Cara Reset Hp Samsung A10S

Cara Reset Hp Samsung A10S

Bagaimana cara reset hp Samsung A10S dan apa yang harus dilakukan? Pertanyaan tersebut mungkin muncul bagi kamu yang ingin mereset hp Samsungmu. Maka dari itu, mimin akan menjelaskan cara tersebut pada artikel ini. Silakan dibaca dengan baik dan sampai tuntas.

A10S merupakan salah satu tipe hp Samsung yang dirilis pada 18 September 2019. Hp ini cukup memiliki fitur yang lengkap meskipun dengan harga yang relatif murah sehingga banyak orang yang tertarik untuk menggunkan Samsung tipe ini.

Bagi kamu pengguna hp dengan merek Samsung, khususnya Samsung tipe A10S mungkin saja terkadang menemukan masalah pada saat menggunakan hpmu, seperti aplikasi yang tiba-tiba keluar sendiri saat sedang digunakan, bug pada sistem operasi hpmu, freezing, dan hp tersebut menjadi lemot ketika sedang digunakan, serta masalah-masalah lainnya.

Cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masala tersebut adalah dengan mereset hp Samsungmu agar hp kamu bisa kembali ke pengaturan pabrikan atau seperti saat pertama kamu membeli hp mu.

Selain untuk mengatasi masalah tersebut, mereset hp juga diperlukan apabila kamu ingin menjual hp kamu. Dengan meresetnya kamu berhasil melindungi data di hp kamu. Juga orang yang membeli hp kamu akan menggunakannya sama seperti tampilan awal hp baru.

Untuk caranya, kamu bisa memilih salah satu cara di bawah ini karena cara yang bisa digunakan untuk mereset hp Samsung ada tiga cara. Silakan dibaca dan dipahami dengan baik.

Cara Reset Hp Samsung A10S

Cara Reset Hp Samsung A10S
Cara Reset Hp Samsung A10S

Setidaknya, ada tiga cara reset hp Samsung A10S yang bisa kamu pilih sesuai dengan yang menurutmu paling mudah. Cara-cara di bawah ini terbilang mudah kok, dan kamu bisa melakukannya sendiri.

Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A01

Sebelum masuk ke pembahasan, mimin akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu reset hp. Reset merupakan cara yang dilakukan untuk mengembalikan hp ke pengaturan pabrikan atau sama seperti pada saat kamu pertama membeli hp. Selain itu, reset juga berfungsi untuk meningkatkan performa hp yang menurun dan juga untuk menghapus virus atau malware yang mungkin menginfeksi hp.

Berdasarkan situs resmi Samsung, fitur reset data pabrik tersebut sepenuhnya menghapus informasi dan data pribadi milikmu untuk menjaga hp kamu tetap bersih. Fitur ini bisa kamu gunakan ketika ada yang tidak beres dengan hp Samsung kamu atau ketika kamu ingin menghapus informasi dengan aman dari telepon kamu dan mengembalikan hpmu ke pengaturan pabriknya.

Cara Reset Hp Samsung A10S dengan Menggunakan Pengaturan atau Settings

Cara pertama yang bisa kamu lakukun untuk mereset hp Samsung A10S adalah dengan menggunakannya melalui menu Pengaturan atau Settings. 

Karena Samsung A10S merupakan hp yang menggunakan operasi sistem Android Pie, atau yang masuk ke dalam kategori operasi sistem Android Oreo ke atas, sehingga bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Hal tersebut dikarenakan hp Samsung yang masih menggunakan operasi sistem Android Oreo ke bawah caranya sedikit berbeda.

Nah, jadi kamu bisa langsung mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengecek terlebih dahulu perangkat lunak di hp kamu sudah diperbarui atau belum. Jika belum diperbarui, silakan untuk memperbaruinya terlebih dahulu. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Silakan Buka aplikasi Pengaturan atau Settings yang terdapat pada hp mu
  • Kemudian, pilih Pembaruan Perangkat Lunak
  • Lalu, klik Unduh dan Instal
  • Selanjutnya, silakan ikuti petunjuk layar dan tunggu hingga proses pembaruan selesai
Terkait:  Cara Screenshot Hp Vivo

Apabila pembaruan perangkat lunak telah selesai, kamu sudah bisa melakukan reset pada hp Samsung A10S-mu. Untuk langkah-langkahnya bisa kamu ikuti di bawah ini.

  • Buka aplikasi Pengaturan atau Settings yang terdapat pada hpmu
  • Langkah selanjutnya, klik Manajemen Umum
  • Kemudian, pilih Reset
  • Lalu, pilih Reset Data Pabrik (Factory Data Reset) dan tinjau terlebih dahuhlu informasinya
  • Gulir ke bawah dan klik Reset
  • Setelah itu, klik tombol Hapus Semua untuk melanjutkan pengaturan ulang dan menghapus semua informasi yang tersimpan di hpmu

Proses reset pada hpmu pun telah selesai. Namun, mimin menyaranan agar kamu membuat cadangan salinan data-data pada hp kamu terutama data yang menurutmu penting. Hal ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Cara Reset Hp Samsung A10S dengan Menggunakan Kode Rahasia

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk mereset hp Samsung A10S adalah menggunakan Kode Rahasia atau biasa disebut Kode Reset. Untuk menggunakan kode ini kamu bisa melakukannya pada menu Dial-up. Kode rahasia atau kode reset ini merupakan kode khusus yang dimiliki Samsung yang memang digunakan untuk mereset hp.

Berikut langkah-langkah memasukkan Kode Reset melalui menu Dial-up untuk mereset hp Samsung A10S.

  • Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah masuk ke menu Dial-up. Menu ini bisa kamu temukan pada daftar menu aplikasi
  • Kemudian, masukkan Kode Reset *2767*3855# kamu bisa mengetiknya sama seperti yang kamu lakukan ketika akan menelepon
  • Selanjutnya, klik Panggil atau Call
  • Lalu kamu akan secara otomatis dibawa ke menu Factory Reset
  • Setelah itu, hp Samsungmu akan tereset secara otomatis

Proses reset hp Samsung A10S kamu pun sudah berhasil. Reset dengan menggunakan cara ini bisa kamu lakukan apabila kamu memang sudah siap untuk mereset, karena dikhawatirkan terjadi hal yang tidak diinginkan dan data penting di hpmu bisa hilang karena kamu belum membuat cadangan salinan datanya.

Terkait:  Cara Merekam Layar Hp Xiaomi

Cara Reset Hp Samsung A10S dengan Menggunakan Recovery Mode

Cara selanjutnya, yaitu cara terakhir yang akan mimin bahas di sini yang bisa kamu lakukan untuk mereset hp Samsung A10S milikmu adalah dengan menggunakan Recovery Mode. Cara ini biasanya dilakukan apabila hp Samsung milikmu sudah tidak bisa diakses lagi dan untuk menggunakan cara ini juga hanya bisa dilakukan saat hp dalam kondisi mati atau dinonaktifkan.

Sama seperti menggunakan cara Kode Rahasia atau Kode Reset, usahakan juga kamu sudah siap ketika akan mereset menggunakan cara ini. Kecuali memang hp kamu sudah mati total. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk mereset hp Samsung A10S milikmu.

  • Usahakan baterai cukup ketika akan melakukan reset, minimal 70%. Hal ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan
  • Selanjutnya matikan atau nonaktifkan hp Samsungmu
  • Kemudain tekan dan taha tombol Power+Home+Volume up secara bersamaan
  • Tunggu beberapa saat sampai kamu masuk ke menu Recovery Mode
  • Gunakan tombol Volume untuk navigasi atas dan bawah, serta tombol Power atau Home untuk memilih menu pada Factory Mode/Wipe Data
  • Lalu, klik OK untuk memulai dan gunakanlah tombol Power atau Home untuk mengonfirmasinya
  • Silakan tunggu beberapa saat sampai proses selesai
  • Apabila sudah berhasil, pilih menu Reboot System Now
  • Setelah itu, hp kamu akan tereset secara otomatis

Reset hp pada Samsung A10S pun telah selesai dan sudah kembali ke pengaturan pabrikan lagi. Kamu akan mengetahui proses reset hpmu sudah selesai dengan ditandain hp kamu yang kembali menyala.

Kesimpulan

Itulah cara reset hp Samsung A10S yang sudah mimin jelaskan. Silakan untuk memilih cara yang menurutmu paling mudah untuk kamu ikuti. Jangan lupa untuk membuat cadangan salinan data-data di hpmu yang menurutmu penting. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

 

Similar Posts