Cara Hemat Kuota Tiktok

Siapa sih yang gak kenal aplikasi satu ini, yups aplikasi yang sedang trending yaitu aplikasi Tiktok. Akan tetapi dari sebagian orang mungkin sedang mengeluh karena kuotanya dikuras karena pada aplikasi ini telah menerapkan autoplay untuk semua video yang tayang di platformnya. Nah mau tau cara hemat kuota tiktok ? Simak artikel ini sampai selesai ya!

Apa Itu Aplikasi Tiktok ?

Tiktok adalah sebuah aplikasi dimana para penggunanya bisa berbagi video musik dengan durasi pendek. Aplikais tiktok tidak hanya sebatas aplikasi biasa, tiktok bisa jadi tempat berbagai video pendek dan kini memiliki manfaat lebih dari itu. Tiktok bisa dibuat branding dan strategy marketing yang tepat bagi pelaku usaha. Maka dari itu tiktok kini sangat digandrungi menjadi platform sosial baru untuk menumpahkan ide, cerita, dll. Mau tau manfaat yang lain ? simak dibawah ini.

Read More

Manfaat Pada Aplikasi Tiktok

Berikut beberapa manfaat tiktok yang bisa jadi pertimbanganmu dalam menggunakan tiktok sebagai media promosi atau branding:

Menjangkau Lebih Banyak Audiens

Banyak sekali pengguna tiktok dari berbagai negara di dunia, lebih dari 2 miliar manusia telah mendonwload aplikasi ini baik melalui App Store maupun Google Play.

Hal tersebut sangat menguntungkan bagi brand, karena bisa menjangkau lebih banyak audiens melalui tiktok. Terlebih jika tiktok diunduh oleh pengguna dari berbagai kelompok usia, jenis kelamin, hingga profesi. Dengan begitu, brand kamu dapat dipromosikan kepada berbagai jenis audiens.

Terkait:  Cara Centang Biru Tiktok

Memiliki Engagement Yang Besar

Engagement tiktok bisa dibilang besar, karena keterlibatan pengguna tiktok sangat luar biasa, sehingga bisa membantu brand untuk meningkatkan penjualan.

Tingkat keterlibatan pengguna yang besar itupun dimanfaatkan oleh berbagai brand untuk meningkatkan visibilitan produk atau layanan mereka.

Membuat Bisnis Tetap Relevan Dengan Tren

Karena tiktok telah menjadi media sosial yang memiliki banyak tren,  sehingga penggun bisa menjelajah berbagai konten video.

Lagi-lagi brand dapat sangat terbantu karena bisa membuatnya relevan dengan trend yang menyebar di kalangan pengguna. Oleh sebab itu, seharusnya sebuah brand selalu up to date dengan tren atau konten-konten yang viral dan manfaatkan momen tersebut untuk membuat konten yang kreatif sehingga audiens tertarik.

Namun dari berbagai manfaat yang sudah dijelaskan diatas terdapat dampak negatifnya yaitu dengan bermain tiktok bisa menguras kuota dan membuat lupa waktu. Selain karena mengasyikkan, aplikasi ini sudah menggunakan fitur autoplay untuk semua video yang ada di platformnya. Maka dari itulah kamu harus tahu bagaimana cara hemat kuota tiktok pada saat menggunakannya. Berikut tutorialnya.

Cara Hemat Kuota Tiktok

Cara Hemat Kuota Tiktok
Cara Hemat Kuota Tiktok

Membatasi Penggunaan Data

Yang pertama kamu bisa menggunakan cara dengan membatasi penggunaan data dan dengan cara ini tidak menggunakan aplikati tktok, melainkan fitur bawaan ponselmu.

Meskipun lokasi fitur pembatas penggunaan data berbeda-beda di tiap smartphone, akan tetapi biasanya fitur ini berada di menu setting atau pengaturan. Kamu bisa mengaktifkannya dengan langkah berikut :

  • Langkah pertama buka menu setting di Handphone kamu
  • Kemudian klik menu connection dan klik opsi Data Usage
  • Lalu klik Mobile Data Usage
  • Setelah itu scroll ke bawah hingga terlihat aplikasi tiktok dan klik saja aplikasi tersebut
  • Aktifkan opsi allow Background Data Usage
  • Selesai

Setelah semuanya selesai dan setelh opsi Allow Background Data Usage tersebut aktif, maka aplikasi tiktok tidak akan memakai kuotamu saat tidak dijalankan.

Terkait:  Cara Download Video Tiktok Tanpa Watermark

Menaktifkan Manajemen Waktu

Selain cara diatas, kamu juga bisa menhemat kuota dengan mengaktifkan manajemen waktu. Seperti yang diketahui, semakin lama kamu menggunakan tiktok atau menonton video maka semakin besar pula kuota yang digunakan.

Adapun salah satu faktor yang menjadi penyebab boros kuota saat penggunaan tiktok adalah adanya fitur autoplay yang menjadikan video tikok secara otomatis selalu berputar. Meskipun terdapat fitur autoplay, aplikasi tiktok juga memberikan fitur manajemen waktu yang bisa digunakan untuk mengontrol durasi penggunaan aplikasi ini. Berikut caranya:

  • Pertama buka dan login ke dalam akun tiktok
  • Lalu klik menu privacy dan settings
  • Kemudian kamu bisa klik menu digital wellbeing
  • Selanjutnya klik screen time management
  • Klik tombol Turn on Screen Time Management
  • Masukkan passcode untuk otentikasi saat waktu penggunaan telah mencapai maksimal
  • Selesai

Biasanya waktu maksimal penggunaan adalah 60 menit, saat batas tersebut sudah tercapai maka kamu akan diingatkan dan diminta untuk kembali memasukkan passcode tersebut.

Aktifkan Fitur Hemat Data

Seperti media sosial yang lainnya, tiktok juga memiliki fitur penghemat data. Tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan untuk dapat memiliki fitur ini karena fitur ini sudah tertanam secara default di aplikasi tiktok.

Dengan fitur penghemat data, kamu bisa mengontrol penggunaan kuota dengan cara sebagai berikut :

  • Pertama buka dan jalankan aplikasi tiktok
  • Klik ikon profil di sisi paling kanan
  • Kemudian klik menu Privacy and Setting
  • Klik Data Saver
  • Selesai, maka fitur hemat data sudah bisa aktif

Cara Hemat Kuota Tiktok Dengan Menggunakan WiFi

Sebenarnya sudah banyak cara menghemat data di tiktok lainnya, salah satunya yaitu bisa memakai Wifi, jadi kamu bisa memilih atau menggunakan Wifi publik difasilitas umum maupun pribadi.

Misalnya saja, jika kamu ingin memasang jaringan wifi sendiri di rumah maka seharusnya kamu tidak perlu khawatir lagi dengan pemakaian kuota internet untuk menggunakan aplikasi tiktok.

Gunakan Tiktok Melalui Browser

Nah selain dapat dibuka melalui aplikasi, tiktok juga bisa dibuka melalui website tiktok. Hanya saja fitur-fitur yang ditampilkan memang satangat terbatas dan hanya bisa menonton video saja. Artinya, kamu tidak bisa kirim pesan, koment dan fitur lainnya.

Terkait:  Cara Followers Tiktok Banyak

Namun dengan keterbatasan itu yang membuat penggunaannya lebih minim kuota, jadi semisal kamu hanya ingin menonton video saja cukup buka tiktok melalui browser seperti opera mini atau google chrome.

Setelah mengetahui beberapa cara hemat kuota di aplikasi tiktok, artikel ini juga akan menyuguhkan beberapa tips penggunaan kuota di semua provider. Berikut tipsnya:

Tips Hemat Kuota Internet

Ubah Fitur Maps Online Menjadi Offline

Tips ampuh untuk bisa menghemat kuota internet adaah dengan mengubah fitur Maps kamu ke mode offline. Jadi aplikasi maps pada sebuah ponsel memang mampu menguras kuota internet anda dengan cepat.

Non-aktifkan Opsi Sinkronisasi Yang Tidak Diinginkan

Ternyata terdapat banyak sekali akun yang melakukan sinkronisasi otomati pada smartphon kalian yang membuat kuota internet cepat habis secara langsung tanpa disadari. nah, untuk mengatasi hal ini maka kamu perlu mematikan atau menon-aktifkan sinkronisasi otomatis ini pada beberapa akun yang ada atau jarang digunakan.

Untuk caranya kamu bisa masuk ke menu Settings > Accounts > kemudian pilih akun yang tidak ingin kamu sinkronkan. Maka dengan cara ini kamu mampu menghemat kuota data yang dimiliki dengan baik.

Batasi Penggunaan Data di Masing-Masing Aplikasi

Selain membuat pembatasan pada penggunaan mobile data, kamu juga bisa membuat pembatasan penggunaan data pada masing-masing aplikasi yang dirasa boros kuota. Cara pengaturannya kamu bisa mengaksesnya melalui menu setting pada aplikasi yang ingin di atur.

Nah itulah bagaimana cara hemat kuota tiktok dan beberapa tips menghemat kuota internet di semua provider. Semoga artikel ini bermanfaat dan janganlupa like, comment dan share ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Rate this post

Related posts