Cara Latihan Vokal

Cara Latihan Vokal

Bagaimana cara latihan vokal yang baik dan benar? Siapa saja pasti ingin mempunyai suara indah dan merdu, bukan? Kalian pasti sering menyanyikan sebuah lagu kesukaaan namun suara yang dimiliki terkesan pas-pasan. Kondisi ini terkadang membuat kalian malu dan minder, apalagi kalau kalian menyanyi di depan orang lain.

Kalian harus tahu kalau suara juga perlu dilatih supaya bisa menghasilkan alunan irama yang merdu. Selain itu, kalian juga bisa melakukannya di rumah tanpa menghabiskan uang banyak ke tempat les vokal.

Kalian tidak perlu mendatangkan seorang ahli vokal untuk membantu latihan suara supaya lebih merdu dan bisa diatur saat menyanyikan berbagai macam genre lagu. Pasalnya, salah satu tolak ukur yang menjadikan suaramu semakin bagus atau tidak dari latihan pernapasan.

Jika kalian mampu mengatur dan mengolah napas dengan baik, maka bisa menyanyikan lagu dengan nada tinggi sekalipun. Kalian akan semakin percaya diri saat bernyanyi dan tidak akan sesak jika lagu yang dinyanyikan punya tempo lebih cepat.

Cara Latihan Vokal
Cara Latihan Vokal

Tips Penting dalam Bernyanyi

Apabila kalian gemar bernyanyi atau bahkan bercita-cita menjadi seorang penyanyi, kalian harus tahu segalanya yang perlu dilakukan sehingga dapat memaksimalkan performa dan suaramu dengan mengikuti tips penting berikut :

  • Merawat Pita Suara
    Kalian harus menjaga dan merawat pita suara supaya kondisinya tetap baik. Kalian bisa merawatnya dengan beristirahat yang cukup, yakni tidur minimum 7 jam setiap hari. Kalian juga harus memastikan cairan tubuh tetap seimbang dan jangan sampai dehidrasi.

    Bernyanyi dengan rileks dan tenang, bahkan tidak terlalu keras atau teriak. Bernanyi dengan power dan pernapasan yang benar untuk memperoleh durasi yang panjang melalui satu tarikan napas.

    Apabila kalian sudah merasa lelah, sebaiknya langsung beristirahat. Pasalnya, kesehatan dari pita suara sangat penting diperhatikan seseorang yang gemar bernyanyi. Jangan terlalu bersemangat belajar bernyanyi sampai lupa menjaga kesehatan tubuh.

 

  • Menempatkan Posisi Tubuh dengan Benar
    Kalian harus memastikan posisi badan tetap tegak tapi tidak kaku dan tegang. Ketika mengambil napas sebaiknya dada tidak bergerak naik atau turun dan hindari kebiasaan seperti mengangkat dagu ketika bernyanyi dengan nada tinggi.

    Bernyanyi dengan diafragma perlu teknik mengambil napas lebih panjang. Selain itu, memposisikan tubuh sempurna bisa membantu memberi ruang terhadap suara dan napas lebih luas agar kalian dapat leluasa ketika sedang menyanyi.

    Bernyanyilah dengan tenggorokan terbuka, biarkan udara tetap mengalir secara alami dari diafragma. Gunanya agar kalian dapat menyanyikan lagu apa pun lebih santai tanpa tegang, apalagi bila menyanyi di depan banyak orang.

 

  • Melakukan Pemasanan Bernyanyi
    Ketika kalian ingin menyanyi, pastikan sudah melakukan pemanasan dulu. Caranya adalah mengucapkan “eeeee” sepanjang mungkin. Selain itu, kami anjurkan kalian untuk bisa menggunakan suara yang tidak terlalu tinggi tapi tetap dalam oktaf di bawah C tengah, alias lembut.

    Kalian juga bisa menyanyikan lagu “Do re mi fa sol la si do” berdasarkan tangga nadanya. Latihan ini berguna untuk melenturkan pita suara agar dapat bernyanyi dengan tenang. Sementara itu, kegunaan lainnya adalah menjaga nada dengan konsisten. Hal ini dikarenakan ketika kalian sudah menyanyi nanti bakal terbiasa dengan hal-hal tersebut, lantaran pita suara sudah dilatih sebelumnya.

Cara Latihan Vokal

Barangkali kalian belum tahu kalau cara latihan vokal sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah. Kamu bisa melakukannya sendirian di rumah supaya bisa memaksimalkan suara sehingga dapat menyanyi lagu apa saja dengan baik.

Di samping itu, kalian tidak boleh sembarangan melakukannya karena latihan vokal yang baik dan benar akan selalu menerapkan teknik pernapasan secara optimal. Tujuan melatih pernapasan supaya kalian bisa menyanyi tanpa rasa lelah, apalagi kalau tempo lagunya cukup cepat.

Latihan vokal memang sering disebut sebagai sesuatu yang sulit untuk orang-orang tertentu, terutama jika kalian tidak terbiasa bernyanyi. Padahal, melatih vokal dan suara kalian juga bisa memaksimalkan  kualitas pita suara sehingga dapat menghasilkan irama lebih merdu.

Apabila kalian terbiasa mengikuti cara latihan vokal yang benar, tidak menutup kemungkinan suaramu bisa lebih bagus dan merdu saat bernyanyi. Selain itu, kalian bisa menyanyikan genre lagu apapun tanpa khawatir suaranya pas-pasan bahkan fals.

Langkah 1: Melatih Membuang Napas

Kalian harus melatih membuang napas supaya bisa melakukan vokal suara dengan baik. Caranya adalah melakukan embusan panjang yang terkendali. Kalian juga harus terbiasa menarik napas dalam-dalam sebelum berbicara atau bernyanyi.

Gunanya supaya kalian bisa mengendalikan tempo suara dengan baik, serta tidak kehabisan napas. Selain itu, kalian dapat meluruskan tangan ke depan dan arahkan jari telunjuk ke atas. Tarik napas dalam-dalam dan bayangkan jari telunjuk adalah api lilin yang bakal dipadamkan, lalu buang napas sebanyak 5 kali.

Langkah 2: Bernapas dengan Irama Berbeda

Metode selanjutnya adalah bernapas dengan irama berbeda. Caranya adalah berlatih dengan napas pendek terlebih dulu. Tak hanya itu, kalian juga bisa berlatih dengan napas lebih cepat kurang lebih 30 detik. Kemudian, kalian bisa melatih napas lebih panjang dengan irama lambat.

Lakukan seperti teknik sebelumnya selama 30 detik dan akhiri latihanmu dengan bernapas dalam-dalam dengan tenang serta teratur selama 30 detik. Teknik ini mampu mengatur dan mengubah irama serta panjang napas, serta meningkatkan kemampuan atur napas saat bernyanyi.

Langkah 3: Melakukan Lip Trill

Langkah berikutnya yang harus kalian ketahui adalah melakukan lip trill. Umumnya lip trill dilakukan dengan cara menggetarkan bibir. Gunanya supaya suara yang dikeluarkan tidak cempreng dan bising. Jangan salah, pita suara yang terlalu sering digunakan untuk berbicara atau bernyanyi malah bisa rusak, lho.

Apabila sudah rusak, suara bakal lebih cempreng. Maka dari itu, cara mudah melakukan lip trill adalah menarik napas panjang sambil merapatkan bibir, lalu lakukan lip trill. Alirkan udara napas melalui celah bibir sampai bibir kalian bergetar dengan cepat.

Langkah 4: Melakukan Vokalisasi

Cara latihan vokal selanjutnya adalah mengucapkan huruf hidup (a, i, u, e dan o). Tujuannya untuk menyiapkan pita suara kalian agar dapat bekerja dengan baik. Caranya simpel, kalian cukup berdiri tegak sambil menegangkan kedua telapak kaki. Baju juga wajib ditarik ke belakang, lalu tarik napas panjang dan pakai suara tebal saat bernyanyi.

Kalian bisa melakukannya sambil menyebut kata “naa, nii, nuu, nee, noo”. Latihan ini membantu kalian dalam memproduksi suara lebih lantang dalam kondisi tenang. Namun, pastikan kalian bisa rasakan otot perut lebih kencang, terutama saat mengucapkan kata-kata yang sudah kami sebutkan tadi.

Demikian pembahasan mengenai cara latihan vokal yang baik untuk dilakukan di rumah. Jika suara kalian pas-pasan, kalian harus mengikuti panduan dari kami sehingga dapat menghasilkan suara lebih indah dan merdu saat bernyanyi. Kalian pun bakal terbiasa menyanyikan genre lagu apapun dengan tempo lambat atau cepat.

Terkait:  Cara Pasang ACP Seven

Similar Posts