Cara Record Telp di iPhone

Bagaimana cara record telp di iPhone? Selaku pengguna ponsel, mungkin kita pernah menggunakan gawai cerdas ini untuk menjalin komunikasi ke antar pengguna lewat beragam cara.

Mulai dari melakukan panggilan dengan menggunakan aplikasi chat seperti Whatsapp, Telegram, atau bahkan panggilan suara biasa dengan menggunakan pulsa atau telpon.

Read More

Hal ini memang menjadi salah satu cara berkomunikasi yang kerap dilakukan melalui jarak jauh tanpa harus bertemu dengan orang secara langsung.

Cara ini juga menjadi salah satu penghubung silaturahmi antar orang satu dengan orang lainnya agar memudahkan mereka.

Nah, membicarakan tentang hal ini tentunya kita pernah berpikiran untuk merekam percakapan telpon yang dilakukan. Biasanya, cara ini juga sering digunakan para pihak perusahaan untuk memenuhi kebutuhan dokumentasi mereka.

Bukan tanpa alasan, sebab panggilan telpon ini memang menjadi salah satu transkip yang memang agak sulit untuk di dokumentasikan secara tertulis. Belum lagi, kadang kita mengalami susah sinyal sehingga sulit untuk mendengarkan apa yang dibicarakan.

Itulah mengapa, banyak sekali para pengguna ponsel atau pihak pihak yang mungkin menelpon pengguna lain dan meminta izin jika mereka ingin merekam pembicaraan telpon yang dilakukan.

Hal ini juga tak lepas dari bagaimana mereka menjaga privasi para pengguna yang mereka telpon, agar tak terganggu. Karena memang tak semua orang mengizinkan jika percakapan mereka di rekam untuk alasan tersendiri.

Walaupun demikian, untuk beberapa hal atau kondisi mungkin kita harus merekam percakapan telpon secara diam diam atau tanpa meminta izin. Biasanya, hal ini karena pengguna ingin mendapatkan dokumentasi atau mengetahui apa saja yang dibicarakan sebagai barang bukti, misalnya ketika mereka di telpon oleh penipu dan bisa membawa rekaman tersebut sebagai bukti yang valid.

Daftar Isi

Terkait:  Cara Merekam Percakapan Telepon di iPhone

Cara Record Telp di iPhone

Cara Record Telp di iPhone
Cara Record Telp di iPhone

Itulah mengapa, penting sekali untuk kita bisa mengetahui cara recod telp di iPhone yang mungkin saja bisa menjadi salah satu cara untuk kamu yang mungkin tak sengaja di telpon oleh orang iseng atau penipu, dan kamu bisa melaporkannya dengan memiliki rekaman panggilan telpon tersebut.

Untuk itu, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk merekam percakapan telpon pada perangkat iPhone terutama, seperti

Cara Record Telp di iPhone lewat Aplikasi Call Recording

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi call recording. Cara ini memang menjadi alternatif untuk para pengguna iPhone yang mungkin bingung untuk menggunakan aplikasi apa yang bisa digunakan dalam merekam percakapan telpon di iPhone.

Selain itu, cara penggunaannya juga mudah banget kok.

  1. Kamu bisa membuka layanan aplikasi App Store di iPhone kalian
  2. Setelah itu kamu bisa men-tap pada kolom pencarian dan ketikkan kata kunci Call Recording
  3. Mungkin kamu akan menemukan banyak sekali aplikasi Call Recording, namun di sini kamu bisa memilih aplikasi yang memiliki icon mirip dengan huruf A
  4. Jika sudah, langsung saja klik pada tombol GET untuk memulai proses pengunduhan aplikasi
  5. Setelah proses pengunduhan aplikasi, tombol GET tadi akan berubah menjadi OPEN
  6. Klik saja pada tombol OPEN tersebut untuk membuka aplikasi Call Recording
  7. Setelah itu kamu bisa memberikan semua perizinan yang muncul (jika ada) dan klik saja pada izinkan
  8. Kemudian kamu bisa langsung membuka aplikasi telpon dan menelpon orang yang ingin kamu rekam percakapan telponnya.

Ketika proses perekaman percakapan selesai, kamu bisa langsung mengklik pada tombol STOP di aplikasi Call Recording dan secara otomatis percakapan kamu akan tersimpan di file manager dari iPhone yang bisa kamu akses dari aplikasi Files ataupun iTunes kalian masing-masing. Dan kamu bisa memutar rekaman tersebut atau membagikannya ke pengguna iPhone lain melalui Air Drop.

Terkait:  Cara Pindah Kotak Android ke iPhone

Cara Record Telp di iPhone lewat Perangkat Lain

Kemudian untuk cara yang kedua kamu juga bisa menggunakan bantuan dari perangkat lain yang mana cara ini kerap digunakan jika kamu memiliki 2 perangkat. Kamu bisa menggunakan iPhone atau android untuk merekam pembicaraan melalui aplikasi sound recording.

Cara ini memang terbilang cukup jadul, namun karena saat ini smartphone sudah memiliki aplikasi camera, kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk merekam ponsel yang menerima telpon atau panggilan, dengan melakukan loudspeaker pada telpon agar bisa di rekam suaranya meallui video.

Dari sini, kamu tak hanya mendapatkan rekaman suara dari telpon yang kamu lakukan saja, tapi juga kamu juga merekam apa saja yang dibicarakan dan bisa terlihat dalam bentuk video, yang bisa menjadi bukti cukup valid.

Cara Record Telp di iPhone lewat Call Recorder Bawaan

Kemudian untuk cara yang ketiga, kamu bisa menggunakan bantuan dari aplikasi Call Recorder bawaan dari iPhone. Fitur ini sendiri memang sudah cukup lama dikembangkan oleh pihak Apple untuk beberapa versi terbaru dari iPhone yang dipasarkan saat ini.

Cara penggunaannya juga mudah banget kok.

  1. Kamu bisa membuka aplikasi telpon dan kemudian menelpon pengguna yang ingin kamu rekam percakapannya
  2. kemudian, kamu bisa menunggu sampai panggilan tersebut terhubung
  3. Jika sudah terhubung, kamu bisa melihat pada layar iPhone atau layar panggilan kalian
  4. Akan muncul icon record berwarna bulat merah
  5. Klik pada icon tersebut, untuk merekam percakapan telpon yang kalian lakukan
  6. Dan jika sudah selsai, kamu bisa klik lagi pada icon reccord tadi untuk menyetop atau menyelesaikan proses rekaman panggilan telpon
  7. Selesai, kamu bisa langsung mengecek pada file manager di iPhone ataupun iTunes untuk mendengarkan rekaman percakapan kalian.
Terkait:  Cara Memindahkan Kontak iPhone ke iPhone

Tapi perlu diingat ya, walaupun fitur call recorder ini memang menjadi salah satu fitur bawaan dari ponsel iPhone, namun fitur ini masih terbatas untuk beberapa versi iPhone maupun iOS yang ada. Jadi, pastikan dulu jika ponsel iPhone kamu sudah paling update, dan memiliki fitur call recording bawaan.

Cara Record Telp di iPhone lewat Screen Record iPhone

Kemudian untuk cara yang terakhir, kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi atau fitur dari Screen Recorder bawaan iPhone. Cara ini cukup mirip dengan kamu menggunakan perangakt lain untuk merekam percakapan, hanya saja kamu di sini akan merekam layar iPhone kalian masing masing.

Cara penggunananya juga gampang banget kok.

  1. Silakan buka aplikasi screen recorder bawaan iPhone dengan cara swipe up dari bawah untuk mengaksess quick control lalu cari screen record
  2. Setelah itu, tap pada icon screen record untuk memulai perekaman layar
  3. Kemudian kamu bisa membuka apliaksi telpon atau call, untuk memulai telpon yang akan di rekam
  4. Setelah itu kamu tinggal menunggu sampai panggilanmu terhubung
  5. Apabila panggilanmu sudah terhubung, screen record akan merekam aktivitas pangggilan kamu yang akan di ekspor atau save dalam bentuk video yang bisa kamu lihat di gallery

Sama seperti cara sebelumnya, fitur perekaman layar baawaan dari iPhone ini baru support pada versi iPhone 5 keatas. Jadi, pastikan dulu kamu sudah mengupdate versi iOS dan juga menggunakan versi terbaru dari iPhone ya.

Nah, itulah tadi beberapa cara record telp di iPhone yang bisa kamu coba. Silakan sesuaikan dengan cara yang menurutmu paling mudah, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Rate this post

Related posts