Home » Uncategorized » Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI

Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI

Transaksi perbankan awalnya hanya bisa dilakukan lewat teller atau customer service saja. Tapi seiring perkembangan zaman dan teknologi yang semakin canggih, kini transaksi finansial bisa dilakukan di mesin ATM maupun lewat layanan online banking. Ada banyak transaksi yang bisa Kamu lakukan di mesin ATM, tidak terkecuali cara transfer uang lewat ATM BRI.

BRI bisa dikatakan sebagai bank terlama alias tertua yang ada di Indonesia. Guna memberikan kenyamanan dan kemudahan kepada para nasabahnya untuk bertransaksi perbankan, kini para nasabah bank BRI bisa melakukan berbagai macam transaksi lewat gerai-gerai ATM yang sudah tersebar hingga ke pelosok.

Jika Kamu baru menjadi nasabah di bank BRI dan masih bingung menggunakan mesin ATM untuk transaksi, seperti transfer uang, maka Kami akan bagikan panduannya di bawah ini!

Panduan Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI

Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI

Transfer Uang Lewat ATM BRI

Sebelum Kalian mengunjungi gerai ATM BRI, pastikan membawa serta kartu debit atau ATM BRI dan kunjungi gerai ATM BRI terdekat. Jika sudah, ikuti panduan cara transfer uang lewat ATM BRI berikut!

  1. Cara pertama masukkan kartu debit/ATM BRI ke slot kartu mesin ATM BRI. Pastikan posisi kartu ATM BRI yang Kamu masukkan sudah benar. Biasanya di dekat slot mesin ATM ada gambar kartu ATM yang menunjukkan posisi kartu yang benar untuk dimasukkan ke mesin ATM. Jika posisi kartumu dalam keadaan terbalik saat dimasukkan, maka kartu ATM-mu tidak dapat diproses.
  2. Jika Kamu sudah memasukkan kartu ATM dengan benar, di layar mesin ATM BRI biasanya akan terlihat instruksi untuk memasukkan PIN ATM. Ingat, jangan salah memasukkan 6 digit PIN ATM, jika salah sampai 3 kali maka sudah dipastikan kartu ATM BRI-mu akan langsung terblokir secara otomatis. Jika sudah terjadi, tentu saja Kamu harus mengurusnya di kantor cabang bank BRI terdekat.
  3. Setelah memasukkan PIN ATM BRI dengan benar, selanjutnya pilih layanan bahasa yang Kamu kuasai. Di mesin ATM Bank BRI, biasanya hanya tersedia 2 pilihan layanan bahasa, yaitu Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia. Untuk mempermudah, tentu saja Kamu harus pilih layanan Bahasa Indonesia.
  4. Sesudah itu, Kamu akan dibawa ke menu transaksi. Ada beberapa pilihan menu transaksi yang dapat Kamu lakukan. Jika Kamu ingin mentransfer sejumlah uang, pilih opsi “Transaksi Lain”, lalu pilih lagi “Pengiriman”.
  5. Sesudah menekan tombol bertuliskan “Pengiriman”, selanjutnya akan tampil menu dialog rekening bank tujuan yang akan Kamu transfer. Apabila bank yang Kamu tuju bukan BRI, maka Kamu harus menginputkan kode bank tujuan terlebih dahulu, sebelum memasukkan nomor rekening bank tujuan. Jika Kamu masih belum hafal kodenya, Kamu bisa melihat daftarnya dengan cara menekan “Kode Bank” di samping kanan bawah. Jika sudah, Kalian bisa pilih “Masukkan Kode Bank” lalu kembali lagi ke “Nomor Rekening Tujuan”. Biasanya, Bank BRI membebankan tarif biaya transfer sebesar Rp. 6.500 untuk transaksi pengiriman uang ke bank lain.
  6. Lalu di layar menu, akan terlihat beberapa strip berisi angka saat Kamu mengisi nomor akun rekening bank tujuan. Jika Kamu sudah memastikan bahwa nomor rekening bank tujuan transfermu benar, silahkan tekan “Ya”.
  7. Sesudah menginputkan nomor rekening tujuan, Kamu akan diminta menuliskan jumlah nominal uang yang ingin ditransfer. Jika sudah, tekan “Ya” atau “Benar”.
  8. Cek kembali data-data nama penerima transfer, bank tujuan dan jumlah uang yang Kamu transfer. Jika sudah, pilih “Benar”.
  9. Terakhir, simpan struk bukti transfer jika transaksi berhasil dilakukan.

Dengan panduan cara transfer uang lewat ATM BRI di atas, Kamu pun tidak perlu bingung lagi harus mengantri lama-lama di kantor cabang bank BRI hanya untuk transfer uang ya lurs.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *