Cara Follow Up Customer

Cara Follow Up Customer

Kamu seorang pebisnis online pemula dan bingung bagaimana cara follow up customer? Tenang gais, untuk dapat menghubungi customer lagi ada teknik-tekniknya. So ikuti artikel ini sampai tuntas ya.

Follow up merupakan salah satu langkah strategi yang dapat diambil oleh perusahaan untuk menindak lanjuti setelah memperkenalkan produk pada calon customer agar bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya yaitu bertransaksi. memfollow up customer juga sangat berpengaruh pada angka penjualan produk baik offline maupun online.

Dan cara ini salah satu solusi untuk dapat memastikan pemasaran berjalan dengan baik dan dapat mengantisipasi masalah terjadi. Sehingga bagi kamu Lakuu dan para pebisnis pemula wajib mengetahui teknik penting dalam pemasaran ini.

Apa Itu Follow Up Customer ?

Jadi follow up merupakan salah satu langkah strategis untuk meningkatkan pemasaran produk dari sebuah perusahaan dengan cara memperkenalkan terlebih dahulu produk kepada calon konsumen.
 
Promosi yang dilakukan dimana-mana tanpa adanya follow up sama saja kamu Lakuuu memancing konsumen kemudian melepaskannya lagi. Selain itu, inilah beberapa manfaat dari aktivitas ini.

Manfaat Follow Up Customer

  • Membangun Hubungan Bisnis yang Jangka Panjang dengan Konsumen
Kegiatan ini dapat menjadi kesempatan untuk membangun hubungan bisnis jangka panjang dengan konsumen. Selain membangun hubungan baru dengan konsumen baru, menjaga hubungan tersebut dapat mendatangkan manfaat baik.
 
Komunikasi baik dengan para konsumen lama akan membentuk hubungan bisnis dalam jangka panjang. Bermanfaat jika calon pelanggan tersebut menginginkan untuk membeli produk baru atau Sobat Lakuuu akan memasarkan produk baru lagi pada konsumen.
  • Mengingatkan Konsumen Mengenai Produk yang Dipasarkan
Teknik ini dilakukan setelah dilakukannya pemasaran produk atau pengenalan mengenai produk diperjual belikan. Sehingga dapat disebut juga follow up adalah kegiatan untuk mengingatkan kembali calon customer mengenai produk yang telah diperkenalkan.

Hal ini dilakukan dengan maksud untuk membuat konsumen tersebut bisa melakukan transaksi dan membeli produk dipasarkan sebelumnya. Dalam proses menindak lanjuti tersebut dapat menambahkan informasi-informasi tambahan sehingga pelanggan tidak ragu lagi untuk membelinya.
 

Cara Follow Up Customer

Cara Follow Up Customer
Cara Follow Up Customer

Berikut ini beberapa teknik yang harus diperhatikan sebelum follow customer di antaranya:

Terkait:  Cara Menghitung Upah Lembur

Mengikuti Kegiatan Online Customer

Ada baiknya juga jika mengikuti kegiatan yang dilakukan oleh customer sebelum memfollow up nya. Hal ini mempunyai tujuan supaya lebih mendekatkan diri kepada konsumen. Teknik yang bisa dilakukan yaitu dengan memberikan like, komentar, atau share pada sosial medianya.

Supaya customer tidak merasa risih maka kamu juga tidak boleh melakukan teknik ini terlalu sering. Bersikaplah elegan saat ingin memfollow up supaya tidak memberikan kesan terlalu mengejar target.

Perhatikan Waktu Sebelum Memutuskan Untuk Memfollow Customer

Masing-masing dari customer pasti mempunyai waktu kesibukan yang tidak sama. Jika pihak customer meninggalkan pesan akan menghubunginya kembali maka tunggulah sampai customer tersebut menghubungi kembali.

Apabila tak kunjung menghubungi juga cobalah memberikan waktu tambahan. Paling tidak beberapa hari atau 1 minggu. Jangan terus menerus menghubungi customer, karena hal ini justru akan membuat customer merasa risih.

Terhubung Di Jejaring Profesional

Apabila sudah menjalin hubungan yang dahsyat kepada calon customer melalui sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter maupun komunitas yang lainnya kini saatnya meminta untuk bisa terhubung melalui jejaring profesional.

Teknik ini mempunyai tujuan supaya menunjukkan pengalaman maupun status yang dimiliki. Seperti pekerjaan, kemampuan, maupun prestasi yang pernah dicapai nya. Saat calon customer mulai tertarik bahkan mengenal profesi tersebut, fokuskan terhadap rencana follow-up untuk kepentingan bisnis.

Tidak Menekan Customer

Jangan pernah sekali-kali menekan customer hanya untuk mendapatkan jawaban. Jika terlalu menekan maka potensi pembelian produk yang ditawarkan justru memudar. Untuk poin yang satu ini memang sangat erat kaitanya dengan poin sebelumnya.

Hal ini dikarenakan calon customer juga membutuhkan waktu yang mungkin digunakan untuk bisa mencari informasi seputar perusahaan atau produk yang ditawarkan tersebut.

Terkait:  Cara Sewa Apartemen Harian yang Aman dan Nyaman

Cara Follow Up Customer Melalui Whatsapp

Melakukan follow up kepada customer atau calon customer dapat dikatakan susah-susah gampang. Namun tenang saja, karena masih ada teknik yang bisa dilakukan supaya bisa menaklukan customer dengan mudah.

Salah satunya yaitu dengan melalui aplikasi WhatsApp. Untuk teknik yang bisa dilakukan silahkan mengikuti langkah berikut:

  • Perhatikan Pertanyaan

Pertanyaan yang mengandung kata tidak, misalnya seperti “Mbak jadi beli produk kami nggak?” Sebaiknya dihindari. Cobalah untuk memberikan pertanyaan dengan asumsi jawaban IYA. Misalnya “Mbak produknya mau dikirim kapan ya? Sekarang atau besok?”

Apabila ingin diteruskan maka lihatlah pola pengiriman pesan singkat seperti nama panggilan + predikat A, dan asumsi B.

  • Tanyakan Alasan Membeli Produk

Teknik kedua, tanyakan alasan mereka membeli produk dengan cara yang elegan tanpa berbelit. Contohnya, “Halo mbak, kalau boleh tahu kenapa ingin membeli produk kami?

  • Menuliskan Pesan Follow Up

Selanjutnya tuliskan pesan follow up sesuai tempat yang telah disediakan. Usahakan pada setiap pesan yang terlampir minimal landing page. Akan lebih bagus lagi jika menggunakan website. Alasannya karena dapat melakukan personalisasi di setiap pesan.

Misalnya saja menyapa nama, nomor invoice, jumlah transfer, dan juga tanggal batas pembayaran. Selanjutnya tinggal menekan tombol kirim, secara otomatis seluruh pesan yang terdapat pada database terkirim. Baik itu puluhan, ratusan bahkan ribuan.

  • Memberikan Doa Kepada Pembeli

Ini sama seperti beberapa teknik lainnya yang mana memberikan doa kepada calon pembeli justru membuat customer merasa bahagia. Bersikaplah baik dengan tidak pelit memberikan doa yang terbaik. Cara ini juga teknik untuk merayu customer.

Cara Follow Up Customer Lewat Telepon

Ada beberapa tips yang bisa diikuti supaya upaya pendekatan ke customer melalui telepon bisa membuahkan hasil. Berikut ini cara yang dapat dilakukan:

  • Memberikan Senyuman
Terkait:  Cara VIP WeTV

Meskipun follow up dilakukan melalui telepon, namun kamu pun juga perlu memberikan senyuman maupun tertawa kecil kepada calon customer. Hal ini memang sederhana, namun dapat memberikan hasil yang efektif dalam meningkatkan kualitas komunikasi.

Tidak ada salahnya jika menyelingi pembicaraan melalui senyuman kecil yang tulus. Namun ingat, jangan terlalu memaksakan senyuman yang memang tidak dibutuhkan.

  • Mengurangi Basa Basi

Dalam pembicaraan, melakukan busa basi memang di masih dapat ditoleransi. Namun dalam urusan bisnis tentunya terlalu banyak basa-basi justru akan menghabiskan waktu dan membuat pelanggan merasa risih.

Untuk itu fokuslah terhadap tujuan utama yang hendak dibicarakan. Jika ingin menawarkan produk maka bisa langsung menawarkan produk tanpa basa-basi terlalu panjang. Jangan membicarakan produk secara berlebihan.

Membicarakan produk secara berlebihan justru akan membuat customer merasa sebal. Supaya obrolan tidak membosankan, maka bisa berbicara perihal bisnis yang sedang dijalankan maupun masalah-masalah yang seringkali dihadapi.

  • Durasi Bicara

Menghabiskan waktu puluhan menit saat bertelepon atau follow up customer tentu sangatlah tidak dianjurkan. Alasannya hal ini hanya membuang waktu saja. Disarankan untuk melakukan panggilan maksimal 10 menit dan jangan melebihi dari batas waktu tersebut agar customer tidak merasa terganggu.

Cara Follow Up Customer Melalui E-mail

Yang pertama harus dilakukan adalah menentukan tujuan awal dari email ini. Biasanya terdapat empat tujuan email follow up dibuat yaitu memberikan informasi, meminta untuk meeting, mengucapkan terima kasih serta mengingatkan konsumen mengenai produk yang ditawarkan.
 
 Nah itulah cara follow up customer dengan baik dan benar. Semoga dengan adanya artikel ini temen-temen bisa mendapatkan manfaatnya. Terima kasih.

Similar Posts