Cara Melihat Screen Time Samsung

Cara Melihat Screen Time Samsung (5 Metode) Terupdate

PindahLubang.com | Smartphone sekarang tidak bisa lepas dari semua kegiatan manusia, baik primer maupun sekunder hampir sering dilakukan melalui gadget yang cukup bahaya untuk kesehatan mata. Pengguna Samsung perlu tahu cara melihat screen time Samsung demi mengantisipasi masalah tersebut.

Secara umum smartphone Samsung maupun vendor apapun pasti sering diakses penggunanya tanpa henti. Jangan heran kalau masalah kesehatan mata sampai susah tidur kerap mengintaimu dalam jangka waktu tertentu.

Jika kamu tidak ingin mengidap masalah kesehatan tersebut, alangkah baiknya mencoba cara melihat screen time Samsung dan Android lain untuk mengurangi layar ponsel terlalu aktif. Kondisi ini biasanya membuat layar smartphone selalu on alias tidak pernah padam setiap hari.

Seperti kamu tahu kalau prosedur pemeriksaan screen time sendiri hampir sama seperti melihat RAM HP Samsung, maupun HP lainnya. Jadi, kamu jangan khawatir sulit mengelolanya demi menjaga pandangan tetap sehat dan bisa beraktivitas dengan HP Samsung kesayangan lebih nyaman.

Sekilas tentang Screen Time

SOT alias Screen Time merupakan fitur yang digunakan untuk mengetahui durasi pengguna memakai smartphone masing-masing. Secara umum mayoritas HP sudah disematkan fitur guna mengecek SOT, tapi bukan sekadar pada HP Samsung melainkan semua vendor smartphone saat ini.

Fitur ini sebetulnya hampir sering digunakan untuk mengetahui berapa lama waktu bermain game online. Tak hanya itu, fitur ini pun menunjukkan penggunaan smartphone Samsung dalam periode tertentu, lho.

Terkait:  Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Dihapus

Sementara itu, cara melihat screen time Samsung sendiri sangat mudah dan praktis. Kamu cukup menggunakan fitur bawaan yang tersemat didalamnya. Walaupun demikian, kalau kamu masih belum paham maka bisa mengunduh aplikasi ketiga untuk melakukannya.

Fitur ini sudah dapat diakses melalui semua tipe HP Samsung, apalagi kalau didukung One UI, baik versi baru atau lawas. Jadi, kalau kamu masih pakai smartphone Samsung lawas pun tetap mampu menggunakannya untuk mengetahui lamanya penggunaan gadget.

Risiko Screen Time pada Anak

Kamu pasti tidak tahu kalau screen time ternyata memberikan dampak cukup negatif terhadap anak-anak, lho. Jadi, kamu perlu membatasi fitur tersebut ketika si kecil sedang bermain smartphone. Lantas, apa saja risikonya? Simak bahaya screen time terhadap anak di bawah ini:

– Anak lebih sulit berpikir dan berkonsentrasi.

– Menghambat kemampuan berbahasa dan tumbuh kembang.

– Kemampuan kognitif semakin turun.

– Sulit berempati.

– Frustasi dan stress.

Rekomendasi Aplikasi Pembatas Screen Time Terbaik

Jika kamu tidak bisa mengelola fitur screen time dengan fitur bawaan pada HP Samsung, maka bisa mencoba sekaligus menggunakan beberapa aplikasi yang direkomendasikan berikut ini:

  • ZenScreen
    Kalau HP Samsung kamu selalu digunakan sejak pagi sampai malam hari, sebaiknya download aplikasi ZenScreen. Jika kamu sudah memakai smartphone dalam kurun waktu 10-15 menit di pagi hari, maka aplikasi ini bisa memaksamu untuk menghabiskan waktu sampai 20 menit tanpa ponsel.
  • Moment
    Aplikasi ini berguna untuk memberitahu lamanya waktu yang digunakan ketika kamu sedang memakai smartphone atau aplikasi apa saja yang paling sering diakses. Moment merupakan aplikasi yang menyediakan sesi pelatihan tertentu yang dikhususkan guna menunjang pengguna dalam melakukan beragam rutinitas lebih baik setiap hari.
  • Space
    Aplikasi ini memungkinkanmu untuk mengelola smartphone dengan baik. Aplikasi Space akan membantumu dalam melihat pencapaian dan memperoleh beragam penghargaan melalui programnya, misalnya lencana kalau sudah mencapai tujuan batasan waktumu. Aplikasinya juga bisa memberi data tentang kemajuan dan mengurangi waktu penggunaan HP Samsung kamu, lho.
Terkait:  Cara Screenshot Samsung A01 Core Tanpa Aplikasi, Praktis!

Cara Aman Screen Time pada Anak

Jika kamu mempunyai seorang anak kecil berumur 2 tahun ke atas, sebaiknya gunakan fitur screen time untuk menunjang kegiatannya saat main HP. Namun, kamu bisa mencoba cara aman screen time pada anak di bawah ini:

  • Melakukan Aktivitas Menarik
    Fitur screen time memang tidak dilarang, tapi sebaiknya kamu bisa melakukan hal-hal menarik dengan si kecil dibandingkan bermain gadget. Kamu bisa melakukan aktivitas fisik guna menunjang sistem motoriknya, sehingga dapat mendorongnya untuk lebih dekat dengan alam dan lingkungan sekitarnya.
  • Menenami Buah Hati Ketika Screen Time
    Kalian sebagai orang tua dianjurkan menenami anak-anak ketika sedang melakukan screen time. Kamu bisa mengajaknya menonton beragam tayangan edukatif di YouTube Kids dari HP Samsung, serta memberikan pertanyaan sederhana tentang sesuatu yang ingin mereka tonton.
  • Mengetahui Tontonan Anak
    Kamu harus tahu apa saja yang sedang ditonton oleh si kecil melalui HP Samsung. Jangan sampai mereka mengakses konten yang tidak sesuai dengan umurnya. Tak hanya itu, pastikan kamu menghindari game online untuk mencegah dampak buruk terhadap pola pikir dan perilaku mereka.

Cara Melihat Screen Time Samsung

Cara Melihat Screen Time Samsung
Cara Melihat Screen Time Samsung

Belakangan ini orang-orang ingin tahu cara melihat screen time Samsung, khususnya kalian yang menggunakan vendor smartphone asal Korea Selatan ini. Fitur tersebut memang perlu diketahui dan diperiksa secara berkala.

Jika kamu selalu mengeceknya dengan teratur, maka bisa membatasi diri untuk tidak menggunakan smartphone secara terus menerus. Selain itu, kamu mampu terhindar dari masalah kesehatan yang sudah kami sebutkan sebelumnya. HP Samsung pun tidak akan kehabisan baterai karena penggunaannya dibatasi.

Cara Melihat Screen Time Samsung Lewat Device Care

  • Pertama, buka menu Pengaturan atau Setting dari HP Samsung.
  • Pilih menu Pemeliharaan Perangkat atau Device Care.
  • Kemudian, HP Samsung akan melakukan pemindaian secara otomatis.
  • Jika proses scanning sudah selesai, screen time dan aplikasi yang paling banyak digunakan akan ditampilkan dari layar HP Samsung.
Terkait:  Cara Menggandakan Aplikasi di Samsung J2 Prime dan Tipe Lainnya

Cara Melihat Screen Time Samsung Lewat Fitur Penggunaan Baterai

  • Pertama, buka menu Pengaturan atau Setting dari HP Samsung.
  • Pilih menu Baterai atau Battery.
  • Klik Penggunaan Baterai atau Battery Usage.
  • Fitur Screen Time akan langsung ditampilkan secara otomatis.

Cara Melihat Screen Time Samsung Lewat Parental Control

  • Pertama, buka menu Pengaturan atau Setting dari HP Samsung.
  • Pilih menu Digital Wellbeing and Parental Controls.
  • Klik Digital Wellbeing.
  • Kemudian, fitur screen time akan ditampilkan secara otomatis.
  • Jika kamu ingin melihat durasi pemakaian layar mingguan, klik Laporan Mingguan atau Weekly Report.

Cara Melihat Screen Time Samsung Lewat Widget

  • Pertama, tekan dan tahan ke layar awal selama beberapa saat.
  • Pilih menu Widget.
  • Kemudian, tekan tombol tarik turun di samping menu Kesehatan Digital atau Digital Wellbeing.
  • Cari salah satu desain atau icon, lalu tambahkan ke layar utama HP Samsung.

Cara Melihat Screen Time Samsung Lewat Aplikasi StayFree

  • Download aplikasi StayFree via Google Play Store secara gratis.
  • Klik Install.
  • Jalankan dan buka aplikasi StayFree.
  • Jika aplikasinya sudah dibuka, masukkan tanggal lahir dan klik Lanjutkan atau Continue.
  • Kemudian, baca ketentuan dan syarat penggunaan aplikasi StayFree.
  • Pilih menu Saya Setuju atau I Agree.
  • Ikuti semua petunjuk yang ditampilkan, lalu beri izin akses ke data pemakaian dengan memilih menu Grant Permission.
  • Terakhir, kamu bisa melihat detail penggunaan data secara keseluruhan per aplikasi pada halaman utama aplikasinya.

Demikian informasi lengkap tentang cara melihat screen time Samsung untuk mengetahui detail penggunaan data per aplikasi sekaligus mengurangi penggunaan perangkatnya. Semoga membantu!

Similar Posts