Cara Menekuk Akrilik

Cara Menekuk Akrilik

Bagi sebagian orang mungkin tidak tahu cara menekuk akrilik dengan baik dan benar. Namun, siapa sangka bahwa akrilik sebenarnya bisa tekuk secara rapi, lho. Secara umum akrilik mempunyai permukaan sangat presisi dan rata, sedangkan teksturnya sangat keras.

Benda ini hampir sering digunakan untuk membuat berbagai macam peralatan tertentu di sekitarmu. Selain itu, penggunaan akrilik bahkan sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari untuk membuat sebuah benda tampak rapi dan rata.

Tak sedikit orang menyerah untuk menekukkan akrilik. Padahal, kamu tidak perlu khawatir bila benda tersebut akan patah bahkan susah digunakan lagi. Siapapun bisa menekukkan akrilik sesuai dengan keinginan agar dapat menyerupai bentuk yang dimaksud.

Kamu bahkan tidak perlu menggunakan alat atau bahan tambahan terlalu banyak untuk menekuknya. Akrilik sendiri memiliki bahan dasar sejenis lilin atau plastik yang mana bahannya tidak akan cepat meleleh meski terkena suhu panas dalam waktu lama.

Cara Menekuk Akrilik
Cara Menekuk Akrilik

Apa itu Akrilik?

Akrilik merupakan plastik yang wujudnya seperti kaca, tapi bersifat ringan dibandingkan kaca. Selain itu, akrilik bisa ditekuk lebih cepat dan mudah dibandingkan kaca yang tidak bisa sama sekali. Semua orang hampir sering menggunakan akrilik untuk kebutuhan sehari-hari, seperti food tag dan lainnya, lho.

Akrilik bahkan tidak mudah patah sehingga pemakaiannya lebih dominan daripada kaca yang mana keduanya punya tampilan bening. Meski begitu, akrilik tidak bisa ditekuk dengan tangan kosong alias menggunakan alat bantu khusus.

Cara Menekuk Akrilik

Barangkali kamu tidak tahu cara menekuk akrilik yang baik dan benar, maka bisa menemukan jawabannya melalui artikel ini. Kami akan memberitahumu supaya akrilik bisa ditekukkan dengan rapi bahkan tanpa patah sama sekali.

Terkait:  Cara Withdraw Binomo

Kamu harus memastikan proses menekuknya dilakukan secara perlahan sehingga tidak dapat menimbulkan luka (bila menggunakan alat panas) yang membahayakan tanganmu. Jangan menekan akrilik terlalu keras saat ditekukkan supaya mencegah patas dan bisa langsung digunakan sesuai dengan kebutuhanmu.

Langkah 1: Menyiapkan Akrilik

Langkah pertama adalah menyiapkan akrilik terlebih dulu. Kamu bisa menggunakan akrilik dengan ukuran tertentu berdasarkan kebutuhan masing-masing. Selain itu, kamu bisa membelinya di toko-toko tertentu dengan harga yang cukup terjangkau.

Langkah 2: Memanaskan Akrilik

Apabila akrilik sudah disiapkan, maka kamu bisa memanaskannya supaya teksturnya bisa lebih lunak dan mudah ditekukkan. Selain itu, proses pemanasan ini pun berguna untuk membuatnya menjadi kaku kembali sesudah dipanaskan.

Kamu bisa memanaskannya ke dalam sebuah oven, tapi tidak bisa dilakukan dalam jangka panjang. Namun, kamu perlu menggunakan alat pemanas untuk membentuk atau menekukkan akrilik. Alat Strip atau pemanas ini akan membentuk garis lurus dengan lekukan sempurna pada bagian yang diinginkan.

Langkah 3: Menekuk Akrilik Secara Perlahan

Jika kamu sudah memanaskan akrilik dengan alat strip, maka bisa langsung menekuk atau membengkokkannya sesuai garis yang sudah ditandai. Untuk mendapatkan hasil sempurna, gunakan alat pembentuk atau jepitan untuk memperoleh lekukan rata dan presisi.

Kamu harus menggunakan sarung tangan ketika membengkokkan akrilik yang telah dipanaskan, sehingga dapat terhindar dari suhu panas yang dihasilkan dari akrilik akibat pemakaian alat pemanas. Selain itu, diamkan selama beberapa saat sampai kaku untuk langsung digunakan.

Demikian pembahasan mengenai cara menekuk akrilik yang perlu diketahui. Jangan lupa bagikan informasi di atas supaya kamu bisa memanfaatkan akrilik untuk dipakai dalam kebutuhan sehari-hari, termasuk dibengkokkan dengan alat pemanas sesuai anjuran kami. Selamat mencoba!.

Terkait:  Cara Menawarkan Produk ke Perusahaan

Similar Posts