Cara Mengatasi HP Macet

Smartphone apapun pasti sering mengalami masalah seperti lag dan lemot. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang. Oleh karena itu, sebaiknya ketahui cara mengatasi HP macet agar performa perangkat tetap kencang saat digunakan.

HP macet dan lag tentu saja membuat penggunanya merasa kesal dan sedih. Pasalnya, kamu tidak bisa membuka aplikasi atau media apapun dengan cepat, apalagi kalau sedang urgent atau dalam kondisi penting ketika sedang berkomunikasi bersama orang lain.

Lag atau macet bukan sekadar terjadi pada smartphone Android atau iPhone, melainkan desktop seperti laptop dan PC. Masalah ini sebenarnya mampu ditangani kalau kamu tahu cara mengatasi HP macet yang benar dan mudah.

Beberapa HP tertentu seperti Samsung, Vivo, Xiaomi, Oppo, Realme, dan sebagainya pasti pernah mengalami masalah tersebut.

Meski begitu, lag tidak pernah terjadi secara terus menerus asalkan kamu menggunakan perangkatnya dengan bijak. Kamu sendiri harus menggunakan beberapa aplikasi penting dari ponsel masing-masing.

Cara Mengatasi HP Macet
Cara Mengatasi HP Macet

Mengapa HP Sering Lag dan Macet?

Seperti kami sampaikan sebelumnya kalau smartphone yang sering lag atau macet biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah terlalu banyak aplikasi yang berjalan pada latar belakang.

Masalah ini juga disebabkan oleh kapasitas penyimpanan internal alias RAM terlalu kecil, tapi kamu download aplikasi dan game berat ke HP nya.

Jadi, kamu tidak perlu kaget kalau suatu waktu ponselnya sering lag dan tidak bisa mengikuti instruksimu saat dipakai. HP nya pun dapat menutup aplikasi saat dibuka secara otomatis.

Terkait:  Penyebab Setir Mobil Bergetar

Penyebab HP Macet

Jika HP kamu sering lag dan macet tiba-tiba, berikut merupakan penyebab umum smartphone sering lemot dan tidak bisa bekerja dengan baik, di antaranya:

  • File Cache Menumpuk
    Cache alias data sampah memang memudahkanmu dalam proses loading ketika membuka situs-situs di internet. Meski begitu, file sampah ini sebetulnya harus dihapus guna mencegah perangkat semakin lemot. Kamu bisa membersihkannya semua file nya sehari sekali saja.
  • Banyak Aplikasi yang Berjalan
    Kalau HP kamu punya RAM 4 GB dan banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang, jangan heran kalau ponselnya akan lag tiba-tiba. Secara umum smartphone dengan kapasitas RAM tersebut tidak dianjurkan untuk membuka beberapa aplikasi dalam waktu yang sama.
  • HP Sudah Dilakukan Root
    Beberapa pengguna HP Android memutuskan untuk melakukan root guna mendapat tools yang lebih baik. Sayangnya, langkah tersebut justru membuat ponselnya semakin lemot  dan bahkan menimbulkan masalah internal yang mengakibatkan performanya lebih menurun.
  • RAM Penuh
    Jika HP kamu sudah tidak punya kapasitas penyimpanan internal yang cukup, jangan pernah download atau menyimpan aplikasi maupun file apapun lagi. Pasalnya, kalau kamu tetap memaksa melakukannya maka HP mu akan lebih macet dan lemot karena RAM sudah penuh.
  • Malware dan Virus
    Penyebab terakhir yang mengakibatkan HP semakin lag dan macet adalah keberadaan virus pada sistem internal. Malware adalah masalah serius yang harus langsung ditangani kalau HP mu ingin tetap aman. Jika tidak segera diatasi, ponselmu mungkin bisa disadap dan rusak.

Cara Mengatasi HP Macet

Cara mengatasi HP macet bukanlah sesuatu yang sulit, asalkan kamu selalu menggunakan smartphone dengan bijak dan wajar. Secara umum kebiasaanmu download aplikasi terlalu banyak justru tidak pernah dianjurkan, apalagi kalau RAM perangkatnya kecil.

Terkait:  Penyebab RPM Mobil Karburator Tidak Stabil

HP dengan memori internal kecil pun tidak boleh menjalankan beberapa aplikasi dalam waktu yang sama. Selain itu, masalah lag atau macet tersebut juga bisa diatasi kalau kamu menggunakan satu antivirus untuk membersihkan semua malware dan virus yang berusaha menyerang sistem internal HP nya.

Cara Mengatasi HP Macet dengan Wallpaper Default

Langkah pertama yang menjadi cara mengatasi HP macet paling mudah adalah menggunakan tema dan wallpaper default. Tema ini biasanya terpasang saat kamu baru pertama kali membeli smartphone tersebut.

Jika kamu merasa bosan atau kurang nyaman dengan tema atau wallpaper default, kami anjurkan kamu menggunakan konsep bernuansa gelap atau full black.

Pasalnya, warna hitam yang mendominasi layar utama ponsel tidak akan menyerap daya baterai terlalu banyak. HP kamu juga bisa lebih kencang karena penggunaan RAM sangat sedikit.

Cara Mengatasi HP Macet dengan Hapus Cache

Cache merupakan data sampah yang dihasilkan oleh aplikasi atau situs-situs ketika dibuka secara terus menerus. Walaupun demikian, file tersebut berguna untuk mempercepat proses loading ketika kamu mengakses website berulang kali.

Jika file cache tidak pernah dibersihkan apalagi dibiarkan menumpuk, masalah lag atau macet akan mengintai ponselmu, lho. Simak cara mengatasi HP macet dengan membersihkan cache yang benar sebagai berikut:

  • Cara Membersihkan Cache Secara Manual
    • Buka Setelan atau Setting dari HP kalian.
    • Pilih menu Kelola Aplikasi atau Manage Applications.
    • Cari dan temukan salah satu atau beberapa aplikasi yang file cache nya akan dihapus.
    • Pilih menu Hapus Data atau Clear Data.
    • Klik Bersihkan Cache atau Clear Cache.
    • Tekan OK untuk konfirmasi.
    • Terakhir, tunggu beberapa saat sampai semua file cache sudah terhapus dari HP mu.
  • Cara Membersihkan Cache Secara Otomatis
    • Pertama, buka aplikasi Pembersih atau Cleaner dari HP kalian.
    • Silakan menunggu untuk memastikan kalau proses pemindaian atau scanning selesai.
    • Kemudian, aplikasi pembersih akan menampilkan jumlah ukuran file cache yang harus dibersihkan.
    • Klik Bersihkan atau Clear untuk memulai tahap pembersihan tersebut.
    • Terakhir, tunggu beberapa saat hingga semua file cache terhapus secara otomatis.
Terkait:  Penyebab Tarikan Mobil Terasa Berat

Cara Mengatasi HP Macet dengan Scan Antivirus

HP Android apapun pasti mempunyai aplikasi atau file yang belum tentu aman digunakan secara terus menerus. Oleh karena itu, solusinya adalah dengan menggunakan aplikasi scan antivirus yang bisa diunduh melalui Google Play Store secara gratis.

Kamu bisa download salah satu tools antivirus terbaik seperti AVAST Mobile Security atau AVG Antivirus Security. Aplikasi tersebut akan memindai semua data sampah sekaligus virus yang terdapat pada HP mu. Jadi, smartphone lebih bersih dan dapat digunakan dengan aman.

Cara Mengatasi HP Macet dengan Factory Reset

Langkah berikutnya yang menjadi cara mengatasi HP macet adalah dengan melakukan factory reset atau mengembalikan pengaturan ponsel ke setelan pabrik. Kamu bisa menghapus semua data dan media yang tersimpan kalau HP nya benar-benar macet dan susah diperbarui.

Berikut cara melakukan factory reset untuk smartphone Android semua tipe yang mudah, di antaranya:

  • Pertama, buka menu Pengaturan atau Setting terlebih dulu.
  • Pilih menu Pengaturan Tambahan atau Additional Setting.
  • Klik Cadangkan dan Setel Ulang.
  • Pilih menu Kembali ke Setelan Pabrik.
  • Klik Setel Ulang Telepon.
  • Masukkan PIN, pola atau kata sandi HP untuk konfirmasi.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat sampai proses factory reset nya selesai.

Demikian informasi lengkap tentang cara mengatasi HP macet dan lag supaya bisa bekerja lebih kencang saat digunakan. Kalau HP kamu mengalami masalah tersebut, atasi dengan mengikuti salah satu panduan kami di atas. Selamat mencoba!

Rate this post

Related posts