Cara Mengatur Keuangan

Bagaimana cara mengatur keuangan dengan benar? Secara umum bahwa salah satu tolak ukur keberhasilan hidup seseorang adalah kondisi finansial yang baik. Jangan heran orang-orang masih gagal mengatur keuangan mereka untuk meningkatkan standar hidup lebih baik di masa depan.

Walaupun gaji kamu kecil, kamu bisa melakukannya lho. Pasalnya, cara mengelola keuangan sebenarnya tidak terlalu sulit seperti bayanganmu. Kamu bahkan tidak perlu mogok makan dan jajan untuk menyimpan uang yang banyak.

Read More

Secara umum cara mengatur keuangan didasari kesadaran dirimu sebagai subjek utama yang bakal melakukan usaha seperti menabung atau berinvestasi dalam jangka panjang. Kamu juga tahu bahwa kebutuhan seseorang semakin bertambah setiap hari, apalagi bila sudah berumah tangga.

Namun, kamu bisa mengatasi kesenjangan finansial dengan mengatur neraca ekonomi semaksimal mungkin dari sekarang. Semuanya hanya bisa ditentukan dirimu sendiri, bila kamu semangat kemungkinan besar kebebasan finansial mampu didapatkan di masa depan.

Cara Mengatur Keuangan
Cara Mengatur Keuangan

Kenapa Harus Mengatur Keuangan?

Keuangan sudah menjadi salah satu acuan pokok dalam kehidupan semua orang. Oleh sebab itu, kamu harus mengatur keuangan sejak dini. Seseorang harus mengatur neraca finansialnya supaya bisa memaksimalkan kehidupannya bahagia di masa tua.

Kamu juga bakal meminimalisir bahkan menghapus sesuatu yang menjadi sumber masalah finansial tidak stabil. Tak hanya itu, kamu juga bisa memantau cash flow tetap aman sehingga dapat memaksimalkan uang untuk memenuhi kebutuhan utama saja.

Terkait:  Cara Hemat Uang

Cara Mengatur Keuangan

Barangkali kamu tidak tahu bagaimana cara mengatur keuangan yang benar, kami akan membantu supaya bisa mengatasinya agar dapat memperoleh kebebasan finansial. Keuangan menjadi sesuatu yang sensitif di mana tidak sembarangan orang bisa mengatur neraca ekonomi hidupnya.

Terkadang orang-orang akan tergoda untuk membeli segala sesuatu yang sebenarnya tidak penting, sedangkan uang tersebut bisa dimanfaatkan sebagai tabungan masa depan. Semuanya hanya ditentukan dirimu sendiri asalkan kamu terbiasa mengelola keuangan untuk digunakan hal-hal penting saja.

Langkah 1: Menyiapkan Anggaran Keuangan

Cara mengatur keuangan pertama adalah menyiapkan anggaran finansial terlebih dulu. Kamu akan membutuhkannya sebagai acuan utama dalam semua perhitungan keuanganmu, seperti pemasukan, pengeluaran sampai kebutuhan sehari-hari atau investasi.

Penggunaan anggaran keuangan sudah menjadi sesuatu yang ampuh agar kamu dapat mengatur finansial dengan baik. Jika kamu selalu melihatnya sebelum menggunakan uang, maka kamu bisa menentukan segalanya yang benar-benar dibutuhkan setiap hari.

Langkah 2: Menabung

Walapun terlihat sepele, tapi menabung adalah sebuah kegiatan yang mampu menolong finansialmu lebih baik di masa depan. Cara mengatur keuangan ini bisa dibilang ampuh bahkan hampir dilakukan semua orang, lho. Kamu bisa menyisihkan uang paling tidak sebesar 20-30% dari pendapatan bulananmu.

Gunanya agar kamu dapat menikmati hari tua dengan menggunakan hasil tabungan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Meski begitu, menabung harus butuh kedisiplinan dan konsistensi tinggi supaya bisa mencapai target yang diinginkan.

Langkah 3: Menghindari Utang

Utang merupakan salah satu masalah dalam menentukan cara mengatur keuangan, lho. Jika kamu punya utang, maka kamu tidak bisa mengelola uang untuk menabung bahkan berinvestasi. Pasalnya, kamu harus menyisihkan pendapatan untuk membayar pinjaman kepada para peminjam.

Maka dari itu, sebaiknya kamu melunasi semua utang terlebih dulu. Apabila utang sudah lunas, kamu mampu menabung dan berinvestasi sehingga jumlah uang yang telah terkumpul dapat bertambah dari hari ke hari.

Terkait:  Cara Mengatur Keuangan Pribadi

Langkah 4: Membuat Catatan Keuangan

Kamu harus mempunyai catatan keuangan selama mengatur finansial. Catatan ini berguna untuk memberitahu semua pengeluaran yang dihabiskan setiap bulannya. Selain itu, kamu juga akan tahu apa saja yang benar-benar penting atau tidak untuk dibeli secara berkala.

Kamu akan mengetahui berapa persen uang yang wajib disimpan ke dalam rekening tabungan dengan menggunakan catatan keuangan ini. Jika kamu mencatat semuanya secara detail, kamu bakal menghindari pengeluaran tidak penting sehingga saldo rekening dapat bertambah.

Langkah 5: Membedakan Kebutuhan dan Keinginan

Tak sedikit orang bahkan kamu sendiri mungkin masih menganggap kebutuhan dan keinginan adalah sesuatu yang sama. Padahal, keduanya mempunyai perbedaan kontras, lho. Kebutuhan adalah semua barang maupun layanan utama untuk dipenuhi, seperti konsumsi dan pendidikan.

Keinginan adalah produk atau layanan yang bersifat tambahan untuk kesenangan saja, seperti belanja. Jika kamu selalu memprioritaskan kebutuhan, kamu akan berhasil mengelola keuangan dan semua uang untuk memenuhi keinginan akan tersimpan ke dalam rekening tabungan.

Langkah 6: Mengatur Anggaran Sesuai Kebutuhan

Kamu pasti tahu kalau anggaran adalah sesuatu yang tidak boleh dipisahkan dalam kehidupan finansial semua orang. Oleh karena itu, bila kamu mampu mengatur anggaran sesuai kebutuhan prioritas maka bisa mengelola keuangan lebih bijak.

Kamu akan memisahkan beberapa persen untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan sisanya disimpan ke dalam rekening tabungan. Namun, bukan berarti kamu tidak boleh menikmati hal-hal bersifat hiburan seperti belanja, asalkan kamu memprioritaskan semua kebutuhan agar dapat mengamankanmu dari kesenjangan finansial.

Langkah 7: Mempunyai Bayangan Hidup di Masa Depan

Cara mengatur keuangan yang baik selanjutnya adalah kamu wajib mempunyai bayangan hidup di masa depan. Jika kamu sudah memiliki bayangan hidup seperti apa di kemudian hari, maka kamu bisa mengelola finansial lebih baik lagi, khususnya pada karirmu sekarang.

Terkait:  Cara Menurunkan RPM Mobil Injeksi

Segalanya berasal dari keinginan dan niatmu untuk mempunyai standar hidup ideal yang wajib diwujudkan. Alhasil, ambisi dan kekuatan demi mencapai impian tersebut mampu terwujud di mana kamu akan terbiasa menggunakan uang dengan bijak.

Langkah 8: Memulai Investasi

Investasi sudah menjadi sesuatu yang tanpa disadari mampu menolongmu terhindari dari kesenjangan ekonomi di masa depan. Kamu bukan hanya menanam modal pada saham dan properti saja, namun juga inovasi teknologi lainnya seperti reksadana sebagai pilihan investasi.

Investasi bahkan digunakan banyak orang untuk mengamankan uang mereka, lho. Instrumennya banyak dan membantumu mewujudkan impian di masa depan, termasuk memaksimalkan keuangan agar dapat mengelolanya tanpa rasa khawatir.

Langkah 9: Menyediakan Dana Darurat

Penting sekali menyisihkan uang dari pendapatanmu. Maka dari itu, cara mengatur keuangan berikutnya adalah menyediakan dana darurat dari uang yang disisihkan setiap waktunya. Kamu tidak wajib menentukan nominalnya, asalkan kamu menyisihkannya secara rutin.

Dana tersebut hanya bisa digunakan ketika kamu sedang dalam kondisi darurat, seperti pengobatan, pendidikan dan lainnya. Jangan pernah mengganggu dana darurat ini, sehingga jumlah uang dapat bertambah dari sedikit cuan yang sudah disisihkan.

Langkah 10: Menerapkan Aturan 50-30-20

Cara mengatur keuangan terakhir adalah menerapkan aturan 50-30-20. Konsep ini sebenarnya mengajarkan siapapun untuk membagikan rasio finansial sesuai dengan persentase pada kebutuhan tertentu.

Umumnya 50% digunakan untuk kebutuhan primer (needs), 30% untuk keinginan (wants) dan 20% untuk tabungan (savings). Konsep ini bahkan selalu diterapkan banyak orang untuk mengelola finansial semaksimal mungkin, sehingga kebutuhan dan keinginan tetap terpenuhi di masa depan.

Demikian informasi tentang cara mengatur keuangan yang benar dan cermat. Jangan pernah meremehkan berapapun pengeluaranmu setiap hari. Gunakan catatan keuangan supaya kamu bisa menentukan jumlah uang yang harus disimpan, sehingga dapat memperoleh jumlah tabungan yang banyak di masa depan.

Rate this post

Related posts