Cara Sukses Tanpa Kuliah

Cara Sukses Tanpa Kuliah, Penting dan Wajib Tahu!

PindahLubang.com – Kuliah selalu dijadikan salah satu syarat mutlak untuk memperoleh pekerjaan dan mencapai kesuksesan di masa depan. Padahal, beberapa orang punya kesempatan yang sama untuk menggapai keberhasilan hidup dengan cara sukses tanpa kuliah, lho.

Jangan heran sebagian besar alumni SMA/K hampir sering punya pola pikir kalau seseorang tidak kuliah akan sulit mendapatkan pekerjaan. Kamu sebetulnya tidak diwajibkan melakukannya, di mana peluang sukses tidak hanya ditujukan untuk mereka yang bergelar sarjana saja.

Apakah cara sukses tanpa kuliah bisa dilakukan semua orang? Jawabannya adalah ya! Secara umum seseorang yang berstatus alumni SMA/K saja bisa mencapai kesuksesan hidup di masa depan. Kamu hanya perlu niat dan tekad untuk mewujudkan semuanya.

Jangan pernah malu bahkan berhenti mengembangkan bakat supaya kamu bisa merealisasikan impian tersebut. Namun, apa saja yang harus dilakukan? Kami akan membantu menjawab pertanyaan tersebut sehingga kamu dapat meraih kesuksesan meski tidak mengenyam pendidikan di bangku perkuliahan.

Cara Sukses Tanpa Kuliah

Cara Sukses Tanpa Kuliah
Cara Sukses Tanpa Kuliah

Barangkali kamu sedang membutuhkan informasi seputar cara sukses tanpa kuliah, maka bisa mengetahui jawabannya melalui artikel ini. Kami telah merangkum panduan lengkapnya sehingga kamu tidak perlu minder bahkan malu saat terjun ke dunia kerja.

Jangan mengurungkan niatmu untuk mewujudkan mimpi sebagai orang sukses meski tidak kuliah sekarang. Pasalnya, setiap orang punya kesempatan yang sama supaya bisa mewujudkan keberhasilan hidup di masa depan, terutama kesejahteraan finansial.

Terkait:  Cara Ukur Lingkar Pinggang Sendiri di Rumah, Gampang Lho!

Langkah 1: Membaca Setiap Hari

Cara sukses tanpa kuliah sebenarnya dilakukan dari hal-hal sederhana, lho. Kamu harus membiasakan diri untuk membaca setiap hari. Membaca merupakan jendela dunia yang mana seseorang akan tahu berbagai macam informasi dengan melakukan kebiasaan tersebut.

Kamu tidak selamanya wajib membaca buku-buku tebal. Pasalnya, kamu juga boleh baca buku-buku ringan yang mampu mengasah soft skill, hard skill bahkan mindset. Gunanya agar kamu dapat mengimplementasikan semua informasi yang telah dibaca ke dalam kehidupan sehari-hari.

Langkah 2: Mempelajari Skill Baru

Era informasi dan teknologi seperti sekarang membuat siapa saja bisa mempelajari skill baru melalui internet, lho. Kamu tidak perlu kuliah untuk mendalami bahkan menguasainya, sedangkan sebagian besar orang sukses yang tidak kuliah mempelajarinya secara otodidak.

Kamu bisa fokus terhadap satu skill tertentu atau mempelajari beberapa keterampilan sekaligus. Meski begitu, semuanya tergantung pada dirimu sendiri. Kamu juga perlu memahami dan mengasah soft skill seperti problem solving, networking, leadership sampai kemampuan bernegosiasi.

Langkah 3: Mengambil Sertifikasi

Kamu tidak selalu mengandalkan internet untuk mengasah hard skill atau soft skill, lho. Kamu juga bisa mempelajari sebuah ilmu pengetahuan tanpa kuliah dengan mengambil sertifikasi seperti sertifikasi Microsoft, sertifikasi Adobe sampai sertifikasi project management.

Langkah ini dilakukan supaya kamu bisa memverifikasi keterampilanmu untuk bidang tertentu dengan mengikuti tes-tes tersebut. Jika kamu dinyatakan lulus ujian, maka bisa mencantumkan sertifikasi tersebut ke dalam CV sampai media sosial untuk meningkatkan potensi agar dapat diterima bekerja.

Langkah 4: Mengikuti Kursus Online

Cara sukses tanpa kuliah selanjutnya adalah mengikuti kursus atau pelatihan online. Kini, beberapa lembaga tertentu telah menyediakan layanan kursus online untuk menambah skill atau pengetahuan kamu, lho.

Terkait:  Cara Menabung Emas di Pegadaian

Apabila kamu sudah dinyatakan lulus dengan nilai memuaskan, jangan lupa cantumkan informasi tersebut ke dalam CV. Gunanya supaya kamu bisa menarik perhatian calon klien atau perusahaan tempat bekerja nanti. Kamu mungkin boleh mencoba kursus online untuk menambah jaringan seperti desain grafis sampai bahasa asing.

Langkah 5: Menjalani Magang

Kalian juga perlu meningkatkan kredibilitas dengan mengikuti magang. Kegiatan ini dilakukan agar kamu dapat menambah pengalaman dalam dunia kerja, sedangkan beberapa perusahaan bahkan tidak segan memberikan intensif untuk memenuhi kebutuhanmu.

Kamu tidak perlu repot mencari beberapa perusahaan yang membuka lowongan magang. Pasalnya, sebagian besar portal lowongan kerja seperti JobStreet, Glints sampai LinkedIn bisa diandalkan untuk membantumu menemukan perusahaan tersebut.

Langkah 6: Menambah Relasi

Walaupun kamu bukan bergelar sarjana, tapi cara sukses tanpa kuliah yang harus dilakukan adalah menambah relasi atau koneksi. Kamu bisa memperbanyak koneksi melalui media sosial seperti Facebook, Instagram dan LinkedIn.

Siapa sangka kalau pemakaian akun-akun tersebut punya andil cukup besar untuk keberhasilan karirmu di masa depan, lho. Kamu bisa bergabung dengan komunitas sesuai dengan minatmu. Apalagi kalau followers kamu banyak, tidak mustahil perusahaan tertentu akan stalking profil media sosialmu, lho.

Langkah 7: Mengikuti Kegiatan Amal

Jangan pernah menyepelekan kegiatan amal seperti volunteer. Siapa sangka kalau aktivitas tersebut juga bisa dicantumkan pada CV kamu, lho. Kamu boleh sekali mencantumkan pengalaman sebagai sukarelawan untuk kegiatan tertentu.

Kamu bukan sekadar belajar banyak hal baru tanpa kuliah, namun juga bisa menebar kebaikan dan hal-hal positif menjadi seorang volunteer. Jangan ragu bahkan enggan melakukan aktivitas tersebut bersama organisasi atau perusahaan tertentu demi membantu sesama.

Terkait:  Cara Broadcast WhatsApp Tanpa Save Nomor dengan Ekstensi Chrome

Langkah 8: Mencari Pekerjaan Tertentu

Bekerja memang dibutuhkan dan diidamkan semua orang, apalagi kalau pekerjaan tersebut sesuai dengan passion kamu. Meski begitu, beberapa perusahaan agak sedikit mengencangkan aturan untuk calon karyawannya di mana mereka paling tidak bergelar sarjana.

Kamu tidak boleh berkecil hati begitu saja, di mana sebagian besar perusahaan lain justru menyediakan kesempatan untuk para lulusan SMA/K supaya bisa bergabung dengan mereka. Kamu bisa mengasah kemampuanmu sambil menambah pengalaman sekaligus kawan baru di sana.

Langkah 9: Memberanikan Diri untuk Risiko

Siapa saja tidak akan pernah menjalani kehidupannya dengan mulus dan tenang begitu saja. Kamu juga perlu memberanikan diri untuk mengambil risiko atas segala sesuatu yang terjadi dalam hidupmu nanti.

Apabila kamu bukan lulusan sarjana, buktikan kepada semua orang bahwa kamu lebih baik dibandingkan saudara bahkan teman yang bergelar sarjana. Kamu harus selalu siap dengan segala risiko yang mungkin terjadi di kemudian hari. Gunanya agar kamu dapat menambah pengalaman dan meningkatkan potensi untuk sukses kelak.

Langkah 10: Mempunyai Banyak Tujuan

Kesuksesan memang menjadi impian semua orang, sedangkan kamu tidak boleh berpacu terhadap satu tujuan dan keberhasilan saja. Contohnya adalah kamu bermimpi menjadi seorang pebisnis kuliner sukses. Jika berhasil bahkan melampaui target, sebaiknya gapai mimpi lain yang lebih tinggi.

Jangan sampai kamu terlena dengan sumber kekayaan dari satu mimpi saja. Kamu perlu mengasah kemampuan lagi supaya bisa mencapai mimpi-mimpi lainnya dan membuktikan bahwa kamu lebih baik dan mampu menginspirasi banyak orang.

Langkah 11: Melakukan Ibadah dan Bersyukur

Cara sukses tanpa kuliah terakhir yang tidak boleh diabaikan adalah melakukan ibadah sesuai dengan agama masing-masing. Pasalnya, Tuhan adalah sosok utama yang menentukan keberhasilanmu di masa depan.

Kamu sendiri tidak boleh lupa untuk bersyukur atas segala sesuatu yang terjadi dalam hidup, apalagi sampai impianmu terwujud. Di samping itu, mintalah doa restu kepada orang tua agar kamu dapat mewujudkan mimpi sebagai orang sukses di kemudian hari meski tidak kuliah sama sekali.

Demikian informasi seputar cara sukses tanpa kuliah yang bisa dilakukan semua orang. Semoga bermanfaat!

Similar Posts