Cara Menonaktifkan Langganan Telkomsel

Telkomsel merupakan provider operator seluler yang terkenal memiliki banyak layanan dan koneksi sinyal paling stabil ketika dibawa kemana saja, mulai dari kota hingga ke pelosok desa. Meski demikian, layanan paket Telkomsel cenderung lebih mahal jika dibandingkan kompetitornya. Mungkin itu juga salah satu alasan mengapa kamu ingin tahu cara menonaktifkan langganan Telkomsel.

Cara Menonaktifkan Langganan Telkomsel

Cara Menonaktifkan Langganan Telkomsel
Cara Menonaktifkan Langganan Telkomsel

Berbicara mengenai provider dengan konektivitas paling stabil di bawa ke manapun, kita sepertinya sepakat bahwa Telkomsel lah juaranya. Selain sinyal yang stabil, jangkauan jaringannya sangat luas sehingga aman saat dibawa hingga ke daerah terpencil. Telkomsel juga memiliki berbagai jenis layanan yang bisa digunakan sesuai kebutuhan pelanggan.

Read More

Saat ini ada 7 pilihan produk yang disediakan oleh Telkomsel, diantaranya adalah Telkomsel PraBayar, Telkomsel Halo, by.U, Roaming, Internet Rumah, Bundling, dan 5G. Sedangkan Telkomsel PraBayar adalah salah satu layanan paling banyak digunakan. 

Untuk Telkomsel Prabayar, tersedia beberapa pilihan produk, seperti combo SAKTI, OMG nonton, kuota ketengan, dan banyak lainnya. Selain itu, ada juga pilihan paket internet untuk harian, mingguan, hingga bulanan. 

Nah, bagi pengguna paket dengan perpanjangan otomatis, seperti harian atau mingguan harus segera unreg jika sudah tidak digunakan. Hal tersebut dapat menghindari pulsa utama kamu terpotong dengan sendirinya.

Lantas, bagaimana cara menonaktifkan langganan paket Telkomsel atau layanan lainnya apabila sudah tidak digunakan? Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Untuk menonaktifkan langganan paket Telkomsel ada beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain:

Terkait:  Cara Daftar Paket Internet Simpati

Cara Menonaktifkan Langganan Telkomsel Via MyTelkomsel

Aplikasi MyTelkomsel disediakan untuk memudahkan para pengguna Telkomsel yang ingin beli atau berlangganan paket hingga menonaktifkannya. Apabila kamu ingin menonaktifkan langganan paket, maka cukup pilih saja paket yang ingin dihentikan.

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama tentunya kamu harus instal aplikasinya terlebih dahulu. Apabila belum punya, maka silakan buka Play Store atau App Store dan instal hingga berhasil.
  • Selanjutnya, login MyTelkomsel menggunakan nomor Telkomsel yang sedang digunakan.
  • Pada halaman utama aplikasi, pilih menu Akun Saya atau Account untuk mengecek nomor dan status paket.
  • Lalu, pilihlah paket mana yang ingin dinonaktifkan dengan mengklik opsi My Package atau Paket.
  • Selanjutnya akan muncul pada halaman yang memperlihatkan detail paket, silakan klik Berhenti atau stop untuk berhenti langganan paket tersebut. Mudah sekali, bukan?

Cara Berhenti Langganan Telkomsel Lewat SMS

Apabila menggunakan aplikasi MyTelkomsel untuk menghentikan layanan paket Telkomsel maka harus terkoneksi dengan internet. Jika tidak ada koneksi, maka kamu tidak bisa mengakses aplikasi tersebut dengan lancar.

Jika demikian, kamu bisa menggunakan cara unreg langganan Telkomsel lainnya seperti lewat SMS. Cara satu ini pun tidak kalah mudah dengan cara sebelumnya. Proses pengaktifan paket pun tidak kalah cepat. Namun, untuk melakukan cara ini, pastikan format SMS yang digunakan sudah benar.

Contohnya adalah berhenti dari paket Flash Telkomsel, maka berikut format SMS yang digunakan untuk menghentikan layanannya.

  • Pertama, buka menu SMS pada ponsel
  • Lalu, ketikkan FLASH OFF dan kirim ke nomor 3636.
  • Tunggu sebentar hingga mendapat balasan konfirmasi bahwa paket Flash telah berhasil dihentikan.

Cara Unreg Langganan Telkomsel Melalui Menu Dial Up

Cara lain yang tidak kalah mudah untuk berhenti langganan paket kuota internet Telkomsel adalah dengan menggunakan menu Dial Up.

Terkait:  Cara Menonaktifkan Kuota Telkomsel

Kamu tidak perlu terhubung dengan internet atau harus memiliki pulsa untuk mengakses menu Dial Up. Format menu Dial Up untuk unreg atau berhenti menggunakan paket internet adalah *363#. Selain itu, kode tersebut juga dapat digunakan untuk membeli paket Telkomsel.

Sedangkan langkah-langkah menonaktifkan paket internet Telkomsel lewat Dial Up *363# adalah sebagai berikut:

  • Pertama, buka menu Telepon di ponsel.
  • Lalu, tekan *363# dan klik Call/ Panggil.
  • Kemudian, pilih nomor 8 atau Berhenti/ S&K.
  • Lalu, tekan nomor 1 atau Berhenti.
  • Pilih paket mana yang ingin dinonaktifkan, contohnya kamu ingin berhenti dari paket Flash, maka pilihlah nomor 1.
  • Selanjutnya, akan muncul notifikasi yang menyebutkan bahwa permintaan sedang diproses.
  • Tunggu beberapa saat hingga mendapatkan SMS dari 363 yang berisi paket internet telah berhasil dinonaktifkan.

Cara Menonaktifkan Langganan Telkomsel Lewat Customer Service

Apabila menggunakan tiga cara di atas masih belum berhasil atau paket yang kamu gunakan tidak tersedia pada aplikasi MyTelkomsel atau menu Dial Up, maka solusi terbaik adalah menghubungi Customer Service.

Tidak hanya membantu memproses aktivasi atau unreg layanan paket Telkomsel, tapi juga bisa mengatasi berbagai keluhan kamu dalam menggunakan produk Telkomsel. Ada beberapa pilihan Customer Service resmi yang disediakan oleh Telkomsel untuk para pelanggannya, yaitu Call 188, 08071881811, dan media sosial.

Untuk menghubungi Call 188, ada biaya yang dibebankan, yakni Rp300 setiap panggilan. Setelah terhubung, sampaikan saja kepada pihak Customer Service bahwa kamu ingin berhenti langganan layanan Telkomsel.

Selanjutnya ada nomor CS Telkomsel  08071881811 yang digunakan untuk menanyakan seputar pertanyaan umum. Sama seperti Call 188, ada biaya telepon saat menghubungi nomor tersebut hanya saja yang dikenakan adalah biaya telepon lokal setiap kali menelepon.

Terkait:  Cara Nonton VideoMax

Untuk layanan Call 188 dikenai biaya sebesar Rp300 setiap kali terhubung. Kamu bisa menanyakan langsung ke CS mengenai kendala yang dialami. Sedangkan nomor 08071881811 bisa digunakan untuk kamu yang ingin menanyakan pertanyaan umum. Akan tetapi, kamu akan dikenai biaya telepon lokal setiap kali menghubunginya. Adapun pelanggan luar negeri bisa menghubungi CS Telkomsel ke nomor +628110 000 333 tanpa dikenakan biaya.

Jika kamu tidak memiliki pulsa untuk menghubungi nomor tersebut, coba saja lewat media sosial, seperti Facebook, Instagram, atau Twitter.

Banyak pengguna Telkomsel yang memanfaatkan media sosial seperti Twitter untuk bertanya kepada admin CS Telkomsel. Mereka biasanya langsung menjawab dan memberikan solusi terhadap kendala yang dialami pelanggan lewat DM Twitter.

Kamu bisa mencoba cara tersebut jika tidak menemukan menu langganan yang ingin dihentikan pada aplikasi atau menu Dial Up. Adapun akun Twitter official Telkomsel adalah @Telkomsel.

Cara Menonaktifkan Langganan RBT Telkomsel

Bagi kamu pengguna Ring Back Tone (RBT) Telkomsel yang ingin menghentikan layanannya supaya pulsa tidak lagi terpotong sendiri, silakan ikuti langkah-langkah unreg RBT Telkomsel berikut:

  • Buka menu pesan di handphone.
  • Ketik format RING (spasi) OFF (spasi) Kode LAGU, lalu kirim ke 1212.
  • Atau kamu juga bisa menggunakan format  RING (spasi) UNSUB (spasi) KODE LAGU.

Jika kamu lupa atau tidak tahu dengan kode lagu RBTnya, maka sebaiknya dibiarkan saja dahulu hingga masa aktifnya selesai. Namun, pastikan bahwa nomor kamu tidak diisi pulsa dahulu supaya tidak tersedot lagi. Sebab, layanan RBT Telkomsel tidak akan otomatis diperpanjang saat tidak ada pulsa.

Beberapa cara menonaktifkan langganan Telkomsel tersebut dapat kamu coba untuk menghentikan paket internet atau layanan lainnya. Bagaimana, apakah kamu sudah mencobanya dan berhasil?

Related posts