Cara Ganti Password WiFi IndiHome Huawei di HP dan PC 🐸

Cara Ganti Password WiFi IndiHome Huawei
Cara Ganti Password WiFi IndiHome Huawei

Pindahlubang.com | Pernahkah Kamu merasa kalau WiFi di rumah sudah mulai lemot? Biasanya itu disebabkan karena ada banyak perangkat tersambung. Salah satu solusinya yaitu dengan cara ganti password WiFi IndiHome Huawei yang ternyata sangat mudah.

Dengan ganti sandi, perangkat asing yang terhubung otomatis akan terputus. Jika ingin mengoneksikan lagi, maka harus memasukkan kata sandi yang baru. Kalau Kamu menggantinya secara rutin, pasti para pembobol merasa kesal bolak-balik cari password. 

Read More

Bagi Kamu pengguna WiFi IndiHome dengan router Huawei, ada cara ganti ganti password yang mudah. Tapi pahami juga apa saja yang harus dipersiapkan. Lalu, pahami kenapa harus ganti kata sandi WiFi secara rutin. 

Cara Melihat IP Address Router Huawei

Kenapa sebelum cara ganti password WiFi IndiHome Huawei dibahas harus tahu cara melihat IP address dulu? Pasalnya, penggantian kata sandi itu dapat dilakukan dengan mengakses halaman konfigurasi. Yang mana untuk membukanya Kamu perlu IP address. 

Alamat IP router Huawei bisa Kamu temukan dengan mudah. Biasanya setelah pemasangan WiFi IndiHome akan diberitahukan oleh pihak teknisi. Karena itulah, jangan lupa bertanya setelah instalasi selesai. 

Kalau teknisi lupa tidak memberi tahunmu, jangan khawatir. Sebab Kamu bisa cek sendiri IP address-nya pada bagian belakang router. Biasanya dicantumkan di stiker, lengkap dengan username dan password untuk login ke halaman konfigurasi. 

Terkait:  Cara Mengganti Header Youtube

Selain itu, ada cara lain untuk melihat alamat IP Huawei. Metode ini bisa dicoba oleh pengguna laptop Windows. Pertama bisa dicek melalui Command Prompt dengan memasukkan perintah tertentu. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka kotak Run di laptop Windows dengan menekan kombinasi tombol Windows + R. 
  • Selanjutnya masukkan perintah “cmd” pada kotak Command Prompt yang muncul. 
  • Tekan tombol OK
  • Langkah berikutnya yaitu memasukkan perintah “ipconfig” pada kolom. 
  • Lihat alamat IP-nya ada bagian Default Gateway. 

Selain lewat CMD, pengguna laptop Windows juga bisa menggunakan cara lain. Sama-sama memasukkan perintah tertentu, tapi lewat Network Connection. Seperti ini panduan melihat IP address WiFi IndiHome Huawei:

  • Tekan kombinasi tombol Windows + R
  • Lalu tulis perintah “ncpa.cpl” dan tekan Enter
  • Perintah tersebut akan membuat Network Connection dan menampilkan perangkat yang terhubung. 
  • Selanjutnya klik kanan pada nama WiFi. 
  • Klik tombol Status, kemudian pilih Details
  • Sekarang lihat IP-nya pada bagian IPv4 Default Gateway. Biasanya IP router Huawei adalah 192.168.100.1.

Cara Ganti Password WiFi IndiHome Huawei

Cara Ganti Password WiFi IndiHome Huawei
Cara Ganti Password WiFi IndiHome Huawei

Kalau Kamu sudah mendapatkan alamat IP-nya, sekarang akan dijelaskan cara ganti password WiFi IndiHome Huawei. Perlu Kamu ketahui bahwa langkah-langkahnya sangat mudah. Kamu pun bisa mengaksesnya lewat HP maupun laptop. 

Tapi sebelum itu, hubungkan perangkat yang digunakan untuk ganti password ke jaringan WiFi IndiHome. Bisa mengoneksikan secara wireless maupun memakai kabel LAN. Jika sudah, baru bisa mengganti kata sandi lama dengan yang baru. Cek langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Karena sudah terhubung ke internet, langsung buka sama browser yang Kamu pakai di HP atau laptop. 
  • Kemudian pada kolom pencarian, tulis alamat IP yang sudah didapatkan. 
  • Tekan tombol Search untuk membuka halaman konfigurasi Huawei. 
  • Nantinya di awal Kamu akan mendapati halaman login. Cukup tuliskan mama pengguna dan kata sandinya pada kolom. Gunakan username dan password default dari IndiHome. 
  • Selanjutnya tekan tombol Login yang ada di bawahnya. 
  • Kalau halaman konfigurasi sudah terbuka, klik tab menu WLAN
  • Lalu klik sub menu WLAN Basic Configuration. Di sanalah konfigurasi terhadap WiFi IndiHome bisa dilakukan.
  • Untuk cara ganti password WiFi IndiHome Huawei, masukkan uang baru pada bagian WPA PreSharedKey. Aturan panjang password yaitu dari 8 sampai 63 karakter. 
  • Kamu juga bisa mengubah nama WiFi sekaligus. Tepatnya di bagian SSID Name dengan panjang 1—32 karakter. 
  • Terakhir, jangan lupa klik Apply supaya pengaturan yang baru saja dibuat dapat diterapkan. 
Terkait:  Cara Cek WiFi IndiHome Digunakan oleh Perangkat Apa Saja

Setelah password diubah, otomatis semua perangkat yang terhubung ke WiFi IndiHome dengan kata sandi lama akan terputus. Begitu pula dengan perangkat yang Kamu miliki. Jadi, jika ingin menggunakannya lagi, masukkan password baru untuk device yang diperlukan saja. 

Disarankan pula menggunakan password yang aman dan kuat. Jangan mencantumkan informasi pribadi ke dalamnya. Kamu juga bisa memakai kombinasi angka, huruf, serta simbol supaya tidak mudah ditebak orang lain. Jangan membagikan sandi pada orang yang tidak berkepentingan. 

Username dan Password WiFi IndiHome Huawei

Untuk login ke halaman konfigurasi router bukan hanya perlu alamat IP saja. Sesuai dengan panduan mengganti password yang dijelaskan di atas, Kamu juga harus memasukkan username dan password. Biasanya ini sama-sama diberikan pada saat teknisi melakukan pemasangan. 

Sebenarnya Kamu dapat mengeceknya pula pada bagian belakang router. Keduanya dicantumkan pada stiker dan bisa digunakan sewaktu-waktu jika membutuhkannya seperti sekarang. Nama pengguna dan kata sandi default dapat digunakan login selama belum pernah diganti. 

Terkadang, username dan password ini ada yang gagal dan berhasil digunakan. Kamu bisa mencoba salah satu daftar di bawah ini:

Username Password
telecomadmin admintelecom
telecomadmin zep2kkjzoL
root admin
admin admin

Kenapa Harus Ganti Password WiFi IndiHome Huawei? 

Ada pelanggan WiFi IndiHome yang tidak pernah ganti kata sandi sejak pemasangan pertama kali. Padahal, dengan cara ganti password WiFi IndiHome Huawei memberikan keamanan ekstra pada jaringan WiFi. Terlebih lagi kalau password sudah tersebar ke mana-mana. 

Penggantian password harus dilakukan secara rutin, idealnya satu bulan sekali. Ada banyak alasan kenapa mengganti kata sandi WiFi itu penting. Kamu bisa cek uraiannya di bawah ini:

Terkait:  Cara Cek Penggunaan Data IndiHome, Wajib Tahu!

1. Menghindari Pembobol Akses Internet

Pembobol WiFi IndiHome menang meresahkan. Terutama buat Kamu yang tinggal di pemukiman padat penduduk dan rumah berdekatan. Lingkungan seperti itu sangat mungkin jika banyak perangkat asing yang ikut menggunakan WiFi. 

Kejadian itu lebih parah lagi jika didukung oleh jangkauan WiFi milikmu yang luas. Jadi untuk meminimalisir atau bahkan menghilangkan pembobol sama sekali yaitu dengan ganti password. Sebaiknya gunakan kombinasi sandi yang rumit, tapi Kamu bisa mengingatnya. 

2. Menjaga Keamanan Data Pribadi

Para hacker sangat ahli dalam mencuri data penting pengguna. Ini biasanya terjadi ketika berada di jaringan internet yang sama. Mengganti password secara berkala diyakini dapat mengurangi risiko tersebut dan menjaga keamanan data penting yang ada di dalamnya. 

3. Mengamankan Router

Tahukah Kamu bahwa router bisa mengalami gangguan dengan berbagai sebab? Salah satunya yaitu jika ada banyak pengguna yang memakai jaringan sama dan menggunakan akses ilegal. Supaya router tetap baik-baik saja, ganti password dengan segera. 

4. Mendapatkan Koneksi yang Stabil. 

Semakin banyak perangkat yang terhubung, otomatis koneksi menjadi lemot dan mengurangi kecepatan bandwidth. Contohnya Kamu punya paket IndiHome kecepatan 30 Mbps yang idealnya untuk 3—5 perangkat. Untuk itulah, putus sambung perangkat tersebut dengan ganti sandi. 

Demikian penjelasan cara ganti password WiFi IndiHome Huawei. Kamu harus melakukannya secara rutin dengan membuka halaman konfigurasi router pakai alamat IP. Sebaiknya ganti kata sandi secara rutin. 

Related posts