Cara Melacak iPhone yang Offline

Cara Melacak iPhone yang Offline atau Mati dengan Mudah

PindahLubang.com | Kalau iPhone kamu hilang dalam kondisi mati (offline), biasanya aplikasi Find My iPhone akan sulit mendeteksinya. Akan tetapi, kamu sekarang bisa mencoba cara melacak iPhone yang offline untuk mengetahui keberadaannya.

Beberapa orang akan selalu mengira kalau iPhone hilang dalam kondisi mati, apalagi benar-benar tidak bisa dihidupkan akan menyulitkan proses pencariannya.

Padahal, kamu sebenarnya bisa mencari sekaligus menemukannya untuk mengamankan semua data penting yang tersimpan di dalamnya.

Jika kamu mengalami situasi tersebut, jangan panik dan sebaiknya ketahui cara melacak iPhone yang hilang untuk menemukannya. iPhone semua seri atau tipe bisa ditemukan meski perangkatnya dalam keadaan mati. Kamu tidak perlu khawatir bahkan takut ketika perangkat hilang dan sulit diakses atau dihubungi.

Selain itu, siapapun bisa melakukannya dengan memanfaatkan Mode Hilang sekaligus Notify Me When You Found (beritahu aku ketika kamu ditemukan). Layanannya berguna untuk memberitahumu kalau perangkat bisa ditemukan dalam kondisi apapun.

Apa yang Harus Dilakukan Saat iPhone Hilang?

Kamu bisa melakukan berbagai macam langkah sederhana untuk menemukan iPhone yang hilang dalam kondisi mati total. Walaupun sepele, tapi ternyata hal-hal tersebut memudahkanmu saat melacaknya. Simak hal-hal penting yang wajib kamu lakukan sebagai berikut:

  • Hapus Data di Memori Internal
    Kamu harus menghapus semua data pada memori internal perangkat supaya tidak bisa diakses dan digunakan oleh orang tak bertanggungjawab. Jika semua datanya sudah dihapus, biasanya informasi tentang kartu kredit sampai Apple Pay pun bakal terhapus secara otomatis.Kamu sendiri tidak perlu menggunakan layanan Find My iPhone untuk melacak perangkatnya. Selain itu, kunci perangkat pun bakal langsung dimatikan. Langkah ini sangat wajib dilakukan kalau iPhone kamu menyimpan data-data penting dan rahasia.
  • Lapor ke Pihak Berwajib
    Jika kamu sudah tidak tahu langkah selanjutnya yang wajib dilakukan, sebaiknya melapor sekaligus meminta bantuan kepada pihak berwajib. Selain itu, kamu bisa melaporkan masalah ini ke pihak operator seluler sesudah mendapat surat keterangan dari kepolisian.Jika laporan sudah diterima, pihak provider akan langsung memblokir nomor ponselmu. Maka dari itu, kamu akan terhindar dari segalanya yang merugikan dirimu sendiri atau orang lain, apalagi kalau nomor telepon dipakai orang tidak dikenal.
  • Aktifkan Fitur Lost Mode
    Mode Hilang atau Lost Mode perlu diaktifkan untuk memudahkanmu saat melacak dan mencari iPhone yang hilang, khususnya dalam keadaan mati. Layar iPhone biasanya akan menampilkan informasi nomor ponsel pemiliknya, sehingga orang yang menemukannya dapat menghubungimu langsung.Jika iPhone kamu sudah tersambung dengan kartu debit, kartu kredit bahkan Apple Pay tentu saja akan ditangguhkan secara otomatis. Gunanya agar tidak dapat terjadi transaksi diluar sepengetahuanmu sebagai pemiliknya.
Terkait:  Cara Cek 3uTools iPhone, Ketahui Keaslian Ponselmu

Cara Melacak iPhone yang Offline

Cara Melacak iPhone yang Offline
Cara Melacak iPhone yang Offline

Secara umum cara melacak iPhone yang hilang adalah suatu hal sederhana dan bisa dilakukan lebih mudah. Jangan khawatir bahkan takut kalau perangkat tiba-tiba sulit ditemukan dalam kondisi mati total, di mana kamu bisa menggunakan layanan bawaan iPhone dengan praktis.

iPhone memiliki beragam fitur canggih yang dapat dimanfaatkan oleh penggunanya. Selain itu, semuanya bakal memudahkanmu dalam mencari dan menemukannya kalau benar-benar hilang dan cukup sulit dilacak dari jarak dekat atau jauh sekalipun.

Cara Melacak iPhone yang Offline Lewat Google Maps

Google Maps bukan sekadar diakses untuk memudahkanmu dalam mencari lokasi tujuan ketika sedang dalam perjalanan. Pasalnya, aplikasi besutan Google ini bisa digunakan saat kamu sedang mencari iPhone yang hilang.

Fitur Location History alias riwayat lokasi nya perlu dimanfaatkan agar proses pencariannya dapat berjalan dengan lancar. Jika kamu belum tahu cara melacak iPhone yang Offline menggunakan Google Maps, sebaiknya ikuti langkah-langkah mudahnya di bawah ini:

  • Aktifkan Google Maps melalui perangkat atau smartphone lain.
  • Klik Menu.
  • Pilih menu Pengaturan atau Setting.
  • Klik Riwayat Lokasi atau Location History.
  • Terakhir, pilih menu Aktifkan Perangkat atau Enable the Device untuk memulai proses pencarian iPhone yang offline atau mati.

Jika kamu ingin tahu cara cek Location History melalui Google Maps kalau panduan di atas sudah dilakukan, ikuti tutorialnya sebagai berikut:

  • Pertama, akses situs resmi Google Maps via www.google.com/maps melalui peramban browser.
  • Login ke akun Google atau Gmail yang tersambung dengan iPhone yang hilang.
  • Klik Menu.
  • Pilih menu Your Timeline.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat hingga iPhone kamu akan langsung terdeteksi melalui Google Maps secara otomatis.
Terkait:  Cara Melacak Handphone yang Hilang Dalam Keadaan Mati

Cara Melacak iPhone yang Offline Lewat iCloud

Apple ID alias iCloud merupakan akun utama yang sudah pasti terpasang pada semua perangkat iPhone. Akun ini juga bisa digunakan untuk mencari iPhone yang offline, di mana fitur iCloud sendiri memudahkanmu guna menemukan perangkatnya dengan mudah. Simak cara melacak iPhone yang offline lewat iCloud sebagai berikut:

  • Pertama, kunjungi laman www.icloud.com terlebih dulu.
  • Login dengan menggunakan Apple ID dan akunnya akan langsung tersambung pada iPhone kamu.
  • Pilih menu Find My iPhone.
  • Jika iPhone yang hilang dalam kondisi offline (mati), layanan Find My iPhone akan memberikan notifikasi padamu secara otomatis, misalnya iPhone kamu sedang dalam kondisi mati.
  • Kemudian, kamu harus menunggu untuk memastikan perangkatnya online lagi karena posisinya dalam keadaan mati.
  • Kamu harus menunggunya guna memastikan kalau perangkat iPhone ditemukan orang lain, di mana orang tersebut bisa saja menghidupkannya lagi.
  • Kalau iPhone hilang di suatu tempat yang mempunyai kualitas jaringan buruk, kemungkinan besar perangkat tidak akan online atau hidup kembali. Akan tetapi, fitur Find My iPhone bakal memberimu informasi tentang lokasi keberadaan perangkat saat online terakhir kali.
  • Kalau iPhone sudah aktif kembali, fitur tersebut mampu memberikan notifikasi terbaru dan tekan tombol Action untuk menuju tahap selanjutnya.
  • Jika iPhone ternyata hilang tidak jauh dari lokasimu saat ini, perangkat tersebut biasanya akan mengeluarkan suara atau nada dering yang bisa dilacak tempat keberadaannya.
  • Terakhir, gunakan Lost Mode atau Mode Hilang kalau perangkat iPhone ternyata hilang karena dicuri oleh orang tidak dikenal.

Cara Melacak iPhone yang Offline Lewat Find My iPhone

Find My iPhone menjadi langkah terakhir kalau kamu ingin tahu cara melacak iPhone yang offline dengan mudah dan praktis. Fitur ini bisa dimanfaatkan supaya kamu bisa menemukan perangkat dalam keadaan aktif atau tidak. Simak langkah-langkahnya yang harus dilakukan di bawah ini:

  • Buka Find My iPhone melalui perangkat iPhone lain.
  • Pilih menu Device di bagian samping kiri bawah.
  • Berikutnya, tunggu beberapa saat hingga muncul keterangan mengenai perangkat iPhone mu beserta Apple ID pribadimu.
  • Klik iPhone yang hilang.
  • Kalau iPhone dalam kondisi mati, perangkat bakal digambarkan dengan warna hitam.
  • Terakhir, pilih menu Notify When Found untuk mengirimkan lokasi terkiri keberadaan iPhone ketika aktif kembali.
Terkait:  Cara Menggunakan Find My iPhone untuk Lacak HP yang Hilang

Demikian informasi lengkap tentang cara melacak iPhone yang offline untuk bisa ditemukan dengan cepat dan mudah. Jika iPhone kamu sama sekali sulit diakses keberadaannya, mintalah pihak berwajib supaya ditangani lebih lanjut. Semoga bermanfaat!

Similar Posts