Cara Jailbreak iPhone

Cara Jailbreak iPhone

Sedang mencari informasi bagaimana cara jailbreak perangkat iPhone? Bagaimana cara jailbreak iPhone ios 15, iPhone 11, iphone 7 plus, iPhone 11 Pro Max hingga jailbreak iphone di windows? Yuk, cari tahu ulasan selengkapnya di sini.

Cara Jailbreak iPhone
Cara Jailbreak iPhone

Apa Itu Jailbreak iPhone

Sebelum mengulas tuntas cara mudah jailbreak perangkat iPhone berbagai tipe, mungkin sebagian dari kamu belum tahu apa itu jailbreak. Mirip dengan proses rooting di perangkat Android, jailbreak pada iPhone berarti kamu membebaskannya dari batasan yang diatur oleh Apple.

Dengan melakukan jailbreak, pengguna dapat leluasa mengaktifkan berbagai fitur atau aplikasi yang sebelumnya dibatasi oleh pihak Apple. Melakukan jailbreak juga memungkinkan penggunanya untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga dari file APK dibandingkan harus mengunduhnya dari App Store.

Meski cukup mirip, jailbreak dan rooting adalah dua hal yang berbeda. Selain berbeda pada hal platform, melakukan jailbreak hanya bisa digunakan untuk membuka akses ke sistem dalam perangkat secara terbatas. Sedangkan rooting dapat membuka akses secara penuh ke dalam sistem.

Hal tersebut dikarenakan sistem operasi iOS berbeda dengan Android karena bersifat close source (platform tertutup) dimana sumber-sumber yang ada di dalamnya tidak dapat diakses secara bebas oleh sembarang orang. Tapi menariknya, jailbreak perangkat iOS ini adalah hal yang legal di beberapa wilayah, seperti di USA.

Jenis Jailbreak

Terdapat dua jenis jailbreak yang umumnya digunakan oleh pengguna iOS untuk membuka batasan akses ke sejumlah fitur pada sistem operasinya, yaitu:

1. Jailbreak Tethered

Ini merupakan proses jailbreak yang memerlukan perangkat komputer MAC atau PC yang telah dipasang aplikasi redsnow di dalamnya. Akan tetapi, cara jailbreak ini menurut beberapa orang agak ribet.

Terkait:  Cara Merekam Layar iPhone

2. Jailbreak Untethered

Sementara itu, jailbreak untethered adalah proses jailbreak yang tidak memerlukan perangkat komputer untuk menghidupkan iOS. Itulah mengapa cara satu ini lebih banyak digunakan oleh pengguna iPhone.

Cara Jailbreak iPhone

Setelah mengerti mengenai apa itu jailbreak, lalu bagaimana cara melakukannya? Nah, cara jailbreak iPhone ini lumayan mudah dilakukan sehingga tidak memerlukan jasa khusus yang mematok tarif tinggi.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Untuk Melakukan Jailbreak iPhone

Sebelum melakukan cara jailbreak ini, ada beberapa hal yang perlu kamu pahami dan perhatikan, antara lain:

  1. Cara jailbreak dengan checkra1n hanya bisa dilakukan pada 64-bit Chipset A5 – A11, yaitu perangkat iPhone 5S hingga iPhone X.
  2. Perangkat lain yang dibutuhkan untuk melakukan cara ini adalah MacOS atau Linux. Kamu juga bisa menggunakan Hackintosh dan Bootable Usb Bootrain (Windows).
  3. Tools jailbreak checkra1n adalah Semi-Tethered sehingga membutuhkan PC kembali untuk melakukan jailbreak ulang saat restart atau mematikan iPhone.
  4. Pastikan bahwa perangkat yang ingin di-jailbreak memiliki iOS minimal 12.0 atau lebih baru.
  5. Pada saat tulisan ini dibuat, iPhone 5s, 6, 6 plus support Jailbreak iOS 12.0 hingga 12.5.4
  6. Sedangkan iPhone 7, 7 Plus mendukung jailbreak iOS 12.0 hingga 14.8.
  7. Untuk iPhone 8, 8 Plus, X mendukung jailbreak iOS 12.0 hingga 14.8. Namun, ada syarat yang harus dilakukan jika untuk versi iPhone ini, yaitu mematikan passcode atau faceid apabila versi nya iOS 14 dan centang fitur “Skip A11 BPR check” pada in the options.

Disclaimer: semua resiko yang akan dialami pengguna diluar tanggung jawab kami, seperti apabila terjadi kerusakan atau kesalahan pengguna dalam mengikuti tutorial ini. Sebab, cara ini menggunakan pihak ketiga dan bukan fitur bawaan iPhone.

Terkait:  Cara Nonton Drakor di Telegram iPhone

Selain itu, sebelum melakukan jailbreak, pastikan bahwa kamu telah backup iPhone sebagai antisipasi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Cara Jailbreak iPhone (iOS 12 – 14) dengan Checkra1n

Apabila kamu sudah mengerti apa saja hal yang perlu diperhatikan dan syarat untuk melakukan jailbreak iPhone dengan checkra1n, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama, hubungkan iPhone ke perangkat Mac dengan kabel Lightning, kemudian klik percaya pada iPhone saat diminta.
  • Selanjutnya, download aplikasi checkra1n lewat situs resmi chekra1n.in. Hindari mengunduh aplikasi ini pada situs lain untuk menghindari adanya malware.
  • Setelah berhasil terunduh, klik file .dmg yang barusan kamu download sebanyak dua kali. Kemudian, masukkan checkra1n ke dalam folder aplikasi Mac milikmu.
  • Buka folder tersebut dan langsung buka aplikasi checkra1n.
  • Setelah aplikasi checkra1n berhasil terbuka, secara otomatis akan mendeteksi perangkat iPhone dan versi sistem operasi iOS yang digunakan. Lalu, kamu klik tombol Start.
  • Pada layar akan muncul permintaan izin akses aplikasi checkra1n untuk membuat perangkat iPhone ke Mode Recovery. Lalu, klik opsi Next.
  • Setelah itu, klik Start pada halaman yang menginstruksikan untuk masuk ke mode DFU.
  • Pada perangkat iPhone X, masuk ke mode DFU bisa dilakukan dengan cara menekan tombol power dan tombol volume bawah sekaligus selama 4 detik. Kemudian, lepaskan tombol power tapi dengan tetap menekan tombol volume bawah hingga muncul notifikasi bahwa perangkat telah masuk ke mode DFU.
  • Apabila sudah masuk ke mode DFU, aplikasi checkra1n akan memulai proses eksploitasi dan jailbreak perangkat iPhone milikmu.
  • Kini, pada layar iPhone akan ditampilkan boot verbose bertema checkra1n.
  • Jangan lepaskan kabel sebelum proses jailbreak iPhone berhasil.
  • Setelah itu, klik tombol Done untuk menghentikan aplikasi chekra1n.
  • Berikutnya, silakan lepaskan kabel dari iphone, lalu akses layar utama.
  • Di sana akan ada tambahan aplikasi checkrain dari proses jailbreak yang tadi dilakukan.
  • Buka aplikasi checkrain, lalu pilih menu Cydia, dan instal Cydia.
  • Proses selanjutnya adalah aplikasi checkra1n akan mendownload sistem dasar Cydia dan menginstalnya.
Terkait:  Cara Restore iPhone: Via iTunes dan iCloud (Tested!)

Setelah berhasil terinstal, aplikasi akan ditutup dan pada layar utama iPhone akan muncul aplikasi Cydia. Dengan begitu, proses jailbreak telah selesai.

Cara Mudah Jailbreak iPhone

Selain cara di atas, kamu juga bisa mencoba cara mudah berikut tapi pastikan kamu telah memperbaharui perangkat iPhone milikmu ke versi iOS terbaru. Cara berikut adalah dengan menggunakan aplikasi Cydia Impactor. Berikut ini langkah-langkah selengkapnya:

  • Pertama adalah download Unc0ver 6.0.x IPA terbaru terlebih dahulu.
  • Kemudian, download Cydia Impactor supaya bisa memindahkan Unc0ver IPA ke perangkat kamu. Aplikasi ini bisa kamu unduh pada Mac atau PC Windows melalui situs cydiaimpactor.com.
  • Selanjutnya, instal iTunes dan iCloud versi terbaru untuk Windows dan Mac.
  • Pastikan bahwa fitur Temukan iPhone Saya sudah dinonaktifkan. Selain itu, pastikan juga tidak ada pembaruan OTA yang sedang menunggu untuk di-instal dan nonaktifkan kode sandi perangkat.
  • Aktifkan mode pesawat, lalu sambungkan iPhone ke PC atau Mac
  • Setelah itu, buka Cydia Impactor yang telah diinstal pada PC dan gunakan perangkat lunak untuk membuat Unc0ver IPA pada perangkat milikmu.
  • Buka Pengaturan, klik Umum, dan pilih Profil. (Pastikan juga profil Unc0ver sudah diidentifikasi terpercaya oleh iOS).
  • Luncurkan aplikasi umc0ver dari layar beranda perangkat milikmu.
  • Pilih tombol Jailbreak, lalu tunggu hingga proses berhasil.

Apabila proses jailbreak telah berhasil, akan muncul pop up notifikasi jailbreak complete, lalu ikon Cydia akan muncul pada layar.

Demikian tutorial lengkap cara jailbreak iPhone semua tipe. Semoga bermanfaat!

Similar Posts