Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store Xiaomi

Bicara tentang cara mengatasi download tertunda di play store xiaomi, mungkin hal ini memang menjadi hal yang menyebalkan untuk beberapa pengguna smartphone android, khususnya xiaomi. Di mana ketika kondisi ini terjadi, banyak pengguna yang mengeluhkan jika mereka tidak bisa mendownload aplikasi ataupun game untuk dimainkan atau digunakan pada smartphone mereka.

Tentunya, hal ini sendiri memang sering terjadi karena beberapa faktor, diantaranya bisa saja terjadi masalah karena jaringan, kemudian karena play store yang belum update, ataupun ada kesalah pada sistem dari android yang digunakan sehingga mereka tidak bisa mendownload aplikasi dengan semestinya, dan justru keluar notifikasi jika download tertunda atau pending di play store.

Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store Xiaomi

Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store Xiaomi
Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store Xiaomi

Walaupun begitu, tentu dari tiap masalah yang terjadi pada aplikasi ataupun smartphone pasti ada solusinya, sama seperti cara mengatasi download tertunda di play store xiaomi yang akan mimin ulas berikut ini, yang tentu bisa menjadi alternatif serta pemecahan dari masalah yang kamu alami.

Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store Xiaomi lewat Cek Jaringan

Seperti yang kita tau, play store sendiri merupakan salah satu toko aplikasi terbesar dan banyak digunakan pengguna android. Selain itu, play store sendiri memang di develop langsung oleh google sehingga menjadi official store apps untuk pengguna android. Dan sebab itu juga masalah download tertunda ini bisa saja disebabkan oleh jaringan yang kurang memadai, ataupun kurang bagus. Untuk itu, langkah yang bisa kamu lakukan ialah.

  1. Pasikan kamu sudah mengecek jaringan dengan cara memeriksa APN pada jaringan selulermu
  2. Atau kamu juga bisa menghidupkan mode pesawat untuk melakukan restart jaringan, dan kemudian mematikan mode pesawat setelah beberapa detik dihidupkan
  3. Setelah itu kamu juga bisa mencoba untuk menghubungkan perangkat dengan jaringan wifi yang lebih stabil
  4. Pastikan juga kamu masih memiliki paket internet aktif untuk menghindari masalah download tertunda di play store
Terkait: Cara Mengatasi Baterai HP yang Tidak Bisa Penuh

Dengan 4 cara di atas tadi, kamu bisa mencoba salah satunya dengan mencoba ataupun melakukan konfigurasi yang mana bisa menjadi solusi dari jaringan yang mungkin saja bermasalah. Karena ketika kita ingin mendownload aplikasi atau game di play store, kita harus memiliki jaringan yang stabil tentunya.

Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store Xiaomi lewat Restart Perangkat

Kemudian jika cara pertama masih belum bisa menghilangkan masalah download tertunda di play store, kamu juga bisa melakukan restart perangkat ataupun reboot perangkat, karena biasanya download tertunda ini juga bisa disebabkan karena sistem yang sibuk atau penuh, sehingga tidak dapat menjalankan perintah dari google play store untuk mendownload aplikasi.

  1. Siapkan perangkat kamu, dan pastikan kondisi baterai berada di angka 30%
  2. Setelah itu tekan tombol power agak lama sampai muncul pop up yang berisikan perintahrestart/reboot,danpower off
  3. Tap pada pilihanrestartdan tunggu beberapa saat
  4. Jika sudah, kamu akan diarahkan ke home screen xiaomi seperti biasa
  5. Dan coba untuk buka play store lalu download aplikasi
  6. Selesai

Walaupun cara ini terbilang mudah karena kamu hanya perlu melakukan restart atau menyalakan ulang perangkat, namun ada hal yang harus diperhatikan. Terlebih jika perangkatmu sudah terlalu panas, mimin menyarankan kamu untuk mematikan ponsel dengan cara men-shut down atau turn off perangkat, dan tunggu beberapa menit sampai ponsel dirasa sudah dingin atau berada pada temperatur normal.

Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store Xiaomi lewat Clear Cache & Data

Kemudian untuk cara yang ketiga adalah kamu bisa melakukan pembersihan pada file cache atau data dari play store itu sendiri. Nah, biasanya cara ini menjadi pilihan beberapa pengguna yang mana memang mengalami masalah download tertunda atau pending pada play store mereka masing-masing. Caranya juga mudah banget kok.

  1. Masuk kepengaturanatausettingdari ponsel xiaomi kalian
  2. Setelah itu kamu bisa klik pada opsiaplikasiatauapps
  3. Lalu, kamu bisa klik pada pilihanshow alldan jugashow system apps
  4. Lalu tap pada aplikasiGoogle Play Storelalu pilih padaforce stop/paksa berhentidan kemudian masuk kestoragedan pilih padaclear cache dan clear data
  5. Jika sudah, kamu bisa melakukanrestart perangkatuntuk melakukan penyesuaian sistem
Terkait: Cara Screenshot Samsung A72

Untuk cara ini sendiri terbilang agak susah susah gampang, namun yang jelas kamu tidak membutuhkan aplikasi tambahan untuk menghapus file cache ataupun data dari Google play store ketika mengalami masalah download tertunda atau download pending saat ingin menginstall aplikasi dari play store.

Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store Xiaomi lewat Update Play Store

Kemudian untuk cara yang terakhir adalah kamu bisa memeriksa pembaruan ataupun update dari play store itu sendiri. Sebenarnya cara ini sering digunakan untuk beberapa pengguna xiaomi yang mana memang baru melakukan pembaruan sistem ataupun menginstall custom rom pada perangkat xiaomi yang sudah di tweak tentunya. Dan caranya juga mudah banget kok.

  1. Kamu bisa bukagoogle play storedi ponsel xiaomi kalian
  2. Setelah itu kamu bisa klik pada pengaturan play store dengan klik pada garis tiga di bagian pojok kiri atas dan masuk kesettings
  3. Nantinya kamu akan di arahkan ke laman pengaturan dari play store
  4. Di bagian bawah pengaturan, kamu bisa lihat pada versi play store yang kamu gunakan
  5. Klik beberapa kali padaversi play storedan jika muncul tulisanplay store sedang diperbarui ke versi paling baru maka kamu bisa menunggu sampai selesai sekitar 30 menit
  6. Sedangkan jika tulisannya adalahversi terbaru tersediakamu bisa melakukan update secara otomatis, dan proses ini akan berjalan di belakang layar atau background serivices.

Nah, dalam beberapa kasus untuk versi pembaruan dari google play store ini biasanya bisa dilakukan dengan cara di atas, atau kamu juga bisa mendownload aplikasi google play store dari pihak ketiga yang bisa kamu temukan dari pencarian google. Namun, untuk kamu yang mungkin masih takut atau khawatir salah download dari pihak ketiga, mimin meyarankan kamu untuk menggunakan update otomatis saja dari play store, walaupun harus menunggu lebih lama.

Terkait: Cara Setting Xiaomi WiFi Extender Pro

Karena untuk beberapa versi xiaomi, memang kadang kala versi play store yang digunakan belum up to date dari ROM bawaan, untuk itu kamu juga bisa mengecek pembaruan sistem MIUI di ponsel xiaomi kamu, agar mendapatkan versi paling baru dari google play store yang kamu gunakan.

Dan mungkin itu saja pembahasan mimin mengenai cara mengatasi download tertunda di play store xiaomi yang bisa kamu coba. Dari beberapa cara di atas, tentunya kamu bisa menyesuaikan dengan cara mana yang menurutmu paling mudah, dan bisa kamu lakukan di perangkat xiaomi kalian. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

Related posts