Cara Muka Bersih

Cara Muka Bersih

Cara muka bersih dan sehat sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah, lho. Kamu bahkan tidak perlu menguras kantong terlalu dalam untuk mendapatkan kulit wajah bersih dan cerah. Wajah merupakan salah satu aset berharga yang menunjang kepercayaan diri seseorang.

Apabila kamu mempunyai kulit wajah kusam dan berjerawat, kondisi tersebut pasti mengganggu dan menurunkan rasa percaya diri saat bertemu dengan orang lain. Kamu akan merasa minder dan enggan berinteraksi akibat kulit wajah yang tampak kusam dan gelap.

Wajah bersih, cerah dan glowing akan selalu diidamkan banyak orang, baik pria maupun wanita. Tak bisa dimungkiri kulit wajah bersih yang bebas noda sama sekali adalah sesuatu yang kerap sulit didapatkan semua orang.

Kamu sebenarnya bisa melakukan cara muka bersih dan sehat dengan benar tanpa menghabiskan uang banyak, lho. Siapapun perlu menerapkan gaya hidup sehat dan memperhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi setiap hari. Jika kamu memperhatikan hal-hal kecil tersebut, lambat laun mukamu akan bersih dan tampak cerah seketika.

Cara Muka Bersih
Cara Muka Bersih

Cara Muka Bersih

Cara muka bersih bisa dibilang hampir sama dengan perawatan wajah lainnya, lho. Kami akan beritahu rahasia mendapatkan kulit wajah bersih dan sehat melalui artikel ini. Kamu bukan sekadar tahu cara muka awet muda saja, sedangkan kebersihan wajahmu juga perlu diperhatikan.

Jika muka kamu selalu tampak bersih dan sehat, maka elastisitasnya pun akan meningkat, lho. Rahasia memiliki kulit wajah bersih dan awet muda cukup memperhatikan gaya hidup setiap hari, khususnya asupan nutrisi seimbang sehingga dapat menjaga kulit muka tetap sehat dan terawat.

Terkait:  Cara Menanam Jahe

Langkah 1: Memperhatikan Jam Istirahat

Cara muka bersih yang pertama adalah memperhatikan waktu istirahatmu terlebih dulu. Kamu harus tidur selama 7-8 jam per hari, sedangkan jam tidur yang cukup berguna mengoptimalkan regenerasi kulit. Jika kamu punya jam tidur yang kurang, maka bisa menghambat proses regenerasi sel kulit serta produksi kolagen.

Kondisi tersebut mengakibatkan wajahmu tampak kusam dan munculnya penuaan dini. Oleh karena itu, istirahatlah yang cukup untuk mengembalikan kesehatan kulit sehingga wajah dapat tampak bersih setiap hari.

Langkah 2: Mengonsumsi Air Putih yang Cukup

Air putih merupakan salah satu asupan penting untuk menjaga kulit dan tubuhmu tetap terhidrasi setiap hari. Kurangnya mengonsumsi air putih bisa membuat kulit tampak kering dan kusam, bahkan rentan mengalami penuaan dini.

Apabila kamu merasa kurang mengonsumsi air putih, maka bisa membiasakan diri untuk minum air putih paling tidak 8 gelas per hari. Kamu harus melakukannya setiap hari agar kulit wajah dapat lebih lembab, bersih dan sehat berkat asupan cairan yang cukup.

Langkah 3: Mencuci Wajah Secara Rutin

Jika kamu sudah beraktivitas di luar ruangan seharian, wajahmu rentan terkena debu dan kotoran yang menempel di pori-pori. Cuci muka merupakan salah satu langkah efektif supaya bisa mendapat kulit wajah bersih dan sehat.

Apabila kamu membersihkan wajah dengan benar dan rutin, kulit muka akan terhindar dari kusam dan flek hitam. Kamu bisa mencuci muka paling tidak dua kali sehari saat pagi dan malam hari. Selain itu, gunakan cleanser dan toner untuk mengangkat debu beserta kotoran yang mengendap di pori-pori wajahmu.

Langkah 4: Mengonsumsi Makanan Bergizi

Makanan dan minuman bergizi merupakan asupan nutrisi penting supaya kamu bisa mendapatkan kulit muka bersih setiap hari. Kamu harus membiasakan diri mengonsumsi berbagai macam buah dan sayur yang kaya akan vitamin serta mineral.

Terkait:  Cara Lolos SBMPTN

Buah dan sayur mengandung beberapa kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, D dan E. Jika kamu ingin mendapatkan muka bersih dan mulus, maka bisa mengonsumsi buah-buahan seperti Strawberry, Alpukat, Jeruk, Semangka dan lainnya.

Langkah 5: Melakukan Aktivitas Fisik

Cara muka bersih selanjutnya adalah melakukan aktivitas fisik paling tidak 15-30 menit per hari. Kamu bisa jogging keliling komplek rumah atau bersepeda bersama keluarga dan kerabat dekat. Kegiatan ini bukan hanya menjaga tubuh tetap bugar dan sehat, namun membuat kulit wajah tampak bersih.

Muka kusam bisa ditangani dengan berolahraga secara teratur, sedangkan kotoran yang mengendap pada pori-pori wajah akan terangkat melalui keringat. Selain itu, olahraga mampu mengurangi stress sehingga mukamu tidak dapat mengalami penuaan dini.

Langkah 6: Memakai Masker Alami

Cara muka bersih berikutnya adalah menggunakan masker alami yang dibuat dari bahan-bahan tradisional, salah satunya adalah buah dan sayur. Wajah bersih dan sehat bisa didapatkan dengan menggunakan masker putih telur, di mana putih telur cukup dikocok rata dan diaplikasikan ke wajah kamu.

Kamu bisa menunggu beberapa saat, kemudian bilas dengan menggunakan air hangat. Selain itu, gunakan masker campuran buah nanas dan papaya yang keduanya sudah dihaluskan. Jika sudah tercampur, oleskan ke muka dan diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air sampai bersih.

Langkah 7: Menggunakan Pelembab

Gunakan pelembab sesuai dengan jenis kulit wajahmu supaya bisa mendapatkan permukaan kulit lebih bersih, cerah dan halus. Kenali tipe kulit mukamu terlebih dulu. Apabila kulit kamu berminyak, gunakan pelembab wajah tanpa komedogenik.

Jika kulitmu sensitif, maka bisa memakai pelembab hipoalergenik, sedangkan kulit kering harus menggunakan pelembab wajah yang mengandung gliserin, dimetikon, asam hialuronat serta lanolin. Gunakan secara teratur supaya kulit wajah bisa tampak bersih, cerah dan glowing dengan cepat.

Terkait:  Cara Masuk Akun Belajar Id

Langkah 8: Melakukan Eksfoliasi

Kulit mukamu tampak kusam biasanya disebabkan oleh menumpuknya sel kulit mati di wajah, sedangkan cara mengatasi wajah kusam tersebut hanya bisa dilakukan dengan melakukan eksfoliasi secara teratur.

Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah, yakni menggunakan bubuk kopi yang dicampur dengan gula merah, madu dan satu sendok teh susu. Campurkan secara merata dan oleskan ke seluruh permukaan kulit wajah secara perlahan, kemudian bilas dengan air. Lakukan selama 2-3 kali seminggu untuk hasil yang sempurna.

Langkah 9: Menggunakan Sunscreen

Sunscreen atau tabir surya merupakan salah satu produk skincare yang berguna melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Pemakaiannya tidak hanya berlaku saat kamu sedang berada di luar ruangan, melainkan di dalam ruangan juga.

Gunakan tabir surya baik sebelum maupun sesudah beraktivitas di luar ruangan. Oleskan kembali sunscreen paling tidak 3 jam sesudah kamu melakukan kegiatan, sehingga kulit dapat ternutrisi dan terlindungi dari sinar UV yang mengakibatkan tampilannya gelap dan warna tidak rata.

Langkah 10: Memakai Pelindung Diri

Cara muka bersih yang terakhir adalah menggunakan alat pelindung diri seperti kacamata, topi dan masker saat berada di luar ruangan. Walaupun tampak sepele, tapi pemakaiannya bisa membantumu melindungi kulit wajah dari sinar matahari dan polusi yang menimbulkan noda dan flek.

Wajah yang dibiarkan bersentuhan langsung dengan udara luar rentan mengalami masalah seperti jerawat dan kusam. Oleh karena itu, biasakan diri menggunakan topi atau masker saat ke luar rumah supaya kulit muka bisa tetap bersih dan sehat.

Demikian pembahasan tentang cara muka bersih dan tetap cerah yang belum kamu tahu. Jangan lupa bagikan artikel ini supaya siapa saja bisa menjaga kulit wajahnya tetap bersih setiap hari. Semoga bermanfaat!

Similar Posts