Cara Inbox di Facebook

Siapa yang tidak mengenal aplikasi Facebook? Aplikasi buatan Mark Zuckerburg ini sudah dirilis sejak tahun 2007 silam dan resmi berganti nama menjadi Meta. Namun, beberapa orang ternyata belum paham cara inbox di Facebook untuk berbincang dan berinteraksi dengan teman atau orang lain.

Tak hanya itu, aplikasi ini bahkan sudah diunduh lebih dari 5 miliar orang di seluruh dunia. Kamu bisa mengabadikan berbagai macam momen dalam bentuk foto dan video untuk dikomentari oleh siapa saja.

Facebook juga menghadirkan beragam fitur dan layanan untuk semua penggunanya, salah satunya adalah Messenger. Kamu pasti belum tahu bahwa Facebook sudah memisahkan layanan obrolan dengan aplikasi utamanya, sehingga kamu dapat mengunduh aplikasi Messenger ke ponsel.

Namun, siapa saja yang tidak tahu cara memulai percakapan di Facebook bisa melakukannya dengan atau tanpa aplikasi tersebut. Kamu juga dapat mengirim pesan pribadi kepada orang lain yang belum berteman sehingga jaringan pertemanan bisa berkembang di Facebook.

Cara Inbox di Facebook

Cara Inbox di Facebook
Cara Inbox di Facebook

Kenapa Harus Kirim Inbox dengan Messenger?

Siapa saja bisa membuka akun Facebook dengan cepat dan mudah sekarang. Kalian mempunyai beragam metode untuk mengakses akunnya dimana saja dan kapan saja. Meski begitu, fitur yang disediakan memang kurang lengkap dan puas.

Apabila kamu ingin menikmati fitur dan layanan lebih lengkap seperti kirim pesan pribadi sampai video call, maka kamu bisa mengunduh aplikasi Messenger. Aplikasi ini memang ditujukan untuk semua pengguna Facebook yang ingin berinteraksi secara private dengan teman tertentu di Facebook.

Terkait:  Cara Bermain Saham

Apabila kamu jarang bahkan tidak pernah berinteraksi dengan teman-teman di Facebook, sebaiknya kamu bisa mempertimbangkannya untuk diunduh atau tidak. Namun, kamu bisa menggunakan alternatif lain bernama Messenger Lite.

Aplikasi ini merupakan “anak” dari Messenger yang mana kapasitas memorinya lebih rendah sehingga dapat menjaga performa ponsel tetap kencang. Aplikasi Messenger Lite punya fitur video call seperti Messenger biasa untuk kalian yang gemar melakukan panggilan video dengan teman-teman Facebook setiap hari.

Kenapa Tidak Bisa Kirim Pesan di Facebook?

Apakah kamu pernah mencoba mengirim pesan kepada seseorang di Facebook namun gagal? Kamu tidak boleh curiga begitu saja karena akun tersebut mungkin ditutup sementara. Seseorang bisa menutup akunnya dalam jangka waktu tertentu, sehingga kamu tidak dapat kirim inbox ke mereka.

Di samping itu, inbox tidak terkirim juga disebabkan akun kamu diblokir oleh orang lain. Jika kamu akan mengirim pesan kepada si X, sedangkan pesannya tidak terkirim alias gagal terus menerus bisa jadi akun kamu diblokir olehnya.

Alasan berikutnya yang menyebabkan pesan kamu gagal diterima akun tujuan adalah pesannya diblokir. Kamu harus tahu bahwa Facebook menyediakan fitur pesan diblokir agar kamu tidak dapat mengirim pesan ke orang tertentu, terutama orang asing yang berniat jahat apalagi ingin meretas akunmu.

Kalian tidak bisa mengirim pesan di Facebook mungkin akun tujuan sudah ditutup secara permanen. Alhasil, orang tersebut tidak mungkin menerima notifikasi berupa inbox sampai aktivitas semua teman-temannya. Kamu juga akan melihat nama akun bakal terhapus dari daftar pencarian terakhir yang sudah dilakukan sebelumnya.

Cara Inbox di Facebook

Bagi siapa saja yang ingin berbincang atau memulai obrolan dengan teman-teman di Facebook memang harus mengunduh aplikasi Messenger terlebih dulu. Namun, cara inbox di Facebook terbaru sebenarnya tidak mewajibkan setiap pengguna untuk memasang aplikasi tersebut.

Terkait:  Cara Melihat Kata Sandi Facebook Sendiri

Kamu juga bisa berinteraksi dengan siapa saja tanpa Messenger. Meski begitu, penggunaannya memang sangat dianjurkan agar kamu dapat berkomunikasi lebih efektif dan rahasia dimana pengguna Facebook juga bisa menelepon sampai video call melalui Messenger.

Apabila kamu tidak ingin mengunduh aplikasi Messenger, kamu juga bisa menggunakan aplikasi ketiga yang mempunyai fungsi serupa untuk berbincang di pesan pribadi pada aplikasi Facebook. Kamu cukup mengunduh aplikasi Facebook Lite dengan pemakaian internet lebih hemat.

Aplikasi ini bahkan tidak kalah bagus dengan Facebook General yang digunakan banyak orang. Selain itu, Facebook Lite biasanya digunakan orang-orang dengan kapasitas penyimpanan ponsel rendah agar kamu dapat memaksimalkan memori telepon untuk mengunduh aplikasi lainnya.

Cara Inbox di Facebook via Website Browser

  • Kunjungi situs resmi Facebook via facebook.com melalui website browser dari PC atau smartphone kalian.
  • Kemudian, masukkan email atau username dan password akun Facebook kalian ke dalam kolom yang sudah tersedia.
  • Apabila sudah masuk beranda Facebook, klik Pesan.
  • Kalian bisa melihat dan memeriksa pesan maupun memulai obrolan dengan sesama teman atau orang lain.

Cara Inbox di Facebook via Facebook Lite

  • Unduh aplikasi Facebook Lite melalui Google Play Store atau App Store.
  • Jalankan dan buka aplikasi Facebook Lite.
  • Kemudian, masukkan email dan password akun Facebook kalian ke kolom yang sudah disediakan.
  • Klik Login.
  • Apabila sudah masuk beranda Facebook, klik Pesan atau tab yang menunjukkan inbox Facebook.
  • Kalian bisa langsung melihat dan mengirim pesan kepada sesama teman atau orang lain (non friends) dengan cepat melalui aplikasi Facebook Lite.

Cara Inbox di Facebook via Gmail atau Yahoo Mail

  • Pertama, buka aplikasi Gmail dari smartphone kalian.
  • Klik Sosial.
  • Kalian bakal melihat notifikasi atau pemberitahuan dari pihak Facebook.
  • Berikutnya, tekan tombol tersebut untuk melihat dan membaca semua pesan masuk tersebut.
Terkait:  Cara Transfer SMS Banking BNI

Cara Inbox di Facebook via Aplikasi Save Story

  • Unduh aplikasi Save Story melalui Google Play Store (khusus pengguna Android) terlebih dulu.
  • Jalankan dan buka aplikasi Save Story.
  • Berikutnya, masukkan email atau username dan password akun Facebook kalian (data pribadi tidak akan disebarkan dan tetap dirahasiakan).
  • Pilih menu Chat Pesan atau Message.
  • Kemudian, tekan salah satu nama teman Facebook kalian.
  • Chat maupun balasan satu sama lain akan ditampilkan dari aplikasi Save Story secara otomatis.

Cara Inbox di Facebook via Messenger

  • Unduh aplikasi Messenger melalui Google Play Store (khusus Android) atau App Store (khusus iPhone).
  • Jalankan dan buka aplikasi Messenger.
  • Apabila kamu sudah masuk ke dalam aplikasi Facebook, klik Login with Facebook.
  • Jika kamu tidak mengunduh aplikasi Facebook dan hanya ingin mengaktifkan layanan obrolan saja, masukkan username dan password ke dalam kolom tersedia.
  • Klik Login.
  • Sistem Messenger bakal menampilkan semua obrolan dari teman-teman Facebook kalian secara otomatis.
  • Kemudian, tekan salah satu nama akun Facebook yang bakal menerima pesan dari kalian.
  • Silakan ketik pesan yang bakal dikirim kepada akun tujuan tersebut.
  • Jika pesannya sudah diketik, klik Kirim atau Send.

Demikian ulasan tentang cara inbox di Facebook yang harus kamu tahu supaya chat makin seru. Kamu tidak selalu mengandalkan aplikasi Messenger untuk komunikasi lebih intens dan private dengan teman tertentu. Kamu cukup download salah satu aplikasi yang kami sebutkan dan ikuti tutorialnya di atas.

Related posts