Cara Setting 4G Only Oppo

Ngomongin tentang cara setting 4g only oppo, tentunya hal ini sudah bukan lagi menjadi hal asing ditelinga pengguna smartphone, terlebih pada merk Oppo. Sebagaimana kita tau, ponsel pintar satu ini memang cukup banyak digunakan masyarakat Indonesia, untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Terlebih ketika adanya jaringan mobile data atau SIM Card yang sudah support dengan jaringan internet 4G, membuat para pengguna smartphone bisa lebih mudah dalam mengakses internet melalui ponsel pintar mereka untuk segala kebutuhan.

Read More

Jaringan 4G memang saat ini menjadi hal yang cukup penting untuk pengguna smartphone. Di mana dengan adanya jaringan 4G pada SIM Card dan ponsel mereka juga sudah support dengan jaringan 4G, maka kebutuhan internet di smartphone akan jauh lebih mudah.

Apalagi tak bisa dipungkiri memang, untuk saat ini sendiri banyak sekali para pengguna smartphone terutama oppo yang menggunakan ponsel pintar mereka untuk bermain game online, ataupun sekedar streaming youtube atau juga scroll tiktok.

Namun kembali lagi, masalah yang kerap terjadi pada pengguna smartphone dengan jaringan 4G adalah kerap merasakan lemot ataupun lag di suatu kondisi. Alhasil, semua kegiatan yang mereka lakukan akan terhambat akibat jaringan atau sinyal yang buruk.

Dan jika hal ini terjadi, maka ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Mulai dari melakukan restart perangkat, mengatur ulang jaingan SIM Card kamu, atau menggunakan WiFi atau mencari lokasi yang mendapat jangkauan sinyal 4G yang cukup memadai.

Tentunya beberapa cara ini memang kerap menjadi solusi untuk masalah jaringan yang dialami pengguna terutama pengguna smartphone Oppo. Dal salah satu cara yang paling sering digunakan, adalah dengan mengatur ulang jaringan 4G mereka, ke 4G Only.

Buat yang belum tau, mode jaringan 4Gg only ini cukup baik digunakan untuk kamu yang mengalami masalah lag atau lemot pada jaringan internet. Karena, dengan pengguna melakukan pengaturan jaringan ke 4G only, maka seluruh jaringan yang masuk hanya diperuntukkan ke internet saja.

Terkait: Cara Mengunci Jaringan 4G Oppo

Nah soal kekurangan dari 4G Only ini ialah, kemungkinan pengguna tidak dapat melakukan panggilan suara melalui pulsa, untuk menelpon pengguna lain yang ada di daftar kontaknya. Namun, untuk panggilan yang menggunakan jaringan internet seperti whatsapp, telegram, line, dll, masih bisa berjalan dengan baik.

Tentunya hal ini bisa menjadi solusi terbaik untuk kamu yang mungkin saja menggunakan smartphone hanya untuk bermain game saja, tanpa melakukan panggilan menggunakan pulsa, karena sebagai gantinya, kamu masih bisa menggunakan whatsapp untuk tetap berkomunikasi dengan pengguna di daftar kontak kamu tanpa gangguan.

Cara Setting 4G Only Oppo

Cara Setting 4G Only Oppo
Cara Setting 4G Only Oppo

Tapi sayangnya tidak semua pengguna oppo mengerti betul soal cara setting 4g only oppo mereka, karena memang pada pengaturan default atau bawaan, mode jaringan yang digunakan adalah default untuk melakukan panggilan telpon menggunakan pulsa, dan juga tetap terhubung dengan jaringan internet dengan baik.

Tapi gak masalah kok, kalau memang kamu belum tau perihal cara setting mode 4g only di ponsel oppo, berikut ini mimin sudah siapkan beberapa cara mudah yang bisa kamu gunakan untuk melakukan lock pada jaringan 4G only, khususnya di ponsel Oppo, seperti

Cara 1: Masuk ke Network Mode

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah kamu bisa masuk kedalam network mode dengan beberapa cara mudah. Di sini, kamu bisa menggunakan kode rahasia atau kode panggilan di nomor#*#*4636#*#* yang bisa kamu akses dari aplikasi panggilan atau telpon.

Terkait: Cara Update Versi Android Oppo

Karena secara otomatis, setelah kamu mengakses kode tesebut, kamu akan langsung di arahkan ke laman network mode. Namun perlu untuk diperhatikan ya, jika mungkin ada beberapa jenis atau tipe dari ponsel oppo yang tidak support dengan kode di atas.

Nah, kalau mungkin kamu tidak bisa mengakses atau masuk ke network mode, kamu bisa mendownload aplikasi network mode, untuk bisa langsung di arahkan ke laman netowork mode. Kamu bisa menemukan aplikasinya di Google Play Store.

Cara 2: Pilih Phone Index

Setelah di arahkan ke network mode, kamu bisa langsung memperhatikan pada phone index. Nah, phone index ini merupakan pilihan SIM Card yang hendak kamu ubah jaringannya. Biasanya, pengaturan ini harus diperhatikan untuk kamu yangmenggunakan 2 SIMpada satu perangkat Oppo.

Pilihan yang tesedia sendiri memiliki runtuan opsi seperti berikut

  • Phone 0 – SIM 1
  • Phone 1 – SIM 2

Jadi pastikan dulu kamu sudah mengetahui betul di mana SIM Card kamu berada (jika menggunakan 2 SIM)

Cara 3: Ganti Preffered Network Type

Setelah itu, kamu bisa langsung menscroll sedikit ke bagian bawah, sampai kamu menemukan opsiPrefferen Network Type. Biasanya, untuk pilihan dari prefferen network type ini, kamu bisa memilih beragam jenis ataupun mode dari jaringan yang tersedia.

Namun karena di sini kita hendak melakukan lock pada jaringan 4G Only, kamu bisa mengganti preffered network type-nya denganLTE Only

Tunggu beberapa saat, dan nantinya sinyalmu akan hilang dalam beberapa detik, dan kemudian muncul lagi (refresh)

Cara 4: Update APN Mobile Data

Terakhir, setelah proses pengubahan preffered network type sudah berhasil dilakukan, maka langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah mengganti APN atau Access Point Name dari SIM Card yang sudah kamu ubah jaringannya tadi.

Terkait: Cara Membersihkan Ruang Penyimpanan

Kamu bisa masuk ke bagianPengaturan > Netowrk > SIM > APN SIlakan sesuaikan atau atur APN yang memang support atau digunakan pengguna SIM Card untuk mendapatkan jaringan 4G yang lebih baik.

Setelah selesai melakukan pengaturan APN, kamu bisa melakukan restart pada perangkat, untuk sistem menyesuaikan pengaturan yang sudah kamu lakukan tadi.

Cara Setting 4G Only Oppo lewat Pengaturan

Selain meggunakan beberaepa langkah atau cara di atas, kamu juga bisa kok menggunakan cara lain yang juga tak kalah mudah, yakni lewat pengaturan.

Mimin pribadi menaruh cara kedua ini di bagian paling akhir, sebab tidak semua ponsel atau smartphone Oppo mungkin sudah support dengan cara ini. Namun jika belum, kamu bisa menggunakan cara pertama tadi.

  1. Masuk ke bagianpengaturanatausettings
  2. Setelah itu kamu bisa langsung masuk ke bagiannetwork ataujaringan
  3. Jika kamu menggunakan 2 SIM, silakan pilih pada SIM Card mana yang kamu gunakan sebagai jaringan atau mobile data internet
  4. Setelah itu, kamu bisa scroll ke bagian agak bawah, lalu cari menupreffered/network type
  5. Klik pada pilihan tersebut, lalu cari opsi jaringanLTE Only atau4G Only
  6. Terakhir, lakukan pengaturan ulang APN, untuk menyesuaikan jaringan ulang.

Sama seperti cara pertama, untuk pilihan dari networknya sendiri, mungkin kamu akan menemukan hasil yang berbeda, ada yang menunjukkan pilihan LTE Only, ada juga yang 4G Only dan lain sebagainya.

Walaupun begitu, cara setting 4g only oppo di atas bisa kamu coba dan lakukan untuk mendapatkan jaringan internet ataupun jaringan 4g yang lebih stabil dan lancar. Silakan disesuaikan dengan cara yang menurutmu paling mudah, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Related posts