Cara Rekber Shopee

Cara Rekber Shopee

Rekber Shopee digadang-gadang menjadi salah satu alternatif aman dan mudah dalam aktivitas berbelanja online. Bagaimana mekanisme dan cara rekber Shopee? berikut informasi selengkapnya.

Cara Rekber Shopee

Cara Rekber Shopee
Cara Rekber Shopee

Sebenarnya cara rekber belum diulas secara detail pada e commerce asal negeri tirai bambu tersebut atau platform lain untuk melakukan transaksi online antara pembeli dengan penjual.

Menurut KBBI, rekening bersama atau rekber adalah rekening yang dibuat atas nama bersama lebih dari satu orang umumnya antara mitra atau partner. Berbekal definisi ini, beberapa e-commerce mengambil istilah serupa.

Konsep rekber tersebut digunakan sebagai salah satu layanan fitur di e-commerce termasuk Shopee dan lainnya.  Konsep ini dihadirkan agar membuat transaksi online yang mudah dan aman bagi pembeli dan penjual.

Sedangkan mekanisme layanan rekening bersama adalah melakukan penyimpanan di pihak ketiga dengan persetujuan pihak pertama dan kedua. Uang tersebut dapat dicairkan apabila mendapat persetujuan dari penyetor sesuai dengan ketentuan dan syarat yang berlaku.

Konsep rekber tidak hanya diadopsi untuk transaksi jual beli online di e-commerce, tapi juga dapat dibuat di bank.

Umumnya, pasangan suami istri menggunakan layanan rekening bersama untuk mencukupi kebutuhan finansial yang membutuhkan persetujuan kedua belah pihak. Misalkan, biaya kesehatan dan pendidikan untuk anak. Pencairan biaya tersebut bisa dilakukan apabila kedua orang tua telah menyetujui.

Sementara itu, rekening bersama dapat dibuat secara mandiri dan memiliki konsep yang tidak jauh berbeda dengan di e-commerce. Rekber juga bisa disebut dengan rekening yang dioperasikan oleh perantara dalam melakukan transaksi belanja online.

Terkait:  Cara Kredit HP di Shopee

Selain itu, di Indonesia umumnya layanan rekening bersama dibuat oleh penyedia jasa perorangan yang tidak memerlukan banyak orang. Nantinya, penyedia jasa tersebut akan mendapatkan keuntungan dari biaya jasa rekber.

Besaran keuntungan dari jasa rekber ini bisa ditentukan dari biaya administrasi yang diterapkan. Misalkan untuk melakukan transaksi sebesar Rp100 ribu hingga Rp500 ribu, biaya administrasinya adalah Rp10 ribu. Sementara itu, untuk transaksi sebesar Rp501 ribu hingga Rp1 juta, biaya administrasinya sebesar Rp20 ribu, dan berlaku kelipatan.

Tata Cara Rekber Shopee

Rekber Shopee adalah jenis rekening bersama yang ditawarkan oleh Shopee kepada pembeli dan penjual yang melakukan transaksi melalui platform Shopee. Cara kerja rekber Shopee dengan platform e-commerce lainnya seperti Tokopedia, Bukalapak, atau lainnya tidak jauh berbeda.

Rekening bersama yang dikelola Shopee digunakan untuk menjadi perantara kebutuhan pembeli dan penjual ketika melakukan transaksi lewat Shopee. Jadi. Ketika pembeli melakukan pembelian ke penjual, maka uang yang ditransfer pembeli akan masuk terlebih dahulu di Shopee. Lalu, setelah produk yang dibeli tersebut telah dikirimkan penjual dan diterima oleh pembeli, maka uang tersebut akan dikirimkan Shopee ke penjual. Adapun tata cara rekber di Shopee adalah sebagai berikut:

Pembeli membayar pesanan

Di Shopee, pembeli merupakan pihak penyetor dan penjual sebagai pihak penerima setoran. Saat melakukan transaksi pembayaran untuk pesanan, pembeli harus menyetorkan sejumlah uang sesuai tagihan ke rekening bersama di Shopee.

Pembayaran berada di Rekber Shopee

Setelah berhasil menyetorkan pembayaran atas transaksi yang dilakukan, uang tersebut akan disimpan oleh Shopee di rekber.

Selanjutnya, rekening bersama akan memberikan konfirmasi kepada penjual bahwa pembayaran telah masuk sehingga penjual bisa segera menyiapkan pesanan pembeli. Setelah pesanan selesai diproses, penjual akan mengirimkan sesuai dengan alamat yang dicantumkan oleh pembeli.

Terkait:  Cara Membuat Harga Coret di Shopee

Dana diterima penjual

Sebelum penjual menerima dana dari pembeli, pesanan tersebut harus dikonfirmasi bahwa telah diterima oleh pembeli tanpa adanya komplain atau masalah. Apabila pembeli telah melakukan konfirmasi pesanan telah diterima, maka rekening bersama akan langsung meneruskan dana ke penjual. Lalu, penjual akan melakukan konfirmasi bahwa dana tersebut telah diterima.

Keuntungan Rekening Bersama

Rekening bersama pada layanan belanja online atau marketplace seperti Shopee ini memiliki banyak kelebihan. Rekening bersama Shopee memberikan rasa aman kepada pembeli atau penjual dalam bertransaksi. Sebab, baik pembeli dan penjual bisa mendapat kepastian terhadap uang dan barang yang dibeli. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa keuntungan dari rekening bersama.

  • Pembeli tidak perlu khawatir bahwa uang yang disetorkan akan hilang tanpa mendapatkan barang sesuai pesanan. Sehingga pembeli bisa merasa aman saat melakukan transaksi pemesanan di Shopee karena dana baru bisa dikirimkan saat penjual melakukan pengiriman pesanan. 
  • Penjual memperoleh kepastian dari pembeli bahwa uang akan diterima setelah pesanan dikirimkan.
  • Rekening bersama merupakan alternatif terbaik yang dianggap aman karena uang dapat dicairkan apabila kedua belah pihak telah menyetujui sehingga meminimalisir tindak kecurangan yang bisa saja dilakukan oleh salah satu pihak.

Cara Menggunakan Rekber Shopee

Lalu, bagaimana cara menggunakan rekber? Setelah mengetahui tentang apa itu rekber, tata cara rekber shopee, hingga keuntungan menggunakannya, berikut cara menggunakan rekening bersama Shopee, antara lain:

  1. Pihak pembeli dan penjual menyepakati jumlah total pembayaran transaksi di Shopee.
  2. Pembeli diminta untuk mentransfer sejumlah total pesanan, biaya jasa kirim (jika ada), dan admin sesuai kesepakatan rekber.
  3. Setelah pembeli mentransfer uang, penjual akan mendapatkan konfirmasi bahwa uang telah ditransfer oleh pembeli ke rekening bersama.
  4. Penjual akan memproses pesanan dan mengirimkan sesuai alamat tujuan.
  5. Jika pesanan telah diterima, pembeli harus segera melakukan konfirmasi bahwa pesanan telah diterima agar dana pada rekber dapat diteruskan ke penjual.
  6. Setelah pembeli melakukan konfirmasi, dana akan secara otomatis dikirimkan ke penjual.
  7. Jasa rekening bersama umumnya memberlakukan biaya admin sesuai dengan nilai transaksi yang telah disepakati.
Terkait:  Cara Membeli Barang di Shopee

Berapa Biaya Admin Rekber Shopee?

Berikut adalah kisaran biaya rekber Shopee:

Transaksi sebesar Rp100 ribu – Rp500 ribu : biaya rekber adalah Rp10 ribu.

Transaksi sebesar Rp501 ribu – Rp1 juta : biaya rekber adalah Rp20 ribu.

Apakah Rekber Shopee Aman?

Untuk transaksi online, fasilitas rekber adalah metode pembayaran yang dapat dijamin keamananya baik untuk pembeli maupun penjual. Kedua belah pihak bisa terhindar dari kerugian apabila menggunakan sistem ini. Pasalnya, ketika penjual tidak mengirimkan pesanan pembeli, maka uang yang telah ditransfer pembeli tidak akan diteruskan ke penjual.

Sedangkan sistem rekber Shopee bisa dijamin keamanannya 100% karena langsung dikelola oleh pihak Shopee. Selain transaksi online di Shopee yang terjamin keamanannya, rekber juga dapat membantu pembeli atau penjual terhindar dari oknum-oknum tidak bertanggung jawab.

Apakah Uang Rekber Dapat Kembali?

Uang dalam rekening bersama dapat dikembalikan apabila pembeli terbukti tidak menerima pesanan dari penjual atau barang yang dikirim tidak sesuai dengan deskripsi produk. Pembeli dapat mengajukan pengembalian dana ke pihak Shopee apabila hal tersebut terjadi.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, dana tidak akan diteruskan ke penjual sebelum pembeli melakukan konfirmasi bahwa ia telah menerima pesanan. Nah, apabila terjadi kesalahan dan pembeli tidak melakukan konfirmasi maka bisa mengajukan pengembalian dana.

Itulah informasi mengenai cara rekber Shopee sebagai metode transaksi belanja online yang aman. 

Similar Posts