Cara Update HP Samsung untuk Memperbarui Perangkat Lunak

Cara Update HP Samsung
Cara Update HP Samsung

PindahLubang.com | OS (Operating System) alias sistem operasi perangkat Android selalu mengalami perkembangan setiap tahun. Google yang merupakan pengembang Android kerap melakukannya secara berkala untuk HP yang memakai OS tersebut, di mana cara update HP Samsung bisa diketahui para penggunanya.

HP Samsung merupakan smartphone Android yang pertama kali dikenalkan kepada banyak orang. Selain itu, jumlah penggunanya bahkan lebih banyak dibandingkan vendor perangkat serupa yang mulai bermunculan dan saling bersaing saat ini.

Read More

HP Samsung semua tipe berhak memperoleh update software, bahkan beredar kabar kalau Samsung akan melakukan permbaruan sebanyak tiga kali berturut-turut, lho. Oleh karena itu, penggunanya harus tahu cara perbarui HP Samsung untuk mendapatkan layanan terbaiknya.

Seperti kamu tahu kalau sistem operasi yang sudah diperbarui akan berdampak terhadap fitur perangkatnya. Jadi, kamu bisa cek versi OS terlebih dulu pada setelan perangkat. Semuanya akan kami bahas melalui pembahasan artikel ini dengan lengkap.

Cara Cek Versi Android pada HP Samsung

Kalau OS HP Samsung kamu ingin diperbarui, sebaiknya ketahui cara cek versi Android pada smartphone nya terlebih dulu. Kamu cukup mengakses menu setelan alias tanpa aplikasi apapun, sedangkan langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, buka menu Pengaturan atau Setting dari HP Samsung kamu.
  • Pilih menu Tentang Ponsel atau About Phone yang berada di bagian bawah.
  • Klik Informasi Perangkat Lunak atau About Software.
  • Terakhir, informasi mengenai versi Android pada HP Samsung kamu akan ditampilkan secara otomatis.
Terkait:  Cara Hotspot HP Samsung Update Januari 2024

Kenapa Harus Update HP Samsung?

Kamu mungkin belum tahu atau sempat bertanya, mengapa OS pada HP Samsung perlu diperbarui secara berkala. Langkah tersebut tentu saja mempunyai maksud dan tujuan tersendiri, lho. Simak beberapa alasan utamanya sebagai berikut:

  • Memperbaiki HP Samsung yang lag dan lemot.
  • Mendapatkan update sistem operasi Android versi terbaru.
  • Mengatasi bug yang sering terjadi pada perangkat smartphone.
  • Mendapatkan update security patch terbaru yang berguna untuk menutupi batas keamanan, sekaligus menjaga kerahasiaan smartphone.
  • Mendapatkan berbagai macam fitur terbaru seperti smartphone baru.

Cara Update HP Samsung

Cara Update HP Samsung
Cara Update HP Samsung

Cara perbarui HP Samsung bisa dilakukan dengan cepat dan mudah, sedangkan kamu mampu memperbarui OS nya sendiri, lho. Jika ternyata sistem operasinya harus diperbarui, kami ajurkan kamu menggunakan koneksi WiFi daripada pemakaian kuota data pribadi.

Secara umum pembaruan OS HP Samsung akan selalu menghabiskan konsumsi paket internet lebih dari 750 MB. Jumlah sebesar itu tentu saja patut diperhitungkan, sehingga kamu dapat memanfaatkan jaringan WiFi untuk update smartphone nya dengan cepat.

Langkah 1: Buka Menu Pengaturan

Cara Update HP Samsung
Cara Update HP Samsung

Cara perbarui HP Samsung pertama adalah membuka menu Pengaturan atau Setting terlebih dulu. Jika kamu sudah masuk ke dalam menu tersebut, langkah selanjutnya adalah menekan tombol Perbarui Perangkat Lunak atau Update Software yang berada di bagian bawah.

Langkah 2: Download OS Manual

Cara Update HP Samsung
Cara Update HP Samsung

Kamu bisa memperbarui sekaligus mengunduh OS di HP Samsung secara manual. Caranya adalah memilih menu Unduh Pembaruan Secara Manual atau Download the Update Manually yang terdapat di bagian paling atas untuk menuju tahap selanjutnya.

Langkah 3: Cek Update Perangkat Lunak

Cara Update HP Samsung
Cara Update HP Samsung

Cara perbarui HP Samsung selanjutnya adalah memeriksa kapasitas memori yang harus digunakan untuk memperbarui OS perangkatnya. Seperti kami sebutkan sebelumnya kalau kamu akan memakan kuota data lebih dari 750 MB. Oleh karena itu, sebaiknya manfaatkan jaringan WiFi untuk update OS nya.

Terkait:  Cara Menggandakan Aplikasi di HP Samsung Semua Tipe, Simpel!

Langkah 4: Install Perangkat Lunak

Cara Update HP Samsung
Cara Update HP Samsung

Jika proses unduhannya sudah selesai, cara perbarui HP Samsung selanjutnya adalah memperhatikan tampilan keterangan tentang OS yang baru saja diunduh tadi. Jika kamu ingin memasangnya saat itu juga, klik Pasang Sekarang atau Install Now. Namun, kamu pun dapat memasang OS tersebut nanti dengan tekan tombol Pasang Malam Hari.

Langkah 5: Buka Setelan Perangkat Lagi

Cara Update HP Samsung
Cara Update HP Samsung

Kamu bisa membuka menu Pengaturan lagi kalau OS sudah dipasang, sedangkan kamu pun harus melakukan restart setelah pemasangan sistem operasi tersebut. Kemudian, kamu bisa masuk ke laman setelan, lalu tekan tombol Tentang Ponsel atau About Phone yang berada di bagian paling bawah.

Langkah 6: Proses Update Berhasil

Cara Update HP Samsung
Cara Update HP Samsung

Cara perbarui HP Samsung terakhir adalah memilih menu Informasi Perangkat Lunak atau Software Information pada bagian Tentang Ponsel. Kamu akan melihat langsung opsi Versi Android atau Android Version di bagian atas, di mana detail tentang OS HP Samsung kamu bakal ditampilkan secara otomatis.

Cara Update HP Samsung Lewat Rooting ROM

Langkah ini bisa dibilang sebagai salah satu cara update HP Samsung paling sulit. Pasalnya, beberapa orang saja yang benar-benar mampu melakukannya, khususnya mereka yang sudah paham tentang perangkat Samsung. Kamu harus menggunakan rooting ROM untuk memperharui OS pada smartphone Samsung.

Jika kamu sekadar coba-coba karena baru pertama kali, risikonya adalah ponsel akan cepat error bahkan rusak. Simak panduan lengkapnya jika kamu cukup paham sebagai berikut:

  • Download aplikasi Root melalui PC kamu.
  • Lakukan pemasangan aplikasinya seperti biasa.
  • Sambungkan HP Samsung ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  • Kemudian, segera lakukan root berdasarkan prosedurnya.
  • Jika proses root sudah selesai, restart HP Samsung kamu untuk mendapatkan OS versi terbaru.
Terkait:  Cara Screenshot Samsung M02 dengan 6 Langkah Mudah

Cara Update HP Samsung Lewat OTA

OTA atau Over the Air merupakan sebuah bentuk notifikasi saat HP Samsung kamu memang harus segera diperbarui. Maka dari itu, cara perbarui HP Samsung paling cepat dan simpel biasanya cukup sekali ketuk pada pemberitahuan tersebut agar prosesnya dapat berjalan lancar. Jika kamu belum pernah melakukannya, simak langkah-langkah mudahnya sebagai berikut:

  • Pertama, buka menu Pengaturan atau Setting dari HP Samsung kamu.
  • Klik Perbarui Perangkat Lunak atau Software Update, tapi juga bisa melalui opsi Perbarui Sistem atau System Update.
  • Jika kedua opsi tersebut tidak tersedia, pilih menu Tentang Ponsel atau About Phone.
  • Klik Check for Updates.
  • Tekan tombol Check for Updates
  • Pilih menu Perbarui atau Update untuk mengunduh sekaligus memasang OS Android versi terbaru.
  • Silakan tunggu beberapa saat sampai proses update OS Android selesai.
  • Terakhir, HP Samsung akan melakukan restart otomatis kalau update nya berhasil.

Cara Update HP Samsung Lewat Samsung Kies

Langkah selanjutnya yang menjadi cara perbarui HP Samsung terakhir adalah menggunakan software, yakni Samsung Kies. Kamu bukan sekadar memanfaatkan OTA, namun juga software untuk memperbarui OS pada HP Samsung. Berikut tutorialnya yang wajib kamu tahu, di antaranya:

  • Download Samsung Kies melalui PC terlebih dulu.
  • Jalankan dan buka programnya.
  • Sambungkan HP Samsung ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  • Kalau HP Samsung sudah terhubung ke PC, sebaiknya cadangkan (backup) semua data yang tersimpan ke dalam kartu memori (MicroSD).
  • Cek notifikasi Firmware Information, jika terdapat pemberitahuan klik Firmware Update maka bisa ikuti petunjuk yang tersedia.
  • Terakhir, ikuti langkah selanjutnya sampai proses update OS berhasil dan HP Samsung akan melakukan restart secara otomatis.

Demikian informasi seputar cara update HP Samsung untuk memperbarui software, serta manfaat update sistem operasinya yang wajib kamu tahu. Selamat mencoba!

Related posts