Penyebab Temperatur Mobil Naik

Penyebab Temperatur Mobil Naik | Kamu mungkin pernah mengalami situasi suhu mobil yang naik bahkan lebih panas dari biasanya, bahkan kenaikannya meningkat secara pesat dan berbahaya bila tidak diatasi.

Kondisi ini sangat mengganggu dan bila dibiarkan bakal merusak komponen lain dan mobilnya bisa saja mati saat dikemudikan. Kamu tidak boleh memandang sebelah mata soal kendala ini lantaran risiko yang diterima adalah kerusakan bahkan mobilnya tidak bisa dihidupkan.

Read More

Umumnya bahwa penyebab temperature mobil naik dengan cepat yang berujung masalah besar bisa ditangani secara efektif. Kamu akan mengetahui semua faktor tersebut melalui uraian singkat selanjutnya dan masing-masing tidak bisa disepelekan lantaran berisiko fatal bagi kondisi mobilnya bila tidak segera ditangani.

Tak mustahil bahwa faktor usia kendaraan juga berpengaruh terhadap suhu yang selalu meningkat atau lebih panas dimana mobil kamu sudah berusia puluhan tahun.

Penyebab Temperatur Mobil Naik

Penyebab Temperatur Mobil Naik
Temperatur Mobil Naik | www.toyotaoforlando.com

Apa Faktor yang Membuat Suhu Mobil Naik dengan Cepat?

Berikut ini merupakan beragam faktor yang membuat suhu mobil kamu selalu naik dengan cepat sehingga dapat menimbulkan panas dan berbahaya saat kalian berkendara, antara lain :

  1. Pemakaian Cairan Radiator Tidak Benar

Penyebab Temperatur Mobil Naik yang harus diperhatikan pertama kali adalah kalian harus menggunakan cairan radiator dengan benar. Pasalnya, siapa saja yang tidak memakainya dengan tepat bakal menghasilkan panas dari mesin mobilnya. Jangan pernah menggunakan jenis-jenis cairan seperti air sumur, air tanah maupun air biasa supaya radiator bisa terpenuhi.

Terkait:  Penyebab Tape Mobil Mati Total

Mengapa? Hal ini bisa menimbulkan kerak terhadap permukaan radiator bila dibiasakan tanpa henti. Kerak yang menempel pada permukaan radiator tersebut yang menimbulkan kendala seperti suhu cepat baik dan mesin mobil kalian lebih panas.

  1. Selang dan Radiator yang Bocor

Faktor selanjutnya yang menyebabkan suhu mobil lebih cepat panas dan naik drastis adalah kondisi selang dan radiator yang bocor. Situasi ini bisa memicu kenaikan temperatur dari rusak maupun bocornya kedua komponen tersebut.

Tak hanya itu, kondisi selang yang tersambung dengan radiator bakal mengakibatkan suhu mesinnya semakin panas. Apabila selangnya tersumbat, berkerak atau bocor maka bisa menyebabkan suhunya tidak cepat turun alias semakin memanas.

  1. Kipas Radiator Tidak Berfungsi

Tak menutup kemungkinan bila kipas radiator yang tidak berfungsi optimal bisa menyebabkan suhu mobil kamu semakin panas. Hal-hal yang mengakibatkan komponen ini tidak bekerja adalah kondisinya kian lemah, switching otomatis sudah rusak bahkan mati total.

Situasi ini tidak bisa dibiarkan lantaran berisiko buruk terhadap temperatur mesin mobil akan panas bahkan susah dingin mengingat kipas radiator berguna untuk membuat suhu mesin tetap normal.

  1. Oli Cepat Berkurang dan Tidak Berkualitas

Oli cepat berkurang bisa berisiko fatal terhadap suhu mobil kalian yang semakin panas saat dihidupkan. Jangan pernah menggunakan oli sembarangan lantaran kualitasnya berdampak terhadap suhu mesin kendaraan.

Jika kondisinya tidak sesuai atau sulit menahan panas maka bisa menghasilkan proses penguapan dan semakin berkurang akibat kualitas oli yang dipilih tidak sama dengan jenis mesin kendaraannya, sedangkan kondisi kekurangan oli akan menyebabkan kinerja mesin semakin kasar lantaran terjadi gesekan tanpa henti.

  1. Thermostat Tidak Berfungsi Optimal

Thermostat kurang bekerja efektif mampu membuat suhu mesin kendaraan lebih panas, sedangkan komponen ini merupakan indikator yang berperan sebagai media untuk mengukur suhu yang berada pada mesin mobil kalian.

Terkait:  Biaya Ganti BPKB Motor

Thermostat memiliki peran besar saat air mencapai temperatur yang dipakai untuk mengatur sirkulasi pergantian air melalui elemen sistem pendingin. Apabila komponen tersebut tidak berfungsi bahkan rusak, maka bisa menimbulkan akurasi suhu yang tidak sesuai.

  1. V-Belt Bermasalah

V-Belt tidak bekerja dengan baik juga berdampak buruk terhadap suhu mobil yang semakin panas. Kondisi V-Belt yang sudah tidak patut digunakan juga berpengaruh terhadap kinerja mesin dan kipas mobilnya.

Maka dari itu, kamu tidak bisa melakukannya secara terus menerus lantaran komponen ini hanya bisa digunakan dalam jangka pendek dan kalian bisa membawa kendaraan ke bengkel resmi untuk memeriksa V-Belt apakah masih layak dipakai atau tidak.

Tips dan Trik Mengatasi Temperatur Mobil Naik dengan Cepat

Bagaimana Cara Menangani Suhu Mobil Panas yang Baik dan Benar?

Penyebab Temperatur Mobil Naik menimbulkan masalah besar jika tidak diatasi secepat mungkin. Kamu bisa menanganinya dengan mengganti kipas radiator bila sudah rusak atau memilih oli berkualitas yang sesuai mesin kendaraan kamu supaya bisa bertahan lebih lama tanpa menimbulkan gesekan maupun berkurang secara drastis.

Kamu juga bisa mengganti thermostat dengan komponen yang baru jika sudah rusak, maupun selektif dalam memilih cairan radiator lantaran tidak semua jenis air yang beredar luas layak dimasukan ke dalam bagian dalam komponen mesin kendaraan kamu untuk membuat suhunya tetap normal saat sedang digunakan.

Rate this post

Related posts