Cara Live di Tiktok

cara live di tiktok
cara live di tiktok

Bagaimana cara live di Tiktok dengan mudah? Nah, mungkin bagi kamu pengguna Tiktok yang mungkin sudah memiliki cukup banyak followers dan kamu ingin melakukan live, tapi kamu belum mengetahui bagaimana cara untuk live di Tiktok. Silakan untuk membaca artikel ini untuk mendapatkan informasi tersebut karena mimin akan menjelaskannya di bawah ini.

Tiktok sendiri merupakan salah satu media sosial di mana penggunanya bisa membuat video sendiri dan membagikannya atau  menonton video yang dibuat oleh pengguna lainnya. Sekarang Tiktok menjadi salah satu media sosial yang penggunanya cukup banyak. Penggunanya pun bervariasi, mulai dari remaja hingga orang dewasa dan juga penggunanya dilatarbelakangi dengan background yang berbeda-beda.

Read More

Kamu bisa memanfaatkan fitur yang terdapat di Tiktok, seperti fitur filter, efek video dan filter stiker, fitur voice changer, fitur beauty, fitur live, fitur blokir pengguna dan hapus komentas, fitur auto captions, dan fitur lainnya. Namun sekarang mimin hanya akan membahas mengenai fitur live di Tiktok. Agar kamu bisa live, ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi. Itu juga akan mimin bahas di bawah ini.

Cara Live di Tiktok

cara live di tiktok
cara live di tiktok

Cara live di Tiktok sangat mudah, lho. Mungkin bagi kamu yang berjualan di Tiktok, ingin berbagi kegiatan, atau ingin mengobrol dengan pengguna lainnya, kamu bisa live. Namun, kamu juga harus melihat apakah akun kamu sudah memenuhi syarat untuk bisa live di Tiktok.

Terkait:  Cara Live TikTok di HP

Berdasarkan laman resminya, Tiktok live mengizinkan pengguna kreator untuk berinteraksi dalam waktu nyata. Pengguna yang berusia 16 tahun ke atas dapat meluncurkan live dan pengguna ynag berusia 18 tahun ke atas data mengirim dan menerima kado ketika melakukan live.

Langkah 1: Buka Aplikasi Tiktok

Langkah pertama adalah kamu bisa langsung membuka aplikasi Tiktok. Apabila kamu pernah menguninstal aplikasi tersebut, silakan untuk mengunduhnya di Google Play Store terlebih dahulu dan kemudain masukkan akun Tiktok kamu.

Langkah 2: Tekan Tombol + (Plus)

Nah, selajutnya langkah kedua adalah apabila sudah kamu buka Tiktok, kamu akan masuk ke halaman utama Tiktok dan langsung muncul video yang bisa kamu tonton dari pengguna lain. Lalu kamu bisa menekan tombol + atau tombol Plus yang berada di tengah bagian bawah.

Langkah 3: Buat Caption

Langkah selanjutnya adalah silakan kamu untuk membuat caption dan judul yang menarik agar bisa menarik audiens lebih banyak.

Langkah 4: Klik Mulai Siaran Langsung

Langkah selanjutnya adalah apabila kamu sudah menekan tombol Plus, kamu bisa langsung klik Mulai Siaran Langsung atau Go Live Selanjutnya kamu sudah masuk ke siaran langsung kamu. Kamu bisa membalikkan kamera, menambahkan efek, dan kamu jga bisa menyaring komentar.

Apabila kamu ingin live dengan pengguna lain, berikut langkah-langkahnya:

  • Silakan klik ikon yang berada di pojok kiri bawah
  • Pilih orang yang ingin kamu undang untuk live bersama
  • Silakan tunggu hingga undangan diterima

Langkah 5: Mengunduh Rekaman Live

Selanjutnya apabila kamu sudah selesai live, kamu bisa langsung melihat dan mengunduh rekaman live kamu. Jadi, kamu bisa menonton ulang live yang telah kamu lakukan. Berikut langkah-langkahnya

  • Klik menu Profil
  • Kemudian klik ikon garis tiga di bagian kanan atas layar
  • Lalu, klik Pengaturan dan Privasi
  • Selanjutnya pilih Pemuataran Live
  • Apabila kamu ingin mengunduh rekaman live, silakan klik Unduh

Jadi, kamu bisa menonton kembali siaran langsung kamu sebelumnya. Kamu juga bisa belajar apabila setelah kamu menonton ada kesalahan yang kamu lakukan. Jadi kamu tidak akan mengulanginya lagi.

Terkait:  Cara Live Bareng di TikTok, Bisa Tanpa 1000 Followers Lho!

Syarat Live di Tiktok

Selanjutnya, jika kamu ingin live atau siaran langsung di Tiktok, kamu harus memenuhi syarat di bawah ini agar kamu bisa melakukan live. Berdasarkan laman resmi Tiktok, berikut syarat yang harus kamu penuhi agar bisa live, yaitu:

  • Pengguna Tiktok harus berusia lebih dari 16 tahun ke atas
  • Setiap pengguna wajib memiliki lebih dari 1.000 followers
  • Wajib mengupdate aplikasi Tiktok ke versi terbaru

Nah, itulah syarat yang harus kamu penuhi untuk live di Tiktok. Nah sebelum kamu live, silakan untuk memeriksa ketiga syaraat di atas apakah sudah terpeuhi atau belum.

Ketentuan Live di Tiktok

Selanjutnya apabila akun kamu sudah memenuhi syarat untuk live di Tiktok, kamu harus mengetahui ketentuan-ketentuan dari Tiktok untuk pengguna yang ingin live. Jadi, kamu tidak bisa melakukan live atau siaran langsung deengan sembarangan dan kamu harus memenuhi ketentuan dari Tiktok. Nah, berikut ketentuan libe yang bisa kamu jadikan acuan konten live agar tidak menimbulkan permasalahan.

  • Dilarang menyiarkan konten kebencian yang menyerang atau menargetkan kelompok atau komunitas tertentu
  • Dilarang menyiarkan secara langsung konten yang berisi teror dan dapat mengganggu kenyamanan dan keamanan penonton
  • Dilarang menyiarkan konten berisi pornografi ataupun yang mengandung konten seksual eksplisit apapun
  • Dilarang menyiarkan secara langsung konten yang berisi tindak kekerasan baik kepada sesama manusia ataupun hewan
  • Dilarang menyiarkan konten yang berisi pembunuhan
  • Dilarang menyiarkan konten yang berisi perilaku atau tindak asusila terhadap anak di bawah umur
  • Dilarang menayangkan konten kejahatan dunia maya, baik penipuan maupun pencucian uang
  • Dilarang menyiarkan konten yang berisi penculikan dan pemerasan
  • Dilarang menyiarkan konten yang berisi pemakaian narkoba atau perdagangannya
  • Dilarang menyiarkan konten mengenai perdagangan manusia ataupun organ manusia
  • Dilarang menayangkan konten yang berisi tindakan melukai diri sendiri
Terkait:  Cara Daftar TikTok Shop Seller untuk Jualan Online, Ini Syaratnya!

Nah itulah ketentuan- ketentuan yang harus kamu ikuti jika kamu ingin live atau siaran langsung di Tiktok. Ketentuan tersebut tentu bisa menjadi acuan agar pengguna Tiktok bisa melakukan live secara bijak.

Tips agar Live Tiktok Banyak ditonton

Selanjutnya, mimin akan memberikan tips agar live kamu banyak ditonton sehingga kamu bisa melakukan interaksi dengan banyak pengguna lainnya. Apalagi jika kamu live dan ingin berjualan, dengan penonton yang banyak, mungkin saja salah satunya tertarik dengan produk yang kamu jual. Kamu bisa mengikuti tips di bawah ini agar live kamu banyak ditonton.

Pilih Waktu Prime Time

Kamu bisa melakukan siaran langsung di waktu pengguna lain banyak mengakses Tiktok atau yang bisa disebut prime time-nya Tiktok. Berdasarkan berbagai sumber, waktu terbaik untuk kamu live adalah siang di jam 12.00-14.00 dan malam di jam 19.00-22.00.

Perhatikan Durasi

Saat kamu melakukan live, usahakan untuk tidak live dengan durasi yang terlalu lama. Hal tersebut dikarenakan tidak semua pengguna Tiktok betah menonton live kamu dalam jangka waktu yang lama. Tiktok sendiri merekomendasikan 30 menit sebagai durasi paling efektif untuk melakukan siaran langsung.

Siapkan Starter Kit

Untuk live, silakan untuk menyiapkan peralatan yang memadai, mulai dari lighting, mic, serta koneksi internet yang stabil agar live kamu berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala.

Perhatikan Angle Kamera

Agar penonton live kamu lebih nyaman ketika menonton, kamu harus memperhatikan angle kamera. Agar penonton kamu bisa melihat live kamu dengan jelas. Apalagi jika kamu sedang mempromosikan produk yang kamu jual, tentu mereka ingin melihat produknya secara jelas.

Berinteraksi dengan Penonton

Jika kamu sedang live, usahakan untuk membangun interaksi dengan penonton live kamu. Misalnya ada penonton yang bertanya di kolom komentar, kamu bisa menjawabnya sesuai dengan apa yang ditanyakan. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada para penonton, terlebih jika mereka memberikan gift untuk kamu.

Kesimpulan

Itulah cara live Tiktok yang telah mimin jelaskan. Silakan untuk mengikuti langkah-langkahnya dan jangan lupa juga untuk menaati syarat dan ketentuan yang berlaku bagi pengguna Tiktok yang ingin melakukan live atau siaran langsung. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Related posts