tidak.

Untuk caranya sendiri sangat mudah, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengecek touchscreen Samsung lewat aplikasi multi touch test.

  • Langkah pertama, silakan unduh aplikasi Multi Touch Test di Google Play Store terlebih dahulu
  • Kemudian, klik install dan silakan tunggu hingga proses penginstalan selesai
  • Apabila proses menginstalan telah selesai silahkan buka aplikasi tersebut
  • Apabila sudah kamu buka aplikasinya, silakan ikuti panduan yang tersedia untuk menguji layar sentuh atau touchscreen hp Samsung kamu
Terkait:  Cara Hutang Kuota Indosat

Apabila touchscreen atau layar sentuh hp Samsung kamu baik-baik saja atau normal, maka Layarnya bisa merespon semua perintah melalui beberapa bagian yang sudah disentuh.

Namun apabila layar hp Samsung kamu tidak merespon yang diperintahkan maka berarti touchscreen hp Samsung kamu error. Selain cara ini kamu juga bisa menggunakan aplikasi lain untuk mengecek touchscreen hp Samsung kamu, seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

💌 Dengan Aplikasi Partial Screen

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan aplikasi selain aplikasi Multi Touch Screen untuk mengecek touchscreen hp Samsung. Aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis di Google Play Store. Silakan ketik partial screen pada Kolom pencarian Google Play Store. Aplikasi ini bisa kamu manfaatkan untuk memeriksa kondisi layar atau touchscreen hp Samsung kamu, dan juga bisa menguji apakah warna layar hp kamu masih normal atau tidak.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk mengatasi ghost touch dengan memblokir sentuhan yang muncul pada layar. Untuk lebih detailnya kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengecek touchscreen hp Samsung menggunakan aplikasi partial screen.

  • Langkah pertama silakan unduh aplikasi Partial Screen di Google Play Store terlebih dahulu
  • Kemudian, klik install dan silakan tunggu hingga proses penginstalan selesai
  • Apabila proses penginstalan telah selesai kamu bisa langsung membuka aplikasi tersebut dan silakan ikuti petunjuk yang diarahkan untuk mengecek touchscreen hp Samsung kamu
  • Nantinya, kamu akan mengetahui apakah touchscreen atau layar hp Samsung kamu bermasalah atau tidak

Apabila kamu sudah mengetahui touchscreen hp Samsung kamu bermasalah atau tidak, maka kamu bisa mengetahui apa yang harus kamu lakukan selanjutnya. Misalnya, touchscreen hp Samsung kamu bermasalah, maka kamu bisa memperbaiki atau mengganti LCD hp Samsung kamu.

Itulah cara mengecek touchscreen Samsung menggunakan beberapa cara. Silakan untuk memilih cara yang menurutmu mudah untuk kamu ikuti. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Similar Posts